Selasa, 02 Juli 2013

Tips Nurunin Berat Badan

Buat pria kayak gue, yang bukan atlet dan udah mempunyai anak, tentu Mayoritas udah gak peduli sama bentuk badan yang ideal. Mayoritas mengalami perubahan bentuk: Melebar dan/atau Maju Perut Pantat Mundur. Alasan paling Mayoritas diutarakan: "Bodo ah, udah ada yang mau ini!!", "Gendut itu makmur!!". Padahal Mayoritas dari yang udah gak peduli sama bentuk badannya, pengen punya pacar/istri yang ramping dan seksi. Serta gak mau punya pacar/istri yang gemuk.. Ppppfffftt..

Waktu Dewa hamil Adia, dia naik sampe 20an kilogram (kalo patokannya 100110, hari pernikahan kami). Tau gue naek sampe berapa?? 15 kilogram!! Dari 60 ke 75. Ngehe. Ya banyak-lah yang menyebabkan itu semua. Mulai dari dendam (karna waktu persiapan nikah, "diet" rada gila selama 3 bulan), stres (karna waktu nikah nganggur dan Dewa langsung hamil. Gue kalo stres pelampiasannya ke makan), sampe hal remeh semisal ngabisin makanan Dewa kalo dia gak habis, cemilan dia di kulkas gue embatin, dll. Jadi makan apa yang ada di depan mata. Badan berat banget kayak lagi gendong setan pelm shutter.

2 minggu lalu gue 2nd Honeymoon-an, somehow saat itu pengen punya badan rada kurusan. Selain karna mau ikutan Bali Marathon 2013 (biar badan rada enteng dan bisa ngalahin atlet Kenya. Dalam mimpi), tujuan lain adalah pengen badan terlihat lumayan bagus aja didepan Dewa biar dia turn-on gitu deh jadi kan bisa "nge-gas" terus 3 hari 2 malam. Iya, emang seremeh itu alasan-nya.  Bahkan sampe beli barbel segala, sama push-up, pull-up, sit-up, dll dirumah sehari sampe 3 kali. Pengen punya badan kayak Fauzi Baadila di pelm Mengejar Matahari (badan cowok terkeren sepanjang masa). Yaaaa.. Meski akhirnya gagal sih. Damn it. Masalah kalo kelebihan berat badan itu bisa memancing banyak penyakit masuk, ah itu mah serahkan aja sama yang di Atas. Diatas mane? Plafon??!! Maksudnya, Tuhan ah.

Waktu 1st honeymoon, cukup efektif diet yang gue lakuin. Karna selain jangka waktunya 3 bulan, saat itu emang gak punya duit, jadi jarang banget jajan. Ditambah banyak waktu buat nge-gym. Jadi sesuai target tuh, turunin berat badan, juga cukup nge-bentuk otot. Karna situasi kayak gitu udah sulit gue dapet (sejak punya-sedikit-uang ada bubur, siomay, sate, nasgor, dll lewat depan rumah sering dipanggil dan juga gak ada waktu buat nge-gym), kalo mau nurunin berat badan, banyak cara yang udah dilakuin. Jaman baru pindah Kelapa Dua (belom ada aktivitas maen futsal/sepakbola rutin), ada tempat gym deket rumah, sempet sebulan disana pake treadmill, tapi makan gak ada perubahan, gagal. Puasa Senin-Kamis dilakuin, pas Magrib makan banyak juga sama aja bo'ong, gagal. Makan 2 kali sehari (pagi dan malem sebelum jam 6), gagal. Sampe yang ekstrem, sehari sama sekali gak makan, besoknya baru makan, selang-seling, gagal juga. Rata-rata badan gue lemes banget, jadi gak kuat nahan. Akhirnya coba eksperimen lain buat nurunin berat badan:

1. #SebulanTanpaNasi

Hestek itu gue pake di twitter, tepat sebulan sebelum 16 Juni 2013 (ke Bali). Patut dicatat, "tanpa nasi" itu maksudnya beneran nasi DOANG loh ya, termasuk nasi goreng, uduk, kuning. Tapi bahan yang bahan-nya sama, model lontong, ketupat, tetep gue makan. Dan kayak mie, roti, kentang goreng, tetep gue makan juga. Awalnya emang sangat gak biasa, gak enak, buat gue yang model manusia Indonesia banget "Tanpa Nasi Kerasa Belom Makan", yang kalo ke warteg minta nambah nasi, yang bahkan kalo makan siomay yang lewat rumah, pake nasi!! Tapi tekad gue untuk ngurangin berat badan lebih besar dari itu semua. Mulai terbiasa deh makan dirumah kangkung-ayam goreng, bayam-rendang, sayur asem-teri kacang, dll, semua tanpa nasi. Meski ada sesekali gak nahan (misal ada nasi uduk langganan terhidang diatas meja, atau nasi bebek hainan buat Adia gak habis), masih dalam skala hitungan bisa dihitung pake jari tangan. Lumayan kan jadi gak sebulan sekali beli beras. Irit!! *ini efek samping Padang-nya*

2. #FoodCombining

Cara ini gue dikasih tau oleh Bang Mamat, salah satu founder ID_AyahASI, yang udah ngelakuin-nya cukup lama, dan notabene udah sampe ke level makan raw food (sayuran mentah). Doi nyuruh gue cari tau mengenai pola ini, mulai-lah gue beli bukunya Erikar Lebang sama Andang W Gunawan. Setelah baca dua buku itu, yang gue tangkep adalah ini pola makan sehat yang mengikuti kerja dari bagian pencernaan tubuh manusia. Jadi menurut mereka, ini bukan cara buat langsing, tapi ini cara buat hidup sehat. Karna dengan tubuh yang sehat, maka dia akan membentuk berat badan ideal dengan sendirinya. Misal, pati (nasi, roti) gak boleh dimakan barengan dengan protein hewani (daging, telur). Karna sistem pencernaan akan sulit untuk mencerna dua jenis makanan ini yang saling "bertabrakan" didalam sana. Sehingga sisa-sisa-nya akan tertimbun menjadi gumpalan lemak tak sehat. Gak ada pantangan mau makan apa, asal "pasangan"nya cocok. Misal daging-sayur (steak tanpa kentang), pati-sayur (gado-gado, nasi-tempe), dimana enzim yang ada didalamnya saling membantu agar tercerna dengan sempurna, sehingga tidak ada "sampah" yang mengendap, dan semua terbuang lewat feses. Buah juga tidak boleh dimakan berbarengan dengan semua jenis makanan apapun. Mereka gak setuju kalo buah sebagai pencuci mulut. Dari info yang didapatkan mengenai Food Combining, yang gue lakukan selama program penurunan berat badan adalah bangun tidur minum air hangat perasan jeruk nipis, buah buat sarapan, buah buat nyemil kalo diantara makan siang ke malem lapar, dan yang paling susah: berhenti nyetok susu UHT di kulkas (karna menurut pola ini, susu sapi punya enzim yg sulit dicerna, jadi sebenernya gak bagus buat badan). Untung masih boleh kalo ASI (Air Susu Istri). Sisanya udah sesuai, karna gak makan nasi, jadi gak perlu ada kombinasi yang ada nasi didalamnya.

3. #4weekInArow10KwithDewa

Sedikit banyak, olahraga ada pengaruhnya untuk melengkapi diet yang kita jalanin. Tapi somehow, sampe sekarang gue masih gak percaya kalo HANYA dengan olahraga, badan bisa kurus. Mau elo bakar kalori sebanyak apa juga, kalo setelahnya makan kayak abis bangun candi borobudur, ya menurut gue sama aja bo'ong. Olahraga rutin gue selama seminggu adalah maen futsal (Rabu) dan sepakbola (Minggu). Selama seneng ikutan run-race, tiap Sabtu (kalo Minggu gak ada event) selalu nambah olahraga dengan latihan lari. Jadi seenggaknya minimal seminggu 2 kali ngeluarin keringet buat olahraga (gak usah ngitungin olahraga kasur seminggu berapa kali ya, nanti elu cewek-cewek pada ilfil). Buat orang yang punya situasi kayak gue (bilang aja udah tua!!), segitu sih udah cukup. 4 kali ikutan 10K sama Dewa juga tiap minggu selalu memotivasi buat selalu menanjak catatan waktu-nya, jadi selalu pol-pol-an kalo lagi race, bahkan kalo lagi maen futsal. meski badan udah capek, tetep ngejar bola. Boro-boro dulu pas badan masih berat. Selama 1 tim sama 3 orang anak muda, biarkan mereka saja yang ngejar. Tapi rutin lari itu ngaruh banget, asli. Lagian ini olahraga yang gampang. Telanjang pun masih bisa toh? Asal gak mau diteriakin "Orang gilaaa.. Orang gilaaa.." sama bocah-bocah mah.

Tau hasilnya gimana??

Mulai program, berat badan 69 kg.

Sebulan kemudian, berat badan 63 kg.

Bahkan terakhir nimbang, sekarang berat badan 62 kg.

Emang masih belom balik lagi ke berat badan waktu nikah sih.

Karna sebulan udah terbiasa hidup pola-nya kayak begitu, jadi kebiasaan deh.
- Bangun tidur minum air hangat perasan jeruk nipis,
- Sarapan buah kalo ada. Kalo gak ada, air jeruk nipis cukup membuat efek "kenyang" dimulut,
- Makan siang porsi nasi dikit,
- Makan malem sebelum jam 6,
- Susu UHT yang ukuran sedang seminggu sekali untuk kangen-kangen-an,
- Kadang tetep jajan, tapi pake prinsip food combining,
- Olahraga terus dilakukan minimal 2 kali seminggu, syukur-syukur bisa 3 kali,
- Istirahat cukup,
- ML seminggu minimal 5 kali.

Dari semua itu, pasti adalah saat dimana gue bakal curang, dan gak mematuhi "aturan" tersebut. Toh hidup kadang gak semua sesuai sama petunjuk yang berlaku dan disarankan. Elo mau-nya apa, ya lakuin, dengan segala konsekuensi yang mengikuti tentunya. Mau bebas makan, gak olahraga, ya silahkan. Tapi udah tau kan risiko kelebihan berat badan? Udah tau kan efek dari jarang olahraga? Kalo udah tau, ya udah kalo emang maunya begitu mah. Bebaskeun. Emang gue Bapak lu? *ngeselin*

Tapi emang efek-nya sangat kerasa punya tubuh lebih "ideal" (meski gue gak tau sebenernya berapa), gak kelebihan kayak sebelumnya. Badan lebih enteng, lebih enak diajak gerak. Itu keliatan dari record average pace yang semakin cepat tiap minggu dan waktu maen futsal masih hayo ngejar-ngejar bola kemana juga. Pake baju juga udah bisa yang "indies" lagi karna perut udah gak buncit banget kayak bagong. Udah ada banyak beberapa yang manggil "Mas" daripada "Pak" kalo lagi pergi sendirian (disangka masih SMA kali didukung muka yang masih unyu). Yang paling penting, terlihat lumayan bagus di mata istri, yang efeknya bakal sering diajaaakk........... Ah sudahlah..


NO PIC = HOAX???!!

SCROOL SENDIRI AJE KEBAWAH LU SUSAH AMAT SIH!!

KAN ADA TUH POTO GUE SEBELUM PROGRAM INI!!

MANJA!!

Ternyata emosi jadi efek samping program ini sodara-sodara. JANGAN DIIKUTI!! GIBENG NIH!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar