Selasa, 18 Agustus 2015

Istri Bekerja

Yang baru baca blog ini, mungkin belom tau sama sekali. Tapi yang udah jadi pembaca setia (#taelah), udah paham bener kalo saat menikah dengan Dewa 5,5 tahun yg lalu, status gue adalah PENGANGGURAN. Sedih yak.

Sebenernya waktu proses lamaran dan persiapan, gue merupakan karyawan bank swasta. Karna dinilai kurang berprestasi (dan mungkin rada urakan), kontrak diputus 3 bulan sebelum acara pernikahan berlangsung!! Udah kepalang tanggung, ya #sikaaaaatt aja tetep jalanin acara. Dewa juga saat itu baru meniti karir di dunia Treasury salah satu bank swasta milik tetangga sebelah. Lulus dari Program Treasury Development Program (TDP).

Kalo mau flashback lebih jauh, gue udah ngebet nikah sama Dewa itu sejak tahun 2007 (3 tahun lebih cepat dari acara sesungguhnya), karna udah bosen pacaran, udah bosen tiap abis jalan bareng, pulang kerumah masing-masing. Tapi ada beberapa kendala yang berhubungan sama kerjaan. Dari sisi gue, kebanyakan jadi pengangguran, karna emang pe'a kalo kerja jadi karyawan. Kalopun lagi punya kerjaan yg bebas nikah kapan aja, eh terkendala dari sisi Dewa. Dia baru lulus kuliah, belom bekerja. Atau masih dalam program yg dibuat oleh bank tempat dia bekerja, dimana belum boleh menikah untuk jangka waktu tertentu. Tapi kawin mah boleh kali ya. *becanda kampungan*

Waktu tahun 2007 tersebut, kebetulan gue punya pekerjaan cukup bagus (seenggaknya kalo lewat perbandingan gaji dengan temen-temen yg baru lulus, lebih gede yg gue dapet daripada mereka) di perusahaan besar pula. Tapi Dewa baru lulus dan lagi ikut-ikutan Job Fair, kirim lamaran sana-sini. Waktu gue mengutarakan niat pengen nikahin dia, dapat larangan dari Ibu. "Kamu kerja dulu. Kalo udah sama-sama kerja, baru boleh menikah", kira-kira demikian kata beliau. Agar rencana kami direstui, dan sebagai anak yg nurut, Dewa ikutin syarat dari Ibu-nya. Gue pribadi sih gak pernah nanya langsung kenapa harus ada syarat itu, tapi kalo menurut logika, Ibu gak mau Dewa nanti ketergantungan sama suami. Dan mungkin punya ketakutan, kalo suatu saat rumah tangga anak-nya bermasalah, suami-nya selingkuh, dia gak punya "bargain power" sama sekali. Karna hidup-nya sangat mengandalkan nafkah dari suami. Sehingga Ibu mau anaknya mandiri, setidaknya secara finansial, kalo worst case scenario terjadi, life can go on. Oh iya, By the way, Ibu juga bekerja sampe pensiun beberapa bulan lalu.

Karna dari awal-nya emang begitu, maka pernikahan yg kami bangun-pun berdasarkan asas "Kebersamaan". Gak ada yg lebih superior. Gue (dan juga Dewa) saling memilih satu sama lain karna merasa menemukan pasangan yang "Equal", dalam hal apapun. Pengertian ceteknya, kami sama-sama suka tertawa, membuat orang tertawa, dan menertawakan hidup. Kalo seriusnya, kami dari dulu hampir selalu dipercaya untuk memimpin sesuatu, entah itu organisasi, ataupun kelompok-kelompok kecil. I love to lead, so do Dewa.

Maka hal tersebut terbawa hingga ke pernikahan. Karna sama-sama suka mimpin, kami gak memposisikan diri saling diatas (meski kalo lagi h*rny berebutan posisi On-Top sih). Ya oke-lah, kalo Solat masih gue Imam-nya, ya kali Dewa jadi Imam -__- Tapi untuk lain-nya, kami akan rembukan untuk menentukan segala sesuatu. Sama-sama bikin anak, ya sama-sama ngurus-nya, sehingga gak akan kejadian di masa yg akan datang, kalo terjadi sesuatu yg tidak diinginkan: "GIMANA SIH KAMU NGEDIDIK ANAK??!!", gak perlu keluar kalimat tersebut dari salah satu diantara kami. Yang biasanya sih kalimat tersebut adalah privilege dari suami/Ayah. *ngangguk-ngangguk aje luh panjul baca ini*

Sama hal-nya saat menyinggung pekerjaan, dimana berhubungan dengan rezeki yang kami dapatkan untuk membangun keluarga ini. Karna sejak awal pernikahan, Dewa dalam posisi mempunyai penghasilan, gue enggak. Seiring berjalannya waktu, berkat support (kalo gak mau dibilang provokasi) istri pula, gue bisa mengimbangi penghasilan dia, bahkan untuk sekian lama, secara bulanan bisa mendapatkan diatas yg dia dapatkan. Meskipun kalo tahunan gak ngejar juga sih, gile doi kalo bulan Maret :(( Sehingga pembagian dalam hal pengeluaran pun dibagi sedemikian rupa, misalnya pengeluaran bulanan, cicilan, tanggung jawab gue. Dewa nge-handle Down Payment, uang masuk sekolah, biaya liburan atau biaya-biaya yg jangka waktu-nya tahunan. Semua temen-temen juga tau, kami bukan dari keluarga yg sangat berada, kalo bisa dibilang, berkecukupan saja. Gak dikasih rumah atau mobil sebagai hadiah pernikahan dari orangtua. Tidak diwariskan perusahaan yg tinggal dijalanin doang. Kami tidak seberuntung itu. Tapi alhamdulillah sekarang masih tetap berkecukupan (belum berada juga sih). Meski masih ngutang, punya tempat tinggal dan kendaraan sendiri. Masih bisa jalan-jalan tanpa perlu pinjam Kredit Tanpa Agunan. Adia bisa sekolah yg menurut kami cukup bagus, begitupula Carra nanti, Insya Allah. Tiap hari masih bisa kenyang perut. Meski kadang gue jarang jajan sama puasa sih biar ngirit. Pppfftt.

Mungkin, mungkin loh ya, kalo Ibu gak ngasih syarat Dewa harus bekerja, posisi kami gak akan kayak sekarang, saat gue nulis artikel ini.

Banyak yg bilang: "Perempuan itu kodrat-nya dirumah, sebagai istri, ngurus suami. Siapin suami saat hendak mencari nafkah, layani saat pulang kerumah. Masak, bikin air panas. Sebagai Ibu, ya tanggung-jawab ke anak juga, menjaga juga mendidik hingga menjadi manusia yg berguna". Gue sih setuju sama hal tersebut, sama sekali gak ada yg salah, tapi situasi kami saat ini belum menuju kearah sana. Berikut alasan-alasan-nya:

1. Dewa Jam Kerja Teratur.
Berangkat jam 06.30 dari rumah, paling lambat, jam 19.00 udah dirumah. Hampir gak pernah lembur, Sabtu-Minggu libur. Dan sama sekali gak pernah keluar kota (paling kalo lagi outing doang, itu juga semalem). Jadi dia gak ninggalin kewajiban-nya sebagai istri dan juga Ibu. Masih bisa ML sama gue tanpa ngerasa lelah seharian kerja, masih bisa bacain buku Adia sebelum tidur. Masih bisa mompa ASI dikantor, dan nenenin Carra dirumah.

2. Dewa Kerja-nya Enjoy.
Dikelilingi oleh teman-temen seperjuangan TDP yg sangat solid dari dulu. Rekan kerja lain yg gak nyebelin, bahkan atasan-atasan yg cukup dekat dengan dia. Kerjaan-nya pun tidak sering membuat stres (kalopun bikin stres palingan kalo dia lagi ceroboh salah transaksi). Dia masih bisa istirahat siang dengan tenang, malah suka jalan-jalan ke Mall bareng Bos-nya. Gak jarang suka nelpon kerumah buat ngomong sama anak-anak (atau emang pengen ngecek gue lagi dirumah apa enggak sih kayaknya -__-). Lagi dikantor pun masih suka SMS si Bibi atau Dina, anak-anak makannya gimana. Bisa begitu ya karna gak tersandera sama kerjaan, dia enjoy jalanin-nya.


3. Dewa Berpenghasilan Lumayan.
Gue rada males sih ngomong ini, karna situasinya gue lagi kalah, ngehe bener dah ah. Ya, sejak Dewa "dipromosikan" beberapa saat yg lalu, penghasilan bulanan dia meningkat drastis, dimana gue bisa ngimbangin kalo transaksi lagi bagus aja. Tahunan? Wah gue angkat tangan dah. Mokondo, mokondo dah gue jadi suami (untung gue melihara anakonda), kalo perlu resmi jadi Bapak Rumah Tangga :D ENAK AJA!! Gue juga gak mau kalah dong, justru yg begini bisa jadi motivasi untuk makin membesarkan bisnis, atau membuka bisnis lain. Makanya banyak yg bengong pas tau Dewa di Treasury: "Haaaahh??!! Elu Treasury Wa??!! Yang bener??!!". Njir, pada meragukan istri gue luh, kamfret. Yah, intinya sih Treasury itu adalah profit center, bukan hanya di bank. Logika-nya sederhana, siapa yg bisa ngasih sumbangsih profit ke perusahaan, maka "jatah" dia bakal lebih banyak dibanding yg hanya kerja berdasarkan prosedur, tanpa bikin profit.

4. Gue Kerja Dirumah.
Perusahaan kecil-kecilan yg gue jalanin sekarang ini, dulu masih numpang dirumah Ayah-Mama, karna masih tinggal disana. Begitu pindah rumah, gue kayak orang kerja biasa, berangkat dari rumah, ke "kantor" sama Adia, dan menyekolahkan Adia di playgroup deket rumah Ayah-Mama. Sampe akhirnya, pindah dirumah aja semenjak lahiran Carra, dan mindahin Adia sekolah juga di Depok. Demi efisiensi. Mulai saat itu, I'm A Working-At-Home-Dad. Anter-jemput Adia sekolah, ketempat les piano, ngaji sore, bisa ngawasin Carra dirumah, meski sesekali suka gangguin kerjaan. Kalo lagi ngantuk bisa tidur siang bareng. Yang bisa seorang Ibu lakukan, gue kayaknya bisa juga, kecuali tetek keluar susu sih. Meski tetep butuh bantuan 2 ART, karna kalo lagi banyak transaksi sedikit sulit kalo gak ada yg bantuin. Tapi setelah semua transaksi kelar, You're totally own my time, daughters..

Pemandangan Dari Meja Kerja
 5. Gue Kerja Fleksibel.
Sebenernya kerjaan gue saat ini gak perlu adanya "kantor", tapi karna itu syarat dari BI, mau gak mau harus ada. Karna dengan 1 buah laptop (tentu dengan jaringan internet), transaksi jalan, juga laporan bisa dikerjain. Baik daily report maupun report mingguan/bulanan buat BI dan PPATK. Kalo mau di fleksibelin lagi, hanya dengan bermodalkan smartphone yg bisa mobile banking, semua bisa jalan transaksi. Paling bikin report doang yg tertunda karna harus pake PC/laptop. Meski gak pernah punya cuti (liburan pun masih ngurusin kerjaan), tapi selama masih bisa jalanin hobi olahraga kayak maen bola, futsal, lari, ML beberapa kali dalam seminggu, berarti hidup gue belom tersandera sama kerjaan.

6. Gue Bisa Punya Profit Lumayan.
Gue gak pernah mau dibilang sebagai pengusaha, lebih enak nyebut diri sendiri, Self Employed. Karna gue gak punya karyawan, gak pernah masuk majalah "Wirausaha", gak pernah jadi pengisi acara Entrepreneurship, boro-boro jadi motivator atau teladan, buat calon-calon karyawan maupun mahasiswa baru yg mau jadi pengusaha. Beban kata "pengusaha" terlalu berat buat bisnis ecek-ecek yg gue jalanin. Gak perlu dibilang pengusaha biar keliatan keren, selama bisa ngehasilin profit yg cukup buat keluarga, dibilang kerja serabutan juga gak ada masalah. Karna gue gak terlalu suka mikirin gengsi dengan label tertentu. Gengsi gak bisa bikin kenyang, gengsi gak bisa bayarin gue untuk ikutan Marathon di-sana-sini. #saik Lagian kerjaan gue sekarang lebih menghasilkan daripada gaji 3 tempat dulu gue pernah kerja, digabungin, meski udah sama inflasi 8 tahun. Digabungin!! Mau apa lu Bos-Bos lama gue dulu haaahh??!! Gak mau gue balik lagi kesana!! #LahSiapaYangNawarin

6 alasan diatas cukup bagi gue, juga Dewa, kenapa dia bekerja sampe detik ini.

Bukan, tulisan ini gak offence sama elu yg jadi Ibu Rumah Tangga, sama sekali bukan. Gak akan ada habisnya kalo terus nge-challenge Ibu Bekerja Vs Ibu Rumah Tangga, karna semua punya keputusan dan pilihan sendiri-sendiri. Kebetulan aja, gue sama Dewa milih untuk begini. Dia Bekerja, Gue Bekerja.

Poin utama dari gue nulis ini sebenernya simpel aja, gue sebagai suami, SUPPORT apapun yg dilakukan oleh Istri, tentu apabila hal tersebut positif.

Dalam hal ini, gue SUPPORT Dewa untuk bekerja.

Kalo misalnya, Dewa terus mau menapaki karir yang udah dia bangun dari bawah di kantornya sekarang, sampe mentok menjadi CEO misalnya, ya gue bakal SUPPORT.

Kalo misalnya, Dewa dapat tawaran di tempat lain dengan situasi yg berbeda (misal kerja lebih berat, sering keluar kota, dll), selama dia mau, dan worth it untuk diambil kesempatan tersebut, ya gue bakal SUPPORT.

Kalo misalnya, Dewa dapet beasiswa untuk melanjutkan pendidikan diluar negeri, dan gue-Adia-Carra harus ikut, ya tinggal terusin bisnis ini disana (toh fleksibel kan), ya gue bakal SUPPORT.

Kalo misalnya, Dewa udah capek untuk bekerja, dan memutuskan untuk resign, menjadi Ibu Rumah Tangga, sehingga gue harus bekerja lebih keras untuk "menutupi" penghasilan-nya, ya gue bakal SUPPORT.

Banyak bersyukur aja udah. Diluar sana mungkin banyak pasangan yg tidak seberuntung kami:
- Ayah-Ibu sama-sama bekerja, tapi lebih fokus karir. Kebutuhan materi tercukupi, tapi (misalnya) ternyata si Ayah ganti popok aja gak bisa, Ibu gak mau nenenin anak karna takut payudara kendor merusak penampilan di kantor. Anak jadi lebih deket ke babysitter atau ART.
- Ayah-Ibu sama-sama bekerja. Udah mana waktu sama anak berkurang, penghasilan pas-pasan pula hanya cukup untuk kebutuhan pokok, makan dan pakaian, tapi kebutuhan lain gak sanggup terpenuhi.

Di Pernikahan kami, ego udah bukan isu penting lagi untuk dibahas, tapi saling support atas keputusan masing-masing adalah hal yg paling utama. Gengsi ke suami atau istri seharusnya sudah dibuang jauh-jauh saat mengucapkan Ijab Kabul dan janji setia sehidup-semati, karna pada akhirnya seorang pasangan menikah akan menghabiskan sisa hidupnya berdua, tanpa anak-anak. Iya, karna anak-anak cepat atau lambat akan memisahkan diri dari kita, dan membentuk keluarga baru. Kalo pondasi disitunya aja gak kuat, gimana mau sampe kakek-nenek hidup bersama pasangan?

There's a BIG reason why I marry you. Do what you love, I'll support it as your man!!

1 komentar: