Selasa, 07 Februari 2012

Minus-Plus Kebiasaan Dewa

Ngeliat judulnya, pasti pada mikir: "Emang Bagol tau apa yg Zeus lakuin?? Atau apa yg akan dilakukan oleh Poseidon?? Akankah Zeus akan berperang dengan Poseidon karna merasa tongkat petirnya dicuri??". Bagi pecinta pelm begituan (begituan--->> kayak be-ep aje), pasti ngarti maksud gue apaan. ITU DEWA YUNANI, GILAAAAAA...
Atau, yg lagi ngetrend sekarang tuh di twitter, mungkin mereka mikir: "Tau apa Bagol tentang Dewa?? Ngapain dia sok2 nulis begini?? Apa dia gak tau kalo gue lagi ngantuk tingkat Dewa?? Karna semalem gue begadang dan capek tingkat Dewa.. Kalo kelamaan, bisa2 gue stres level Dewa!!". Suka bikin mental (terpental) ya, ngeluh ada tingkatannya, kayak keripik Ma'Icih aje..

Yang mau gue omongin disini adalah Dewa Ayu Putu Novita Angelia, istri gue tercinta. Yes, doi adalah orang Bali, jadi kalo elo nelpon kerumahnya: "Halo, bisa bicara dengan Dewa??", pasti dirumahnya yg angkat bakal tanya: "Dewa yg mana ya??". Karna, kecuali Ibunya, semuanya pake nama Dewa!! Bingung kan elo kalo jadi pacarnya dia dan adik2nya.. Kalo kita bilang: "Dewa yg cewek". Disana bakal jawab: "Dewa yg mana ya??" (ngulang mulu, ampe tua). Doi anak tertua, adek2nya cewek 2 pake nama Dewa juga. "Eeeemmm.. Dewa yg itu loh, yg.....", nah, ini baru bener, harus nyebutin ciri khas, baru bisa tersambung.. (Ya, ya, untung waktu gue pacaran udah ada HP, jadi gak perlu nelpon kerumah dengan deg2an.. Mudah2an bukan Bapak yg angkat..)

Ada beberapa kebiasaan Dewa yg mau gue ceritain disini, mari ceritakan yg minus dulu deh ya..
1. Impulsive shopping gila.
Sepatu di rak udah banyak bener, gue buka lemari baju, gantungan isinya baju dia semua. Dibawah baju2 itu, menumpuk tas dengan berbagai warna dan model. Kalo dia bilang: "Bun, baju buat ke kantor aku udah habis", itu artinya dia berniat membeli baju, celana/rok, sepatu serta tas yg semodel!!". Atau misalnya dia tiba2 membujuk dengan sangat, untuk ke Mall tertentu: "Buuunn.. Nanti weekend ke Gading yuk abis dari Pulogebang, atau ke PIM sebelum pulang. Kan udah lama kita gak kesana, ke Margo mulu, bosen", itu artinya PASTI di 2 Mall itu ada 1 toko (lagi diskon) yg gak ada di Margo, kemungkinan besar, Zara atau Mango atau Apple, atau Duren, atau Marqisa!! (nulis dgn penuh emosi). Yg paling terbaru, mau belanja bulanan hari Selasa kemaren. Rencananya, Dewa naek kereta turun di Pocin, terus jalan kaki di Margo, gue dari rumah nunggu kabar dari dia, kalo udah nyampe Pasar Minggu, kabarin, biar nyampe Margonya bareng gak tunggu2an. Dapet SMS dari Dewa: "Eh Bun, maaf, udah lewat UI nih, dikit lagi Pocin, ketemuan di Margo ya". Karna gak mau dia menunggu, akhirnya gue buru2 ke Margo. Perhitungan gue tepat, ketemu sama dia di gerbang Mall. Dia masuk mobil, terus bilang: "Koq kamu cepet sih?? Kan aku sengaja SMS kamu telat2 udah nyampe UI, biar aku duluan, mau ke Charles&Keith padahal". Istri gila. Itu juga si Charles sama Keith juga ngapain sih bikin2 sepatu buat cewek. Kalo mau bikin sepatu jangan nanggung2, bikin juga sepatu bola yg pulnya banyak!!
2. Nonton Bola Nyebelin.
Dulu awal2 pacaran, doi antusias banget kalo nemenin gue maen futsal, bawain handuk, teriak dari pinggir lapangan. Makin kesini, makin males nemenin. Pas udah nikah, lagi hamil: "Bun, Sabtu aku mau maen futsal sama anak2 TAFS di Pasar Festival ya, Rijal ngajakin", kata gue. Terus dia bilang: "Waaahh, aku ikut doooonng". Seneng dong gue, udah lama kan gak ditemenin. Pas lagi di jalan, belom nyampe venue: "Bun, drop aku di Ambassador ya, kamu 2 jam kan?? Nanti aku kesana naek ojek aja". Gila.Ternyata mau belanja doi.
Pertama kali gue bawa ke Gelora Bung Karno nontonin Indonesia di Piala Asia 2007: "Waaaahh.. Aku baru pertamakali nih Bun nonton bola langsung ke Stadion", dengan wajah antusias tingkat Dewa (ini apaan sih ada tingkat2an). Kunjungan ke sekian di GBK, tingkah lakunya udah begini: "Hooooaaammm (sembari nguap, terus liat ke jam) Ini jam berapa sih Bun beresnya?? Masih lama??". Auah.
Nonton Liverpool nih di tipi, dia suka sok2 antusias gitu: "Itu Gerrard makin ganteng ya Bun. Ya ampun Skrteeeelll.. Seksi bangeeeettt.. Bun, koq Suarez giginya gitu ya??". SEMUA YG DIKOMENIN CUMA FISIIIIKK!!! Tapi pernah dia antusias ngikutin pertandingan, terus suka sok2 ikut bereaksi kalo ada peluang gagal: "Aaaaahhh... Nyaris bgt itu gol, sayang bgt ya Bun, padahal dikit lagi jebol tuh gawang, terus Liverpool bisa unggul". Gue bengong, menatap dia dengan pandangan kosong, lalu bersuara pelan dan datar: "Bun, itu Liverpool yg lagi diserang..".

Tapi kalo gue inget2 sih, kayaknya cuma 2 itu doang kelakuan dia yg minus (antara emang 2 itu doang, atau emang ide gue nulis udah habis, aaaaahhh bingung tingkat Dewaaaaa). Sampe saat ini sih gak pernah ada masalah yg berarti dengan 2 kelakuan itu, kalo kata anak2 muda mah, bukan masalah yg PRINSIP. Jadi selow-selow aja jalaninnya, toh kalo dia mau belanja, itu pake duit gaji dia sendiri, investasi-tabungan jalan terus. Buktinya?? Down Payment buat rumah sama mobil, tanpa disangka tanpa dinyana, dia udah nyiapin. So, selama investasi-tabungan gak ada masalah, ya seterah aje dia mau belanja gimane juga (asal gak beli tas harga 16 juta keatas. Kalo tasnya bisa dipake jadi jamban, malah gue yg beli itu tas, maklum, gue tukang berak. Ngapain beli tas mahal2 kalo dipotong pake pisau bisa robek, atau disiram pake bensin, disulut api, masih bisa terbakar. Gak masuk akal). Masalah bola juga gak begitu penting, toh dari awal kenal yg gila bola itu gue, jadi gak maksa dia juga untuk suka sama bola. Sama aja, gue pun gak mau dipaksa untuk menyukai Mangga Dua atau Tanah Abang (2 tempat yg paling tidak gue sukai di muka bumi ini). Selama gue masih bisa nonton bola, sendiripun gak ada masalah.

Kalo misalnya kelakuan positifnya Dewa, bingung juga jabarinnya gimana, banyak bener soalnya. Gue jabarin berdasarkan perannya dia di kehidupan aja deh ya:
1. Ibu.
Awal2 nikah, gue sama Dewa udah sepakat, untuk gak nunda2 kehamilan, lagian gue merasa terpressure sama Abang Ipar, baru nikah, Kak Amel udah hamil (somehow, ego "kejantanan" sbg seorang pria itu tertekan disini). Alhamdulillah, dikaruniai juga sama persis kayak mereka, Dewa langsung hamil. Dari hamil aja dia udah sangat siap jadi seorang Ibu, semua makanan enak (yg mengandung MSG, vetsin, dll) dia gak makan selama 9 bulan (kalo gue mah udah nyerah kali yak). Semua makanan yg menyehatkan, dia makan, entah dia suka apa enggak, selama buat janin itu bagus. Jarang ngeluh kalo dia hamil itu capek (bahkan pas janin 7 bulan, sempet pergi backpaker-an ke Vietnam, yg bikin kakinya jadi paha semua, gara2 bengkak jalan mulu), bahkan jarang bgt eneg dan ngerepotin dengan muntah sana-sini. Sangat siap secara mental. Semua barang2 kebutuhan Adia udah dipersiapin sejak lama, cari tau, tanya2 kanan-kiri apa yg perlu. Yg paling mantab, dia nyari tau tentang ASI!! Padahal gue mah ngikut2 aja. Semua informasi tentang ASI dia browsing di internet, apa manfaatnya, caranya gimana, mitos2nya gimana. Dengan niat sendiri, tanpa suruhan orang lain (ego cewek aja sih kayaknya, temen2nya ASI semua soalnya), ikutan AIMI ASI, ikut pelatihan, dll. Dan alhamdulillah, dari Inisiasi Menyusui Dini sampe sekarang (Adia 16 bulan) masih tetep ASI (meskipun sempet berhadapan sama ASI keluar dikit, tekanan orang tua untuk sufor, tetek bengkak--->>'Apa emang udah bengkak dari dulu', kurang tidur, baby blues, dll), impactnya cuma baru keliatan Adia jarang sakit, tapi Insya Allah ada impact jangka panjang (at least secara jangka panjang, uang buat sufor bisa di tabung/investasi-in--->> Ayah ASI Padang). Udah bekerja pun, dia gak ninggalin tugasnya sebagai seorang Ibu. Pagi dia nyiapin baju apa aja yg Adia pake di hari tersebut (karna gue kalo nyiapin baju buat Adia asal2an, asal nutup badan), siapin Pampers, minyak telon, dll. Ngomong ke Arini (ART) Adia nanti pagi makan apa, siang makan apa, malem makan apa, jadi Arini tinggal nyuapin. Di kantor, masih mompa ASI buat diminum Adia. Pulang jam 5 teng, biar masih sempet buat nyuapin Adia makan malem, meski gue tau dia pasti capek bgt abis macet2an ke Stasiun, desek2an di kereta, dan ngemotor dari Pocin ke rumah. Weekend, dia maunya itu Adia sama dia terus, dari mulai mandi pagi, suapin makan, bersihin eek, maen, bacain buku cerita, ngajarin mewarnai, masak pun Adia dia bawa ke dapur. Kata dia: "Kamu kan udah ngurusin Adia terus tiap hari, sekarang gantian aku yg urus, kamu kalo mau maen PS3 atau futsal, maen aja, gak papa koq". Apa lagi yg bisa gue harapkan dari Ibu anak2 (ada angka "2", artinya bukan cuma satu loh ya, itu majemuk) gue?? Dewa punya semua koq.

2. Istri.
Awal gue kenal (kenal loh ya, bukan jadian) sama Dewa, gue udah berpikir, cewek tipe gini yg bisa sangat pas untuk jadi pendamping hidup gue kelak. Karna untuk menjadi partner seumur hidup, kriteria yg paling mudah adalah EQUAL. Yes, keseimbangan (bener kan yak arti bahasa Indonesianya??). Gue perlu orang yg bisa nyeimbangin hidup. Contoh paling mudah, gue suka ngelucu, bikin orang ketawa, terutama pasangan yg gue cintai. Sehingga gue mengharapkan pasangan yg bisa ngimbangin, bisa ngelucu juga dan bikin gue ketawa. Menurut gue itu pemikiran yg fair. Gue suka memimpin, makanya dulu gue nyalonin diri jadi Ketua Himpunan Manajemen UNPAD. Jadinya, gue perlu pasangan yg bisa dipimpin?? Salah. Kalo begitu, nanti gue akan sangat mendominasi, jadi gak seru. Gue perlu pasangan yg bisa mimpin. Sehingga kalo berumah tangga, gak akan ada yg mendominasi. Dewa emang bisa mimpin?? Patokannya gampang, dia Ketua Angkatan di Manajemen 2002, yg notabene ngalahin gue pas pemilihan!! Damn (masih dendam sampe sekarang, karna yg milih gue cuma 13 orang dari 100an lebiiiiihhhh!!! Pada kemana woooyy!!). Gue pengangguran pun, dia tetap mau menikah. Waktu sebulan awal nikah, kita ngontrak (kayak ngekos) bulanan di daerah Mampang. Disitu aja udah keliatan serunya kalo suatu saat bener2 punya rumah sendiri. Pulang kantor, belanja makanan, terus masak bareng di dapur. Emang rasa makanannya gak enak2 amat sih, namanya juga eksperimen, tapi disitu dia berusaha buat nyenengin gue dengan memasak (meski dia tau gue pemakan segala, kecuali sayur). Selalu nyemangatin gue untuk terus maju di Indo Koala Remittance (IKR), meski 3 bulan awal pernikahan hidup cuma pake gaji dia. Sampe sekarang, kalo cerita profit IKR, respon dia: "Bun beliin ini dong, beliin itu dong, kan profit kamu lagi bagus". Gila. Dari awal2 nomaden, numpang rumah ortu/mertua, sampe rumah sendiri dengan biaya cicilan yg mencekik dan harus menyesuaikan lifestyle, seneng2 aja, ketawa2 aja menyikapi apa yg terjadi dikehidupan kami. Gue seneng ngelucu, dia juga seneng ngelucu. Apa lagi yg diharapkan dari seorang istri, disaat hidup ini sangat berat untuk dilalui (cailah bahasanya... kang sayur!!), tapi bisa kami hadapi dengan tertawa. Tapi sebenernya sih ya, kalo mau jujur dari hati yg paling dangkal, kenapa dia begitu hebat menjadi istri, karna dia bisa "ngimbangin" gue untuk urusan "itu". Ya, ngimbangin dari segi kuantitas (jangan ditanya berapa sering dan berapa lama, nanti pada kaget) maupun kualitas (jangan ditanya gaya2 apa aja, nanti pada kaget). Gue sensor nih, karna usia 18 tahun ke bawah gak boleh baca. Sunah Rosul itu Kamis Malam?? Rosul mana itu yg bilang?? Kalo gue Rosul, tiap malam adalah Sunah, tentunya dengan istri sendiri loh ya, bukan istri orang.


Di saat kita memutuskan untuk menikah, bukan perkara kita mencari pasangan yg sempurna. Yang cowok berharap istrinya adalah cewek yg mirip Jessica Alba, seksi, smart. Atau seperti Mamah Dedeh, yg Soleha, beriman tinggi. Yg cewek juga berharap suaminya cowok kayak Brad Pitt, ganteng, perut sixpax. Atau seperti Ustad Solmed, soleh, rajin Solat, dll. Pasti dibalik kelebihan2nya tersebut, ada kekurangan. Gue pun masih jauh dari sempurna jadi seorang cowok. Secara fisik, perut gue udah menonjol, kepala gue besar (makanya dipanggil Bagol). Secara batin, masih belajar untuk Solat 4 waktu (Subuh masih susahnya minta ampun), Puasa Senin-Kamis pun gue lakuin kalo mau diet doang. Tolong kasih tau gue, siapa di dunia ini wanita yang gak punya kekurangan, yg sempurna lahir dan batin?? GAK ADA. Begitu pula Dewa, dia bukan wanita sempurna, ada beberapa kekurangan. Tinggal gimana kelebihannya aja yg membuat dia menjadi "sempurna" di mata gue, suaminya dan Ayah dari anak2nya...

Mari Kita Semua Nikmatin Hidup Yg Indah Ini, Karna Gue-Dewa Sudah Dan Akan Melakukannya Selama Kami Masih Bernafas.. ENJOY!!

2 komentar:

  1. haha..seneng banget bacanya, ngakak berkali-kali.. PAs baca kesannya, "Suami idaman banget!"
    Beruntung banget ya istrinya, tapi istrinya ngerasa gitu gak ya? *tiba2 bertanya* wekekekkk..... pasti lah ya. hepi banget lah baca kisahnya, teladan ayah se-margo city, dan bunda sholihah se-mango city!

    BalasHapus