Selasa, 21 Februari 2012

Si Padang Irit

Buat temen yg sering maen sama gue, pasti tau Bagol adalah orang yg super-duper irit (kalo gak mau dibilang pelit, karna tipis bedanya). Rencana bikin tulisan ini terinspirasi saat lagi ngerental PS3 sama "geng" gue minggu lalu, lagi nyeritain salah satu temen SMA yg dulu kerjaannya minjem duit mulu. Pinjem sama si A, Rp50.000. Seminggu kemudian, minjem sama si B, Rp50.000. Berulang2 terus, bahkan si A sampe dipinjem total Rp200.000an, dan kalo ditagih selalu bilang "Iya, minggu depan yak", sampe akhirnya males nagih dan hilang gitu aja. Bingung, karna koq gue gak tau, tapi 4 temen itu tau, dan pernah jadi korbannya, lalu gue tanya: "Koq gue gak tau ya?? Terus kenapa dia dulu gak pernah pinjem sama gue??". Temen gue ber4 cuma ngeliatin, terus serempak ngomong: "Karna elo PELIT, ngehe!!". Gue ketawa kenceng. Dan kami meneruskan bermain PS3, dengan berbagai jajanan dari Indomaret, yg tentunya dibeli oleh mereka.

Sebenernya, menurut gue, pelit sama irit itu berbeda tipis. Pelit itu adalah, kita mempunyai barang yg bisa dibagi (karna buat kita udah cukup), tapi gak kita lakukan, meski diminta. Contoh: Pesen makanan, padahal itu porsinya kebanyakan, tapi temen minta gak dibagi. Atau punya Playstation, disaat gak lagi dipake, temen pinjem gak dikasih. Gue gak begitu. Sedangkan irit itu adalah, kita mempunyai barang yg gak bisa dibagi, karna cuma cukup buat kita. Contoh: Pesen makanan sesuai porsi sendiri dan isi dompet. Atau gak perlu beli Playstation, karna sayang duitnya kalo jarang dimaenin. Itu definisi perbedaan pelit sama irit, In My Opinion. Kenapa gue bisa sangat irit?? Cerita dikit tentang masa lalu.. (jangan un-follow ya)

Gue ini terlahir tahun 1984, saat itu Ayah umurnya udah 41 tahun, dan bisa dibilang, ini adalah puncak kejayaan beliau, dalam hal karier dan finansial. Setiap gue ulang tahun, pasti selalu dibeliin hadiah, dan boleh milih langsung ke tempat mainan. Saat itu gue sangat seneng beli robot2an, jadi suka maen robot2an, bikin cerita, mereka berantem, guenya kayak orang gila ngomong sendiri: "Hei, kamu yg membunuh teman aku??!! Ayo sini berkelahi!!", kata robot A. Nanti robot B-nya juga ngomong (dan gue ubah nada suaranya, biar keliatan kayak 2 orang yg beda): "Hahaha, memang saya yg membunuh dia, dan sekarang aku akan membunuhmuuu!! Ciaaaattt..." (sembari gerakin robot B mukul robot A). Sangat menyenangkan masa-masa itu. Bahkan beranjak Sekolah Dasar, mulai dibeliin Nintendo dan Super Nintendo. Maen ada harinya, Sabtu-Minggu doang atau lagi libur sekolah. Kasetnya juga gak asal beli, beli kaset tiap 4 bulan sekali, dengan perjanjian: Ranking 1, beli 3 kaset. Ranking 2, beli 2 kaset. Ranking 3, beli 1 kaset. Ranking 4 dan seterusnya gak boleh beli kaset. Alhamdulillah, dari kelas 3 SD selalu ranking 1 (yaeeyalaahh.. Kelas 1 dan 2 SD Di Jenderal Sudirman, paling mentok cuma ranking 3. Kelas 3 pindah ke 09 pagi, deket rumah, jadilah yg paling pinter, Ayah salah satu penyandang dana pula di sekolah, pengaruhin dikitlah guru-guru, lumayan). Keliatannya enak kan ya, semua bisa gue punya?? Tapi gak juga. Dari SD, gue gak pernah dikasih uang jajan sama orang tua. Gue gak pernah jajan di kantin, selalu dibawain bekal dari rumah. Alasan ortu bukan karna jajanan itu kotor, dll. Tapi lebih kepada, emang gue gak dikasih pegang uang sejak kecil. Jadi kalo gue mau jajan, ya minta temen, atau "malak" temen, dgn cara gue ngasih jawaban waktu ulangan, dia ngasih gue duit (berbisnis dari kecil, bahasa Padangnya: Manggale). Waktu SD pula, gue jarang maen kesana-kemari, paling cuma maen kerumah temen komplek, karna emang kebanyakan mereka yg dateng kerumah rame2 buat maen Nintendo/SuperNintendo (harusnya dulu ditarikin biaya rental ya, mayan nih). Ortu pula yg bilang, mereka beli Nintendo/SuperNintendo biar gue maen dirumah aja, ajak temen2 dateng, jadi gak perlu minta duit sama mereka buat jajan.

Masuk SMP, udah mulai dikasih uang jajan, karna sekolahnya gak tinggal jalan, tapi harus ngangkot. Jadi mulai dikasih ongkos angkot, tapi tetep gak dikasih uang jajan. Seperti biasa, mereka beralasan gak mau ngasih gue pegang uang (ada udah mulai tercium ya bakat judi oleh mereka?? Hhhmm). Saat SMP ini kegiatan gue mulai banyak, kayak maen bola di lapangan samping sekolah, sampe weekend udah pergi nginep dirumah temen, ataupun cuma sekedar maen ke mall (anak Ocean Pacific, Billabong, dll dulu gue, kurang gahul apa coba). Jadi mulai ada duit yg dikasih ke gue, tapi ada syaratnya juga. Duit turun kalo gue jelas mau maen kemana, sama siapa, dll. Buat Ayah, kalo gue minta duit pacaran, pasti dikasih "cukup", dia selalu bilang: "Jangan malu2in didepan cewek" (maklum, Ayah emang playboy, si tukang pake jas ada busa di bahu, kayak Jiban). Uang akan dikasih sama ortu kalo alasan dipake buat apanya jelas. Maksudnya, kalo gue bilang mau nonton, uang yg dikasih akan pas buat nonton sama makan, gak dikasih lebih.

Masuk SMA, mungkin ini masa-masa berjaya gue sebagai seorang manusia. Yaaaa... Gak berjaya juga sih, cuma bawa mobil doang ke sekolah (mayan buat menggaet cewek2 yg demen punya cowok pake mobil), dikasih uang jajan juga secukupnya, karna pas SMA sekolah lebih lama, bisa sampe jam 3an. Karna uang jajan secukupnya, selalu pas2in buat gue sendiri. Gak ada tuh kepikiran buat bayarin temen makan, bayarin ngerental PS, dll, kecuali kalo lagi menang judi bola. Gimane mau bayarin, buat gue aja pas2an. Ilustrasi: Uang cukup cuma buat makan mie ayam sama teh botol. Kalo gue sok2 bayarin temen, cuma bisa makan tanpa minum. Atau minum tanpa makan. Tapi tetep, kalo gue mau pergi, dan minta uang, pasti dikasih, asal jelas. Jadi gak ada tuh kepikiran mau nilep duit dari ortu, ngapain nilep kalo gue minta dikasih??

Masuk kuliah, baru deh karakter super irit gue dimulai dan semakin kuat. Ayah masa jayanya udah habis, sampe suatu saat Mama ngomong pas awal2 gue mulai kuliah di Bandung: "Mas, Ayah mulai menurun secara finansial, kalo emang mau minta uang, itu kalo kamu bener2 butuh ya, uang yg Ayah-Mama kasih jangan kamu buang2 buat hal yg gak penting". Deeeeenngg.. Saat itu sempet shock denger Mama ngomong kayak gitu, hilang semua "kejayaan" waktu SMA, mau apa tinggal minta. Tapi setelah direnungin, buat apa gue shock?? Bukannya dari kecil gue udah dilatih untuk hidup seadanya, dari uang yg ada didompet?? Jadilah karakter super irit ini tambah kuat. Duit yg dikasih ortu gak akan gue pake untuk hal yg gak penting, kayak nongkrong sama temen2. Kebanyakan temen, makan sembari nongkrong ditempat gaul. Jadi ada biaya lain selain biaya makan. Kalo gue, makan ya makan, di warung nasi, yg bayar Rp4000 juga udah kenyang. Nongkrong, ya dikampus aja, lebih rame, ada senior-junior jadi satu, ngapain tempat gaul yg bahkan kita belom tentu kenal sama orang2nya. Uang lebih yg ada dikantong lebih gue pentingin buat patungan lapangan bola/futsal sama temen (malah berusaha cari lawan, dan buat perjanjian "Yg Kalah Bayar Lapangan", biar bisa maen gratis). Sepatu futsal pun, pas minta beliin Mama, beliau bilang: "Jangan di Athlete's Foot lagi ya Mas, di Taman Puring aja, bagus-bagus tapi murah". Jaman SMA, gue punya 5-6 pasang sepatu bola. Paling cuma 2 pasang yg beli Taman Puring, dan kualitasnya jelek, gampang jebol. Jadi pas kuliah udah belajar, abis beli Taman Puring, langsung jait saat itu juga. Harga dibawah Rp100.000, tapi kuat. Kosan butut, di gang sempit, kamar mandi dari jam 07.00-15.00 aer mati, jadi kadang2 kalo ke kamar mandi jam 9an, itu ada tai ngambang, karna temen berak, gak ada aer buat nyiram, cuma cukup buat cebok. Atapnya terbuka, jadi kalo lagi mau berak, tapi hujan deras, harus pake payung. Itupun balap2an sama aer hujan, kalo aer hujannya lebih deras, dan tai belom masuk jamban, bisa2 itu tai akan ngambang dan keluar sampe ke lantai2. Oh iya, disini pertama kalinya gue ngerasain WC jongkok, ciamik ye, dari kecil WC duduk, makanya sampe sekarang gue gak bisa jongkok (gak nyambung, bilang aja perut gendut dari kecil, alias cacingan akut). Di masa-masa ini, uang yg ada akan gue prioritaskan untuk makan. Kalo ada lebih, bakal maen bola/futsal. Kalo ada lebih lagi, baru dipake buat "Me Time", kayak nonton bioskop sendirian. Sukur2 ada lebih, baru dipake buat pacaran. Toh pacaran jaman itu cuma makan malem bareng (bayar sendiri2, atau malem ini gue yg bayar, besoknya dia, dst), dan kalo mantan itu ngajakin makan yg mahalan dikit, pasti gue gak mau, kecuali dia yg bayar. Simpel, karna gue gak punya budget lebih. Selama kuliah 4 tahun, dengan segala ke-pas-pas-an-nya, banyak yg bisa gue capai. Jadi berbagai Ketua di organisasi tanpa ngeluarin duit (membuktikan kalo gak ada money politic waktu gue kepilih. Kalopun ada, ngapain tingkat kampus aja pake money politic, gak ada duitnya juga buat balikin modal), dan meski dengan sepatu murah, banyak gelar tingkat Fakultas yg bisa gue dapet di sepakbola/futsal, puncaknya jadi Kapten FE UNPAD. Gak punya duit, gak berarti gak bisa dapet apa yg kita pengen kan??

Masuk dunia kerja, kebetulan dapet kerja bagus, punya penghasilan diatas rata-rata buat fresh graduation (at least kalo dibandingin sama temen2 yg udah pada dapet kerja juga), membuat gue hilang kendali, kehilangan kewarasan (meski tetap bawa bekal ke kantor). Gaji sebulan selalu habis untuk gue nyeneng2in diri sendiri, apa yg gak bisa dirasain pas kuliah (kayak nongkrong di tempat gaul, nyobain kopi Starbucks yg harganya puluhan ribu--Padahal lebih enak ABC Susu, sering puas2in diri makan di fastfood favorit, kosan di Bandung ada AC-kamar mandi dalem-jamban duduk, dll) banyak yg bisa gue lakuin. Waktu pacaran juga udah royal, beli ini beli itu, mau makan dimana juga dijabanin. Dipecat pun dapat dispensasi sampe belasan juta. Ngeliat duit segini di rekening, dulu kalap bgt (maklum, cuma sering ngeliat 1 digit doang di rekening. Beli tas di Adidas, dll. Pindah kerja ke bank asing, dgn penghasilan yg gak jauh beda (tapi lebih kecil), mulai bisa mikir: "Waktu gue kerja kemaren, gue punya apa ya sekarang?? Koq duit habis gitu aja??". Sisihinlah duit buat investasi. Dan beli barang2 yg "keliatan", kayak motor (barang mahal pertama). Udah mulai kembali pas2an hidup, karna ada jatah buat investasi sama cicilan motor. Dipecat dari sini, sempet nganggur lumayan lama, sampe harus narik uang di Reksadana buat biayain hidup pas nganggur. Keterima terakhir di bank asing, penghasilan kecil bgt. Cuma cukup buat nabung dikit, sisanya habis buat ongkos (padahal ke kantor juga bawa bekal). Dipecat lagi, gak punya duit lagi, dan gue menikah!! Bikin perusahaan sendiri, 3 bulan awal masih belom ada profit, masih pake duit istri buat hidup. Irit-se-irit-irit-nya. Gue ngeluarin duit kalo emang kebutuhan bukan karena keinginan.

Gue baru tau sekarang, kenapa Ayah-Mama gak pernah ngasih gue pegang duit dari kecil, karna duit itu bisa buat kita lupa diri, bisa buat lupa daratan. Di saat kita udah punya duit, tapi gak punya "mental" jadi orang yg berduit, maka itu akan menjadi bencana. Bencana: Jadi orang sombong, gak mau keliatan kere sehingga menghalalkan segala cara untuk bisa "dipandang" (ngutang, pinjem sana-sini), royal ngeluarin duit didepan temen2 biar dikata udah sukses padahal masih jongos dikerjaan, hambur2in duit buat hal2 gak penting sampe akhirnya sadar: "Gue udah punya apa ya sekarang?? Handphone sih keren, tapi koq gue tidur masih numpang orang ya??".

Hidup gue pernah di "atas" waktu kecil sampe SMA, lalu turun ke "bawah" waktu lagi kuliah. Sempet ke "atas" lagi pas kerja pertama kali, tapi kembali ke "bawah" setelah dipecat-nganggur-penghasilankecil-dipecatlagi-nganggur-awalbikinperusahaan. Dengan pengalaman yg udah gue laluin itu, Insya Allah, meski suatu saat nanti bakal dapet rezeki yg berlimpah dari Allah, gak akan menghilangkan kebiasaan yg selalu gue lakuin hampir sepanjang hidup: MENJADI MANUSIA IRIT!! Orang mau memandang gimana dengan kebiasaan ini, terserah. Balik lagi ke pertanyaan klasik: "Semua Orang Punya Pilihan Kan??", dan itu adalah pilihan gue..

5 komentar:

  1. gue suka postingan lo yg ini bg..
    kita sama bgt. waktu SD gue jg gak pernah dikasih pegang duit, tp alhamdulillah apa yg kita minta selalu dikasih sm ayah.
    pas SMP udah dikasih duit bulanan, tp kita disuruh buat ngatur tu duit sendiri. jd kalo habis sebelum akhir bulan, kita gak boleh minta lg.
    gue juga sering dipanggul pelit sm temen2. mereka jg suka blg gue padang pelit, tp gue cuekin aja omongan mereka..
    setelah apa yg gue alami dan baca postingan lo, gue makin sadar kalo secara gak langsung orangtua gue ngajarin gimana ngatur duit biar gak kebablasan.
    smoga lo sukses terus bang!!!

    BalasHapus
  2. Hahaha, sama-sama, semoga elo sukses juga. Cuekin aja stigma "Padang Pelit", buat gue itu cuma becandaan aja, seloooww.. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw merasa beruntung hidup dgn orang tua yg ngajarin dua2nya. (nyokap super irit aka padang, dan bokap yg super royal aka pdg&jkt). thx to my mom yg uda ngajarin arti uang itu apa, ditabung buat sesuatu yg berguna. dan bkp gw yg ngajarin royal, menikmati hasil jerih payah. jd resultnya yaa gw sekarang ini, alhamdulillah bisa lebih memaknai arti uang itu spt apa. thx gol buat sharingnya!!!

      Hapus
  3. Yoi, mau ortu kayak bagaimana juga, yg penting result di kita-nya, hehe..

    BalasHapus