Senin, 21 Maret 2016

#TheAkbars Travel Japan Trip: Day 1

Alhamdulillah, akhir Februari kemaren masih dikasih kesehatan, masih dikasih rejeki, untuk kami sekeluarga pergi ke salah satu negara yg ada didalam bucket list Dewa: JEPANG.

Semua berawal dari terpilihnya gue dalam lotere yang diselenggarakan oleh Tokyo Marathon 2016, dimana terpilih jadi bagian 37.000 orang yg lolos, dari ratusan ribu yg daftar. Senengnya minta ampun. Emang dari awal udah bikin rencana, kalo lotere tembus, Dewa mau ikut dan tentunya Adia-Carra gak mau kita tinggalin. Meski boncos sih.

Langsung berburu tiket di Garuda Indonesia Travel Fair. Wohoooo.. Dapet tiket PP dibawah harga standar buat ber-4. Iya, gue tau, tetep mahal juga -__- Ada pesawat yg bisa lebih murah dari ini, tapi harus transit. Pengalaman waktu ke Melbourne bawa Adia, pas transit itu capeknya minta ampun, padahal cuma 2-3 jam. Nah ini, udah bawa 2 anak, transit paling cepet 8 jam. Bisa remuk badan kami ber-4 nanti. Pppfft. Dan asiknya bisa berangkat ke Osaka, pulang dari Tokyo. Karna sebelumnya yg gue denger, karna jarang pergi-pergi begini, kalo travel fair itu emang bisa murah, tapi biasanya PP ke satu tujuan aja. Misal Jakarta-Osaka-Jakarta, atau Jakarta-Tokyo-Jakarta. Jadi asik deh gak perlu bolak-balik. Karna di Osaka ada Universal Studios, tempat yang pengen banget Dewa tuju karna doi penggemar berat Harry Potter, sedangkan gue Marathon di Tokyo. Makasih Garuda Indonesia Travel Faaaiirr :*

Setelah tiket aman, baru ngurusin perintilan lain-nya.
1. Penginapan,
Di negara ini, untuk pertamakalinya nyobain nginep 2 malem pake AirBnB (review menyusul), dan sisa 6 malem pake Agoda. Biasanya sih kalo bepergian, untuk nyobain pengalaman lain, suka ganti-ganti penginapan per-hari. Tapi ngeliat barang bawaan, okeh, nyoba 4 tempat aja dah, masing-masing 2 malam. Daripada gempor tiap hari bawa barang kan :(
2. Itinerary,
Dapet rekomendasi dari Aldy kalo gak salah, Dewa mulai nanya-nanya, namanya Meta dari Toraberu Japan. Ya ampuuunn.. Niat banget dia bikinin itinerary buat kami, dengan harga yang terjangkau tentunya. Dalam bentuk buku, ukuran A4, puluhan halaman.


Lengkap banget, naek kereta ke stasiun apa, harga tiket berapa. Nanti sampe stasiun mana, keluar di exit sebelah mana. Ngasih tau juga tempat-tempat menarik disekitar penginapan. Tau gak yg lebih detail? Tempat makan pun dikasih tau, kalo abis mendarat laper, ada minimarket di bandara lantai 2, kesana tinggal naek lift, dsb. Edan-lah. Makasih Metaaaaa.. Kalo mau dapet bantuan dari Meta, bisa dihubungin di nomer 08111782515 atau email contact@toraberujapan.com ya. Sangat berguna, beneran. Terutama bagi yg pertamakali ke Jepang.
3. Visa,

Gue pikir ini ribet, ternyata enggak koq. Selama persyaratan yg diminta lengkap tanpa kekurangan, kayaknya dapet aja pasti. Bisa diliat info-nya di http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html udah cukup jelas itu. Kedutaan Jepang letaknya di Thamrin, persis samping EX (dulu). Parkir di Plaza Indonesia aja, karna gak nyediain parkiran disana, terus jalan kaki deh. Usahain dateng pagian, jadi udah antri di depan. Seinget gue buka jam 8-12 buat pengajuan. Waktu itu gue dateng jam 7an udah ada yg antri, dan mendekati jam buka makin rame. Kalo udah didepan, proses-nya cepet banget. Ambil nomer antrian, masukin berkas yg diminta, udah deh pulang. Buka jam 8, 8:30 gue udah di parkiran mobil lagi. Nanti hasilnya bisa diambil 3 hari, dan bayarnya juga pas ngambil. Gak perlu bawa duit pas masukin berkas, bawa pas udah jadi aja. Nanti kayak gue, udah bawa duit, ternyata bayar belakangan, malah dipake jajan siomay depan PIaza Indonesia :(( Pengambilan visa masih di tempat yg sama, cuma dari jam 14.00-selesai. Kalo mau cepet, jam makan siang udah ambil nomer antrian. Karna gue dateng jam 2 kurang, antrian udah panjang. Baru ambil visa plus bayar itu jam setengah 4. Mantab-lah, gak ribet. Gak perlu calo juga.
4. HIS Travel,
Atas rekomendasi Mbak Ratih, kami disarankan untuk ke tempat ini, karna ternyata Travel ini fokus ke perjalanan Jepang (bahkan kayaknya di Jepang lebih besar lagi, karna ikutan jadi sponsor Tokyo Marathon 2016). Apa yang bisa ditemukan disini? Tiket masuk Universal Studios Japan (USJ), Disneyland atau Disneysea Tokyo, JR Pass (tiket kereta), bahkan bisa sewa wi-fi pocket. Asik banget lengkap gitu. Jadi biar disana gak ribet, di HIS Travel kami udah beli 2 tiket dewasa dan 1 tiket anak buat ke USJ sama Disneyland, karna Carra masih gratis (dibawah 4 tahun). Dan juga sewa wi-fi pocket (meski gak se-ngebut wi-fi di penginapan, dimana sangat membantu buat anak-anak youtube-an, dan Ayah-Ibunya selonjoran, tapi lumayan berguna juga kalo lagi keluar. Seenggaknya whatsapp buat kerjaan gue, dan posting social media biar eksis, bisa deh).

Day 1: 20 Februari 2016
Pesawat berangkat jam 23.30, jadi seharian masih bisa santai dulu, inget-inget apa yg mesti dibawa biar gak kelupaan. Di perjalanan kali ini, kami memutuskan untuk bawa:
1. Koper gede,
Ini isi-nya baju-baju yg mau Dewa-Adia-Carra pake disana. Dewa udah persiapan beli baju tebel-tebel jadi makan tempat bener (meski berguna pas disana ternyata). Sepatu, topi, dan sebagainya masuk disini juga.
2. Koper sedang,
Baju gue dan perlengkapan marathon masuk disini. Dan barang-barang yg udah gak muat dimasukin ke koper gede. Ibaratnya ini cadangan aja. Baju kotor segala masuknya disini nanti, sama oleh-oleh (kalo inget).
3. Tas backpack,
Maenan anak-anak selama di perjalanan gak bosen, barang penting kayak paspor, tiket, ipad, charger, laptop, diapers Carra, obat-batan, kamera, semua masuk disini, termasuk k*ndom kalo ada kesempatan kan. Pppfft. Barang yg sewaktu-waktu bisa diambil gak perlu geledah koper.
4. Tas kecil Dewa,
Cadangan tas backpack, buat masukin barang yg bisa sewaktu-waktu diambil.
5. Tas kecil Adia,
Ini berisi semua perlengkapan Adia, mulai dari detektif, boneka, dsb. Mau ikutan bawa tas aja ini mah, isinya juga gak penting -__-
6. Tandem Stroller,
Ini gue gak beli, tapi pinjem di Babylonia. Edaaaann.. INI SANGAT BERGUNA. Karna geret 2 koper, udah susah gendong anak. Pengalaman ke Filipina taun lalu, Carra gak betah pake gendongan. Gimana udah gedean kayak sekarang kan. Jadi anak-anak pada di stroller, salah satu dari kami bawa 2 koper. Juga berguna buat disana, lebarnya masuk buat semua lift, paling penting bisa jadi tempat istirahat Adia-Carra. Mereka bisa tidur disitu. Meski Adia kakinya udah panjang, lumayan buat duduk. Karna di Jepang bakal banyak jalan, kasian juga kalo dia harus ikutan jalan kayak Ayah-Ibunya.


Yak, semua lengkap...

OFF WE GO!! TO KANSAI AIRPORT!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar