Senin, 10 Agustus 2015

Gampangnya Solat 5 Waktu

Ada pertanyaan menggelitik yg gue terima tiap tahun, tiap tanggal 4 Juli:

"Mau minta apa lu di umur segini?"

Pertanyaan yg selalu gue dengar berulang itu, entah kenapa taun ini jadi berasa gak sreg. Selama 30 tahun hidup, kayaknya gue udah minta banyak hal sama Allah. Dan gak sedikit yang dikabulkan, cukup banyak permintaan-permintaan spesifik saat memanjatkan doa. Secara luas-pun, udah dikasih hidup yg demikian menyenangkan. Punya orangtua yg menyenangkan, kakak-kakak yg baik (meski dulu sering banget berantemnya), ponakan-ponakan yg ngangenin. Setelah menikah-pun di pertemukan dengan istri yg sempurna buat gue, 2 anak perempuan yg sehat tanpa ada kekurangan. Dan masih banyak kenikmatan lain yg gue dapetin. Materi? Alhamdulillah cukup. Bisa menghidupi 2 orang asisten dirumah. Udah punya atap dan kendaraan sendiri, meski masih ngutang dan engap nyicil-nya :((

My point is, udah banyak "dikasih" sama Allah. Kapan dong giliran gue untuk "ngasih" ke Dia?

Akhirnya di 4 Juli kemaren, untuk pertamakalinya gak minta apa-apa di doa ulang tahun, tapi cuma mau niatin sesuatu yg selalu sulit gue lakukan dengan konsisten: SOLAT 5 WAKTU.

Iya, Solat.


Buat yg udah kenal gue luar-dalam, paling berpikiran: "Aaaahh.. Palingan cuma beberapa hari. Paling lama sebulan bisa konsisten", "Lau Solat Jumat yg seminggu sekali aja males banget, gimana tiap hari, 5 waktu pula? Udahlah gak usah mimpi", "Elu masih makan babi juga percuma Solat", dan hal-hal semacam itu lain-nya. Ye kan? Kamfret luh :))

Dalam perjalanan hidup 31 tahun ke belakang, ada masa-masa dimana gue rajin Solat, beneran. Kayak waktu jaman SD, dimana kakak-kakak gue yg lebih males solatnya, jarang bener ngelakuin ibadah tersebut dirumah. Karna mungkin ngeliat anak-anak ceweknya males, Ayah lebih suka ngajakin gue Solat. Dan kenapa rajin tau gak? Ada yang tau? Betul!! Setiap Solat, pasti dikasih uang jajan sama Ayah, hahahahahaha. Beneran. Jadi Solat biar dapet duit doang. Kan mayan beli kijing sama es teh manis yg ujung plastiknya digigit buat diminum.

Beranjak remaja, mulai memasuki masa "Solat Kalo Ada Yang Di-Mau". Udah bukan masalah duit lagi, tapi lebih ke permasalahan remaja sehari-hari. Misal, mau ulangan umum. Atau ada turnamen olahraga. Waahh, rajin bener tuh Solat. Biar dapet nilai bagus, biar bisa menang pas bertanding. Jadi saat ulangan/turnamen udah kelar, gak ada yg di mau lagi, ya gak Solat lagi deh. Pas SMA juga pernah tiba-tiba jadi rajin Solat, sampe anak-anak ROHIS ngeledekin mulu kalo gue Solat Duha/Zuhur/Ashar: "Waahh.. Kiamat sudah dekat, Bagol ke Masjid". Ngehe lu anak-anak celana cingkrang, gue gibeng putih tuh jidat :D Tau gak itu kenapa? Karna gue lagi mendekati cewek yg Solat-nya rajin. Ya buat bikin dia tertarik aja sebenernya, biar gak bandel-bandel banget di mata-nya. Pas akhirnya jadian, masih sempet tuh di miskol buat dibangunin Subuh, awalnya sih bangun kan. Cuma bertahan beberapa hari, akhirnya bilang aja udah Solat kalo pas dibanguni. Emang-nya dia bisa ngeliat?? Pppffftt.

Kuliah? Yaelah jangan ditanya dah. Hidup bebas bener, dikampus kalo waktunya Jumatan, melipir ke kosan temen, nonton tipi aja atau ngerental Playstation. Yang penting komuk gak beredar dikampus, kan reputation risk juga. Karna dikampus gue dulu jadi Ketua Himpunan, Ketua Organisasi ini-itu, tengsin kan kalo Soljum aja gak dilakuin, bahkan malah nongkrong. Apa kata para Ukhti nanti.

Beberapa alasan yg sering gue pake buat ngelewatin Solat:

1. Ngantuk,
Ini berlaku buat Solat Subuh. Edan kan, bangun jam 4.30-5.00, badan kena air dingin. Ada kemungkinan gak bisa lanjut tidur karna jadi segar. Aduh, sayang kan waktu istirahat berkurang. Apalagi kalo lagi mimpi yg asoy, sebel bener kan denger suara weker, baru aja mau ciuman sama cewek lain..

2. Menunda,
Buat beberapa Solat, ada yg waktunya lama. "Ah, nanti aja juga masih sempet", ngelakuin hal laen deh. Eh tiba-tiba udah lewat aja. Di-jamak aja ah. Wasaimak -_-

3. Males Mandi Wajib,
Untuk yg frekuensi ML tinggi kayak gue, dan gak terpatok kapan ngelakuin-nya, bener deh males lu mandi wajib. Karna itu kan syarat diterimanya Solat. Susah emang kalo melihara anakonda.

4. Celana Pendek, Gak Bawa Sarung,
Gue emang gak begitu suka pake celana panjang. Jadi gimana Solatnya dong kalo pake celana pendek? Kan gak bisa? Masa' bawa sarung kemana-mana di kaitin ke pinggang kayak si pitung?

5. Kasian Ninggalin Dewa Pegang Adia-Carra,
Ini terutama kalo bepergian. Kasian aja Dewa ribet megang 2 anak kalo gue tinggalin Solat. Kan kalo diliat mahmud juga gak keren: "Ih koq Ibunya ngurusin anak sendirian sih, mana nih Ayahnya??!!".

6. Gak Mau Solat Kalo Ada Maunya,
Pemikiran gue berubah disini, dulu Solat kalo ada maunya. Sekarang kalo lagi ada maunya justru gak dikencengin Solat. Karna mikir: "Njir, gue koq kayak maen-maenin Allah gini, Solat kalo ada maunya doang. Nanti marah lagi Dia".

7. Ribet Berhenti Di Jalan,
Males banget deh berenti buat ke Masjid/Musholla, karna ganggu perjalanan banget kan. Gak efisien aja waktu-nya. Belom kalo jalanan macet. Pengen-nya buru-buru sampe tujuan. Apalagi elu yg ditungguin pacar dirumahnya yg kosong. Mana mau melipir buat ibadah dulu.

Dan masih banyak alasan-alasan lainnya yg bisa gue buat seenak udel.

Jadi inget sama omongan Dewa, waktu nikah masih jadi pengangguran, terus ada ide buat bikin pengiriman uang. Gue curhat sama dia, takut buat menghadapi tantangan di depan mata. Dimana harus mulai dari bawah, cari kepercayaan customer, bikin perizinan, yg semua tampak ribet di pikiran. Dewa cuma bilang: "Itu kan masih di PIKIRAN kamu Bun, belom kejadian. Dicoba aja dulu. Jalanin, gak usah mikir ini-itu". Somehow kalimat itu yg memaksa gue untuk cobain bikin perusahaan sendiri, dan alhamdulillah hasilnya positif sampai hari ini.

Dengan cara itu pula gue mencoba untuk memaksa Solat 5 Waktu, setelah 4 Juli kemaren. Jalanin aja dulu, jangan mikir ini-itu, toh niatnya baik. Insya Allah dimudahkan.

Tau apa yg terjadi? Gue alhamdulillah mencatat rekor, SELAMA SEBULAN PENUH SOLAT 5 WAKTU TANPA TERLEWAT 1 PUN!! Tanpa ada yg diminta, tanpa ada yg di mau.

Ada sih sebenernya yg kelewat, Jumat minggu lalu waktu di Bali. Emang niatnya gak Jumatan, karna faktor harus menghadiri upacara Ngaben, dan sulit-nya cari Masjid di pedalaman Bali (acara-nya di Abiansemal, jauh dari pusat kota kayak Denpasar, Kuta, dsb). Niat Solat Dzuhur aja deh hari itu. Karna padatnya acara, niat Jamak sama Ashar di hotel. Kebetulan saat itu emang mau lanjut upacara Larung, dan Bapak mempersilahkan kami check-in dulu. Aman deh, bisa Solat. Eh ternyata, upacara Larung yg tadinya direncanakan mendekati waktu Magrib, malah dipercepat, dan gak sempet ke hotel buat Solat :(

Anehnya, gue merasa sangat bersalah. Jujur, itu perasaan yg gak pernah gue temuin kalo ninggalin Solat, dulu-dulu. Lempeng aja, wong udah biasa bertahun-tahun hidup kayak gitu. Tapi ini kayak harus minta maaf ke Allah karna gak bisa ngelakuin Solat. Lebay sih emang, tapi gue ngerasain itu. Gak boong. Suer deh, Bumi Allah (nih gue kasih cara kalo punya pasangan yg gak percayaan dan sering bilang: "DEMI APA??!!", bilang aja "Bumi Allah" tapi rada berdehem ngomong-nya. Kalo boong beneran gak dosa jadinya, aman).

Selama sebulan lebih ini, ternyata gue berkesimpulan akan 1 hal:
Ternyata Gampang Loh Solat 5 Waktu.
Dulu gue kagum sama temen-temen yg gak ninggalin Solat, dalam keadaan apapun masih disempetin. Koq bisa ya begitu? Ternyata biasa aja Bro elu begitu, gak keren-keren amat. Pppfftt. Payah aki bajaj.

Alasan-alasan yg gue kemukakan diatas menjadi sangat gampang untuk di patahkan.
- Pagi abis ambil wudhu dan Solat Subuh, ternyata masih bisa koq terusin tidur, emang gue-nya aja kebo ternyata, nemu bantal, merem dikit, ngorok.
- Abis adzan, sebisa mungkin langsung Solat, ternyata juga gampang. Sama kayak di kerjaan, gue males nunda transaksi, langsung beresin. Ya gitu juga sebenernya, sama aja..
- Mandi wajib ini juga ternyata gak ngerepotin. Kalo malem abis ML, biasanya langsung mandi. Sama aja, toh gue kalo abis futsal juga malem mandi biasa aja. Karna mandi subuh males bener. Kalo emang mau "serangan fajar", biasanya beres Subuhan, jadi sekalian mandi pagi aja jam 6-7an.
- Gue gak mau ngerubah gaya celana pendekan, tapi gak mau ninggalin Solat. Siapin sarung aja di mobil. Ambil kalo waktunya Solat. Lagian di Masjid/Musholla ternyata nyediain sarung buat dipinjemin koq. Jadi bawa sarung di mobil buat jaga-jaga aja.
- Bacaan surat gue waktu Solat gak panjang-panjang. Jadi palingan ninggalin Dewa megang Adia-Carra sendirian (kalo gak lagi dirumah) paling lama 15 menit. Istri gue mah udah jago ditinggal juga gak papa ternyata. Apalagi Adia juga udah bisa ngapa-ngapain sendiri.
- Ada ataupun enggak yg di-mau-in, ternyata Solat emang perlu aja sih. Jadi gak kepikiran "Ah gue munafik nih di mata Allah, tapi keliatan keren sama orang-orang karna Solat".
- Aduh, berenti dijalan untuk Solat di Masjid/Musholla ternyata menyenangkan. Udah kayak jalan-jalan ketempat baru, dan ngebanding Masjid/Musholla satu sama lain, mana yg enak, mana yg enggak. Seru jadinya.

Ternyata, alasan ya cuma alasan koq. Kalo emang niat, pasti bisa ngelakuin apa yg kita pengen, dalam hal ini konsisten untuk Solat.

Gue nulis blogpost ini bukan bermaksud riya, ngasih liat kalo gue bisa beribadah dengan konsisten. Kagak, justru gue nulis ini malah bikin pressure ke diri sendiri, kalo suatu saat elu yg baca, lagi maen sama gue, udah waktunya Solat, tapi gue malah males-malesan: "Percuma elu nulis blog tentang Solat 5 Waktu Konsisten, ngeheeee". Niatnya cuma mau sharing aja, gue tau koq masih banyak disekitaran yg masih bolong-bolong.
Solat Subuh paling susah, sayang waktu tidur karna seharian udah capek kerja?
Solat Dzuhur cuma sebagai "pelarian" karna bosen banget sama kerjaan?
Ngelakuin Solat Ashar juga dilama-lamain karna sebentar lagi waktunya untuk pulang?
Magrib waktu tersingkat, pas banget kena macet dijalan, males melipir ke Masjid/Musholla karna pengen buru-buru ketemu suami/istri/pacar, atau anak dirumah?
Solat Isya juga sekalian aja abis mandi, basah, biar diliat sama pasangan: "Waaahh, suami/istri gue rajin amat Solatnya", atau biar anak mikir punya Ayah/Ibu yg Soleh dan Solehah, padahal cuma emang Isya aja yg paling gampang sebenernya?
Jangan senyum-senyum sendiri lu bacanya, biji jamblang. Ngerasa yak?

Alasan gue ngelakuin Solat 5 Waktu cuma 1 doang koq:
Salah Satu Cara Gue Bersyukur Ke Allah. Kalopun saat melakukan-nya mendapatkan pahala ibadah, ya bonus aja.

Gue udah dikasih banyak hal didalam hidup, ini timbal balik gue. Menyerahkan jiwa dan raga kepada-Nya. Gampang koq Solat 5 Waktu, beneran deh. Sehari ada 1.440 menit. Kan elu juga bukan Ustadz/Habib yg sekali Solat bacaan-nya Al-Baqarah. Palingan surat-surat pendek doang. Paling lama 5 menit. Total sehari cuma 25 menit ngelakuin Solat. Dari 1.440 menit? Cuma 2% dari total waktu seharian!! Sisanya elu bisa makan enak, maen sama anak, nonton tipi, maen game, olahraga. Silahkan.. Wong ML 25 menit aja juga masih terasa sebentar toh? Ah lupa, maap ya yg ej*kulasi dini.. Gak maksud ngeledek.

Abis baca ini, jangan selametin seakan-akan gue Muallaf atau cewek yg baru pake jilbab yak. Beneran, ini hal biasa aja koq, gak tiba-tiba elu liat gue nanti jidat item, pelihara janggut, pake celana cingkrang, terus liat cewek pandangan mata kebawah (iya kalo kearah bokong pasti bener), terus nyapa lu bukan "Woy kemana aje lu ngehe? Kampret-lah gak ada kabar", tapi berubah jadi "Assalammualaikum Akhi, Ukhti". Enggak, gue gak sampe segitunya banget koq. Masih banyak dosa pribadi yg tetep dilakuin.

Meskipun gak sampe dicari, kalo ada daging b*bi depan mata juga gue #sikaaaaaaatt

Tapi at least sedang menuju ke arah yg benar. Insya Allah.

*benerin peci*
*buka resleting*
*lepas anakonda*

4 komentar:

  1. terimakasih banyak sangat menarik sekali ya..

    BalasHapus
  2. Hahahahaha ngakak bacanya. Saya biasanya bolongnya abis isya, pas nyampe rumah dari kantor, leyeh leyeh depan tv ketiduran, bangun bangun udah subuh aja

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus