Selasa, 13 Maret 2018

Me Time: Bangkok 2018

Sumpah, ini semua prosesnya sangat-sangat impulsif. Di mulai dari Lombok Marathon 2017 yang pending, ada hasrat tidak terlampiaskan karna udah capek-capek latihan 3 bulan sebelumnya, lalu emang belom pernah menjejakkan kaki di tanah "Negeri Seribu Pagoda" ini. Cewek-cewek gak ikutan, karna cewek yang paling gede, aka Dewa, gak mau, di Bangkok gak ada apa-apaan katanya. Iya juga sih setelah pengalaman 4 hari disana, gitu doang :))

Abis beli slot di Amazing Thailand Marathon Bangkok 2018, langsung cari penginapan di deket Finish Area, dan abis googling, ternyata disarankan daerah Khao San Road, yang emang bener palingan cuma jarak 500m aja. Langsung booking di Dang Derm Hotel. Setelah dapet promo di 2 pesawat Low Cost, Air Asia dan favorit gue Lion Air :p cus langsung berangkat dengan agenda disana bakal 4 hari 3 malam.

Seminggu sebelum keberangkatan, baru mulai browsing deh, buat bikin itinerary selama disana. Kenapa gue milih Bangkok, karna menurut cerita orang-orang yang udah pernah kesana, mirip sama Kuala Lumpur atau Singapore. Transportasi massal-nya bagus, jadi gampang deh buat orang pemalas kayak gue ini, kagak ribet gitu. Tinggal baca petunjuk aja.

Eh ternyata,

Gak semua wilayah di cover sama jalur kereta, salah dua-nya:
1. Bandara Don Mueng,
2. Khao San Road.
Jadi cukup sering naek taksi/tuktuk disana, lumayan boros buat mobilitas. Nyebelin.

Jumat, 2 Februari 2018

Berangkat jam 6an dari Soetta naik Lion Air tercinta, perjalanan sekitar 3 jam, dan waktu di Bangkok sama kayak Jakarta. Bawa 1 koper gede terpaksa masuk bagasi pesawat, jarang-jarang nih. Biasanya males. Tapi karna cukup lama dan gak bisa nyuci, gak papa dah ribet dikit. Nyampe sana ke tempat racepack collection naek taksi. Padahal itu di salah satu stasiun kereta gede di Bangkok. Dan kalo gue naek pesawat mahal, ke bandara satu lagi, cuma jarak 3 stasiun. Nasib dah budget pas-pasan -__-

Dari tempat racepack collection, ke Khao San Road juga gak ada jalur kereta, jadi naek taksi lagi. Asli nyebelin. Di petunjuk bisa sih jalan dulu 1-2 km, terus naek bis 2x, terus turun bis masih jalan lagi. Bodo amat dah ah. Nyampe hotel langsung bisa check-in alhamdulillah. Jadi bisa selonjoran dikit. Lanjut sorenya pake running gear, jogging nyari 5km buat tappering sekaligus survey wilayah sekeliling hotel. Dari mulai Finish Area buat Marathon, Stadium buat nonton Muaythai, juga ada kuliner apa aja di sana yang haram-haram.

Sesuai sama yang gue baca saat browsing, gokil sih di Khao San Road semua ada. Street food-nya bikin ngiler asli, dengan harga 20-150 baht (dikali 400an kalo mau di convert ke rupiah), harganya sekitar Rp8000-Rp60000an. Phad Thai, sate daging babi, sapi, ayam, cumi, udang tersedia. Duren, mango sticky rice. Sampe jajanan ekstrem ada. Selain itu, juga ada thai massage, bikin tattoo, kepang rambut.. Mayan dah menghibur diri kalo males kemana-mana karna transportasi susah kan.

Malamnya, udah izin sama Dewa mau ke salah satu Red District di Bangkok. Ada 3 tempat: Pat Pong, Nana Plaza, dan Soi Cowboy. Hasil dari browsing, di Pat Pong itu sering banget kasus wisatawan "diperas" sama orang-orang disana. Males juga ye gue sendirian disana terus misalnya dipalak. Di Nana Plaza, hasil dari baca sana-sini, ternyata itu wilayah prostitusi, jadi bisa begituan sama pelacur wanita atau ladyboy. Ogah dah, gue punya "Full Package" yg nungguin di rumah. Akhirnya pilihan jatuh ke Soi Cowboy, itu kayak 1 gang cuma sepanjang 150m, di sepanjang jalan, banyak cewek-cewek kekurangan bahan baju yg berusaha narikin orang buat masuk ke Go Go Bars tempat mereka bekerja, kayak club gitu, di dalamnya banyak tiang cewek-cewek cuma pake sempak sama beha joget-joget. Masuk gak bayar, tapi harus beli minum. Ada yang isinya cewek, ada yang isinya ladyboy, tinggal pilih. Pas gue baca-baca, kalo sendirian bisa "dikerjain" juga, modusnya nanti ada salah satu cewek ngajakin ngobrol terus dia pesen minum, tagihannya di masukin ke bill kita -__- Makanya gue cuma cari makan aja disana, kebetulan gak semua di jalan itu isinya Go Go Bars, jadi cari restoran, duduk di luar, terus cuma berani mengamati keadaan sekitar aja. Ngeri juga ternyata nightlife gini, buat orang yg demen cari aman kayak gue, kayak gak pas aja suasananya :))

Malam ini ditutup dengan sebel, karna pulang-pergi kesana naik tuktuk...

Sabtu, 3 Februari 2018

Setelah sarapan di hotel, dengan menu yang seadanya (tau gitu gak usah pesen kamar yg sekalian breakfast), lanjut mau ke tempat wisata layaknya turis-turis yang dateng ke Bangkok, kebetulan jaraknya cuma walking distance, tujuan pertama adalah ke Grand Palace. Jadi ini adalah kompleks istana raja Thailand. Bangunannya bagus-bagus, terus luas bener. DAN RAME PARAH :D

Di dalam area Grand Palace ini ada Wat Phra Kaeo, kuil dari Emerald Budha. Masuk ke situ antrinya edan, harus buka sepatu pula, dan gak boleh celana pendekan atau kaos lengan buntung. Buat gue yang bukan agama Buddha mungkin gak ngerti ada orang-orang yg pake dupa terus pada berdoa gitu, mungkin sakral menurut mereka, karna gak boleh bersuara dan ngobrol didalam kuil. Menarik sih liat kepercayaan beda gini ya, jadi bisa makin menghargai perbedaan :)



Puas ngeliat arsitektur luar biasa di Grand Palace, lanjut ke tujuan kedua, jalan kaki sekitar 500m ke Wat Pho, kuil dari 46 meter Reclining Buddha. Alhamdulillah disini lebih sepi, jadi bisa napas. Di kompleks area Wat Pho juga banyaaaaakk banget pagoda gede-kecil, yang jarang gue liat. Mirip-mirip Candi Prambanan tapi versi mini gitu. Di Depok mah adanya Margo City doang, gak ada beginian, jadi seneng aja ngeliatnya.

Gak terasa, udah menuju sore aja, saatnya buat balik, karna harus istirahat dan carbo loading menjelang Magrib, tengah malem mau marathon kayak orang bener. Dan naik tuktuk pas pulang, meski bisa jalan kaki tapi takut kecapean, sekalian kasih rejeki ke drivernya. #alasan
Seperti yang gue bilang tadi, di Khao San Road selain penjual makanan, ada juga yang jual jasa. Cobain ah. Pertama, bikin tattoo. Sebagai bentuk cinta, lengan kanan tulisan "Dewa" pake huruf Thailand. Di lengan kiri "Adia" sama "Carra", juga dengan huruf Thailand. Mayan kan nampang besoknya lari pake lekbong, Tapi Mbaknya kayak rada jijik gitu bikinnya. Karna gue baru sembuh dari virus Rosea, bekasnya itu putih-putih kayak panuan di lengan. Maap ya Mbak, gak nular ini, asli dah :D Kedua, kepang rambut. Mumpung lagi gondrong, kepang rambut gaya 3 corn row gitu. Aman deh gak perlu stok cadangan iket rambut pas lari besoknya. Sakit ternyata di kepang, di jambak-jambak sama Mbak-nya, mungkin nyebelin kali yak gue komuknya, dan pantas untuk disakiti.

Minggu, 4 Februari 2018


Tengah malem udah berangkat ke start marathon, pagi udah di hotel lagi. Cerita selengkapnya bisa cek di "My 9th Marathon: Amazing Thailand Marathon Bangkok 2018".

Setelah dirasa badan udah siap kembali beraktivitas, yang mau gue cobain dari kemaren: Thai Massage!! Dari kemaren enak bener ngeliatnya orang pada duduk gitu terus kakinya dipijiten. Tapi karna takut kenapa-napa, emang gue targetin begitu kelar marathon aja cobain. Gue ambil paket Foot Massage, begitu kelar koq kayaknya enak ngeliat orang ambil paket Head, Neck, and Shoulder Massage, akhirnya cobain juga. Ya Allah enaknya sampe ketiduran, padahal yang mijitin Mas-Mas, gimana kalo sampe happy ending itu :))

Di Itinerary, siang ini rencananya gue jalan-jalan ke pusat perbelanjaan buat cari sepatu gantiin Alphabounce tercinta. Tapi ngeliat persediaan duit udah menipis, sedangkan ke tempat tujuan harus naek taksi/tuktuk lagi, ogah dah. Jadi ngabisin waktu dengan istirahatin kaki aja sambil leyeh-leyeh nonton tipi.. Liburan yang sangat berfaedah sekali ya sodara-sodara pembaca yang budiman...

Sore udah keluar buat nyantap jajanan apa yang udah jualan di bawah, sekalian isi perut. Tapi serius semua jajanan di Khao San Road gue cobain, gak ada yang kelewat satupun dari banyak yg gue mention di paragraf atas-atas itu.. Iya, gak satupun yg kelewat, if you know what I mean :D
Abis nyemil langsung jalan kaki ke Rajadamnern Stadium, yang jaraknya cuma sekitar 2km. Untung aja recovery-nya bener, jadi gak pincang meski jalan sejauh itu. Tujuannya adalah nonton 9 pertandingan Muay Thai di dalam situ. Buat gue yang pecinta olahraga beladiri, sangat antusias banget buat ngeliat langsung kayak gimana Muay Thai. Kalo liat-liat di youtube, atlet-atletnya nendangin pohon pisang sampe roboh. Sekeras apa itu coba. Makanya penasaran.

Baru juga nih buat gue nonton seni beladiri tradisional, setelah perkenalan nama petarung, mereka berdua kayak melakukan gerakan-gerakan diiringi lagu tradisional, semacam ritual sebelum bertanding. Di jadwalkan 5 ronde, 1 ronde itu 3 menit. Seru sih emang kalo ketendang telak, bunyinya mantep bener, kayak lagi maen perang sarung pas solat taraweh, terus sarungnya diselepetin ke punggung. Perih tuh pasti rasanya. Di pertandingan ketiga, ada petarung kulit putih (bule) gitu lawan petarung Thailand. Kasian juga sih liatnya, di tendang mulu bagian kakinya, sampe kalah dihentikan wasit, dan keluar ring di tandu saking cederanya. Kayak besi kali ya itu kerasnya, buset dah. Mister Bule, jangan yang enggak-enggak aja deh hidup, segala nantangin Muay Thai orang Thailand, yang lempeng-lempeng aja aman dah dijamin..

Kelar dari sini jam 10an malam. Karna jalanan udah lumayan sepi, dan males terjadi apa-apa di malam terakhir, naek tuktuk lagi deh gue, setelah nego harga balik ke hotel, gak disangka, driver-nya ngomong pake bahasa Inggris terbata-bata: "Hey, do you want pumpum? Only 2 thousand". Kan gue bingung yak: "What is pumpum?". Terus dia jawab sembari meragain pake jari telunjuk kanan, dimasukin ke buletan yg dibikin dari jari telunjuk dan jempol kiri: "Pumpum, Aaaahhh... Aaaahh". BGST!! Ditawarin prostitusi gue ngehek.. Mungkin karna gue diliat sendirian, malem-malem. Sampe dia kasih liat poto cewek-ceweknya di booklet gitu: "No Ladyboy, aaaaall girl. Massage first, and then pumpum. 1 hour, 2 thousand". 2rebu Baht itu kan hampir sejuta. Lah gue siang aja ngedokem doang di hotel karna duit nipis, pake ditawarin segala. Bodo amat gue mau balik, mau klimaks cobain kuliner Bangkok aja mendingan. SETAN LUH.

Waktu di Manila, gue nyobain balut, makanan ekstrem khas sana. Telor ayam yang udah ada cangkangnya, udah berbentuk ayam, tapi di rebus dan di makan. Disini, sering banget gue nonton di tipi tentang street food legend. Yeeeayyy.. Akhirnya nyobain. Ada ulat, kepik, kecoa madagaskar, kalajengking, ular, kodok, sampe tarantula. Edaaann.. Pas dicoba sih semua rasanya tampak sama, karna mungkin bumbunya itu-itu aja kali ya. Tapi efeknya itu loh. Kelar makan, entah kenapa masih nempel kan di mulut rasanya, jadi eneg sendiri kalo bayangin tadi makan apaan. Huueeekk :((

Malam terakhir di Bangkok gue habiskan nonton Liverpool Vs Tottenham Hotspur kick off jam 23:30 di salah satu bar Khao San Road. Orang mah pada di outdoor, minum bir, sama cewek-cewek sambil dugem. Lah gue indoor, minum coca-cola, sendirian sambil nonton bola -__- Mungkin yang kemaren ngeliat gue keluar tengah malem mau lari, liat gue lagi: "Lah si kampret, kemaren tengah malem mau olahraga, malem ini malah nonton bola. Ngapain lu ke Khao San Road woy pea??!!".

Senin, 5 Februari 2018

Udah berangkat persis abis sarapan di hotel, meskipun pesawat siang. Karna menurut petugas hotel, kalo Senin pagi jalanan Bangkok macetnya parah, jadi buat jaga-jaga mendingan nunggu di bandara aja. Naek taksi lagi ke bandara Ya Allah :((

Driver-nya bikin gue dejavu. Abis ngobrol ngalor-ngidul dengan bahasa Inggris sama-sama pas-pasan, pertanyaan mengerucut: "Already try pumpum in Bangkok?". DEFAQ. Gue ceritain aja semalem yang ditawarin driver tuktuk. Dia bilang: 'No. no, no. 2 thousand is too expensive. Tuktuk driver got a big commission. With me, 1 thousand 5 hundred. I will drop you there, I will wait, and take you back to hotel". Hanying sama doi lebih murah :)) Sampe dia bilang: "Your plane still 4 hours, do you want it now?? Pumpum?? I will wait, and then take you to airport, and you can go back to Jakarta with happy face". SETAN LUH. Gue bilang aja duit bayar taksi itu duit terakhir yang gue punya. Baru deh dia bilang kalo ke Bangkok lagi, cari dia aja, dia ngetem di tempat tadi gue naek taksi.

Untung aja dah tawaran-tawaran itu datengnya pas gue mau balik. Coba pas di taksi pertama tuh, yg bawa gue dari bandara buat ambil ke tempat racepack collection, dengan duit di dompet masih full. Allah memang menjaga hamba-Nya dari godaan setan dengan cara-cara yg beda :))

Terimakasih Dewa yang udah izinin buat ninggalin selama ini untuk pemenuhan ego pribadi suaminya. Terimakasih dikasih "Me Time" biar suaminya gak stres.

Terimakasih Bangkok..
What's Next?

"Dont Be Scare To Walk Alone.. Dont Be Scare To Like It" - John Mayer

1 komentar:

  1. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus