Senin, 27 Februari 2012

Ngurus Anak?? GAMPANG!!

Judulnya sedikit provokatif ye??!! Emang niatnya mau memprovokasi para Ibu untuk "marahin" Suami yg gak mau bantu ngurus anak. Pesan gue simpel: "Kalo emang gak mau ngurus bareng, ya jangan bareng bikin anaknya, sendiri-sendiri aja".

Buat sebagian cowok, punya anak itu sungguh merepotkan. Waktu "pacaran" sama istri jadi berkurang. Waktu untuk tidur nyenyak hampir tidak ada. Dan waktu untuk main sama temen jadi jauh menurun. Gampangnya begini, "Punya Istri Aja Merepotkan, Gimana Punya Anak??" (kalo elo ngangguk2 baca kalimat barusan, selamat, anda telah bergabung di kelompok tersebut). Tapi buat sebagian cowok lain, punya anak itu adalah next step dalam hidupnya. Langkah baru, dimana berganti pergantian status dari awalnya Pria Single menjadi Pria Menikah, dan menjadi seorang Ayah/Bapak/Papa/Papi/Babe (dipilih mau yg mana, tergantung, Suku Agama Ras dan Antar Golongan masing2. Kalo gue sih maunya "Ayah"). Di saat ada perubahan status, otomatis punya peran baru didalam kehidupan. Yes, peran sebagai orang tua, peran sebagai seorang Ayah. Dimana fungsinya bukan mencari uang buat keluarga (ini adalah peran sebagai suami) aja, tapi ngurusin kebutuhan anak juga (langsung mual mikirin uang pendidikan).

Beberapa cowok, yg udah jadi seorang Ayah, IMHO, belum bisa (gue gak mau bilang "enggak bisa") untuk berperan sebagai seorang Ayah. Anaknya sudah besar (hitungan tahun) tapi sekalipun belom pernah mandi-in atau sekedar ganti pampers!! (Gile, betah bener istrinya). Tapi ada juga beberapa cowok yg bantu istrinya buat ngurus anak, gak males, gak jijik, dan gak gengsi ngelakuin semua itu. Contoh yg paling deket adalah Abang Ipar gue, Bang Darwin. Gue terinspirasi sama cara dia dan Kakak Amel, dalam ngurus anak. Karna sebelum pindah ke Kelapa Dua, gue tinggal di BHP, bareng sama mereka. Bang Darwin itu perawakannya adalah tinggi-besar-berkulit gelap, orang Batak, kerjaannya bertualang, kadang tumbuhin brewok, pokoknya cowok bgt. Gak akan ada nyangka kalo yg mandi-in Rakata (ponakan gue) pertama adalah dia, bahkan disaat Kakak belom berani. Pulang kantor, gak langsung tidur, tapi nyempetin nyuapin Rakata (dari sejak MPASI sampe sekarang). Beliau adalah inspirasi gue dalam ngurus anak. Ego gue sebagai sesama lelaki muncul: "Kalo Bang Darwin Bisa, Gue Juga Pasti Bisa!!". Thanx Bang..


Perbedaan gue sama Dewa dalam ngurus anak cuma satu: Tetek-nya Dewa bisa ngeluarin Susu!! (meski susu tanpa rasa sih, kalo rasa coklat, bye-bye Indomilk yg di Giant/Carrefour. #eh koq gue tau ini gak ada rasa yaa?? #eeeaaa--->>Biar gaul). Jadi dia bisa dengan enaknya netein Adia. Disini gue iri, apa daya, gak bisa diapa2in ini tetek (kalopun bisa, gue mau request rasanya kayak UC-1000). Meski udah gendut, dan tetek tambah gede, gue pencet2 gak keluar susu juga. Siaul. Jadi gue lepasin peran Nge-ASI eksklusif buat Dewa, sisanya, bisa gue lakuin..

1. Mandiin.
Hari pertama Adia lahir, gue udah belajar gimana cara mandiin bayi, ke suster di RSPP. Emang sangat rapuh, mengerikan, tapi bisa dipelajarin tehniknya. Banyak orang beralasan, takut mandiin bayi. Gue cuma berpikir begini: Kenapa gue harus mempercayai orang lain buat mandiin, disaat gue ada waktu buat mandiin Adia?? Ini kan anak gue. Kalo pun emang waktu mandiin jatuh atau gimana, toh ini kesalahan kita sendiri. Coba, kalo misalnya anak elo pas dimandiin sama babysitter-nya, terus kepeleset, terus jatuh. Elo mau ngapain?? Marahin babysitter?? Gebukin babysitter?? Siram pake aer panas?? Woooyy.. Dia elo yg suruh buat mandiin anak. Harusnya elo nyalahin diri sendiri. "Kenapa gak gue sendiri aja yg mandiin ya, toh gue gak lagi ngapa2in??". Disaat takut anak jatuh, kepeleset, dll, secara otomatis, tubuh kita akan lebih berhati2. Toh itu anak kita sendiri koq. Selow aja. Dan evolusi anak pas lagi mandi itu seru untuk diikutin, dari Adia belom bisa ngapa2in, cuma pake waslap mandiin-nya, udah bisa duduk di bak sembari keceprak-kecepruk (suara air kalo lagi dipukul), nangis2 beralih dari aer hangat ke air dingin, udah bisa sembari berdiri (nyabun sendiri, nyiram sendiri), bahkan beol di bak mandi, sampe sekarang kalo mandi maunya gelayutan di keran aer!! Tiap pagi, gue bujuk untuk dia mau mandi, karna baru bangun, males dan dingin. Kalo sore, gue bujuk dia untuk udahan mandinya, karna keseruan, bikin bubble, gelayutan di keran aer, minum aer mandi dari tutup odol, dll. Semuanya seru.

2. Ganti Pampers atau Nyebokin.
Ini adalah pekerjaan termudah dalam ngurus bayi. Asalkan 1 syarat terpenuhi: Gak Jijik Sama Tai Anak Sendiri. Ya emang harusnya gak usah jijik kan ya. Kalo gue sih akan kecewa, kalo tau, dulu pas kecil, si Ayah, pak Yusbar, itu jijik kalo lagi bersihin tai gue. Untung aja beliau gak gitu, karna beliau juga piawai dalam mengurus cucu. Nyebokin anak ada evolusinya, dari mulai awal pake tissue basah, pake kapas di-aer-in, sampe sekarang, saking hebat tai-nya, harus dibersihin di kamar mandi, pake gayung atau pake selang. Ganti Pampers-pun juga ada evolusinya, dari mulai Adia pake popok kain (dimana tiap 30-60 menit pasti pipis atau berak), pake klodi biar hemat, Adia tai-nya masih encer, karna makannya baru ASI doang, terus mulai rada asem baunya pas lagi MPASI, sampe sekarang baunya udah campuran antara bau truk sampah - sendawa orang abis makan pete/jengkol - kentut orang yg udah 2 minggu gak berak. Bayangin sendiri kekuatan baunya udah level berapa tuh. Seru koq.

3. Ngedotin.
Pekerjaan yg sangat sulit dilakukan 1-2 minggu awal Dewa masuk kantor, karna Adia udah kebiasaan langsung ditetek Ibunya. Pas Dewa masih cuti, juga pernah disendokin, tapi hasilnya gak maksimal, karna susu banyak yg jadi tumpah, karna tangannya Adia gak bisa diem. Kalo mau nyusu banyak dan efektif, ya harus dikasih dot, kalo Ibunya gak ada. Jadi Adia rada risih kalo pake dot, bahkan  melakukan perlawanan kalo di-dot-in.. Gue sempet stres dan baby blues saat itu. Tapi gue selalu percaya, anak kalo kita ajarin, cepat atau lambat pasti bisa. Akhirnya tetep gue paksa Adia buat ngedot ASIP-nya Dewa. Alhamdulillah, lancar setelah kurang lebih 2 minggu. Dan rasanya itu enaaaakk bgt ngeliat Adia nyusu di pangkuan gue. Kebayang rasanya jadi Ibu menyusui ya. Perasaan dibutuhin sama orang lain itu emang The Best bgt, apalagi kalo orang lain itu adalah anak kita sendiri. "Buuunnn.. Aku juga mau nyusssuuuuu... Jangan Adia muluuuu..."

4. Nyuapin.
Dari semua pekerjaan ngurus anak, ini adalah yg paling susah. Gue mulai nyuapin Adia saat dia berumur 6 bulan. Jadi Dewa udah siapin bahan makanan dari malem, besoknya tinggal diblender untuk disuapin ke Adia. Di umur 6-8 bulan itu Adia makannya super gampang, setiap di blenderin, pasti habis. Saat itu pipinya tembem. Masuk ke bulan ke-8, mulai susah makannya. Apalagi saat itu, Mbak (ART) di BHP tiba2 pulang ke Bekasi dan gak balik2. Stres menghinggapi. Karna gue harus ngurusin kerjaan, disisi lain harus nyuapin Adia yg lagi susah makan. Sekitar 1-2 bulan gak pake ART (perjuangan yang sangat berat, lebih capek daripada maen futsal 4x20menit, full press, gak ganti pemain) akhirnya punya ART baru lagi, disaat Adia udah makan makanan keras seperti nasi beserta lauk-pauknya. Langsung gue berteriak dalam hati: "ALHAMDULILAAAHH". Karna urusan nyuapin emang jadi job desc utama doi buat ngurus Adia. Tapi tetep, disaat ART gue gak ikut pergi (misalnya lagi ke kondangan) dan gue cuma berdua sama Dewa, kerjasama diperlukan. Lagi kondangan, yg satu gendong, yg satu nyuapin (gak ada lagi deh waktu buat ngantri sana-sini kambing guling, bebek, dll). Lagi makan direstoran, Adia disuapin Dewa, Gue nyuapin Dewa. Atau sebaliknya, Adia disuapin gue, Dewa makan sembari nyuapin suaminya (gak ada lagi dah makan yg selow--->>Nakut2in orang yg belom punya anak). Gue akuin, gue kurang bisa nyuapin Adia, jauh skill-nya dari Dewa yg sabar dan telaten kalo nyuapin. Kalo gue, disaat Adia gak mau disuapin, langsung berpikiran "Udah kenyang ini anak" (hahaha--->>Ketawa miris). Salut buat siapapun yg bisa nyuapin anak tanpa naik darah. Sampe sekarang, gue masih belajar cara nyuapin anak dgn sabar.

5. Ajak Main.
Ini adalah saat2 paling menyenangkan dalam mengurus anak. Disaat kondisi udah mandi, udah ganti pampers, udah nyusu dan udah makan!! Bahkan Ayah yg gak mau (sekali lagi, bukan GAK BISA) ngelakuin 4 hal diatas, pasti seneng disaat ngelakuin yg nomer 5 ini. Evolusi-nya juga seru. Dari mulai Adia masih bisa tiduran doang, terus gue cuma merentangkan tangan di atas badannya, melakukan gerakan buka-tutup mendekat-menjauh sembari ngomong "Gaaauukk... Gaaauukkk" (kayak orang gila juga sih sebenernya) biar Adia bisa ketawa2, naro maenan diujung tempat tidur bisa dia ngerangkak, bikin jalur jalanan gue-Dewa biar Adia berani jalan sendiri, sampe sekarang lagi fase ngapalin nama barang2 di otaknya. Gak cuma sekedar ngajak main, tapi ngelakuin sesuatu yg bisa membuat kemampuan tubuh dan otaknya bisa berkembang. Sangat menyenangkan ngeliat gimana anak berkembang dari waktu ke waktu.

Masih banyak lagi hal-hal lain berkenaan dengan ngurus anak, karna ngurus anak gak terbatas sama 5 hal diatas. Percaya sama gue, selalu menyenangkan kalo punya anak, dan diurus BERSAMA. Kata terakhir capslock itu refer to Pasangan Suami Istri. Bukan orang-tua, bukan mertua, bukan adik/Kakak, bahkan bukan pula BabySitter atau ART. Karna anak itu sangat ketergantungan sama kita, sebagai pasangan, sebagai satu tim, satu kesatuan. Selama masih mampu sendiri, jangan ngandelin orang-lain untuk ngurus anak. Berhasil atau tidaknya anak menghadapi hidup dikemudian hari adalah tanggung jawab kita sebagai orang-tua.

Buat para Ayah diluar sana, ngurus anak itu GAMPANG, selama elo semua bisa mengesampingkan ego pribadi (Males-Gengsi-Jijik-Dll). Seperti di bahas panjang diatas, gue gak pernah nyebut GAK BISA ngurus anak, tapi selalu ditulis GAK MAU ngurus anak. Ya, ini cuma masalah BISA atau MAU. Selama elo MAU ngurus anak, pasti elo BISA ngelakuin semua perintilan diatas.

Buat para istri, kalo suami gak mau bantu urus anak, suruh mereka kasih duit yg banyak, biar elo bisa foya-foya habisin uang. Itu satu2nya cara buat ngilangin capek ngurus anak sendiran. Kalo suami masih gak bisa beliin rumah, mobil, belanja kebutuhan pribadi elo, tapi dia tetep gak MAU bantu urus anak, SUNAT lagi aja, gue rasa itu adalah cara yg adil..

Ayo bikin keluarga yg kompak!!

#IndonesiaTanpaAyahGakMauNgurusAnak

4 komentar:

  1. Hahahahaahaha! kocak abis, sbnre sih ga kocak, cuma gw ngakak aja pas baca posting ini. Dan jg untung suami gw masuk tipe ayah doyan ngurus anak..

    BalasHapus
  2. Duuududududu...terharu denger kata baby blues diidap seorang ayah!*kalo diderita kesannya menderita, kalo diidap...?* :D gak yakin gue semua suami paham apa itu baby blues, bisa jadi pas disebut jg ga mudeng.. *itu lagu apa merk baju bayi?*
    Top markotop! Inspiring quotes found here n_n
    Semoga bisa dibukukan ya kalo udah banyak seri ayahnya! *langsung ngumpulin duit buat beli banyak dan sebar gratis ke suami, adek, temen2*

    BalasHapus