Senin, 21 Agustus 2017

Food Review: Ayam BAkar BEtawi (Ayam BaBe)

Jarang-jarang review makanan di blog ini. Karna owner-nya sohib gue aja nih dari SMA, biar lancar kan kerja kita di The Boxing Days. Ye gak Mochamad Moamar Khadafi aka Dapi? :))

Back to 2007..

Di saat temen-temen seangkatan gue lagi sibuk-sibuknya ngelamar kerjaan karna baru pada lulus kuliah, eh dia malah nikah -__- Buat yg sering denger cerita gue, alasan logis kenapa menikah bawa rejeki, nah Dapi itu yg ngomong. Atau bisa cek tulisan jaman baheula "Kenapa Harus Menikah", cek paragraf 'Rejeki', nah itu dia dah yg ngomong.. Dari sejak kuliah pun, udah punya usaha ini-itu, jadi pede aja dia gak nyari kerja kayak kebanyakan temennya, termasuk gue. Saan aje emang Anak Roh*s kebelet bener kayaknya, udah diubun-ubun pengen tungs :D

Back to 2010..

Gue belom pindah ke Depok, tapi pernah nyempetin maen ke jalan RTM. Waktu itu ada tempat namanya "Bazaar Madinah", kayak foodcourt gitu di sebrang komplek Griya Tugu Asri. Nah, Dapi bedua sama istrinya, bikin Ayam Bakar Betawi (Ayam Babe). Bentuknya masih gerobakan. Harganya juga terjangkau. Dan salah satu yg bikin unik, dia nambahin unsur mayones di sambelnya :O Padahal gue pikir awalnya gak nyambung. Eh, enak aja ternyata. Jadi beberapa kali deh pesen di Ayam Babe kalo bikin acara. Karna bisa dipesen juga banyakan dalam bentuk nasi kotak gitu. Cobain deh pesen, Dapi ini suka ngasih packaging-packaging unik yg berbeda tergantung siapa yg akan makan, dan acara apa itu. Kalo gue tanya, buat apaan dia begitu, karna ngeribetin, alasannya: "Biar berkesan". Iya juga sih, tumben dia pinter. Padahal di SMA gak pernah ranking 10 besar, kalah sama gue :))

Makin kesini, makin berkembang usahanya. Buka di jalan akses UI, terus ada juga di Pondok Duta 1, Pondok Duta 2, foodcourt Detos. Gue paling suka iga bakarnya. Enaaakk.. Dagingnya empuk. Menu favorit itu.

Terbaru, Dapi buka outlet lagi di Foodcourt D-Mall. Waaahh.. Pas banget, tiap Sabtu siang Adia ada kegiatan rutin disana, jadi nyempetin deh mampir buat update gimana Ayam Babe sekarang.



Mencolok banget posisinya. Sejajaran sama meja penukaran kartu (karna makan disana harus pake kartu, tapi tenang aja buat elo yg irit, kalo ada sisa, dikembaliin koq. Gue juga sempet panik koq ini. Pppfftt). Di hook, dengan warna ngejreng, jadi bagus banget positioning tempatnya. Kalo ada yg lagi ke D-Mall, abis nonton CGV Blitz, belanja di Foodhall, nginep di Hotel Santika, mampir dah kesana. #VisitDepok2017

3 nasi putih,
1 ayam bakar 1/4,
1 lele bakar,
2 tempe bakar,
2 tahu bakar,
1 porsi chicken wing bakar,
1 chikuwa bakar,
2 es teh manis.

Sebanyak itu cuma menghabiskan Rp106.000 saja. Buat makan ber-4, mayan hemat loh ini. Padang lu ah.






Sebenernya gue sempet kecewa sih, karna ngarep mau makan iga bakar, tapi ternyata udah gak ada di menu. Mau nyobain ayam/lele bakar keju mozzarella juga lagi kosong :((

Beberapa yg perlu jadi masukan:
- Kata Dewa, ayam sedikit undercooked, masih ada bagian yg belom terbakar merata (buat buta warna parsial kayak gue, mana keliatan ini), karna mungkin ukurannya yg gede. Kurang paham deh tuh harusnya gimana cara masaknya.
- Bumbu masih terlalu pedas untuk dinikmati anak-anak. Mungkin kedepannya ada levelnya biar bisa dinikmati oleh semua kalangan.
- Pelayan kurang tanggap, baru aware pas gue berdiri di depan dia mau pesen, karna keasikan maen HP. Alangkah lebih baik kalo setiap ada yg lewat ditawarin. Mirip-mirip sama "Dicoba kakaaakk.. Ayam Babe-nya kakaaak", gitu deh :)) Karna lebih menarik begitu dibanding cuma cuek aja, secara marketing dan psikologis pembeli ya.


Selebihnya...

ENAAAAAAKK..

Bumbu bakarnya lebih mantab dari sejak pertamakali gue nyobain Ayam Babe, gak tau ditambahin apaan tuh jadi enak bener dan berkesan. Bumbu dari aceh kali nih :))
Ayamnya enak, ukurannya gede. Lelenya juga sama. Jadi kalo yg lagi laper kesana aja dah, porsi nasinya juga banyak. Gak mau rugi kan lu.
Tempe-tahu bakarnya juga didominasi sama rasa bumbu enak tadi. Chicken wing buat nyemil-nyemil ramean juga oke. Kalo kata Dewa, bintang utamanya justru Chikuwa bakar. Aduh, gak kepoto ya karna dateng belakangan. Itu rasanya kayak tau gak sih lu, bahan buat steamboat gitu. Kan ada bakso ikan, bakso kepiting, terus ada yg bulet panjang. Dipotong-potong jadi bentuk huruf "O" gitu. Nah itu Chikuwa. Enak. Cuma Rp7500 pula. Gini nih yg gue demen. Makanan yg utama itu ya rasanya. Gue gak begitu masalahin harga, yg penting murah.

Gue pernah nyobain beberapa jenis ayam bakar, biasanya yg bikin beda itu sambelnya, sama bumbu bakarnya.

Di Ayam Bakar Betawi, elo bakal ketemu sambel yg enak (plus mayones, ini aneh, tapi nyambung rasanya), plus bumbu bakar yg beda, yg kalo blecetan di jari, bakal elo isep semua sisanya dari 10 jari, dikenyot dulu, sebelum cuci tangan. Gokil sih.

Good Job Dapi!!

Bakal jadi saingan makan-sabtu-siang gue sekeluarga deh di D-Mall, bersanding sama McD dan Bakso Malang Karapitan :)

Semoga makin berkembang terus Ayam Bakar Betawi... Amien..

Goodluck Brother :*

"Friends Will Ask For Discount Prices. True Friends Will Pay Full Price, To Support You, Your Time, and Your Work", - Anonim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar