Senin, 10 Juni 2013

Kenapa Kami 2nd Honeymoon

Buat kebanyakan orang, mungkin terlihat egois saat ada pasangan orangtua baru memutuskan untuk kembali melakukan 2nd Honeymoon. Gimana gak egois, kalo 1st honeymoon, emang seperti suatu "kewajiban" setelah menikah. Tapi, bulan madu yang kedua? Disaat pasangan tersebut telah memiliki anak? Apa perlu? Gue akan menjawab: PERLU!! :D

Minggu depan, pertengahan Juni, gue sama Dewa merencanakan untuk 2nd Honeymoon, bukan niat defence dari omongan orang (yang sampe sekarang sebenernya juga belom kedengeran sih, kalo-pun ada juga bodo amat sebenernya. Pppffttt), tapi coba memaparkan alasan kenapa kami memutuskan untuk melakukan hal tersebut:

1. Langsung Hamil.
Buat sebagian besar orang, kehamilan merupakan anugrah yang sangat besar, begitupula buat kami. Malah gue yang sangat getol berusaha agar Dewa bisa langsung hamil. Alhamdulillah terwujud. Ada tapinya. Yes, exatcly. Gue-Dewa merasakan "berdua doang" setelah menikah itu cuma dikasih waktu sebulan. Gue-Dewa merasakan Quality Time itu saat ngekos/ngontrak di daerah Mampang selama sebulan. Gue-Dewa bisa lebih bersenang-senang kemanapun kita mau pulang malem/pagi, makan apapun yang kita mau tanpa mikirin hal laen, cuma sebulan. Gue-Dewa bisa ML dengan suara yang lantang (sambil ngerasin suara tivi) itu cuma sebulan. Setelah Dewa dinyatakan hamil, bye-bye semua itu.

2. Pulang Kampung.
Waktu menikah, kami sama sekali gak merencanakan mau 1st Honeymoon kemana. "Nanti ajaaa.. Abis malem pertamaaa..", itu kata gue gak mau ambil pusing dan fokus "kesitu" doang. Setelah melewati malam yang menyenangkan dan penuh kenangan tersebut, baru diskusi, enaknya kemana. Karna Bali terlalu mainstream (maklum kuatnya domestik doangan, itu juga hadiah dari Mbak Viera), akhirnya memutuskan. "Pulang kampung yuk Bun tema honeymoon-nya!!", gue usul. Dan Dewa ternyata tertarik, dan pergi-lah kita ke Sikuai Island di Padang (ada di blog terdahulu 1st Honeymoon, Sikuai Island, West Sumatra boleh dibaca boleh kagak seterah aja, bebas kayak tukang kijing jualan meski bikin mencret). Dan saat itu juga udah sepakat, kalo nanti mau honeymoon lagi, gantian ke kampung Dewa, Pulau Dewata.

3. Run-Race.
Sejak ikutan Alam Sutera 5 miles, gue sama Dewa termasuk candu untuk ikutan Run-Race (alasan-nya secara panjang gue ceritain di blog terdahulu: Event Lari ) demi mendapatkan running-high (efek seperti high buat drugs user)dan tentu saja koleksi Finisher Medal (yang padahal gak bisa dijokul juga sebenernye sih). Lagi getol-getol-nya nyari, tiba-tiba dapet info bahwa bakal ada Bali Marathon 2013 pertengahan tahun. Emang sempet kepikiran sama Dewa kalo coba sekali-sekali ikutan yang di-luar kota. Ya pas aja jadinya, emang rencana mau memproduksi adiknya Adia di pertengahan 2013. Middle of June, honeymoon, run-race, Bali. Perfect co-incidence, isnt it?

4. Seremoni Kontrasepsi.
Gue ama Dewa termasuk pasangan yang merencanakan dalam punya anak. Dari awal semenjak Adia lahir, udah sepakat kalo punya anak kedua direncanakan setelah Adia memasuki usia 2 tahun, sehingga nantinya (kalo dipercaya lagi), bakal selisih 3-4 tahun, yang menurut kami udah siap semua-nya. Adia udah siap punya adik dan berbagi semua hal (yang dulu cuma dia doang yang dapet), Dewa udah siap untuk hamil lagi dan menyusui, mompa, untuk 2 taun (jadi total struggling sekitar 3 taun), gue juga udah siap untuk ngurus 2 anak, yang mana pasti lebih berat daripada waktu cuma Adia sendiri. Dan karna kami pasangan caper, seremoni pelepasan alat kontrasepsi juga tampaknya perlu dilakukan. Ya kayaknya pas aja kalo momennya diambil sekalian 2nd Honeymoon ini. Wooohoo.. Finally.. Skin To Skin!!

Saat kami merencanakan 2nd Honeymoon ini, pasti bakal banyak yang bertanya seperti ini:

"Terus Adia gimana?"

"Adia gak ikut."

Iya, buat kami, ninggalin Adia selama 3 hari 2 malam adalah momen terberat sejak merencanakan 2nd Honeymoon ini. Keputusan yang diambil juga memerlukan waktu yang panjang, karna Adia sama sekali gak pernah malem bobo tanpa kami berdua. Sama Dewa doang, sering beberapa kali kalo gue pulang malem abis maen. Sama gue doang, juga beberapa kali kalo Dewa ada acara kantor. Jadi sama sekali belom pernah tanpa kami berdua. Rada berat juga sebenernya, tapi ini beberapa alasan kenapa akhirnya berani ninggalin Adia untuk pertama-kalinya setelah berumur 2 tahun 7 bulan:

- Udah Gak Netek.
Ini yang paling penting, kalo masih netek, Adia bisa kebangun 1-2 kali tengah malem. Kalo ada Dewa gampang tinggal sleepp... Sodorin pabrik susu, beres. Kalo ada gue juga gampang, meski rada repot nyiapin ASIP, tapi masih selow-lah itungannya. Jadi sekarang dia udah gak pernah kebangun, mungkin gelisah dikit itu biasa, tinggal diusap-usap atau tepok-tepok tidur lagi. Bahkan diusianya yg sekarang, didiemin aja juga nanti tenang sendiri. Biasanya sih di-diemin kalo kami lagi "seru", aaaahh.. Tangguuunngg :))

- Udah Bisa Komunikasi.
Adia udah bisa ngomong sekarang. Kalo dia mau apa, dia tinggal bilang gak perlu pake bahasa kode (apalagi bahasa monyet!! *sembari nunjuk elu yg lagi baca ini*). Dia mau pipis, bilang. Dia mau makan, bilang. Dia ada yang sakit, bilang. Yang paling penting, dia kalo ngantuk udah bilang. Karna ada masa-nya Adia kalo ngantuk itu gak bilang, tapi super-cranky. Mungkin dia masih mau maen, tapi badan sama mata udah lemes, dan dia gak tau harus gimana. Ini masa-masa weaning. Karna biasanya Adia kalo mau bobo tinggal netek sama Dewa. Sempet parno sampe kapan dia begitu, tapi ternyata gak lama cuma 1-2 minggu aja. Padahal kan tinggal mereeeemm.. Ah kamu Nak. Alasan ini pula yang membuat kami berdua janji bakal nelponin Adia tiap hari buat nanya dia lagi ngapain aja, karna di telpon udah bisa tek-tok ngobrol.

- Udah Bisa Dimintain Izin.
Ada beberapa orangtua yang kalo mau pergi, suka gak pamit dengan alasan takut anaknya gak ngebolehin pergi. Tapi gue-Dewa lebih memilih berusaha jujur dan fair sama Adia. Kalo emang ada momen kami berdua mau pergi, pasti minta izin ke dia. Meskipun mau pergi saat dia tidur, misal: "Adia, nanti Ayah sama Ibu pas Adia bobo mau pergi sebentar, gak papa ya?". Kadang kalo lagi keras dan susah diminta izin-nya, mau gak mau "Nanti Ayah sama Ibu beliin roti, mau? Rasa apa? Apa mau buku gambar?". Pasti dia langsung bilang "Oke gak papa, tapiii.. Adiaa.. Bawain oti tasa buah tihi!! *strawberry*). Menurut kami itu salah satu konsekuensi yang harus diambil, toh palingan seminggu sekali aja minta izin dengan cara begitu, karna biasanya kalo minta izin pergi pas dia bobo, oke-oke aja. Sama kayak waktu mau ke Bali ini, "Adia nanti Ayah-Ibu mau ke Bali 3 hari, Adia bobo dirumah Aki sama Kakiang ya, gak papa. Nanti mau dibawain apa dari Bali?", dengan semangat dia jawab "Utiii.. asa buah tihi!!". Untung gampang mintanya, gak minta dibeliin mobil.

- Udah Bobo Sendiri.
Semenjak kamar direnovasi, dan punya tempat tidur lebih tinggi (bisa diliat di blog Dewa Room Project perbedaan tempat tidur rendah-tinggi-nya), somehow Adia lebih mudah untuk diajak bobo sendiri. Seperti hal-nya toilet training atau weaning with love, gue sama Dewa biasa ngasih sugesti-sugesti positif ke Adia apabila harus melakukan sesuatu yang sudah waktunya, semisal: "Adia kalo pipis sama eek, jangan di pampers ya, tapi di WC, kayak Ayah-Ibu sama Mas Raka (sepupunya)" atau "Nanti pas umur udah 2 taun, Nana (netek) nya udahan ya, kan udah gede", hal-hal semacam itu sebagai persiapan mental dia. Begitupula pas bobo sendiri, target kami diusia 3 taun Adia udah bisa dikamar sendiri, tapi sekarang udah masuk masa "persiapan", yaitu udah di kasur sendiri. Masih sekamar sih. Tapi perkembangannya cukup lumayan, dari mulai gue-Dewa ikutan tidur dikasur bawah betiga, temenin salah-satunya aja, minta bacain cerita dulu, sampe sekarang udah sering pamitan dari atas tempat tidur "Met bobo Adia, I Love You", "Lusutu Ayah, Lusutu Ibu", terus dia merem sendiri.

- Dipegang Orang Terpercaya.
Selama kami pergi, rencana-nya adalah malem pertama Adia tidur di Kramat Jati, rumah Ayah. Disana ada Mama juga. Dan kalo lagi beruntung, rencananya weekend nanti Kakak-Raka-Rana juga mau ke Jakarta karna Abang ada meeting. Aman, karna Ayah-Mama ketemu tiap hari sama dia, dan Adia udah mau bobo dikamar Aki-nya kalo siang (karna kantor gue disini). Malem kedua saatnya gantian, Vani (adeknya Dewa) bakal ngejemput ke Kramat Jati dan bawa Adia ke Pulogebang, rumah Bapak. Disana lebih aman lagi, karna rame, kebetulan Meta-Heri ada rencana ke Jakarta, dan udah biasa kalo weekend Adia juga tidur siang disana. Tentu saja Arini akan ikut kemana-pun Adia pergi, karna kalo secara jam terbang, dia lebih deket ke Adia bahkan dibandingkan kedua penghuni rumah tersebut, jadi kalo ada apa-apa, Arini sangat bisa kami andalkan.

Dari semua penjelasan diatas, intinya kami bikin 2nd Honeymoon sebenernya cuma 1:

"WE NEED OUR QUALITY TIME"

Setelah menikah dan ada kehadiran Adia, Our Time yang kami lakukan palingan nonton bioskop, midnite-an, dinner bedua, kalo "olahraga bareng" hampir tiap malem gak usah dihitung-lah-ya. Setelah menikah, free hanya 1 bulan. Setelah 100110 lebih dari 95% waktu kami habiskan dengan adanya buah hati, sang idola, Kei Radhiyya Akbar.

Its the right time to make our relationship stronger than before..

Kami rasa, dengan segala penjelasan diatas, sekarang adalah waktu yang tepat, seenggaknya selama 3 hari 2 malem, bisa fokus mikirin perkuat hubungan berdua, seneng-seneng berdua, gak mikirin apa-apa kayak jaman pacaran, cuma mau ngabisin waktu bareng istri yang sangat dicintai, pasangan seumur hidup.....


MY PARTNER IN CRIME!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar