Selasa, 01 Agustus 2017

#MeTime : UFC Fight Night Singapore

Buat yang pernah baca postingan di link ini: Quality Time, tau kalo ada 3 waktu penting menurut opini gue dalam kehidupan sehari-hari, apalagi sebagai orang yg sudah berkeluarga, biar gak stres sama rutinitas harian. Di tulisan kali ini, mau fokus di #MeTime-nya. Bukan, bukan meracap loh ya -__-"

Gue copas petikan kalimat dari tulisan lama gue itu. pengertiannya:


"Me Time adalah waktu berkualitas untuk menyalurkan hobi dan kesukaan. Contohnya banyak. Bisa dengan maen game, baca buku, ngeblog, olahraga, dll."


"Gue akan coba menjabarkan Quality Time didalam hidup sendiri ya: Me Time. Buat gue adalah saat maen futsal dan sepakbola (rutin mingguan), nonton bioskop (pelm yg Dewa gak suka) atau pertandingan futsal sendirian, ngumpul sama temen dan ngerental PS3 seharian  maen FIFA (rutin 2 bulan sekali) dan nonton bola (Liverpool-Indonesia-Inggris) tanpa gangguan dirumah (Dewa full pegang Adia) atau nonton bareng temen diluar rumah."

"Me time juga masih perlu dilakukan, waktu berkualitas TANPA ada mereka. Tiap hari ketemunya istri/suami sama anak mulu emang menyenangkan, tapi kadang hobi juga gak bisa ditinggalin gitu aja. Banyak kasus, istri gak punya Me Time, jadinya capek ngurusin anak-suami terus. Minta aja. Suami juga harus pengertian, gak papa sekali-sekali ngurus anak seharian, biarin istri jalanin hobi, untuk belanja, atau sekedar ke salon. Penting."

Kira-kira kayak begitu.

Banyak orang yg mengernyitkan dahi, kalo ditanya:
"Elo nonton bioskop sama siapa Gol?",
"Elo nonton konser sama siapa Gol?",
"Elo nonton bola di stadion sama siapa Gol?",
Gue jawab: "Sendiri".

Gue gak mau kebahagiaan tergantung sama orang lain.

As simple as that.

Gue gak anti buat ramean untuk menikmati apa yg gue suka. Kalo mau ramean juga ayo, tapi elo yang ikut rencana gue. Kalo keberatan, ya nanti aja kita cerita-cerita pas udah kelar :) Gue bukannya egois, cuma gak mau orang lain ganggu rencana aja bikin ribet.

UFC

Gue salah satu penggemar berat Ultimate Fighting Championship (UFC), semenjak pertarungan Mixed Martial Art (MMA) ini masuk ke acara tivi Indonesia, tepatnya di Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) sewaktu gue SMP. TPI legend sih itu, ada pepesan kosong segala dulu, duet Malih-Bolot. "Ngapa Lih?", "Itu warga minta tanda tangan", "Oooohh" (lempeng), "INI TANDA TANGAN!!", "Ngapa sih lu Lih? Oh ya, tadi ada warga mau minta tanda tangan mana yak?", "GUE UDAH BILANG DARI TADIIIII!!".

Dari kecil, gue sering nonton pertandingan tinju sama Ayah di tivi, Naseem Hamed, (alm) Muhammad Alfaridzi, beberapa petinju favorit waktu kecil. Jadi nonton beladiri yg penuh kekerasan dan pertumpahan darah udah biasa. Lucunya, gue gak kuat ngeliat darah secara langsung, misalnya liat korban kecelakaan lalu lintas atau maling di gebukin. Bahkan sampe hari ini gak berani ambil darah ke PMI -__- Mungkin kalo nonton tinju, alam bawah sadar gue berpikir itu cuma olahraga aja.

Gue pun besar dengan film-film kayak Karate Kid, Blood Sport. Juga game kayak Street Fighter, Mortal Kombat. Dimana banyak adegan pertarungan satu lawan satu. Efeknya di kehidupan sehari-hari, gue waktu kecil sangat suka berantem, dan ikutan tawuran. Haduh gak bener ini pengaruh televisi sama video game. Gagal nih ilmu parenting, gagaaaall :D Tapi positifnya, membentuk gue dari kecil sebagai cowok yg berani untuk menghadapi orang secara fisikal, gak pernah jadi korban bullying. Karna prinsip gue, mendingan bonyok di keroyok sama senior atau kakak kelas di sekolah/kampus, daripada hidup dalam tekanan bully mereka. Berantem aja mendingan :*

Balik ke UFC, gue sempet kaget liat olahraga ini. Gilak, Blood Sport tapi di dunia nyata!! Gak pake sarung tangan kayak tinju. Gak ada ronde kayak tinju (atau karate yg dulu gue ikutin sampe sabuk biru). Bebas aja gitu, tanpa aturan. Edaaaann.. Dan beladiri dari berbagai disiplin ilmu diadu. Mulai dari karate, taekwondo, kungfu, jiujitsu, tinju, sampe sumo. Idola saat itu tentu aja sang legenda, Royce Gracie. Ini orang kalem, jarang banget mukul, badan juga gak begitu berotot, pas masuk octagon juga pake seragam, dan punya disiplin ilmu beladiri yg gue baru tau saat itu, Jiu Jitsu. Ilmu beladiri yg "mengincar" persendian manusia kayak pundak, siku, pergelangan tangan, lutut, engkel, dsb. Tehnik kuncian yg keren banget. Yang jago jiujitsu kayaknya jago juga pas lagi ML kali ya?

Sempat hilang beberapa tahun karna diboikot oleh masyarakat, karna UFC (juga WWE-Smackdown) dianggap mempertontonkan kekerasan dan dianggap berbahaya bagi masa depan generasi muda. Tapi setelah televisi menerapkan kualifikasi (semua umur, bimbingan orangtua, dewasa) untuk tiap acara, 2 olahraga ini masuk lagi meski di tivi lokal cuma ada diatas jam 10 malam. Sayang udah gak ada komedi tengah malam lagi yak, lumayan kan pas lagi ganti channel.

Ternyata UFC udah gak sebrutal dulu.
Dulu barehand, jadi efek ke badan lebih keras, sekarang udah pake sarung tangan meski gak kayak tinju yg tebal (karna ada tehnik grappling yg membebaskan jari untuk memegang lawan).
Dulu pesumo bisa ngelawan petarung yg jauh lebih kecil darinya, sekarang udah ada pembagian kelas berdasarkan berat badan, dengan juara masing-masing.
Dulu mukul kemaluan, mukul belakang kepala bebas aja, sekarang udah banyak aturan yg mesti diikuti, kalo pake siku gak boleh gerakan vertikal, kalo pake lutut gak boleh pas lawan kedua tangannya lagi dibawah, dsb, langsung diskualifikasi kalo dilanggar.

Tapi tetep aja makin seru. Coba deh sesekali nonton "UFC Countdown" di Fox Sport, atau "UFC Embedded" di Youtube. Kereenn.. Mereka bisa mengemas pertarungan 2 orang dengan begitu apiknya. Diliatin gimana persiapan latihan mereka, kehidupan keluarganya gimana. Jadi membangun aura pertarungannya dapet banget. Dan orang jadi gak sabar ngeliat mereka berdua bertarung di octagon. Tehnik yg mereka contoh kayaknya reality show yg judulnya "Contender" kalo elo ada yg tau. Reality show tentang kompetisi buat petinju. Bagus banget kemasannya. Ada sisi humanis dari olahraga beladiri yg cenderung lekat dengan kekerasan.

3 petarung favorit gue di UFC masa kini:
Diego Sanchez,
Nate Diaz,
Connor McGregor.

UFC FIGHT NIGHT SINGAPORE

Jadi begitu ada iklan kalo UFC mau ke South East Asia, tepatnya ke Singapore, langsung minta izin ke Bos Dewa Ayu untuk gue nonton kesana sendirian. Gampang sih ini izinnya, kan dia baru aja pulang dari Korea seminggu penuh sama temen-temennya. #PernikahanNekat kan jadi selow. Meski awalnya sempet ragu, nunggu di Main Card bakal siapa yg turun, tapi mayanlah ada Holm, Arlovski, Kim, sama Dos Anjos..



Kenapa gue bela-belain nonton? Karna mau nonton langsung didepan mata mereka bertarung kayak gimana. Mau ngerasain atmosfer penontonnya. Mau denger suara waktu tangan/kaki saat mukul/nendang, mau denger suara bantingan ke lantai octagon waktu lagi takedown. Mau liat gimana penyelenggaraan acara yg dibuat untuk sekelas UFC. Karna pernah nonton langsung MMA juga, tapi One Championship di senayan, gak puas banget, terutama petarungnya yg jauh kelasnya dari level UFC. Masa' ada 1 petarung gendut gak jelas gitu di kelas berat rekor bertarungnya 4x bertarung cuma 1x menang, terus lawannya badannya gede berotot. Gampang banget ngalahinnya buset -__-

ME TIMEEEE... HOREEEE...

Karna cuma sendiri, cuma 1 malam, dan gak bawa Dewa-Adia-Carra, tas segemblok gini juga cukup dah. Ya Allah enak amaaatt.. Tinggal masuk pesawat gak usah nyetor ke bagasi atau nunggu koper-koper di bagasi keluar begitu sampai negara tujuan.

Sempet ada temen yg bilang, kalo traveling sendirian, susah poto-potonya. Ada benernya juga. Kalo lagi gak ada orang, ya kayak poto diatas ini, HP taro bawah terus pake timer :D Kalo ada orang mah bodo amat minta tolong potoin. Kenal juga kagak, cuek dah, besok gak ketemu lagi palingan.

Salah satu enaknya juga traveling sendiri gak bawa cewek-cewek, gue gak perlu bingung penginapan kayak gimana. Kalo sama Dewa, yg penting kamar bersih sih dia, kalo fasilitas biasa-biasa aja gak papa. Kalo Adia-Carra, yg ada di pikiran mereka kalo nginep, ada swimming pool. Ya minimal bathtub deh di kamar. Karna di rumah gak ada 2 itu. Sebenernya gak wajib juga, wong mereka cuma anak-anak yg ngikut doang kan, terserah ortu dong yg ngebayar. Tapi gue yg kayak ngerasa bersalah kalo ngajakin nginep yg gak ada swimming pool atau bathtub :)) #AyahLemah

Jadi kemaren gue nyari penginapan dengan harga termurah dengan jarak terdekat ke Indoor Stadium Singapore, kawasan Kallang. Dapet deh ini, "Kallang Backpaker" kalo gak salah nama tempatnya. Tau gak kalo di kurs berapa? Rp121.000. Lebih murah daripada hotel buat elo mesum jam-jaman di Jakarta. Gue ambil yg dormitory, kasur atas-bawah begini, dan isi 6 orang. Fasilitas mah gak usah ditanya, sedih nanti, orang cuma buat numpang tidur doang. Kamar mandi pas-pasan, handuk-sabun segala mesti bawa sendiri. Toiletnya aja juga gak nyaman, yg biasanya gue bisa bertapa, ini males banget, "Dirumah aja ah beraknya".

Sekamar sama 1 keluarga afrika yg bisanya ngomong bahasa Prancis, gak bisa bahasa Inggris. Jadi kalo setiap mereka ngobrol terus ketawa, baper ngerasa mereka sedang ngetawain gue!! :(

Abis check-in jam 14an, solat, naro tas, selonjoran sambil ngecas HP, ganti baju, langsung berangkat jam 15 jalan kaki ke Singapore Sport Hub, karna dari jam 13 udah dimulai UFC Fan Experience. Ini juga seru bangeeettt.. Banyak spot buat foto. Ada jualan official merchandise, jumpa fans sama beberapa petarung kayak Steven 'Wonderboy' Thompson, bisa foto bareng, autograph. Ada challenge mukul samsak. Ada sejarah UFC dari masa ke masa. Kereeeeenn... Tapi Mbak-Mbak SPG minuman "Monster Energy" sih yg enak dipandang mata baik itu parasnya maupun pakaiannya.. Rezeki alhamdulillah..
Idola :*
Musuh bebuyutan banget ini
Pertamakali suka Connor sebelum jadi superstar kayak sekarang
Data Steven Struve, petarung tertinggi dan jangkauan tangan terpanjang
Setelah cukup puas menikmati UFC Fan Experience, masuk ah kedalem, karna Prelims (8 pertarungan pembuka) udah dimulai dari sore. Emang niat gak cuma nonton Main Card (4 pertarungan utama) aja pas kesana. Gak mau rugi ah naluri Padang gue, udah jauh-jauh kan.. Kan lumayan bisa nonton 12x orang berantem dengan level UFC. Gak berantem kayak kita dulu, mukul swing aja gak ada tehnik :))

Gue beli tiket kategori kedua termurah, dari 5 kategori. Tapi karna Singapore Indoor Stadium gak begitu gede, masih bagus juga jarak cuma sekitar 50an meter ke octagon, dan posisi di tengah banget. Lumayan gak perlu sampe liat 4 layar gede di sudut buat nonton, kecuali kalo mau liat replay aja. Sama liat Octagon Girl secara close-up.





Secara penyelenggaraan, gue terkesima banget sama cara UFC memperlakukan fans mereka. Rapi semua diaturin sama mereka. Layout bagus banyak spot buat poto dan memanjakan mata. Ketepatan waktu juga sangat sesuai jadwal. Cuma kurang puas sama pertarungan di Main Card, karna dari 4 partai, 3 partai pake decision, which is itu ngebosenin banget buat yg nonton. Untung Holm di Main Event (partai utama) bisa bikin KO Correia. Itu doang yg bikin puas nontonnya. Justru lebih seru pas Prelims.

But its okay, pengalaman nonton UFC pertamakali bikin nagih, kapan ya bisa mampir ke Indonesia? Ppppfffttt..

Mari sudahi perjalanan #MeTime nonton UFC Fight Night Singapore yang cukup hemat. Naek pesawat low-cost, hostel seadanya. Alhamdulillah juga lagi bulan puasa, jadi beli makanan pas lagi break peralihan dari Prelims ke Main Card, beli cemilan. Makan gede-nya malem di restoran Malaysia di sebelah penginapan persis, sekalian sahur. Bahkan gue cuma bawa duit di dompet SGD 50, sisa sekitar SGD 20an buat dihabisin di bandara beli oleh-oleh buat Adia-Carra. Kalo Dewa oleh-olehnya gue pulang dengan selamat juga terimakasih katanya :D



Buat gue pribadi, menikmati apa yg gue suka, itu merupakan #MeTime yg diperlukan untuk me-recharge batere di tubuh ini, hingga nanti bisa balik ke rutinitas harian ngurus kerjaan, ngurus keluarga..


Juga biar waras, sesekali tinggalin status "suami" dan "ayah", dan cuma berstatus "laki-laki", jadi diri sendiri.

As long as itu gak berdampak buruk buat mereka. Enjoy your #MeTime guys...

"Make Yourself a Priority Once In a While. It's Not Selfish. It's Necessary", - anonim

1 komentar: