Kamis, 05 Januari 2012

Memutuskan Menikah Muda

Buat sebagian besar cowok, mungkin menikah adalah sesuatu yg pengen bgt dihindarin. Karna menikah itu menuntut untuk punya komitmen yg besar. Komitmen untuk memberikan hati dan tubuh HANYA kepada 1 orang. Yes, setelah menikah, elo gak boleh mencintai orang lain, ataupun kontak fisik (ciuman, bersetubuh, dll) dgn cowok/cewek lain, selain sama pasangan hidup. Buat cowok, ini adalah komitmen yg SANGAT BERAT. Yang berat itu masalah tubuh. Hati sih gampang buat sama 1 orang aja, tapi tubuh ini yg susah, "Pada setuju gak yg belom nikaaaaaah???!!!" (gerakan penyanyi rock)

Dari SMA, gue menargetkan menikah paling telat umur 25, dan banyak teman gue pada mengerutkan dahi: "Ngapain lu Gol nikah umur segitu?? Seneng2 dululah". Gue punya alasan tersendiri, dan cukup simpel: Mau Punya Selisih Umur Yang Gak Jauh Beda Sama Anak. Alasan itu gue ambil, karna gue sama Bokap punya banyak perselisihan pendapat karna perbedaan umur, karna selisih 41 tahun. Ibarat kata, beliau lahir dan besar di jaman Orde Baru, sedangkan gue besar dan lahir di jaman Reformasi. Sebenernya ini bukan masalah besar, karna perbedaan pendapatnya juga bukan hal-hal yg krusial, malah cenderung gak penting (konyol sih sebenernya). Contoh: Waktu pertama kali masuk kerja, pas gue mau berangkat, tiba2 Bokap teriak dari teras: "Mas, kalo mau kerja, baju dimasukin dong!!". Terus gue bilang: "Loh, ini udah dimasukin Yah??". Dijawab lagi sama beliau: "Itu ada yg keluar, masukin dong semua". Gue liat baju, emang ada yg keluar dikit, tapi itu semata2 biar gak kayak jojon aja, baju bener2 masuk semua, keliatan iket pinggang (harusnya gue pake gesper jaman tawuran dulu tuh, mantep bling2 kali ye). Terus pas mau kondangan, bokap nyeletuk: "Mas, ini koq jas kamu kurang bagus ya??" (sembari megang pundak gue). "Gak bagus kenapa Yah?? Ini lumayan mahal loh belinya", sahut gue. "Ini loh, bahunya koq kosong gak ada busanya??", kata beliau.. Emang dikate anaknya Jiban, pundaknya ada busaaaa.. Ada lagi, Bokap itu paling berpikir kalo jadi atlet itu gak bisa dapet duit, dia kate: "Gila ya Mas, pemain bola luar negeri duitnya banyak bgt, beda sama di Indonesia". Gue bilang:"Enggak koq Yah, di Indonesia juga gede gajinya pemain bola sekarang". "Aaahh, mana ada, bisa ngebeli mobil juga udah bagus". Busyeeett... anda kata pemain bola dibayar pake sepatu sama minum doang??!! Sampe yg paling gres, dia sedih bgt waktu gue gak masuk di kemenkeu, dia bilang: "Wah, kalo jadi pegawai pajak, udah pasti enak tuh Mas, jaminan kaya. Temen Ayah ada yg kerja di Pajak, gak tau tuh duitnya ada aja". Ayaaahh.. Itu mungkin gara2 korupsi, skrg udah ada KPK, udah susah pegawai pajak kayak gitu lagi, mau kerja apapun, kalo sungguh2 dan kerja keras, ya bisa kaya sendiri, gak harus pegawai pajak. Ya dan banyak lagi deh pendapat2 gue dan beliau yg berselisih, konyol pastinya.

Pasti semua pada mikir, hubungan gue sama Bokap itu renggang, ya enggaklah, gue sangat menghormati beliau, dgn cara membesarkan anak2nya, karna tiap orang punya karakter beda-beda kan. Buat gue, beliau punya peranan penting buat perkembangan otak anak2nya. Guru pelajaran yg baik.

Bukan hanya masalah sifat yg sering bertentangan, tapi karna urusan finansial juga. Di saat gue lahir, beliau lagi masa2 puncak karirnya, semua kebutuhan sangat terpenuhi, bahkan kelebihan. Tapi disaat beban finansial untuk gue lagi tinggi2nya (masa2 SMA dan kuliah), justru disaat itu karirnya udah ngelewatin puncak, alias lagi downtrend. Buat gue, gak pernah ada masalah, jaman SMA kemana2 naik mobil, mau pacaran tangan tinggal nadah, minta apapun dikasih. Pas kuliah, kondisi berubah 180 derajat. Kosan murah, pertama kali ngerasain WC jongkok (malah gak ada atapnya, kalo ujan pas pengen boker, harus pake payung), minim uang jajan (jatah jajan disimpen buat patungan maen bola/futsal). Gue mah selow, dan diajarkan untuk selalu menerima keadaan mau gimana, jadi gak pernah marah dan tertekan dengan kondisi begitu. Tapi yg gue pikirin, Bokap yg jadi susah sendiri, di umur yg harusnya udah istirahat dan maen sama cucu atau nikmatin uang pensiun, tapi beliau malah tetep cari uang buat anak2nya. Harusnya di umur beliau yg segitu, udah gak perlu ada tanggungan, semua anak2nya udah bisa cari nafkah dan gak nyusahin lagi.

2 hal itu yg bikin gue mau menikah muda: gak mau selisih umur nanti sama anak jauh sehingga hidup di jaman yg sama dan kalo nanti gue udah tua tinggal nikmatin uang semasa hidup.

Kalo masalah seneng2, gue emang udah padetin semuanya sebelum umur 25, semua hal yg harus gue rasain sebelum nikah, 80-90% udah dilakuin (gak perlu mancing buat ceritalah yaaaaa). Tinggal cari pasangan yg pas untuk seumur hidup, Alhamdulillah ketemunya sama Dewa, cewek yg SANGAT COCOK untuk dijadikan partner. Sama Dewa, gue bisa mempercepat nikah sebenernya, tahun 2007 (umur 23) pas dapet kerjaan. Tapi sama Ibu gak boleh, syaratnya harus Dewa-nya kerja. 2007 juga Dewa dapet kerja, tapi pas gue udah dipecat. Tahun 2008, kami sama2 bekerja, tapi Dewa ada ikatan gak boleh nikah. Tahun 2008 pula, Dewa ikatannya udah gak ada, eh, gue lagi2 dipecat. Baru tahun 2009 gue dapet kerjaan dan akhirnya ngelamar hingga akhirnya Januari 2010 menikah (meski diakhir tahun 2009, 3 bulan sebelum nikah, dipecat lagi).

Kalo elo gak mau nikah muda dan gak mau berkomitmen sana 1 orang cewek doang, ya monggo aja, gak ada masalah. Karna, siap gak lo sama situasi ini:
- Waktu masih bujang, ke mall itu cuma masuk counter Adidas, Nike, Sports Station (liat2 sepatu keluaran terbaru, beli mah kagak). Setelah menikah, jalan2 ke mall ditambah agenda ini: CUMA nongkrong di DEPAN counter Zara, Mango, dll sembari liatin jam: "Busyet, udah 30 menit didalem, ngapain aja siiiihh??!!"
- Waktu masih bujang, nongkrong di tempat anak gaul, liatin cewek2 mondar mandir dgn pakaian seadanya. Setelah nikah, mata harus fokus liatin dia atau makanan, kalo meleng dikit Buuukk.. Tiba2 kaki ada yg nendang.. "Ngeliat kemana kamu??!!", dgn tatapan seperti orang puasa ngeliat makanan dan waktu udah jam stgh 6.
- Waktu masih bujang, duit mah pake aja sendiri bakal apaan. Setelah menikah: "Mana duit buat aku?? Buat listrik?? Buat ART??". Duit suami itu duit istri coooyy, jadi gak bisa elu pake seenaknya (gaya-nya Mongol, comic di Stand Up Comedy Metro TV)
- Waktu masih bujang, terserah nyetel lagu favorit di mobil kenceng2. Pas udah nikah: "Ini lagu apaan sih??!! Radio aja udaaaah??!!". Padahal radio itu cuma dengerin orang ngobrol, bukan dengerin lagu. Apaaaa... ittooohhh?????
- Yang paling parah, waktu masih bujang, nonton bola itu paling enak ada volumenya kan, ada komentatornya. Setelah menikah, lagi asik2 nonton bola, koq tiba2 volume di mute?? Pas nengok, ada sesosok perempuan bilang: "BERISIK AH, AKU MAU TIDUR!!".

Buat gue, semuanya berjalan sesuai rencana, kayak jalan tol. Target nikah umur 25, alhamdulillah di umur 22 bisa kenal sama Dewa dan yakin dia adalah cewek yg pas buat dijadiin partner seumur hidup (mengenai kenapa dia cocok, blog di lain waktu ya). Target gak mau jauh selisih umur juga udah kesampaian, Adia lahir didunia saat umur gue 26. Alhamdulillah. SAMA SEKALI GAK MENYESAL MEMUTUSKAN MENIKAH MUDA. Elo punya keputusan yg bertentangan atau mungkin sama kayak guee?? Yuk, apapun itu jalanin dengan penuh kenikmatin yaaa..

1 komentar:

  1. Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Keuangan Komersial dan Pembangunan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Hutang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pembiayaan Kembali Rumah dengan tingkat bunga rendah per tahun untuk individu, perusahaan dan badan usaha. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus menghubungi kami melalui
    Hanya WhatsApp: (+ 62822 74045059
    Telp .... (+ 62822 74045059
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus