Minggu, 29 Januari 2012

Liverpool Vs Manchester United

Yang pada belom tau, gue Liverpudlian sejak (sekitar) tahun 1994/1995an, lupa2 inget kapannya. Pertama kali jatuh cinta, waktu itu masih SD kelas 6, Liga Inggris lagi disiarin sama SCTV. Waktu itu masih disuapin kalo makan (OMG, ngomongin Afgan ke warung ditemenin Mbaknya, ternyata gue gitu juga), dan suka banget nonton Highlight (maklum, dulu baru seneng liat gol2 doang, ngantuk kalo nonton full match) Liga Inggris. Selama gue disuapin itu, gue heran, kayaknya tiap minggu kalo nonton Highlight, ini 2 orang koq golin terus ya, antara ganti2an atau dua2nya golin satu pertandingan. Yang satu palanya botak, tinggi. Yang satu perawakannya kecil, kidal. Gue perhatiin lebih lanjut, ternyata yg botak namanya Stan Collymore, yg kecil namanya Robbie "God" Fowler. Aksi2 mereka selalu gue tunggu setiap nonton Highlight (sembari disuapin-->>dibahas terus), dan klubnya namanya Liverpool. Awal2 sih emang punya banyak kesukaan (maklum, dulu anak basket gitu looohh, anak gaul gitu deh), Alan Shearer waktu di Blackburn (sampe Newcastle), Gabriel Batistuta (Fiorentina), bahkan gue sempet suka sama Intermilan (untung udah tobat ya Allah) gara2 disana ada Youri Djorkaeff (pemain yg gue jadiin "contoh" cara bermain di awal2 maen bola). Tapi itu semua cuma suka sama Individu.

Masuk SMP, mulai ketemu temen2 yg ternyata lebih "jago" ngomongin bola daripada gue, dan mereka punya klub andalan masing2, dan rata2 emang klub yg lagi jago. Kayak Manchester United, Juventus, Milan, Madrid, Barca, dll. Karna gue orangnya gak mau sama kayak orang lain, akhirnya gue memilih klub bernama Liverpool (yg saat itu lagi gak bagus2 amat), karna persoalan simpel, Collymore-Fowler!! Ditambah sama permainan pemuda2 Inggris macam McManaman, Redknapp, dll. Dan betul sekali, saat itu cuma gue yg timnya Liverpool, bahkan di SMA paling cuma 4-5 anak yg Liverpool juga. Gue cinta mereka BUKAN disaat mereka lagi jadi raja..

Seiring berjalannya waktu, gue makin cinta sama klub ini, ternyata (setelah gue baca2), mereka pernah jadi raja di Inggris, bahkan Eropa, sampe akhir tahun 1980an, tapi masuk tahun 90an, mulai merosot prestasinya, disaat Manchester United lagi bagus2nya. Yes, seperti bisa ditebak, temen2 gue BANYAK yg jadi Mancunian. Mungkin dulu alasannya biar gak dicengin kali ya tiap masuk sekolah abis weekend, tau mereka bisa bangga2in gelarnya. Entahlah, itu terserah mereka alasannya apa. Tapi buat gue, sangat respek sama yg udah jadi Mancunian sejak akhir 80an. Tapi buat yg suka dari tahun 92 keatas, yaaaaaa... gitu deeehhh.. Mungkin kalo maju beberapa taun kedepan, mereka2 itu adalah suporter Manchester City atau Chelsea.. Mungkin loh ya.. Mungkin..

Sejak tau Manchester United adalah musuh TERBESAR bagi Liverpool, ada lawan yg tiap tahun gue HARUS nonton (meski ada acara apapun, pasti gue bela2in harus nonton) yaitu Manchester United (MU) dan Everton (sama2 1 kota, next blog dijelasin kenapa Everton ini). Elo mau bujuk gue kayak apa kek, saat Liverpool lagi maen lawan mereka, gue akan ada didepan tipi. Alasan: "setahun cuma 4x90 menit gue HARUS didepan tipi (kalo misalnya gak ketemu di turnamen)". Kalo ada resepsi nikah, pasti gue dateng pas akadnya (meski gak kebagian makanan, ya gak papa deh--->> Padang, padahal akad juga gak ngasih angpao)

Gue suka sepakbola, jadi mau seneng2 aja nikmatin pertandingan, bukan mau cari musuh, jadi kadang2 gue males ngikut kalo ngedebatin masalah siapa yg lebih jago antara Liverpool sama MU (ibarat kata pepatah jaman dulu, duluan mana telor ayam sama induk ayam?? --->> Ampe sekarang ini adalah tekateki terbesar sepanjang masa), karna musim jalan terus, gak berenti2, dan saling mengalahkan, apa yg perlu didebatin?? Liat aja hasil dilapangan. Gue pun kalo misalnya kalah, pasti akan ngucapin selamat (sesuai sama The Kop Pledge) ke mereka, saat pertandingan, maupun saat mereka ngumpulin 19 gelar juara Liga Inggris, gue angkat topi. Yang lucu, sebagian besar Mancunian (gue gak bilang semuanya) itu selalu menganggap kalo klubnya adalah paling jago, nomor satu di Inggris, jadi setiap kekalahan, mereka gak akan terima gitu aja.. Berikut akan gue jabarkan sebagian besar alasan mereka:
- "Gak papa kalah, yg penting gelar udah 19"
Heeelllooowww..???!! (dengan gaya melambai) Mau ngomongin masalah sejarah?? Sejarah=masa lalu, gak usah diungkit2. Kalo mau ngomongin sejarah, fans Nottingham Forrest bakal banyak ngomong, tapi mereka tau, sejarah gak bisa dibawa2.
- "Kasihan, biarin aja kasih menang"
 Kalo situ kasihan, ngasih kami menang, situ masuk surga?? Pahala nambah?? Kagak atuh.. Kasihan tuh sama Fakir Miskin, kasih duit. Kalo kasih menang ke tim lain, itu ibaratnya elo berantem, elo sengajain kalah, dan  elo masuk rumah sakit dan bilang: "Gue kasih elo menang hari ini.." (sembari babak belur). Gue sih ogah.
- "Wasit curang, gak adil!!"
Mungkin bentar lagi akan ada usulan kalo wasitnya 22 orang aja, 1 orang 1 wasit, pasti gak akan bikin kesalahan.. Rame dah ituh lapangan..
- "Gak pantes kalah, pertandingan berimbang"
Coba tolong cek papan skor.

Dan banyak alasan2 lainnya, yg sebenernya memperlihatkan bagaimana karakter mereka dalam membela timnya. Coba nilai sendiri aja ya gimana nih karakter sebagian besar Mancunian dilihat dari sikapnya:
1. Kalo menang, ngomong sana sini, ngeledekin tim kalah dengan sadis.
2. Kalo kalah, gak mau ngakuin, mencari alasan gak penting.
Karakter apa yg cocok untuk sikap begitu?? Jawab sendiri..

Buat gue pribadi, gue BERHAK untuk merasa Liverpool lebih hebat, disaat memenangkan pertandingan terakhir melawan MU (bukan sejarah, catet, BUKAN SEJARAH). So, kemenangan 2-1 kemaren di FA Cup bakal terus gue bawa2, at least sampe ketemu di pertemuan kedua EPL, 11 Februari nanti. Kalo seri atau menang lagi, bakal terus kebawa sampe musim depan (atau misalnya MU juara EPL musim ini, pasti ini gue akan mengapresiasi gelar ke 20nya). Kalo kalah, ya gue akan memberikan apresiasi ke mereka, seenggaknya sampe ketemu lagi di musim depan. Dan akan begitu terus tiap tahun, bukannya disitu ya letak indahnya menikmati sepakbola?? Permainan yg gak akan tergerus jaman.

Fergie bukan kakek elo, Giggs bukan Abang elo, bahkan Manchester bukan kota kelahiran elo. Sama kayak gue, Kenny Dalglish bukan kakek gue, Gerrard bukan Abang gue, Liverpool pun menginjakkan kaki disana gue gak pernah!! Jadi buat apa sok2an jadi die hard supporter?? Disaat kalah, gak mau ngakuin tim lain lebih hebat?? Akuin aja, ini cuma permainan, ada yg menang, ada yg kalah. Disaat menang, bolehlah sekali2 banyak omong, tapi disaat kalah, show your respect to your opponent. As simple as that..

Coba, kita liat, ada gak Mancunian yg baca ini, kalo ada, dan mereka membela diri, berarti BENAR semua teori gue akan SEBAGIAN BESAR Mancunian.. We'll See..

THIS IS ANFIELD..


YOU'LL NEVER WALK ALONE

4 komentar:

  1. hahaha...apaan tuh, orang blom komen aja udah dijustifikasi membenarkan hipotesa lu...

    yayaya...u guys win the battle, tp kalo manchunian kasih alasan2 shallow yang lu bilang itu mungkin wujud kecintaan mereka, lagian semakin shallow alasannya semakin jelaskan mereka fans diatas taun 1992 seperti analisa lu, gitu aja repot...

    selamat merayakan kemenangan ini, cause its really YNWA (you never win again)...congratz

    Glory glory united

    BalasHapus
  2. Lucu ya, alasan dijadikan wujud kecintaan.. Pemikiran yg LUAR BIASA.. Hehe.. THIS IS ANFIELD.

    BalasHapus
  3. Yes I am Mancunian, tapi setuju banget sama kakak Liverpuldian yang ini. Wajib hukumnya sebagai supporter kita dukung club favorite kita masing masing, tapi kalo gak ngakuin kekalahan dan jelek-jelekin tim lawan tanpa fakta itu namanya gak dewasa. Mending pulang aja sono daripada sok sok jadi die hard supporter. Karna mau gak mau, pasti ada yg menang dan ada yg kalah :)

    BalasHapus