Rabu, 01 Februari 2012

Karakter Pengguna Twitter = Karakter Pemain Sepakbola

Gue baru kenal twitter itu sekitar 2 tahun lalu, dimana sudah mulai bosan dengan facebook, dan lagi coba nyari social media yg baru, yg seru, yg tentunya bisa membuat eksis. Dewa, istri gue, mengusulkan, dan malah membuatkan (maklum, superduper gaptek) account twitter buat gue. Dia bilang: "Nama accountnya mau apa??". Gue bilang: "Ya nama aku aja Bun, Andhika Akbar, bisa kan yak??". "Bisa apa aja koq, pake nomer2pun bisa, misal Bagol 4 Akbar", kata Dewa. "Alaaaahh.. Apa sih begitu2, emang aku atlet??", gue bilang. "Atau mau nama2 samaran kayak Bagol Disini, Bagol Gerrard, Gerrard Wannabe, Liam Wannabe, Bagol Love Dewa", kata istri gue bersikeras. "GUE BUKAN ORANG GILA". Jawab gue singkat. Akhirnya dibikinlah akun dengan nama @andhikaakbar dan mulailah gue coba-cobi bertwitter.

Awalnya, gue berpikir, ini maenan apaan sih begini, cuma bisa bikin status (anak facebook banget) sebanyak 140 karakter. Dikit bener, terus enaknya apa?? Tapi setelah gue pikir-pikir, ternyata di facebook itu kan emang serunya ngeliat (kepo-in) status orang, dan bikin status. Bedanya, kalo di facebook, kalo elo bikin status tiap 30 menit atau bahkan tiap sejam sekali, itu berkesan annoying banget, di twitter, elo mau ngetweet tiap 30 menit sekali juga gak berkesan annoying (kecuali kalo tweetnya beneran annoying ya, kayak #afgansoljumdikomplek ,tiap 5 menit ngetweet sampe 2 jam!! Maap). Di twitter juga kita bisa "temenan" sama publik figur tanpa perlu approval dari pihak yg bersangkutan (kalo di facebook, harus di confirm), bisa tau mereka lagi ngapain. Kayak gue follow John Cena (juara Smackdown), kadang2 kalo dia lagi berak pun gue tau. Atau gue follow Afgan, gue tau dia lagi di BHP, jadi bisa merancang skenario apa buat #afgansoljumdikomplek ,live streaming kah, interview kah, sesi poto bareng kah, dan lain sebagainya. Juga banyak akun2 yg sangat informatif, jadi gak ketinggalan berita. Banyak ternyata keunggulan dari twitter ini, jadi ya gue nyemplung aja didalamnya, biar eksis. Maklum, gagal jadi orang terkenal.

Nah, setelah kurang lebih 2 tahun make ini maenan baru, ternyata gue lihat ada berbagai macam karakter dari orang2 yg pake twitter, baik itu teman sendiri, maupun orang lain (public figur). Karna gue sangat suka dengan sepakbola, maka gue samain karakter tersebut dengan karakter pesepakbola ya. Karna di sepakbola juga tiap pemain punya karakter yg berbeda satu sama lain, jadi kayaknya menarik kalo gue sambung2in (asal2an)..

1. Mario Balotelli
- Karakter: Pengen banget eksis, ngelakuin hal2 gak penting.
- Di Twitter: Ngetweet sering bgt, ngobrol tapi di RT, menuh2in Timeline.
- Contoh:
"Hahaha RT @xxxx Hehehe RT @yyyy (Emoticon nyium balik) RT @xxxx (emoticon nyium) RT @yyyy mornin juga cintaaaa.. RT @xxxx mornin sayangku @yyyy Have a good day!!". (pasangan yg tombol reply-nya rusak sejak maen twitter)
"Alhamdulillah Bro, suam-suam kuku..  RT @yyyy @xxxx Wah, ketemu di twitter, biji anget Bro??".


2. Steven Reid
- Karakter: Multi posisi, bisa dimanapun, tapi gak spesial.
- Di Twitter: Ngabarin lagi dimanapun, biar orang2 pada tau, biar disangka punya hidup spesial.
- Contoh:
Pagi: "Breakfast @Hotel Alexis with 20 others".
Siang: "Lunch @warteg Mpok Soidah with 3 others".
Malem: "Jagain sendal Musholla @Terminal 2 F Bandara Soekarno Hatta", .

3. Denilson
- Karakter: Terlihat mahal, padahal gak ada apa2nya.
- Di Twitter: Pengen kelihatan berduit, biar dikata udah jadi orang sukses.
- Contoh:
"Iphone 4S udah keluaaarr looohh.. Cepet yaaa?? Yeeess..". (Ini pasti cewek, karna kalo cowok pasti gak mau keluarnya cepet..--->> ambigu)
"Ada promo pesawat xxxx ke Zimbabwe nih, booking yuukk suamiku @xxxx".

4. Joey Barton
- Karakter: Temperamental.
- Di Twitter: Marah-marah mulu, padahal gak akan ngerubah apapun, justru bunuh diri karakter.
- Contoh:
"Bangsaaattt ini macet apaan sih!!". (Waktu: 07.00, tempat: DKI Jakarta)
"Wasit ANJING!!". (niup peluitnya gimana, mulut anjing lebar gitu)
"Ini Bos kantor gue marah2 mulu dah kerjanya!! Tai lu!!". (kasih kaca, siapa yg marah2)

5. Carlos Tevez
- Karakter: Butuh Perhatian.
- Di Twitter: Butuh Perhatian (nunggu ditanya, nunggu di-reply, nunggu ada yg respon, mancing apa ngetweet??)
- Contoh:
"Bosen". (bosen idup??)
"Kenapa begini siihh?? (emoticon nangis)".

6. Flippo Inzaghi
- Karakter: Yang penting banyak golin.
- Di Twitter: Yang penting banyak followers, kenal gak kenal, minta di follow.
- Contoh:
"Folback ya Bang @LucasLeiva Mas @StevenGerrard Bro @AndyCarroll!!". (pleaseeee deeehh)

7. Tom Adeyemi
- Karakter: Super Sensitif.
- Di Twitter: Ngerasa diomongin. Mending kalo follow-mem-follow. Kalo kagak?? Eeett daaahh..
- Contoh:
"Ngapain elo tweet itu?? Maksud elo itu gue?? Ngomong aja depan gue langsung". (ini apaaaaaa????!! Selama gak nyebut nama, ini dunia bebas, selow dikit ateeuuhh)

Dan masih banyak karakter2 lainnya kalo mau sambung2in mah. Gue gak mau ngejudge elo kayak gimana, bebas aja mau ngetweet kayak gimana juga, terserah, gak ada masalah, no offence koq. Ini cuma blog iseng doang, mengenai apa yg terjadi di dunia per-twitter-an. Wong gue juga gak tau gue termasuk karakter yg mane, ngetweet apa yg pengen gue tweet, sesimpel itu..

SOOOOO... ELO KARAKTERNYA YANG MANA NIH TEMANS-TEMANS??!! Hahay!!

2 komentar:

  1. karakter yg galau galau gitu ngga ada ya gol?? LoL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, kelewatan, nanti ada part 2nya dah Nu, hehe.. Pemain bolanya siapa yak?? Torres?? Hahaha.

      Hapus