Selasa, 22 Maret 2016

#TheAkbarsTravel Japan Trip: Day 4

Day 4: 23 Februari 2016

Pagi ini, kami beberes apartemen, sekaligus check-out. Gak kayak di hotel, kalo pake air bnb ini, kita juga harus bersihin kamar, setidaknya mendekati kerapihan sewaktu datang. Kalo di hotel kan tinggal cabut, disini sampe kita harus buang sampah sendiri loh di lantai dasar. But its not a big deal at all. Cuma mau ngasih tau, biar kalo elu suatu saat pake air bnb, ada yg memberlakukan aturan tersebut. Dateng rapi, ditinggal juga mesti rapi. Kalo dateng bukan sama pasangan resmi, ya jangan ninggalin bercak di seprai, atau buang itu "karet pelindung"-nya bener, jangan sembarangan.

Seperti biasa, karna emang Adia malemnya tidur gak nyenyak keganggu sama batuk kedinginan, kami gak menyesuaikan dengan itinerary. Seharusnya, udah berangkat dari jam 7, jadi siang udah nyampe Kyoto. Apa daya, santai aja-lah :)

Jam 10an emang waktu yg pas buat pergi, udah cukup istirahat, sarapan juga udah. Hari ini, meninggalkan Osaka, menuju Tokyo, dengan sebelumnya mampir ke Kyoto dulu. Kenapa kami pengen kesana? Kalo googling, kota itu merupakan kota yg "Jepang Banget". Pernah liat film-film Jepang gitu kan? Bukan bokep, bukan. Tapi yg memperlihatkan keindahan pegunungan, terus rumah dari kayu, pintu digeser. Orang pake kimono, dsb. Disana bisa ditemukan tuh. Kan mayan buat poto-poto. Terus posting di social media. Pft.


Dari Osaka ke Kyoto, akhirnya nyobain kereta Shinkansen. Beda dengan kereta didalam kota, yg kalo beli tiket pake mesin, Shinkansen ada loketnya sendiri, dan pake petugas. Yang ada di pikiran gue ini kan kereta super cepat, kalo ngeliat pemandangan keluar jendela, pusing sendiri. Ternyata kagak, norak dah gue asli -_- Cepet sih, tapi dibawah ekspektasi aja. Dalemnya sama aja kayak kereta business class di Indonesia, dengan bangku 3-2. Yang bikin keren, "idung" dari kereta ini sendiri yg macem-macem bentuknya. Au dah pembagian berdasarkan apa. Ada yg lancip, pesek, lebar. Itu doang, selebihnya ya kereta biasa aja. Perjalanan gak nyampe 1 jam.

Sampe stasiun Kyoto, langsung yg pertama kami cari dan excited banget pengen nyobain: Coin Locker!!


Ya Allah, asli gue sama Dewa norak banget pas ngeliat beginian. Jadi, Coin Locker itu adalah loker yg disewakan untuk orang yg mau nyimpen barang-barangnya (maksimal sampe 2-3 hari kalo gak salah, kalo lebih, diangkut sama petugas dikumpulin). Ada beberapa jenis, kebetulan yg di Kyoto ini pake koin. Gak punya koin? Tenang, disitu juga ada tempat penukaran koin. Masukin duit kertas, nanti keluar koin. KEREN GILAAAAA. Harga loker berdasarkan besarnya. Semakin besar, semakin mahal. Cari loker kosong (yg kuncinya nyangkut), masukin barang, masukin koin, kuncinya bisa deh dicabut. Beda sama yg di Tokyo. Di Tokyo, Coin Locker pake password. Mirip, tapi ini gak pake kunci. Cari loker kosong, nanti ada tombol yg harus dipencet (sesuai instruksi), masukin koin, nanti kita dapet kertas yg isinya loker nomer berapa beserta password. Kereeeenn. Aman deh koper pada masuk, dan lanjut makan siang.

Mepetnya waktu yg kami miliki di Kyoto sebenernya bikin kepengen balik lagi sih, karna penasaran sama kota ini. Paling telat jam 4 udah harus cabut ke Tokyo, karna penginapan yg kami booking tutup kantornya jam 21.00, gak bisa late check-in ambil kunci, bukan hotel, tapi service apartment. Jadinya gak bisa menjelajah lebih jauh. Balik lagi ah besok kemari. #saik #LuKataKeBogorKali


Kalo "patuh" sama itinerary, sebenernya ada 3 tempat di Kyoto yg bisa didatengin. Berhubung gak bisa, yowes cari aja deh tempat yg paling deket dari stasiun pusat tadi (dari Osaka dan ke Tokyo tempat nyimpen koper), yg jaraknya cuma 1 stasiun. Gile, ini padahal tempat yg paling deket "pusat kota", tapi suasana "Jepang Banget" udah kerasa. Dari deretan rumah yg mirip di pelm Karate Kid, sampe banyak perempuan pake kimono. Turis, maupun penduduk lokal. Pas makan-pun, itu yg lesehan, terus duduk bersila gitu, dengan lantai kayu dan pintu geser. Pintu geser, penting banget itu, kayak di pelm Kill-Bill Volume 1 :))




Meskipun udah makan, di pinggir jalan pada jualan jajanan pasar gitu. Dan lucu-lucu. Ada gurita, kerang, kue apaan-lah itu, steak yg dipotong sesuai ukuran buat cemilan, dsb. Jadi-lah makan lagi, karna harga-nya pun gak begitu mahal, sekitar 300-400 yen, gocap-lah kalo dirupiahin. Tapi enak, dan pantas harga segitu. #sikaaaaaatt


Di tempat ini, ada objek wisata namanya Fushimi Inari Temple. Gak tau ini sejarahnya beginimana, tapi yg pasti, ada beberapa temple merah disini. Semakin kedalem, katanya temple-nya semakin "original" dan bagus. Tapi berhubung jalannya nanjak dan Adia lagi tidur, yowes yg deket-deket aja biar gak gempor.



Meskipun ini tempat bagus, cuma masih belom sesuai ekspektasi gue pribadi tentang Kyoto. Padahal berharap bisa ramean pake kimono, terus ngeliat suasana pedesaan asli orang Jepang, ngeliat langsung harakiri (boong, boong). Tapi it's okay, traveling bawa anak emang banyak konsekuensi-nya, kami juga gak mau maksain sesuai kepengenan kalo emang mereka gak kuat dan gak mau. Toh, yg mau seneng semua-nya, bukan Ayah-Ibu doang :)

We'll be back Kyoto, Me Promise.

Sore langsung berangkat ke Tokyo buat ngejar kunci penginapan, pas banget nyampe jam 20.30 nerima kunci-nya. Dan kami milih tempat di Akihabara, ngesot dikit udah pertokoan, taman. Jadi gak terpencil dan banyak pilihan makanan. Karna malam ini capek banget perjalanan Osaka-Kyoto-Tokyo, mari sudahi perjalanan hari ke-empat.

OH, HELLO TOKYO..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar