Senin, 09 Januari 2012

100110-100112

10 Januari 2010, tanggal dimana akhirnya hati dan tubuh (oh nooooo) gue terikat pada satu wanita bernama Dewa Ayu Putu Novita Angelia.
"Saya nikahkan putri kami Dewa Ayu Putu Novita Angelia binti I Dewa Nyoman Oka dengan Andhika Akbar Bin Yusbar Nurmawan dengan mas kawin 10kg beras, voucher belanja Rp1.000.000, 10 buah genting, dan seperangkat alat Solat, dibayar TUNAI!!"
"Saya terima nikahnya dan kawinnya Dewa Ayu Putu Novita Angelia binti I Dewa Nyoman Oka dengan Mas Kawin tersebut, TUNAI!!
Sah??!! Sah??!! Sah??!! Alhamdulillaaahhh..

Terlihat seperti pernikahan yg sakral bukan?? Suatu upacara pernikahan yg direncanakan, di dalam salah satu ruangan di Apartemen Pasadenia, dihadiri oleh puluhan orang yg menjadi saksi, panitia dgn baju yg seragam, kedua keluarga inti juga mengenakan baju seragam, hingga kedua mempelai dengan indahnya memakai pakaian berwarna putih yg sangat sedap dilihat. Pasangan tersebut sudah dipandang siap untuk mengarungi bahtera rumah tangga, siap secara batin maupun lahir. Mempelai wanita adalah seorang bankir dengan posisi bagus di salah satu bank swasta. Mempelai pria adalah seorang.... PENGANGGURAN!! Whaaaattt???!! (biar dramatis) Koq bisaaaaa??!! Inilah kisahnya..

Sejak kami memutuskan pacaran, dari awal juga niatnya bukan maen2, tapi mau lebih serius. Dan kalo udah bisa cari uang sendiri, langsung nikah!! Itu niat kami berdua. Mungkin gara2 bosen kali pacaran mulu sama yang sebelum2nya (apa yg sebelum2nya membosankan?? Hanya Tuhan dan kami yg tau).

-2007.
Tahun ini pertamakali gue dapet kerja, gak ada ikatan apapun, alias boleh menikah. Saat itu Dewa lagi cari2 kerja. Gue mengusulkan untuk menikahi doi. Doi bilang ke Ibunya, dan Ibu menolak. Dengan alasan, Dewa belom dapet kerjaan. Tapi kalo Dewa dapet, boleh nikah. Sebenernya taun tersebut doi dapet kerja, disalah satu majalah wanita. Tetap kami tahan menikah, karna doi bilang: "Paling aku cuma sebulan disini, gaji sama kerjaannya gak worth it", dan emang bener cuma sebulan. Gue juga cuma gawe 7 bulan, terus dipecat.
-2008.
Tahun ini, Dewa akhirnya diterima kerja yg diposisi yg cukup bergengsi, Development Program di Treasury Lippo Bank (gue tau bergengsi dari divisi Treasury di kantor pertama yg dapet bonus gila2an-->> Dan emang bener, damn--->> Gue akuin kalah dipertarungan tapi memenangkan perang). Selang sebulan, gue diterima kerja juga di salah satu bank asing. Okeh, nikah bisa nih kayaknya. Ternyata gak bisa lagi, Dewa ada ikatan 9 bulan gak boleh nikah. Nunggu deh 9 bulan. Pas ikatannya kelar, dan Dewa lulus, eh, lagi-lagi gue dipecat. Gak lama, gue anti-sosial karna gak diterima di Kemenkeu padahal udah tahap akhir. SEMUA temen yg sampe tahap akhir, lulus. Masa-masa terendah dalam hidup gue, sampe akhirnya dikirim ke Australia untuk menghadiri pernikahan Kakak tertua, sekaligus "belajar" ilmu baru disana.
-2009.
Balik dari Australia, belom berani melangkah, masih apply sana-sini, terutama perusahaan asing (sok2an, karna ngerasa conversation udah keren, padahal masih bonto). Dewa sabar bgt nungguin gue, ada beberapa perusahaan kelas menengah yg langsung nyodorin kerjaan, selalu gue tolak, dengan alasan GENGSI (dulu masih berpikir konyol: "Masa' mantan Ketua Himpunan kayak gue kerja di perusahaan ecek-ecek?? Mau dibawa kemana ini nama jurusan??"). Sempet berantem besar2an sama Dewa karna masalah ini, tapi dia tetep nunggu. Akhirnya keterima di bank asing (lagi), tanpa ikatan apapun, Dewa gue lamar. Dan jadwal pernikahan sudah ditetapkan 5 bulan sebelumnya, gedung sudah booking, kathering, dll. Di masa persiapan, ada masalah lagi. Apa coba?? BETUUULL!! 3 bulan sebelum tanggal pernikahan, gue dipecat LAGI. Stres. Semuanya sudah dipersiapkan padahal. Cuma gue gak mau mundur, tetep lanjutin ini acara. Selama 3 bulan ini, gue kembali "berguru" di daerah Selatan Jakarta sembari isi waktu nganggur dan apply kerjaan.

Akhirnya acara pernikahan tetap dijalankan. Rencana awal kami berdua, nikah kecil2an, akad aja terus makan2 doang dgn keluarga dan teman2 dekat. Maklum, budget terbatas. Tapi rejeki gak kemana, ternyata Ortu kami memang mempersiapkan dana untuk anak2nya menikah, sehingga dana tersebut (meski terbatas juga) kami pergunakan semaksimal mungkin. Maka nikahlah kami (meski sebenernya bingung, gimane ngasih makan anak orang lagi nganggur gini).


Dewa nunggu pas gue dipecat, dan cari2 kerjaan yg bergengsi. Dia juga nunggu waktu gue ke Australia (dgn opsi tinggal disana dan jadi citizen bareng Kakak). Puncaknya, dia tetap mau menikahi seorang pengangguran!! You know what, 3 bulan pertama pernikahan, hidup kami berdua CUMA pake penghasilan Dewa!! (koq terkesan gue cowok matre gini yak). Bukan cuma celananya dia doang yg gue porotin, tapi duitnya juga. Kata orang, kesetiaan seorang wanita itu diuji disaat pasangannya sedang dalam posisi terendah. Ujian buat Dewa dilewati dengan mendapatkan nilai A!! Apalagi yg gue harapin dari seorang wanita?? Semua udah ada dalam diri Dewa. Kalo suatu saat gue menjadi orang sukses dan bergelimang harta, ada alasan buat ninggalin dia, poligami atau sekedar selingkuh?? Bisa DISUNAT kedua kalinya nanti!! (bahkan kulit sisaan-nya bisa dijadiin bahan tas tangan dia ke kantor kali)

2 tahun pertama pernikahan, banyak hal seru yg kami alami, sesuai dengan ucapan gue ke temen yg menikah: "Selamat Menikmati hidup yg akan makin seru setelah menikah", pasti semuanya mengalami, tapi kalo versi kami, antara lain:
- Januari 2010   --->> Nikah, apapun yg kami lakukan sudah halalan al tayyiban (kayak pisang goreng pasir), tidur ada yg nemenin, sabun di kamar mandi habisnya lama, dan tissue di kamar awet karna jarang dipake.
- Februari 2010 --->> Strip di testpac ada dua!! Rudal gue ampuh juga (OMG, apa ini "rudal"??).
- Maret 2010 --->> PT. Indo Koala Remittance terbentuk, mengakhiri kutukan pemecatan, gak mungkin kan ada surat pemberhentian: "Andhika, saya putuskan kontrak kamu dgn perusahaan ini", Regards, Andhika Akbar.
- Juni 2010 --->> "B 101 DEW" dikirim oleh Suzuki Kalimalang, akhirnya motor gue ada yg menemani sehidup semati, menikahlah mereka.. (meski yg satu kakinya ada 4, satu lagi cuma 2) Pertamakalinya punya cicilan (bentar, koq tiba2 eneg??).
- Juli 2010 --->> Udah ketauan, nanti Oktober punya daughter, bukan son. Senangnya, punya anak cewek nanti jadi atlet (obsesi gak kesampean Ayah).
- Oktober 2010 --->> Lahirlah si Kei Radhiyya Akbar, putri pertama kami, sang pembawa rezeki sekaligus manusia berpengeluaran TERBESAR (sengaja caps lock) dikeluarga.
- November 2010 --->> Akhirnya, udah bisa tidur tenang, Adia mulai teratur jam tidurnya. (penting loh ini, coba deh punya anak)
- Desember 2010-Juli 2011 --->> Rentang waktu ini serunya dimana yak, basi deh kayaknya (mulai mempertanyakan kata "seru" sebelumnya, koq gue memutuskan menikah yaa??!!). Zzzzzz....
- Agustus 2011 --->> Hoki beli rumah dgn semua perabot didalamnya, dgn harga yg pas, dan lokasi yg cukup (jauh kagak, deket kagak), sampe punya anak 9 (sowek dah tuh) pun masih bisa tinggal dimari (1 kamar isi 3 anak). Please jangan ingetin soal CICILAN yg baru berakhir di tahun 2026.. (tiba2 mual, mulut berbusa, bibir pecah2)
- September 2011 --->> Punya Asisten Rumah Tangga yg telaten, dan Insya Allah setia (karna nyari ART yg bagus dan setia, itu sulitnya udah kayak nyari kang toprak yg pake bawang goreng atau nyari tempat duduk di Final Piala AFF)

2 tahun pernikahan ini sangat menyenangkan, tapi kami selalu ingat, mungkin saat ini kami sedang di posisi atas, dan hidup itu seperti roda, ada kalanya posisi di bawah. Sekarang gimana kami meminimalkan risiko tersebut dalam rumah tangga. Makanya, JANGAN BELANJA MULU LO DEWAAAAAA!!!! (Eh, sorry, sorry, kelepasan)

Buat gue pribadi, "kebun" yg gue urus semua "hasil panen"nya bakal buat Dewa (waaaahh.. Istri gue langsung bikin list belanja nih abis baca ini). Sebagai reward, karna dia mau nunggu selama ini, menikah disaat gue lagi nganggur dan ikhlas cuma pake duit gaji dia selama 3 bulan awal nikah. Gue tau uang aja gak akan cukup buat bayar itu semua, oleh karna itu HIDUP gue juga buat dia..

Sebenernya, beri-memberi hadiah itu adalah hal yg lazim dalam merayakan Anniversary, tapi berhubung udah tua (alasan), ide makin terbatas. Dewa memberikan gue jersey ke3 Liverpool musim ini (yg putih biru) dgn nomer punggung 23 dan tulisan "Carragher", gile, cinta Liverpool sejak 17 tahun lalu, baru kali ini punya jersey aslinyaaaa (yaeyalaaahh.. Baju dgn harga diatas Rp150.000 itu mahal, apalagi yg harganya 5-6 kali lipat dari patokan gue!!!Wong baju cuma nutupin tetek koq, lagian cewek kan yg punya tetek, cowok mah cuek aje ngumbar tetek juga). Makasih ya cintaku.. (Walk on.. Walk on.. With hope in your heart, and you'll never walk alone.. YOU'LL NEEEEEVEERR WALK ALONE...--->> Malah jadi nyanyi--->> Btw, ini lagu udah gue nyanyiin ke Adia dari kecil, kalo mau tidur, pasti ini lagu pertama yg dia hafal pas disuruh nyanyi sama guru TKnya). Gue cuma bisa memberikan Polis Asuransi Jiwa dengan Uang Pertanggungan sebesar Rp1.500.000.000 yg kayaknya cukup untuk dijadikan hadiah pernikahan kedua ini.. (Selalu waswas kalo mau nikmatin makanan/minuman yg Dewa hidangkan, jangan2 dikasih racun tikus, please jangan bunuh aku sayang, aku mau tau, umur berapa aku impoten)

Happy 2nd Anniversary My Wife.. Tequeiro Querida!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar