Senin, 15 Juni 2015

Tips Cari Pasangan (atau Jodoh)

Sebenernya udah lama banget pengen nulis ini, tapi gak kesampean mulu. Sampe akhirnya minggu lalu, temen kuliah, Giri Samudra nge-posting gambar diatas di laman facebook-nya. Akhirnya terbersit deh buat mengeluarkan pemikiran kedalam bentuk tulisan. Kali aja berguna, meski kayaknya sih enggak.

Buat gue pribadi, punya pasangan didalam hidup itu sangat-lah penting. Yang sering ngeliat postingan tentang ta'aruf, itu mah becanda doang. Gue masih belum sehebat itu. Iya, Ta'aruf itu merupakan hal yang sangat luar biasa hebat. Mungkin teman-teman yg Islami bilang "Ya emang seharusnya gitu Bray kalo di Islam". Tapi, gue aku-in gak akan bisa kayak gitu. Dari cerita beberapa teman, saat ta'aruf itu edan loh. Ada yg sekalinya ketemu langsung samperin ke ortu-nya buat minta izin nikahin anak-nya. Ada yg lebih ekstrem, cuma liat poto doang, samperin ke kota asalnya langsung ketemu ortu. Kenal juga kagak -_- Ada juga yg sebelum menikah bikin semacam perjanjian pra-nikah. Memberikan "Curriculum Vitae" tentang dirinya sendiri. Bener-bener CV kayak buat ngelamar kerja, apa kelebihan-nya, termasuk berapa kali khatam Al-Quran. Juga ngasih tes kesehatan, kalo badan-nya dapat berproduksi dengan normal agar tidak terjadi "masalah" dikemudian hari. Edaaaann.. Hebat. Bahkan mereka gak sempat untuk pergi berdua, ngobrol membicarakan dari mulai hal remeh-temeh, sampe membicarakan masa depan. Kontak fisik? Pegangan tangan aja kagak. Boro-boro ciuman atau hal lain-nya. Salut.

Gue gak bisa kayak gitu. HAHAHAHAHAHA. Maap.

Pertamakali punya cewek waktu SMP. Ya cinta monyet aja-lah. Suka sama suka, sebagai lelaki punya kewajiban untuk "menembak", diterima, jadian deh. Gak penting juga sih yak -__- Sejak itu, sampai menikah, selalu punya pasangan. Yaaaaa.. Ada sih jeda-nya. Ya kali abis putus, besoknya jadian sama cewek lain. Tapi entah kenapa gak bisa lama, paling beberapa bulan untuk dapet yang baru. Maksud gue cerita, bukan mau belagu atau di cap sok laku atau apa-lah. My point is, buat gue, punya pasangan itu sangat penting didalam hidup. Makanya waktu ketemu Dewa, langsung berpikir "She's The One and I'll Marry Her As Soon As Possible". Meski tertunda sekitar 3 tahun karna situasi yg belum memungkinkan (ada di blog-blog sebelumnya cerita ini, lupa yg mana). Makanya gue ngeliat kalo ada temen laki jomblo.. PPPFFFTTT.

Pacaran dan menikah. Itu merupakan situasi yang sangat berbeda. Waktu pacaran, yang ada didalam pikiran saat tertarik sama seorang lawan jenis, cuma "Oke, gue suka sama elu. Kayaknya seru kalo kita jadi pasangan. Kedepannya gimana, ya jalanin aja dulu". Tapi untuk menikah, harus dipikirkan secara matang: "Oke, gue suka sama elu. Tapi bisa gak elu jadi Ayah/Ibu yg baik buat anak-anak nanti. Bakal seru gak menghabiskan masa tua hanya berdua saat anak-anak punya kehidupan sendiri?".

Ya, gak semudah itu untuk menentukan pasangan saat menikah. Makanya gue suka risih sendiri, kalo ngeliat temen-temen yg udah seumuran (diatas 30 tahun, apalagi perempuan), dimana lingkungan sosial kayak "memaksa" mereka untuk menikah. Dengan memberikan tekanan melalui pertanyaan "Mana ceweknya?", "Mana cowoknya?", "Kapan nikah?", dsb. Gak semudah itu kali. Oke, di umur yang sama, mungkin sudah banyak teman-temannya yg telah menikah. Dengan 1 anak, 2 anak, atau mungkin sudah mempunyai anak ke 3. Tapi umur, lingkungan sosial, jangan dijadikan alasan untuk menikah. Alasan yang tepat untuk menikah adalah telah siap lahir-batin dna tentu saja menemukan pasangan yg tepat.

Gue bakal iseng membuat jenis orang single menurut tingkatan kebutuhan-nya:

1. Single tapi Selow.
Orang-orang begini biasanya menikmati kesendirian-nya. Dia bisa leluasa melakukan apapun yg disuka, tanpa ada batas, kecuali membatasi diri sendiri. Dia gak peduli sama teman-teman seusia-nya yg sudah membangun rumah tangga. Let It Flow. Biasanya punya prinsip "Jodoh Ditangan Tuhan", nanti juga dateng sendiri, gak perlu dicari. Bahkan gak mencoba flirting untuk mendapatkan pasangan. I'm Proud With My Own Life. Keliatannya sih gitu. KELIATAN-NYA.


2. Single tapi Pengen.
Orang-orang begini masih menikmati kesendirian-nya, tapi kadang suka minder kalo ke acara ramean. Kayak nikahan temen, reunian, bahkan ke acara keluarga. Karna dalam hatinya pengen punya pasangan, meski selow aja sendiri juga. Di tingkatan ini, mulai flirting ke lawan jenis. Di social media sering posting "keberhasilan"-nya dalam pekerjaan, hobi-nya yg keren. Bahkan gak sedikit yg memperlihatkan fisik-nya. Posting badan yg berotot, yg seksi, atau milih dari puluhan foto, disaat angle-nya paling pas buat terlihat ganteng/cantik. Ngeri nih, yg udah punya pasangan bisa ikutan tertarik :)))

3. Single tapi Usaha.
Orang-orang begini udah mulai gak menikmati kesendirian-nya. Yang paling kerasa, mereka akan make-over penampilan-nya. Misal yg cowok akan membuat badan terlihat lebih atletis, atau bergaya yg menarik perhatian, entah mengikuti trend gaya rambut, fashion, dsb. Atau yg cewek akan membuat badan lebih slim, melakukan perawatan kulit,dsb. Bukan hanya secara fisik, tapi mungkin akan merubah gaya hidup secara keseluruhan. Tiba-tiba jadi seneng olahraga, tiba-tiba jadi sering beribadah. Prinsip "Jodoh Ditangan Tuhan" sama sekali udah hilang di pikiran mereka, berganti menjadi "Jodoh Harus Dijemput".Untung beda yak sama jelangkung.

4. Single tapi Nyebelin.
Ini udah merupakan tahap akhir dari orang-orang Single. Di masa ini, udah mulai denial sekaligus nyinyir: "Ih, gak enak ya nikah, udah gak maen-maen lagi ke tempat pijit", "Ih, gak enak ya nikah, diatur-atur gitu sama suami, gak bebas". Ngeliat temen udah pada punya anak: "Ngerepotin banget pasti ya punya anak, capek deeeehh, begadang terus", "Kumpulin duit buat sekolah anak ya? Kasian deh. Gue dong bisa beli barang-barang mahal dan traveling keliling dunia".

Tulisan berikutnya, gue mau mendedikasikan ke temen-temen yang berada di nomer 2 dan 3. Karna nomer 1 terlalu selow, bahkan berbagai saran dan masukan pasti bakal mental lagi karna emang udah nyaman sama situasinya. Kalo nomer 4, pikirannya udah penuh aura negatif, sehingga setiap saran dan masukan akan ditelan dengan negatif pula, mau Habib Bin siape juga yg ngomong, percuma ngomong sama kerdus indomie.

Gue akan memberikan tips pada saat Cari Pasangan (atau Jodoh), yaitu:

1. Bergabung di Komunitas.
Mau punya pasangan yg gimana? Berbadan sehat, atletis? Ikut komunitas olahraga aja. Mau punya pasangan yg punya hobi sama? Atau pengen punya pacar yg mendukung tim basket/sepakbola/kriket yg sama? Semua udah ada komunitasnya loh, gabung aja kesana. Di Komunitas, elu bisa kayak "Njiiirr.. Ternyata gue gak sendiri ya didunia ini, demen adu balap keong", kali aja ada kan.

2. Masuk Lingkungan Baru.
Mau punya pasangan yg mempunyai agama kuat? Ikut aja pengajian di Masjid, atau perkumpulan pemuda Gereja. Jodoh ada dimanapun. Kalo di lingkungan sendiri gak ada, beranikan diri untuk masuk ke lingkungan baru. Jangan cuma berteman di lingkaran yang sama terus. Gue pernah denger anekdot "Coba liat ke kanan-kiri, kalo dalam 5 tahun masih dia-dia juga, berarti elu jalan di tempat". Kalopun belum dapet jodoh, seenggaknya teman semakin banyak, bukan? Teman Tapi Mesra juga bisa di-kulik disitu.

3. Menjebak.
Mau punya pasangan yg kayaknya dia kurang sreg nikah sama lu? Jebak pas lagi ML. Buat cowok, sengaja keluarin dalem. Buat cewek, pas mau keluar, teken aja jangan sampe dicabut. BECANDA INI WOY!!

Sebenernya kalo mau dijembrengin lagi masih banyak lagi cara-cara yg bisa dilakukan untuk mendapatkan pasangan yang sesuai dengan kriteria. Tapi itu akan sangat percuma, kalo gak ngelakuin sesuatu yang lebih penting, dibanding semua itu: FOKUS SAMA DIRI SENDIRI.

Maksudnya apa?

Ya, banyak tips-tips mencari jodoh atau pasangan itu terlalu berfokus sama "Apa Yang Kita Mau", bukan "Apa Yang Dia Mau". Gue selalu inget waktu SMP dulu, Kak Amel selalu bilang, kalo mau "nembak" cewek, jangan pake kalimat: "Mau gak jadi cewek gue?", karna itu terkesan kita adalah center of attraction-nya, padahal kan kita yang mau. Tapi diganti dengan "Boleh gak gue jadi cowok elu?". Simpel emang cuma masalah kalimat, tapi pertanyaan kedua lebih membuat si cewek merasa lebih dibutuhkan. Sejauh ini sih gue gak pernah ditolak ya setiap ngutarain kalimat itu. #saik





My Point Is, bagaimana kita membuat image yg bagus ke calon pasangan atau jodoh tersebut. Di contoh yg gue kasih itu, image bahwa kita adalah seorang cowok yg rendah hati.

Jadi kalo mau jodoh, jangan berfokus ke "Gue mau-nya nanti punya istri yg cantik, seksi, bisa jadi Ibu yg baik, bisa atur keuangan, solehah, blablabla", "Gue mau-nya nanti punya suami yg mapan, ganteng, jadi Ayah yg bertanggung-jawab, soleh, blablabla". LAH ELU RIBET MIKIRIN ITU, NGACA DULU WOY.

Ngaca dulu, kriteria jodoh seperti itu, MAU GAK SAMA ELU?

Kemaren gue nonton stand-up special-nya Ernest Prakasa, dia bilang: "Buat para cewek, tenang aja, gak perlu punya boobs yg gede, karna semua punya pangsa pasar masing-masing". Gue setuju, kalo tampilan fisik gak perlu dibahas, karna itu mah tergantung selera. Banyak cewek iri ngeliat badan poto model, tapi gak sedikit loh cowok yg suka sama cewek chubby. Cowok-pun sama, bisa iri sama yg berbadan tinggi, eh banyak loh istri yg suka suami pendek. Jadi gak perlu dibahas masalah beginian. Lah gue yg gak ganteng aja punya banyak mantan atau TTM-an koq dulu. #eh

Jadi harus gimana?

Ya balik sama diri sendiri dulu aja, evaluasi.

Paling gampang, coba perbaiki kepribadian, karna ini yg paling penting untuk mendapatkan pasangan ataupun jodoh.

Apakah elu udah cukup ramah ke semua orang? Atau ternyata, kalo dipikir-pikir ternyata elu emosian. Suka mengumpat, suka ngajak berantem orang di jalanan kalo disalip dikit?
Apakah elu menyenangkan diajak ngobrol? Atau ternyata, cuma seru di social media aja, pas ketemu langsung cuma diam atau sibuk ngurusin gadget?
Apakah elu gak nyebelin? Atau ternyata, gaya becanda elu gak begitu disuka, dan ternyata jadi pada suka ngomongin negatif di belakang?
Apakah elu orang yg bertanggung-jawab? Atau ternyata, cuma janjian kencan aja bisa telat 1 jam, karna kelamaan dandan atau nyantai-nyantai aja berasa gak ada yg nungguin?
Apakah elu sudah cukup humoris? Atau ternyata, elu adalah orang yg sangat kaku, susah banget tertawa, atau bahkan tersenyum? Garing gitu?
Apakah elu bisa menghargai kegiatan pasangan? Atau ternyata, gak ngebolehin cowok jalanin hobi maen bola sama temen-temennya, gak bolehin cewek-nya sama sekali berteman dengan teman cowok kantornya?

Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain-nya yg bisa elu tanyakan ke diri sendiri.

Karna fisik itu gak begitu penting dalam mendapatkan jodoh. Pasti banyak banget yang baca tulisan ini, kalo ngeliat pasangan "gak match", misal suami-nya gak ganteng tapi istri cantik atau suami badan atletis tapi istri-nya berbadan melar, selalu mikir negatif: "Ih, koq mau ya punya suami/istri begitu?". Sekali lagi, fisik itu gak begitu penting. Orang sering Judge a Book By Its Cover, tapi mereka gak pernah ngeliat, di balik gak ganteng-nya suami, mungkin dia adalah pria yg sangat bertanggung-jawab terhadap istri dan anak, pria yg sangat humoris sehingga selalu menyenangkan berada didekatnya. Oke, gue tau apa yg elu pikirin, atau mungkin pria tersebut sangat mapan dan mencapai sukses tersebut yg membuat sang istri kagum. Sama juga, kalo ngeliat istri yg udah melar, banyak orang gak melihat, mungkin dia adalah seorang wanita yg sangat perhatian dengan kebutuhan suami serta anak, wanita yg sangat sabar sehingga selalu menenangkan hati saat berada didekatnya, atau wanita yg seru dan sangat worth-it untuk kita habiskan waktu seumur hidup.

Jadi, untuk teman-teman yang masih mencari tambatan hati untuk dibawa ke pelaminan, secara fisik, kita punya pasar masing-masing, tenang aja. Tapi coba bekali diri dengan kepribadian yang hampir semua lawan jenis tertarik, seperti yg gue bilang diatas seperti ramah, menyenangkan, gak nyebelin, bertanggung-jawab, humoris, atau menghargai pasangan.

Di saat elu udah punya kepribadian yg menarik lawan jenis, maka akan semakin banyak pilihan didepan mata. Baru deh masukin kriteria jodoh seperti apa yg elu mau.
Karna kebanyakan yg gue liat justru kebalik, mau-nya punya jodoh gimana dulu, baru ngaca.

Gampil kan?

Gutlak!!

3 komentar:

  1. Hahahaha.. Glegh, gue termasuk salah satu yang tukeran CV sebelum nikah nyahahah.. beneraaan, tukeran CV & dapet lampiran slip gaji suami sekarang (meskipun ngga ditambah sama lampiran tes kesehatan) XD tapi ngga langsung cus nikah, ngobrol dulu visi - misinya sejalan & gue bisa ngebayangin bakal tinggal seumur hidup sama dia... :D

    BalasHapus
  2. Pengasihan puter giling sukma agung warisan leluhur jawa sarana cepat dptkan pasangan idaman: 0815 6766 2467 atau pin bbm 54EF9A07.

    BalasHapus