Kamis, 18 Juni 2015

Mitos-mitos Menjadi Orangtua

Marhaban Ya Ramadhan!! Wuuiihh.. #saik ye gue kayak Ustad.

Di awal bulan suci ini, izinkan gue untuk menulis sesuatu yg mungkin membuat elu tersenyum kalo dibaca dengan hati yg terbuka, santai, serta inget kalo lagi puasa. Tapi bisa juga elu akan menganggap gue nyebelin, kalo dibaca dengan situasi tagihan kartu kredit membengkak, susah cari tempat buat batalin puasa yg aman, atau pula belum ML selama sebulan. Ya Allah kasian banget itu yg terakhir :O

Kali ini gue bakal mencoba menulis tentang mitos yak, yang tentu saja gue telah melalui ini semua, bahkan hampir semuanya merasakan. Jadi bukan ngomongin elu, yg ngerasa. Gak usah ge-er deh. Buat yg emang di situasi tersebut, buat bahan ngetawain diri sendiri aja. Yang belum mengalami, ini buat nakut-nakutin aja sih. Yang sama sekali gak mengalami, JELAS ELU SEDANG BERBOHONG.

Yuk ah.

Di jaman serba internet kayak sekarang ini, informasi tentang menjadi orangtua makin banyak sumber yg bisa kita cari referensi-nya, apapun. Bukan hanya informasi, tapi juga berkeliaran picture/image yg menggambarkan bagaimana menjadi Ayah yang ideal, Ibu yg didambakan, sebuah keluarga kecil yang (terlihat) bahagia. Bagaimana Menjadi Orangtua Yang Sempurna Bagi Anak-anak.

Tapi pada lupa, menjadi orangtua tidak-lah semudah itu. Banyak mitos-mitos "menyenangkan" menjadi orangtua, terutama yang sering ada di postingan social media, padahal kenyataannya ya gak gitu amat. Gue bakal ngasih salah 10 contoh-nya ya:

1. Hamil Aktivitas Berjalan Normal.


Ada yang suka ngeliat temen-nya posting Pregnancy Photo gitu kan ya di socmed? Muka sumringah, memperlihatkan bahwa mereka sangaaaatt bahagia. Tapi pada lupa, dibalik foto itu, sang istri harus membawa itu perut besar kemana-mana, gampang capek, gak bebas makan. Jangankan makan, tidur aja susah banget. Ke kanan salah, kiri salah, ngadep depan mulu engap, tengkurep? Lu kata lagi yoga, tiduran diatas bola??!! Sang suami? "Aaaahh.. Seloooww.. Istri hamil masih boleh ML koq". Iya emang bener, tapi Bro, gak bosen lu gaya itu-itu aja? Kalo emang "bisa"-nya missionaris doang sih gak masalah. Tapi kalo yg banyak variasi kayak gaya helikopter, gaya dispenser, gaya anakonda melilit anak rusa, dan gaya-gaya lainnya... Sabar ya.. I Feel You.

2. Pemilihan Rumah Sakit Itu Mudah.
Dulu mungkin Rumah Sakit Ibu Anak (RSIA) gak begitu banyak ya, masih banyak yg cek kehamilan, bahkan sampai melahirkan di Rumah Sakit Umum. Sekarang? Wiiihh.. Banyaaakk.. Gak sedikit pula yg bergengsi. Kalo pas hamil terus ke RS A atau RS B, berasa happening banget. Kan kayak keren gitu "At RS A, Cek Kehamilan 20 minggu nih, mudah-mudahan gak mirip Bapaknya ya!!". Tapi pada lupa, di setiap RSIA yg happening, yg tentu saja mempunyai dokter-dokter terpilih, MAHAAAALL. Gak sedikit pula yang sebenernya jauh dari tempat tinggal. Bayangin: Jauh dari rumah, nyampe udah banyak yg antri, pas bayar ke kasir amsyong. Gak cuma bengkel yg penuh kalo weekend ternyata, sama-sama bete itu nungguin-nya, siaul bener. Udah gitu di sana para Ayah kayak saling "bersaing" gitu kan, anak mereka yg gendong, biar dibilang Ayah ASI atau Ayah Siaga aja sih di depan mahmud-mahmud. NGAKU LUH KAMFRET.

3. Cek USG Selalu Menyenangkan.


Di perkotaan, cek USG sudah jamak dilakukan calon orangtua yg sedang menunggu buah hatinya. Karna emang seru, bisa ngeliat penampakan di dalam perut. Kalo berjalan normal, langsung posting deh di socmed. Tapi pada lupa, dibalik itu, sang calon Ayah-Ibu juga ketar-ketir nunggu hasilnya. Entah si Ibu mau-nya punya anak cewek, si Ayah mau-nya anak cowok. Semaleman berdoa agar semua organ anak-nya lengkap mata, hidung, bibir, telinga, semua normal. Jari pas 20. Kaki ada 2, tangan 2 bukan 4 kayak Goro di Mortal Kombat. Wih kenceng banget itu doa-nya loh jangan salah, bahkan melebihi kencang-nya doa waktu dulu ikutan SPMB. Yang poto USG suka pada ceritain bayar berapa gak? Jangan ditanya ya, nanti pada sedih.

4. Satu-satunya Hal di Bayi Baru Lahir: Menggemaskan.


Nah ini nih :)) Abis ada temen yg melahirkan, PASTI pada posting bayi-nya kan. "Alhamdulillah telah lahir putra/putri kami bernama blablablabla". Gak jarang, poto-nya bareng Ayah/Ibu. Malah sekalian Family Picture gitu diatas ranjang, masih penuh ceceran darah abis lahiran, hardcore bener ye. Tapi pada lupa, dibalik lucunya Newborn Baby, itu harus kita yg ngurusin. Jeng-jeng. Ngurus anak jelas beda sama elu ngurus tamagochi. Pas masih di RS mah selow, tinggal pencet bel, suster bantuin. Lah kalo udah dirumah??!! Ngajakin begadang mulu tiap malem, berak-ngencing kita yg bersihin dan cebokin. Puyeng mikirin kenapa ini anak nangis, bisa aja kegerahan, ngantuk, kebauan cium bau ketek Ayah-nya. Kan gak bisa ngomong masih bayi, kalo udah bisa mah, kayak pelm horor legendaris Indonesia dong, Bayi Ajaib.

5. Anak Hebat Bisa Melakukan Apapun Pertamakalinya.
Ngerekam video anak tengkurep, duduk, ngerangkak, jalan, makan sendiri ke social media. "Anak Ayah/Ibu hebaaaatt". Tapi pada lupa, EMANG UDAH WAKTUNYA ITU WOY. Kalo baru sebulan lahiran udah bisa ngerangkak, baru aja 3 bulan, udah lari-larian, baru setahun udah berani loncat dari lantai 2 balkon rumah, baru itu anak-nya Superman atau Wonder Woman. Bener deh, itu biasa aja koq, gak hebat-hebat amat. Malah akan bikin orangtua lain jadi depresi: "Anak si itu koq baru 2 tahun udah bisa nyetir truk trontoooonn??:(( Anak gue kalah".

6. Stay at Home Itu Enak Loh, Bisa Seharian Maen Sama Anak.


Seharian Maen Sama Anak? I dont think so. Kalo seharian jagain dan bareng anak, gue baru setuju. Iya emang gak kena macet, bisa ngawasin juga setiap detiknya maen sama apa, siapa, makan apa, seberapa banyak, dsb. Tapi pada lupa, selain poto-poto main sama anak yg diunggah ke socmed, sisa waktunya ngapain? Anggaplah dalam 24 jam, setelah dipotong tidur, waktu efektif sama anak itu 13 jam. Dikurangin mandi-makan, 11 jam. Nah, kalo anaknya belom sekolah, mau maen ape lu 11 jam sama anak :D Oke, main yg diposting di socmed anggaplah memakan waktu 3 jam, which is cukup lama juga. MASIH ADA 8 JAAAAM. Hayooo.. Nonton tipi? Maen game di handphone? Youtubing? Biarin anak maen sendirian, tapi gak di posting? Berat kali seharian sama anak, gak se-mudah dan se-enak itu. Itu baru 1 hari, besok? Lusa? Minggu depan? Mau ngapain? Ada saatnya kita capek juga, harusnya pas kita lagi mau nangis nahan marah, saking letihnya ngeladenin anak maen, di-posting juga, jadi berimbang gitu: "Nih abis gebukin anak, karna ngajakin maen mulu rewel banget, udah dibilang, gue capek padahal!!" (selfie, sambil pegang penggorengan, terus anak pada bengep gitu). Bayangin itu anak cuma 1. Kalo 2? 3? 4?

7. Working Itu Enak Loh, Aman Biaya Buat Anak.


Iya, kalo kerja dengan gaji yg besar. Tapi pada lupa, nambah pemasukan, tapi pengeluaran juga nambah. Banyak orangtua yg pas-pasan penghasilan-nya, malah sebagian besar udah habis buat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ongkos transportasi, breakfast, lunch. Masih bisa nabung? Investasi? Atau masih numpang di rumah ortu/mertua? Belom lagi urusan sama anak yg melibatkan Asisten Rumah Tangga (ART), omongan mertua/orangtua, bahkan tetangga: "Ini kemana sih Ayah/Ibunya gak pernah keliatan? Kerja babi ngepet ya?". Bahkan saking sibuknya, gak bisa ambil cuti/libur waktu anak pembagian raport, ada pentas di sekolah-nya, dsb. Belom lagi efek cuma ketemu malem sama anak, meski dititipin ke ART/ortu/mertua, tetep aja akan berbeda perlakuan apabila kita sendiri yg turun tangan ngurusin. Ujung-nya malah nyalahin pengasuh. Lah itu tanggung-jawab elu kali -__- Udah finansial empot-empotan, waktu sama anak juga sangat berkurang, dimana waktu gak bisa dibeli pake uang.

8. Aktivitas Seksual Sama Sekali Tidak Terganggu.


Pas elu udah punya anak, entah kenapa kalo udah urusan sama selangkangan, pengen balik lagi ke masa bulan madu, at least masa sebelum istri hamil. Enak bener asli, bisa kapanpun, posisi bagaimanapun. Tapi pada lupa, pas udah jadi orangtua? Pertama, badan lu udah gak sebagus dulu :D Bisa berpengaruh ke napsu/enggak-nya pasangan loh, ati-ati. Suami/istri kalo gak jaga badan (kayak awal nikah dulu), sama-sama bisa me-melar-kan diri secara otomatis, dan ini ngaruh ke posisi. Bayangin, pas mau d*ggie st*le, suami komen dalam hati: "Njir, dimane l*bang-nya, ini pantat apa panci nasgor kebon sirih, lebar bener..??!!", istri juga komen dalam hati: "Perut udah segede gitu, sok-sok-an gaya begini woy, gak bakal nyampe!!". Untungnya bagi pasangan yg emang udah berbadan "besar" dari awal menikah, gak akan pernah mengalami hal begitu, pasti udah lebih bisa mengatasi. Kedua, waktu yg lu bedua punya udah gak se-bebas dulu. Mau quicky di kamar mandi? Siap-siap aja ada yg ngegedor. Udah sa*ge banget, tapi anak belom tidur, kek mana lu? Ya harus nungguin. Belom lagi tidur siang-nya lama. Sukurin. Padahal istri didalem otaknya udah teriak: "BANANA!! BANANA!!". Pusing pala Minions langsung.

9. Banyak Anak, Banyak Rejeki.
Gue percaya sama anak bawa rejeki-nya sendiri. Tapi pada lupa, itu belum bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. Yang pasti, semakin banyak anak, semakin banyak beban pengeluaran. Bayangin, dari belom lahir aja udah nyiapin baby box, peralatan mandi lengkap dengan bak-nya, diapers, popok. Belom imunisasi, atau kalo sakit. Belom seberapa sih, dibanding Biaya Pendidikan. Edan-lah bayar masuk, sampe bulanan-nya. Coba survey sendiri aja biar percaya berapa mahalnya. Itu baru anak 1. Anak 2? Ya 2 kali lipat biayanya. 8 anak? Elu aja itung sendiri, ini aja gue udah mules.

10. Pulang Kerja, Liat Anak, Capek Langsung Hilang.


Menurut gue ini salah satu Kebohongan Terbesar yg rame-rame dibuatnya, biar keliatan keren aja gitu, keliatan jadi orangtua yg sayang banget-lah sama anak. Oke, kalo elu tinggal di kota selain Jakarta dan sekitarnya, boleh deh gak ikutan lu sama rekayasa ramean ini. Tapi pada lupa, yg kerja di Jakarta dan sekitarnya? Capek langsung hilang pas liat anak? Pppfftt. Elu sumpek-sumpekan naek kereta, bis, kopaja, angkot. Bayar mahal taksi/ojek. Yang lebih parah, bawa motor/mobil sendiri menghadapi kemacetan, ataupun pengguna jalan lain yg nyebelin. Sampe rumah, baru masuk, anak: "Ayaaaahh/Ibuuuuu.. Maen hide and seek.. Ayaaaahh/Ibuuuu.. maen kuda-kudaan.. Ayaaaahh/Ibuuuu.. Ikutan main yuk, jadi aku harus blablabla, Ayah/Ibu blablabla". Yang ada sengklek langsung lutut lu -__- Mentoknya: "Bentar ya Nak, Ayah/Ibu istirahat bentar, mandi-nge-blow dulu, cukur kumis-jenggot dulu, makan dulu, whatsapp-an dulu di grup, cek Path, Twitter, Instagram, Facebook dulu", banyak dah pokoknya, tunggu rada selow dikit, tarik nafas panjang, baru maen sama anak. Saan aje luh congek tapir pake bilang pulang kerja liat anak, capek langsung ilang.

Masih banyak sebenernya yg bisa dijabarin. Buat yang belum jadi orangtua, jangan berpikir enaknya aja ya punya anak. Tantangan-nya luar biasa besar, jadi harus dipikirin bener-bener, jangan maen asal ngeluarin didalem aje. Kalo itu sperma dibuahi sama sel telur, terus jadi janin, disaat elu masih belum siap, bisa berabe nanti. Yang dalam kondisi siap mental aja bisa puyeng kalo gak punya persiapan dan gak ikutan New Parent Academy (promosi colongan), gimana yg jadi orangtua dadakan?

"Waaahh.. Terus Gak Enak Dong Jadi Orangtua, Kalo Tulisan Elu Kayak Begini?"

Hehe.

Ada yang pernah dapet ucapan dari gue waktu kelahiran anak-nya gak? Ada kalimat begini pasti, "Semoga Menikmati Hidup Yang Makin Seru". Ada 1 kata yang sangat menonjol, SERU.

Buat gue, Menjadi Orang Tua itu Seru.



Gimana gak seru, elu merawat dan membesarkan seorang manusia, dari mulai janin yang sebesar kelereng, sampe terbentuk tangan-kaki-kepala, harus "disamperin" biar lahiran normal, terus akhirnya dia keluar dari dalam perut Dewa dan pertamakalinya denger suara tangis, rebutan nenen sama gue, bisa ngerangkak, jalan, sampe bisa ngomong dan bernegosiasi kalo lagi di Indomaret. Bayangin nanti makin besar, mau sekolah tanpa diantar/dijemput biar bisa cabut, udah punya teman sendiri dan mulai malu kalo kemana-mana sama orangtua, lanjut kuliah diluar kota/negeri. Akhirnya kita berpisah, karna dia harus menikah dan memulai kehidupan baru dengan pasangan-nya, serta membangun keluarganya sendiri.

:(

Dan akhirnya tanggung-jawab itu terlepas dari pundak, balik hidup berdua sama Dewa, tanpa anak-anak..

SERU.

LIFE IS SO F*CKIN BEAUTIFUL !!

JUST ENJOY IT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar