Selasa, 15 Agustus 2017

Pacer

Pertamakali ikutan Full Marathon, pertamakali ikutan Overseas Race, itu di 2XU Compression Run Singapore 2014 bisa di klik link-nya. Deg-degan, tapi excited. Mirip malem pertama gitu...

Dan saat itu pula, pas buka Race Guide, di halaman kesekian, ada yg namanya PACER, dengan slogan kurang lebih kayak gini: "Run With Us, Finish With Your Target" (ngarang aja sih ini. Hahahaha. Buat Full Marathon, seinget gue tiap 15 menit ada tim Pacer yg terdiri dari 3 orang. 4:00 (finish 4 jam), 4:15 (4 jam 15 menit), dan seterusnya. Karna target gue mau  4:15, langsung deh hapalin. Hapalin Pacer ceweknya :O

Buat yg belom ngerti apa itu Pacer, kira-kira begini:
- Mereka adalah orang yg ditugaskan olah panitia race untuk membantu pelari mencapai target waktu pribadi. Misal, target mau finish 4 jam, maka ikutin aja Pacer 4:00, kemungkinan besar (karna pasti ini adalah orang-orang terpilih) kalo kuat, ya sesuai finish 4 jam tuh. Elo gak perlu ngukur kecepatan lari, gak perlu mikir "Wah kecepetan. Wah terlalu lambat", gak perlu sering ngecek sportwatch. Tinggal ikutin kecepatan mereka, langkah kaki mereka.
- Pacer ini juga sebenernya merupakan waktu yg ikutan berlari. Di mayoritas race, official time itu cuma yg ada di Start/Finish Gate aja. Kecuali elo elite runners, suka ada mobil yg berjalan didepan kelompok pertama, yg nunjukin waktu. Dengan adanya Pacer (yg biasanya suka berlari dengan menggunakan balon yg sangat mencolok keberadaannya), elo bisa tau: "Oooohh.. Itu didepan Pacer 4:00, dan gue belom dibalap sama Pacer 4:15, berarti estimasi finish gue diantara 4 jam dan 4 jam 15 menit nih sekarang". Terus tiba-tiba dibalap sama Pacer 4:15: "Kampret, finish di bawah 4 jam 15 menit dah gue ngehe".

Njir keren ya ada Pacer gini..

Seketika abis baca Race Guide, gue langsung pengen banget, suatu saat nyobain gimana rasanya jadi Pacer. Meski rada hopeless sih, karna saat itu race-race di Jakarta belom begitu menganggap penting (dan keren) punya Pacer di acara yg mereka bikin. Dan belom pada aware juga kayaknya pelari yg laen. Yang di liat hadiah podium apaan, running tee-nya bagus apa enggak, medali-nya gimana, rute berat apa enggak, dsb. Belom ada saat itu Pacer-Pacer-an.

Makin kesini, yg gue pikir olahraga running ini cuma happening sesaat aja, ternyata makin berkembang (dan makin mahal njir daftarnya). Race Full Marathon makin menjamur. Race yg ada obstacle juga makin banyak. Para Race Organiser makin cari cara buat bikin acara mereka menarik pelari untuk ikutan, dengan berbagai gimmick yg fresh dan berbeda.

Kayaknya saat ini kepengenan gue buat jadi Pacer bisa terlaksana.

Akhir Juni, sohib gue di Derby Runners, Taki, tiba-tiba whatsapp: "Mau jadi Pacer FM gak lu di Bandung Marathon?".

AAAAAHHHH... Kalo elo cewek, udah gue pacarin dah elo Ki...

BNI UIHM 2017, 16 Juli.

Sebelumnya, saat masa persiapan BNI UIHM 2017, pas acara bukber, di lempar wacana apa yang bisa Derby Runners bantu buat panitia, nyeletuklah gue: "JADI PACEEERR". Iseng-iseng berhadiah aja, alasannya sih jelas, tiap Minggu kami lari di sekitaran UI, jadi tau banget sama rute-rutenya, yg mungkin akan sangat membantu pelari yg ikutan. Tapi ya kali aja bisa kan..

EH BISA.

Awal Agustus, dibukalah list Pacer dari Derby Runners buat race tersebut. Seneng banget ya Allah.. Makasih Chia, Arief, atau siapapun yg bisa meng-gol-kan ide tersebut. Makasih, makasih..

Pacer 10K minus Arif Satria yg au kemana ngilang -_-
Pasangan gue, Apriyadi Sidik, kerjaannya ngeledekin orang mulu pas lagi lari

Apakah ini pertanda, gue sambil pegang Pocari??!!
VIRGIN PACER!!

Saat itu, gue milih jadi Pacer 1:00 buat 10K. Maklum lagi gendut dan gak ada persiapan. Cari yg aman aja deh. Bener kan, menyenangkan banget jadi Pacer. Sepanjang perjalanan gue cheering ke pelari, ngobrol sama mereka, ketawa-tawa. Ingetin udah KM berapa (karna saat itu gak ada marka jarak), ingetin untuk pada minum di tiap water station. Paling enak sih pas udah kilometer terakhir, lari mundur terus teriak ke yg di belakang: " Ayooooo.. Yang mau finish di bawah 1 jam, lebih cepet lagi larinya!! Lewatin Pacer.. Buruaaann!!", terus ngeliat mereka yg udah lemes, terus jadi semangat lagi buat ngejar, itu enak banget asli. Apalagi pas finish, disamperin sama orang, terus disalamin: "Makasih ya Mas, makasih". Edaaann.. Senaaaanngg..

POCARI SWEAT WEST JAVA MARATHON 2017, 30 Juli.

Disini, latihannya lebih serius. Selain karna jaraknya Full Marathon, gue juga gak mau bikin malu Taki karna udah ngajakin, masa' nanti culun -__-

Dipimpin oleh Coach Andri Yanto dari RunnersNation yg biasa latian di Soemantri, terbentuklah total 27 Pacer untuk jarak 10K, HM, dan FM. Dengan masing-masing kategori ada 3 kelompok waktu. Dan ditentuin jadwal latian tiap Minggu pagi, which is gue gak bisa karna ada Kapten Kecil yg sulit untuk ditinggalin.. Eh hoki, ada sekali latian Sabtu pagi di Pantai Indah Kapuk. Mayan jadi bisa nyetor muka sama Coach, tim sport science Pocari Sweat, dan temen-temen Pacer lainnya. Biar mereka gak kaget kan pas hari-H: "Ini siape kang sayur koq pake ikut".






Gue satu kelompok sama Taki dan Bareyn di Pacer 5:00, average pace 7:07. Mereka adalah 2 dari sekian banyak pelari yg berguru sama Coach Andri, gue yg paling lemah, paling gendut, paling pendek, dan paling lambat larinya diantara betiga. Padahal gue pikir gue udah termasuk "pelari kantoran" yg cepet. Ternyata gak ada apa-apanya :))

Beberapa hari menjelang hari-H, ternyata peserta dikirimin email sama Pocari, kalo bakal ada Pacer. Dan ada poto gue disitu. Norak asli..

Salah satu ke-norak-an juga, gue gak tau kalo Pocari Sweat bakal ngasih fasilitas ini-itu buat Pacer. Jadi gue udah booking hotel di Dago, mau ngajak Dewa-Adia-Carra kesana. Lah, ternyata semua udah disediain. Transportasi, penginapan segala. Serius, gue pikir tinggal ketemuan aja misalnya jam setengah 4 di Gedung Sate. Untung aja bisa di cancel gak kena fee itu hotel. Dan diijinin sama Dewa buat ikut rombongan aja. Makasih istriku tercinta, oleh-olehnya aku pulang dengan selamat aja ya :*

Namanya baru pertamakali kan. Udah diajakin jadi Pacer aja senengnya minta ampun, jadi gak ngarep bakal dapet ini, dapet itu. Dikasih kesempatan jadi Pacer aja alhamdulillah. Murahan bener yak -_-




Berangkatlah Minggu pagi naek bis Pocari ini, et dah udah kayak atlet aja ini, seru bener. Sesuai prediksi, nyampe Bandung melewati kemacetan. Baru nyampe siang di Trans Luxury Hotel.. Waktu briefing udah seneng aja bakal nginep disini juga, maklum 1 malem bisa jutaan. Gokil kan. Ternyata kagak :))) Ngelunjak aje luh biji jamblang..









Di sini ternyata kami menghadiri kayak Press Conference gitu sekalian lunch. Dihadiri artis-artis Pocari kayak Melanie Putria, Dimas Seto, Jennifer Bachdim. Juga atlet-atlet Pocari Agus Prayogo, Asmara Bara. Makanannya mewaaahh.. Ada kayak kambing guling gitu, daging di potong kecil-kecil, enak bener. Pas nanya sama mas-mas-nya, ternyata wagyu. Ya Allah kalo gak inget Carbo Loading, udah gue abisin itu daging seloyang-loyangnya.




Lanjut ke Nexa Hotel tempat kami akan menginap semalam. Sekamar sama Taki, aman dah. Istri dia udah kenal gue. Dewa udah kenal dia. Jadi kalo facetime-nya juga aman: "Iniiii.. Sama Taki elaaaahh.. Ki, dadah-dadah Ki". Susah emang kalo udah punya istri sama anak-anak cewek, gak bisa bandel lagi.. Oh ya, ini keren banget pas masuk kamar, ada bungkusan gede gitu dengan nama masing-masing, ternyata perlengkapan tempur dari Pocari disediain. Berasa keren banget jadinya :))



Rute sampe ke kiaracondong segala. Dulu gue kuliah dari Dipati Ukur mau kesana naek angkot rasanya jauh bener. Ini lari segala buset dah. But we're ready!!








Mohon izin teman-teman yg merasa ini hasil jepretannya, gue posting disini ya. Lupa soalnya sumber darimana.



Gue, Taki, Rey, semua udah dibawah 4 jam catatan Personal Best Full Marathon-nya. Which is, itu udah pace minimal 5:40. Ini kami ditugaskan untuk finish 5 jam, dengan pace 7:07. Ya Allah beratnya minta ampun buat nahan segitu. Gue bisa kecepetan kalo lagi ngobrol sama pelari lain. Taki biasanya kalo lagi bengong ketarik sendiri. Rey lagi tanjakan demen naekin pace. Tapi namanya mereka udah pelari canggih, kerjasama tim bagus banget. Bisa saling mengingatkan kalo kecepetan. Gokil emang anak RUN dah.

Sampe KM belasan, yg ikut Pacer 5:00 masih banyaaakk.. Seneng banget pas di poto. Masuk ke KM20an mulai berkurang. KM30an, setiap water station, pasti ada yg kececer :)) Tapi tetep aja, meski pas finish gak begitu banyak pelari yg ngikut, abis lewatin Finish Gate, masih ada aja yg nyamperin, salaman, dan bilang "Makasih ya". Baik itu pelari yg finish sebelum kami, maupun setelah kami.. Sekali lagi, itu perasaan yg menyenangkan loh..






WE DID IT KI, REY!!

Dari target 5 jam, cuma kecepetan 24 detik doang. Masih batas toleransi 1 menit. Alhamdulillaaahh..

Untung di Nexa Hotel ada kolam renang terus airnya dingin, pas banget buat recovery sambil cerita-cerita kejadian lucu sama temen-temen Pacer lainnya.. Sore itu juga langsung balik ke Jakarta..

Pengalaman 2 hari 1 malam yg seru, bareng sama temen-temen baru yg caur-caur juga. Tukang becanda, demen ketawa. Makasih banyak Pocari Sweat atas kesempatan yg diberikan..

Tim Depok minus Kang Uci


Kamis minggu lalu Appreciation Night. Gilak ini gue jadi Pacer Pocari makan mulu kerjaannya -___- Disini juga dibilang kalo next, Pocari Sweat bakal bikin seleksi untuk menentukan Pocari Sweat Official Pacer. Tunggu kabarnya aja kalo ada yg mau nyobain jadi Pacer juga. Yes, posisi gue dan teman-teman di poto ini bisa elo ambil alih :)








Sekali lagi, makasih banget buat Pocari, banyak banget yg dikasih ke kami. Jadi nambah kan tuh medali FM gue jadi total 8 biji. Dikasih makan mulu, terus dibekelin sekardus Pocari Sweat sampe eneg-eneg dah luh ngabisinnya :D Makasih juga sekali lagi buat Taki yg udah ngajakin, padang prasmanan-lah takis kita...

Apapun yang terjadi saat Open Recruitment nanti, yang terpenting adalah gue udah bisa ngomong...

I AM PACER!!



"When you really want something to happen, the whole universe conspires so that your wish comes true", - Paulo Coelho

1 komentar: