Kamis, 06 Agustus 2015

Skuad Liverpool Musim 2015/2016

Seperti musim-musim sebelumnya saat di-manajeri oleh Brendan Rodgers, Liverpool selalu bergerak cepat dalam bursa transfer pemain. Yang mengindikasikan beberapa. Bisa aja positif, untuk mempersiapkan tim lebih lama, atau justru negatif, merupakan pilihan yang terburu-buru karna panik?

Hanya Rodgers yang tau. Eh, sama Allah juga deng.

Musim ini, sementara Liverpool mengamankan sejumlah pemain, diantaranya:
Adam Bogdan (kiper)
Joe Gomez (bek kiri)
Nathaniel Clyne (bek kanan)
James Milner (gelandang multi posisi)
Roberto Firmino (forward multi posisi)
Danny Ings (striker)
Christian Benteke (striker)

Kalo ada yang pernah baca tulisan gue tentang Evaluasi Liverpool 2014-2015 ini, mungkin berpikir gue cenayang yang bisa memprediksi pembelian pemain, karna hampir 100% yang tertulis sesuai. Boro-boro. Wong dalam setahun, paling banyak gue cuma nonton 10 pertandingan tim lain selain Liverpool. Jadi analisa gue jelas terfokus di klub ini. Dan juga totalitas!! #saik

Diambil dari www.thisisanfield.com
Karna emang nyaris sesuai dengan apa yang gue evaluasi, seharusnya musim ini penampilan Liverpool akan jauh lebih baik dengan hadirnya pemain-pemain anyar yg dapat melengkapi kedalaman skuad yg ada, juga dapat menambah tajam formasi atau cara bermain yang Rodgers butuhkan. Dengan pemain yang ada tersebut, gambaran pemain inti sudah terlihat cukup jelas didepan mata, menurut gue akan seperti ini, bahkan masuk dengan beberapa skema yg Rodgers sering gunakan dalam 3 musim terakhir:

Mignolet
Moreno
Sakho
Skrtel
Clyne
Can
Henderson (c)
Milner
Firmino
Coutinho
Benteke

Mau coba beberapa formasi? Bisa 11 pemain ini jadi paketan-nya Rodgers:

4-1-4-1 (4-3-3 tanpa pivot)

Mignolet
Clyne Skrtel Sakho Moreno
Can
Coutinho Milner Henderson Firmino
Benteke

4-2-3-1
Mignolet
Clyne Skrtel Sakho Moreno
Can Henderson
Milner Coutinho Firmino
Benteke

4-4-2 diamond
Mignolet
Clyne Skrtel Sakho Moreno
Can
Milner Henderson
Coutinho
Firmino Benteke

3-4-2-1 (3-4-3)
Mignolet
Can Skrtel Sakho
Clyne Milner Henderson Moreno
Coutinho Firmino
Benteke

Sangat fleksibel. Mau maen ball possesion-pun ada duet Coutinho-Firmino yg bisa jadi pusat permainan. Mau maen direct football punya striker tinggi-besar tapi punya kecepatan seperti Benteke. Mau maen melebar juga Clyne-Moreno punya potensi sangat besar untuk overlapping dan melakukan crossing. Banyak pilihan yg bisa di utak-atik oleh Rodgers. Semoga bener, gak kayak musim kemaren. Utak-atik sih utak-atik, TAPI GAK GERRARD JADI STRIKER JUGA KALEEEEEE...

Ideal-nya, 1 tim dalam 1 musim membutuhkan minimal 25 pemain utama, apalagi bertarung di 4 ajang seperti Liverpool. Maka berikut adalah 13 pemain yang siap mengisi tempat untuk sekedar rotasi atau menggantikan 11 pemain inti yg cedera:

Bogdan (kiper)
Flanagan (bek kanan)
Joe Gomez (bek kiri)
Dejan Lovren (bek tengah)
Kolo Toure (bek tengah)
Lucas Leiva (gelandang bertahan)
Joe Allen (gelandang tengah)
Jordan Ibe (winger kanan/kiri)
Lazar Markovic (winger kanan/kiri)
Adam Lallana (gelandang menyerang)
Danny Ings (striker)
Daniel Sturridge (striker)

Kurang 1 pemain lagi adalah pemain tengah, yang sampai saat ini masih ada beberapa nama yg diisukan bergabung, paling santer Asier Illaramendi, untuk menggenapi 25 pemain utama Liverpool 2014-2015. Sisanya jual aja, atau dipinjemin. Meski masih berharap sama Ilori, Origi, Brannagan, dan jugaaaaa.. BALOTELLI!! Iya, gue #TeamBalotelli dan kayak ada feeling ini pemain bakal punya peran besar bagi Liverpool, at least kalo dikasih kesempatan 1 musim lagi. Mudah-mudahan deh. Padahal cukup menyeramkan juga duet BAlotelli-BEnteke. BABE. Anak betawi bener kan, ngeri.

Dengan skuad yang ada, cukup optimis seenggaknya minimal masuk UCL lagi musim depan. Cukup berat untuk menjadi juara karna tim lain juga saling memperkuat tim tanpa menghilangkan stabilitas. Liverpool beli pemain banyak, dan melepas salah satu pemain kunci musim lalu, Raheem Sterling, sehingga akan diperlukan sedikit penyesuaian agar dapat menjadi skuad yg menyeramkan. Jadi peringkat 2 menurut gue udah target ideal tertinggi untuk dicapai.

TOMORROW, ENGLISH PREMIER LEAGUE SEASON 2015-2016 BEGIN!!

LETS START THE WAAARR!!

YOU'LL NEVER WALK ALONE!!

1 komentar: