Minggu, 19 Februari 2012

Alasan Gak Pake Blackberry

Sekitar 2-3 tahun terakhir ini, Indonesia booming dengan masuknya Blackberry di pasar handphone nasional (kayak jaman2 Esia awal, cuma ini lebih bertahan lama). Awal-awal merupakan komoditas yg eksklusif, hanya dapat dibeli oleh orang2 tertentu, tapi dengan trend barang elektronik yg harganya menurun, jadilah Blackberry ini bisa didapatkan siapa aja. Orang dengan gaji diatas 10 juta/bulan, dibawah 5 juta/bulan. Bahkan para mahasiswa atau anak sekolah, yg bahkan belom punya penghasilan (antara tukang palak, atau demen boongin ortu ini mah).

Kalo setiap gue ngeluarin HP, pasti temen gue nanya "Gol, PIN BB elo berapa??", gue jawab dengan serius: "d0n3". Temen gue, sembari ngetik di BBnya, langsung bingung: "Loh, gue cuma segini sih digitnya??". "Emang segitu koq, nih coba cek aja.." (dengan coolnya nyodorin HP Dual SIM Made In China, dengan merk D-One!!). Ini juga apaan merk D-One.. (maklum, hadiah pernikahan dari Bokap, hadiah yg bikin terharu. Karna beberapa minggu sebelum nikah, sempet nyeletuk pas baca koran: "Wih, canggih nih HP bisa Dual SIM, jadi gak perlu bawa 2 HP"). Atau kalo lagi SMSan sama temen lama atau temen baru, pasti pada nanya: "PIN elo berapa??", gue jawab: "Seenak2nya aje lu nanya PIN gue, istri gue aja gak tau!!" (salah persepsi, udah keburu emosi, kirain temen nanya PIN ATM). Kalopun ditanya sama nasabah, "Andhika, ada PIN BB gak??", gue pasti jawab: "Belom ada Pak/Bu, belom kekumpul nih duitnya, hehe".

Karna made in china, susahlah mengharapkan HP ini bisa bertahan lama. Berusia nyari setahun, udah rusak, layar gak bisa dibaca, putih semua. Pas mau di servis, biayanya bisa buat beli 1 HP baru yg sama!! Elo aja gila kalo tetep nyerpis. Mulai deh pencarian HP baru. Ada opsi Blackberry dengan harga terjangkau, bisa dicicil 0% 12 bulan. SANGAT MENARIK. Akhirnya, belilah HP baru.. Blackberry.. Maksudnya, bentuknya kayak Blackberry, padahal SAMSUNG DUAL SIM!! (Mayan merknya Samsung, tahan sampe hari ini, detik ini).

Makinlah gue di bully sama lingkungan yg pada pake BB semua. "Pakelah BB, udah punya duit sekarang" (bukan masalah punya duit, tapi masalah kebutuhan. Kalo BB ada yg dual SIM, pasti gue pake). "Pakelah BB, biar bisa gampang ngobrol" (dikira cuma yg pake BB doang kali bisa ngobrol. YM gue aktif, facebook gue aktif, twitter gue aktif, bahkan nomer HP gue gak berubah sejak SMA. Banyak jalurnya gak hanya BBM). "Pakelah BB, biar irit" (Ngapain punya BB cuma buat bisa BBMan doang?? Kalo gak ada pulsa, putus hubungan sama temen yg gak pake BB?? Aya-aya wae). Semakin di bully, semakin berontaklah gue untuk tetap gak akan punya BB.. Ini beberapa alasannya:

1. Banyak orang punya.
Gak ada seru2nya punya HP yg sama dengan 20-50 orang temen elo, karna BB ini modelnya gak begitu banyak, tapi yg make bejibun. Sama aja kayak elo pake kaos, terus ke mall, tiba2 orang ada yg pake kaos yg sama.. Itu sih perumpamaan menurut gue loh yaaa..
2. Gak efektif.
Gue punya 2 nomer, 1 nomer pribadi, 1 nomer kerja. Harus dipisah biar gak annoying. at least weekend matiin nomer kerja, Makanya, semenjak ada HP Dual SIM, gue gak pernah pindah ke lain hati. Malah ada yg teknologi yang super sangat spektakuler, Tripple SIM!! 2 GSM sama 1 CDMA. Sayang udah jarang yg pake Esia. Kalo masih banyak, pasti HP gue yg ini. Sekalian kalo ada 10 SIM CARD, kebayang punya XL. Mentari, M3, Simpati, Esia, dll, hanya dalam 1 handphone. Ciamik.
3. Gak perlu browsing.
Gak perlu punya jaringan internet. Toh kerjaan gue duduk didepan komputer tiap hari. Dirumah kalo lagi mau browsing ada modem. Kalo lagi keluar rumah, gak bisa browsing, karna lagi nyetir. Kalopun kepepet, punya istri yg HPnya buat browsing. Lagian ngapain sih bisa browsing 7/24?? Kalo yg diliat cuma twitter/facebook?? Biar gak mati gaya kalo sendiri?? Toh orang yg di mentions kalo lagi twiteran dia lagi-dia lagi. Alasan aneh. Tidak bisa menghibur diri sendiri.
4. Gak perlu ngobrol gratis.
Kayak gue bilang diatas, kalo mau ngobrol gratis, tanpa bayar (meski sebenernya bayar juga, mana ada gratisan) bisa lewat YM, chat di FB, DM di twitter. Jadi gak selalu harus Blackberry Messenger. Kalo emang punya modal, ya SMSan aje dah. Di SMS gak ada tuh tanda contreng, tanda "D" (delivered) ataupun "R" (Read). Jadi selow mau balesnya kapan, gak annoying kayak di BB. Kalo udah "R" tapi gak dibales, itu ibarat ngajakin ribut orang yg pacaran. "Koq kamu udah read, tapi gak bales?? Kamu lagi ngapain?? Pasti lagi sama cewek lain gak bisa bales BB aku??!! Atau kamu lagi ngamar dan berbuat tak senonoh dengan cewek lain??!! Aku mau putus!! Putus!! Dan putus!!" (jadi drama kan, ribet jadinya)
5. Gak nyari status sosial.
Ada beberapa temen bilang, karna gue udah punya duit (sedikit), naekin level HandPhone dengan pake Blackberry. Buat apaaaaa??? Emang status sosial ini penting bgt?? Gue malah lebih pengen dianggap gak punya apa-apa dimata orang, dianggap gak bagus secara finansial sama orang. Karna gak mau ekspektasi orang gede ke gue. Contoh: Punya BB, dianggap punya duit tak terbatas, ternyata gak punya pulsa. Punya BB, dianggap sandang-pangan-papan udah gak ada masalah, ternyata baju beli grosiran, makan ngutang dikantin kantor, rumah masih numpang. Ya orang jadi males ngeliatnya, ibaratnya nih, ngeliat cewek cakep bgt, seksi, badan bagus. Pas buka celananya, ternyata ada "burung"nya. Drop atuh.

Kalo emang pada punya Blackberry, silahkan aja, gue gak akan berkomentar selama elo gak mem-bully orang-orang yg gak pake Blackberry. Untuk urusan kerjaan, silahkan. Atau untuk alasan yg gue kemukakan diatas, ya monggo aja. Semua orang kan punya pilihan dalam hidupnya. Toh kalo elo pada baca ini, gak akan langsung jual BB dan balik ke Nokia lagi khan?? Selow aja jadinya. Bebas, manusia itu merdeka..

Blog ini didedikasikan untuk orang-orang yg di bully karna tidak menggunakan Blackberry..

Kick Bullying Out Of "Pergaulan" (gak tau bahasa Inggrisnya apaan)

4 komentar:

  1. Keren bang, thx sharingya.. Aku lg galau nih mau ganti bb lagi apa ngga, hehe..

    BalasHapus
  2. ini HP guedde bwhwangeddd ..., boros battery, ga nyaman, tapi kalau yg type Pearlnya mau deh kalau ada yg ngasih

    BalasHapus