Selasa, 26 Maret 2013

Event Lari


LARI. Ini mungkin olahraga termudah yang pernah ada ya. Gak perlu keahlian khusus, cuma perlu 2 buah kaki yang dapat berfungsi dengan baik. Bahkan untuk disable person, ada olimpiade yang mempertandingkan atletik menggunakan 2 kaki palsu. Gak perlu jago juggling-in atau kontrol bola layaknya sepakbola, gak perlu jago dribbling bola sekaligus meliuk melewati lawan layaknya basket, gak perlu men-smash layaknya badminton, gak perlu bertarung sampe berdarah-darah layaknya tinju, bahkan gak perlu duduk sembari berfikir mau menjalankan pion kemana layaknya bermain catur.

Gampang bener. Cukup punya 2 kaki untuk digerak-kan, dan paru-paru untuk bernafas. Bahkan gak perlu cari kawan atau lawan untuk berolahraga. Simpel.

Dari kecil sampe SMP, gue cukup dikenal sebagai anak yang punya kecepatan lari diatas rata-rata (karna badan kecil aje sih, jadi keliatan cepet). Bisa-lah dipilih jadi rekan setim kalo lagi maen benteng, atau maen kasti. *jadul*

Mulai SMA, makin gemar maen bola tiap hari, mulai ikut kompetisi dimana-mana. Baru nyadar, ternyata lari sprint itu sangat menghabiskan tenaga. Terkadang, memasuki 1/4 waktu normal terakhir, badan udah capek banget. Ya karna di awal pertandingan sering banget sprint buat ngelewatin lawan (eh, ini serius loh, pada gak nyangka kan gue dulu tipe pemain begini? Beda jauh ama sekarang -_-"). Mulai deh pelan-pelan ngerubah gaya maen.

Ternyata perubahan ini jadi sangat berpengaruh kalo gue lagi lari. Mulai sabar, gak over di awal tapi kendor ditengah padahal finish masih jauh. Di angkatan, kalo ambil nilai di velodrome rawamangun, gue yang paling bagus loh (boleh-lah sombong dikit, namanya juga masih post-power-syndrom. Pffftt). Jadi kalo ada kejuaraan lari jarak menengah-jauh, selalu menjadi andalan (tapi nilai olahraga dari kelas 1 sampe lulus, "7" terus. Guru-nya sentimen ngehe).

Ah sudahlah bahas masa ke-emas-an tersebut. Tidak akan bisa terulang :'(

Kuliah-kerja-menikah udah gak pernah ikutan Event Lari lagi, lebih nyari olahraga maen sepakbola atau futsal. Lari juga sebatas jogging kalo persiapan kejuaraan aja, atau nge-treadmill di gym. Males banget kali bangun pagi, cuma buat lari gak jelas keliling komplek gitu. Mending ada cewek yang ikutan lari kayak di Senayan. Harus kesana biar "seger"? Dikata rumah gue di Menteng, tinggal ngesot. Makanya salah satu impian adalah punya treadmill di rumah, jadi bisa lari kapanpun gue mau *nari tarian hujan* *hujan uang* Soalnya males kan bayar iuran bulanan buat nge-gym kalo yang dipake cuma treadmill? "Buuuunnn.. Bagi bonus kamu kemareeeeennnn..."

Dewa orangnya males olahraga, tapi dia paling gak mau kalah orang-nya. Disaat banyak artis yang udah punya anak, diwawancara dan masuk media cetak, sebagian besar kalo ditanya: "Gimana caranya biar badan tetap ramping?", hampir semuanya bilang: "Olahraga rutin. Yang simpel aja, seperti yoga atau jogging secara rutin". Iri dia. "Ah gila Bun si x udah punya anak 2 badannya masih kayak gitu!! Aku harus olahraga juga nih kalo gini". Mulai keluar rasa persaingan-nya. *padahal kenal juga kagak*

Dewa beli perlengkapan yoga!! HA-HA-HA. Beli alas kayak kasur gitu, sama ada bola-bola gak jelas buat menunjang aktivitas-nya. Beli buku cara melakukan yoga di rumah, tehnik-tehniknya. NIAT ABIS. Sempet ngeliat dia latian sendiri dirumah, dengan gerakan-gerakan sedemikian rupa (yang seperti "memaksa" gue untuk menghentikan aktivitas tersebut, dan melakukan "olahraga" lainnya). Sempet ngeliat dia latian 1 kali. 2 kali. 3 kali. 4 kali. UDAH -_-

Gerakan yoga ternyata cukup sulit buat dia, atau emang sering gue "gangguin", jadi-lah vakum (yaelah bahasanya, dikata hubungan percintaan, ada vakum-nya). Dewa baru keinget, ada 1 aktivitas olahraga lagi yang bisa dia lakukan agar gak kalah sama artis-artis itu (yang, sekali lagi, GAK KENAL), yaitu LARI. "Sekarang aku kalo weekend mau lari di komplek ah Bun", katanya.

Sempet 3-4 kali dia rajin lari di komplek, tapi komplain: "Aku gak enak kalo lari pake celana pendek gini di komplek sama Ibu-Ibu yang mau beli sayur, temenin aku dong Bun. Yang deket-deket aja, ke UI kek, atau Taman Mini kek, kan enak tuh suasananya". Somehow, gue mendukung loh dia jadi seneng berkeringat kayak gini, sampe beli-in dia sepatu khusus buat lari. Abis dia olahraga-nya cuma satu aja, olahraga itu loh, yang dilakukan bareng sama gue.. Ah.. Sudahlah..

Jadi rutin deh agenda nganterin dia lagi pagi. Catat. NGANTERIN dia lari pagi. Dewa doang yang lari, gue nganterin ke running track, ngikutin dia dari belakang pake motor/mobil, dan diupahin sarapan bubur. *suami murahan*

Sampe akhirnya, Citra, pacarnya Noto sohib gue, ngasih tau: "Gol, suka lari kan? Ada event tuh di Alam Sutera, 5 miles". Wah, Dewa seneng banget tau ada event ini, dan memaksa untuk gue ikutan juga nemenin. Karna dia tau waktu-waktu dimana gue gak bisa bilang "Males ah Bun" (you know when - lah), jadilah daftar juga. Asli sebenernya males ikutan beginian, tapi sekali lagi, somehow gue seneng ngeliat Dewa semangat lari begitu. Temenin-lah. Meski harus ngikutin speed dia, dilewatin anak kecil, dilewatin Bapak-Bapak gendut, rela deh demi memastikan Dewa masuk finish. And we did it. Dengan waktu yang gak cepet tentunya.

Disinilah kayak ada semacam "momen gaib". Tau gak kapan? Pas udah mendekati garis finish, panitia ramean bersorak ngasih semangat daaaaann FINISH!! Mereka langsung mengalungkan medali!! Mengalungkan medali. Ini momen gila banget. Iya, tau norak. Tapiiii.. Perasaan males gue harus bangun jam 4, harus nyetir ke Alam Sutera, harus lari pelan nemenin Dewa, semuanya hilang, dan berubah menjadi ADIKSI. *lebay*


Sejak momen itu, gue yang jadi semangat cari Event Lari. Pengen ngulangin momen dikalungkan medali. Jadi-lah follow @IndoRunners buat cari info. Tanya sana-sini. Bahkan untuk pertamakalinya dalam 28 tahun, gue beli sepatu lari!! Yang ternyata harganya lebih mahal daripada sepatu sepakbola/futsal. Siaul bener. Tapi tetep, jogging cuma kalo persiapan ada Event Lari doang. Dewa yang adiksi-nya cukup kronis. Bela-bela-in lari pagi di Car Free Day tiap hari Minggu sama temen-temen kantor-nya. Gue? Udah cukup-lah hari Rabu maen futsal sama hari Minggu maen sepakbola. *bilang aja males bangun pagi*

Sering banget ada percakapan ini:
Dewa (D): "Bun ada Event Lari nih, ikutan yuk".
Gue (G): "Ada medalinya gak?"
D: "Kayaknya sih enggak, gratisan soalnya".
G: "Males ah".

Sekali lagi, bukannya gue belagu kalo gratisan kagak mau ikut, tapi GUE NGINCER MOMEN DIKALUNGIN MEDALI!! *pamrih*

Terakhir, Event Lari yang kami ikutin "Ragunan 5K", meski lebih sederhana dan lebih murah daripada "Alam Sutera 5 Miles", tetep aja ada medali. Kali ini, Dewa udah ada temen barengan, jadi gak perlu ngikutin speed sang istri tercinta. Lebih bebas. Lagian jaraknya juga lebih dekat, jadi gak khawatir juga dia gak akan masuk finish. We did it again, dan gue kembali merasakan sensasi "Pengalungan Medali". Itu perasaan-nya kayak elo minum Jakban 5 gelas, sampe lemes banget, tapi akhirnya keluar juga. EDAN. Edan elu minum Jakban sampe 5 gelas!!


Karna di lari terakhir sendirian, gak ngobrol, gak nemenin Dewa, jadi ada beberapa hikmah asal-asal-an yang gue ambil selama ikutan Event Lari. Yang nyambung sama di kehidupan:

1. Persiapan Untuk Mencapai Tujuan.
Kalo mau ikutin Event Lari, pasti gue akan melakukan latian (sesuai jarak), seenggaknya biar gak kaget, dan bisa sampe finish. Itu sama kayak di kehidupan kan? Semua dilakukan dengan persiapan apabila ingin mendapatkan hasil dari tujuan yang diinginkan?

2. Lari Untuk Melepas Kepenatan.
Saat lari, yang ada dipikiran ada "Nyampe finish, nyampe finish, nyampe finish". Sehingga untuk 30-60 menit, gak ada yang kita pikirkan sama sekali. Gak mikirin kerjaan, gak mikirin dana pendidikan Adia, gak mikirin cicilan rumah dan mobil yang entah kapan lunasnya. Itu sama kayak di kehidupan kan? Ada momen dimana kita harus merasa "Lari dari Masalah" sejenak untuk melepaskan penat, dan kembali menghadapinya?

3. "Lawan/kawan Dengan Berbagai Karakter".
Coba ikutan Event Lari, pas sebelum start, ngeliat para lawan/kawan kan? Orang yang juga bersiap disekitar kita. Ada yang secara fisik "menyeramkan", badan atletis, kaki panjang. Ada yang menang di gaya, sepatu bagus, perlengkapan penunjang lari lengkap kayak Ipod dsb (yang gak begitu berpengaruh juga sama performa sebenernya). Kadang mereka yang suka bikin "ngedrop". Bahkan ada yang fisik-nya gemuk, atau kutu-buku gitu, tidak ada tampang untuk berkeringat, yang justru membuat "semangat". Itu sama kayak di kehidupan kan? Terkadang kita suka minder duluan sama mitra atau bahkan pesaing bisnis yang tampilannya meyakinkan. Atau bahkan jadi sompral begitu ngeliat yag tampilannya cupu alias culun punya.

4. Motivasi Eksternal.
Event Lari memaksa kita untuk "bersaing" dengan peserta lainnya, yang dari berbagai karakter seperti gue bilang diatas. Secara alamiah, manusia adalah mahluk yang kompetitif. Pas lagi lari, kadang elo bakal dibalap sama seseorang yang terlihat "Ah, gak mungkin gue kalah dari dia", sehingga meski tenaga udah lumayan terkuras, tapi kayak ada aja energi ekstra untuk tetap menggerak-kan kaki ini. Itu sama kayak di kehidupan kan? Terkadang, disaat kita pengen nyerah ngadepin hidup, diluar sana ada temen yang lebih bahagia dan lebih makmur. Entah dapet kekuatan darimana, itu seperti menggerak-kan badan untuk "Ayo jangan nyerah, dia aja bisa begitu, masa' gue gak bisa??!!".

5. All About Indurence.
Di Event Lari jarak menengah-jauh, pasti ada aja peserta yang pas start sprint cepet banget, tapi lupa yang dia hadapi bukanlah track sepanjang 100 meter doang. Mereka lupa ini adalah soal daya tahan, bukan soal kecepatan. Percuma cepet tapi gak punya daya tahan mumpuni. Cepet di awal, tapi saat baru setengah jarak, udah ngos-ngos-an, dan jalan kaki. Jadi merupakan kesalahan dirinya sendiri saat dibalap-balap-in oleh orang yang start-nya lamban tapi punya indurence yang bagus. Itu sama kayak di kehidupan kan? Terkadang ada orang yang sombong diawal, misalnya langsung punya posisi bagus di perusahaan, atau punya bisnis yang berkembang cepat. Tapi dengan sendirinya mereka "ketinggalan" sama yang lain? Ya gitu deh. Nyambung sama kejadian dalam hidup gue, dimana temen yang gak banyak omong, yang gak suka pamer sama rejeki yang mereka dapetin, diem-diem udah punya tempat tinggal sendiri. Sedangkan banyak temen yang pamer sana-sini, eh, masih numpang dirumah orangtua atau mertua ternyata. Semua tentang daya tahan Bung :))

6. "Reward For The Hard Work".
Alasan utama gue ikutan Event Lari adalah ini. Udah capek persiapan bangun pagi buat latian, ngos-ngosan selama mengikuti lari, saat udah melewati garis finish.. Terbayar.. Dikalungin medali. Itu sama kayak kehidupan kan? Coba elo kerja, pasti mengharapkan hasil kerja keras bangun pagi, macet dijalan, desak-desak-an di angkutan umum, ngadepin bos galak, klien yang nyebelin, pulang kembali kena macet atau desak-desak-an, begitu terus selama 5 hari. Belom lagi kalo ada meeting, atau dinas ninggalin keluarga, anak/istri. Apa emang yang elo harapkan? Gak usah munafik. Berharap gaji meningkat? Jabatan naik? Dapet komisi? Bonus yang besar? Pasti-lah :))

ASAL-ASAL-AN BANGET HIKMAH-NYA YAK??!! HA-HA-HA. *gak bakat nulis buku*

Dengan blog ini, gue coba mengajak temen-temen buat seenggaknya sekali deh ikutan Event Lari. Kalo emang males bangun pagi, males jogging, males latian, gak masalah, asal yakin kuat dan sanggup masuk finish. Selama ikutan, banyak pengalaman baru yang bakal dirasakan. Seenggaknya rasakan pengalaman sewaktu dikalungin medali, itu GILA banget sensasinya. Badan menjadi sehat, eksis-pun didapatkan ("Ya gak Bun?", nanya si istri seksi yang lagi baca tulisan ini). Gue-Dewa sebulan sekali pasti ngikutan Event Lari di Jakarta kalo memungkinkan. Karna pada saat itu juga sekaligus "Our Time", Quality Time berdua-an tanpa ada Adia. Karna biasanya si bocah juga baru bangun setelah kami sampe rumah.

Bahkan saking adiksi-nya, pertengahan tahun ini kami merencanakan 2nd Honeymoon, dan patokan-nya adalah jadwal Bali Marathon 2013!! 3 HARI FULL OLAHRAGA!! WOOOOOHHHOOOO!!! OOOOHHH YEEEESSSS!! OOOOOHHH YEEEESSSS!!! *ambigu*


"In running, it doesn't matter whether you come in first, in the middle of the pack, or last. You can say, 'I have finished.' There is a lot of satisfaction in that."
-Fred Lebow, New York City Marathon co-founder 

"Racing teaches us to challenge ourselves. It teaches us to push beyond where we thought we could go. It helps us to find out what we are made of. This is what we do. This is what it's all about."
-PattiSue Plumer, U.S. Olympian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar