Selasa, 09 April 2013

Tips Hemat

Ada banyak orang yang bilang gue pelit karna darah Padang. Sebenernya mereka salah, gue itu hemat!! *pembelaan diri*

Kenapa hemat? Karna menurut gue, banyak objek yang bisa dijadikan fokus untuk mengalokasikan dana. Misal: Investasi buat masa depan, tabungan, biaya pendidikan anak, cicilan rumah, cicilan kendaraan, beli tanah, dan lain-lain. *bilang aja gak punya duit lebih* Pppffftt..

Berikut akan gue kasih tips ya gimana Hidup Hemat biar bisa lebih banyak sisihin uang buat keperluan lain:

1. Makanan.
- Sarapan dirumah.
Sebelum pergi beraktivitas, makan dulu dirumah. Jangan kepancing sama jajanan di kantor, dijalan menuju kantor, dan sebagainya. Kalo sarapan diluar rumah, bisa ngeluarin seenggaknya Rp10.000-Rp15.000.
- Membawa bekal makan siang.
Dari rumah, bawa bekal buat makan siang di kantor. Cuek aja temen-temen pada makan diluar. Dulu waktu gue masih kerja, sering bawa bekal simpel, kayak sosis-nugget. Atau bawa bungkus mie dan dimasak di pantry kantor. *super irit*. Bisa hemat sampe Rp25.000-Rp30.000 (standar lunch di daerah bisnis Jakarta).
- Dinner dirumah.
Pulang kantor stres, lapar? Tahan. Makan dirumah aja, sayang itu makanan di meja. Kalo perlu sekalian gak usah makan, kalo mau kurus. *ngomong sama diri sendiri*. Ini bisa hemat Rp15.000-Rp20.000.
- Jangan jajan.
Sulit banget nih nahan godaan, apalagi kalo deket kantor banyak tukang jajanan model siomay, cireng, rujak, bakpao, dll. Tergoda dikit aja bisa ngeluarin duit Rp15.000-Rp20.000.
Coba itung dah, dari situ aja selama 5 hari kerja, bisa keluar Rp85.000/hari cuma buat isi perut. Seminggu kerja bisa Rp425.000 sendiri. Sebulan? Rp1.700.000!! Busyet. Coba bandingin sama kalo masak dirumah. Arini dikasih Rp50.000 buat 5 hari beli sayur. Plus lauk daging-dagingan belanja di supermarket itu berkisar Rp30.000-Rp50.000 satu jenisnya per hari. Rp250.000 per 5 hari. Ditambah bumbu dapur dan biaya lain-lain, dalam sebulan biaya kalo makan dirumah sebesar Rp1.500.000. Murah?? Jelas. Eh, jangan girang dulu. Ini dihitung Arini masak buat 4 orang loh. Gue, Dewa, Adia, sama Arini sendiri. Anggaplah Adia gak usah dihitung, berarti per orang dalam sebulan cuma menghabiskan Rp500.000!!
Dari makanan, bisa berhemat sampai Rp1.200.000 dalam sebulan.

2. Rokok.
Coba deh berenti ngerokok. Dulu gue sempet ngerokok itu paling banyak sebungkus per-hari. Anggaplah semua perokok intensitasnya sama, dan harga rokok sebungkus sama rata Rp10.000. Dalam sebulan, biaya buat merokok bisa Rp300.000.

3. Transportasi.
Kalo gak perlu-perlu banget (misal emang rumah ke-kantor gak ada transportasi yang enak), mending gak usah bawa mobil ke kantor. Kenapa? Coba hitung biaya bensin. Dalam 5 hari kerja bisa Rp200.000-Rp250.000, sebulan bisa Rp1.000.000. Biaya parkir di Jakarta ngelonjak parah. Rp4000/jam. Anggaplah kerja 8 jam. Udah keluar Rp32.000/hari. Kalo seminggu kerja, Rp160.000. Sebulan? Rp640.000. Total buat biaya transportasi dalam sebulan Rp1.640.000. GILAK.
Motor pilihan paling enak mau transportasi murah-meriah Seminggu paling bensin cuma Rp30.000, sebulan cuma Rp120.000. Parkir juga masih ada yang Rp1000/jam. Ambillah yang Rp2000. Sebulan bisa sampe setengah parkir mobil, Rp320.000. Total Rp440.000.
Transportasi umum? Bisa lebih murah bisa lebih mahal dari naek motor. Lebih mahal kalo ngojek!! Nyebelin. Kalo naek kereta bolak balik Rp20.000, sebulan bisa Rp400.000. Naek bis/kopaja, bolak balik Rp6.000-Rp10.000 tergantung jarak. Sebulan bisa Rp200.000. Naek busway bolak-balik Rp7000, sebulan bisa Rp140.000.
Keliatan ya kalo gak bawa mobil, berapa biaya yang bisa dihemat? Bisa sejuta-an lebih.

4. Hobi.
Nah, ini nih kadang buat hobi sering ngeluarin duit lebih kan? Misal hobi golf, beli semua perlengkapan golf yang premium (kalo bisa sih sekalian beli caddy-nya). Atau hobi futsal/basket, beli sepatu yang paling mahal. In My Opinion, semua perlengkapan hobi yang mahal itu akan terlihat keren kalo yang make-nya juga jago. Tapi kalo elo gak bisa maen golf, futsal, atau basket, terus make perlengkapan yang mahal cuma buat gaya, justru akan menarik rasa kasihan dari yang laen (ini fakta). Enggak, enggak, beli perlengkapan golf mahal gak tiba-tiba membuat elo jadi Tiger Woods. Beli sepatu futsal/basket yang mahal juga gak akan membuat elo tiba-tiba berubah jadi Falcao atau Kobe. Nah, dari sini aja nih, bisa hemat sampe Rp500.000-Rp1.000.000 kan kalo jalanin hobi yang sebenernya elo gak bisa-bisa banget, tapi biar keren aja gitu. *nyinyir ngehe*

5. Baju/Pakaian.
Ini juga udah deh, jadi laki gak perlu ribet punya baju banyak-banyak. Cukup punya baju buat maen, kaos, kemeja, celana pendek-panjang, baju buat kondangan (batik lengan pendek-panjang, jas, sepatu pantofel) bangsa 1-2 pasang. Gak perlu juga kan seminggu sekali belanja di Zara cuma biar punya baju terlihat baru ke-kantor. Kayak cewek aje lau peduli sama hal beginian (apa emang kamu rada ke-cewek-an?). Baju mahal, beli di Zara, Topman, toko saudagar Abu Dhabi sekali-pun, gak akan membuat elo jadi ganteng, gak membuat badan jadi sebagus para model pakaian itu. Dari sini aja bisa loh hemat Rp1.000.000-Rp2.000.000 per bulan.

6. Gadget.
Teknologi itu kan buat memenuhi kebutuhan. Jadi gunakan gadget juga disesuaikan aja. Kalo cuma buat telpon sama SMS doang, ya pake aja Nokia pisang yang ringtone-nya monophonic, asal pulsa penuh, ya aman aja. Tapi kan sekarang udah gak begitu, banyak cari berkomunikasi yang keren dan praktis, yang memerlukan perangkat smartphone. Ya boleh-lah untuk menunjang kerjaan. Yang suka gue bingung (apa emang gue yang gaptek), kalo udah ada smartphone paling canggih, masih punya 2-3 lagi buat jadi "teman" itu HP. Misal udah pake Blackberry, masih punya Iphone, Ipad, Galaxy Note, apa-lah itu. Buat apaan yak? Ya tapi terserah. Karna disini gue memberikan tips hemat, ya gak perlu-lah punya gadget mahal-mahal cuma buat maen game. Gak punya pasangan ya? *anjir tulisan edisi ini banyak nyinyirnya* Disini bisa hemat Rp3.000.000-Rp5.000.000. HUGE!!

7. Lifestyle.
Temen-temen banyak yg suka Starbucks? Banyak yang suka nongkrong dan kongkow di cafe? Coba sekali mesen, atau sekali nongkrong, bisa abis berape tuh? Starbucks aja paling murah Rp30.000 minuman-nya. Di cafe? Bisa keluar sekali dateng Rp50.000 paling minim. Belom kalo doyan dugem. Aqua kecil aja dijual Rp30.000. Busyet. Kadang Lifestyle ini yang orang suka maksain, sekali lagi, ya biar keliatan eksis aja. Biar ada bahan poto di Instagram. Mending nongkrong aja di warung kopi, makan indomie. Paling abis Rp15.000 udah kenyang. Andai dari 5 hari kerja, 3 hari ngelakuin aktivitas tersebut. Bisa ngeluarin duit Rp400.000. Sayang bener ye kan.

8. Weekend.
Kalo buat gue pribadi, weekend adalah 2 hari tersulit untuk ngontrol duit, to be honest. Somehow pikiran "Aaaahh.. Gue udah capek 5 hari kemaren, mau seneng-seneng" itu sangat kuat menghantui. Jadi cukup sulit juga ngasih tips disaat gue sebenernya gak bisa. Sebenernya sih simpel. Kalo emang mau jalan-jalan, balik lagi beberapa tips diatas. Makan dulu dirumah sebelum pergi. Jadi nanti dijalan tinggal beli makan buat anak. Ah, cukup sulit ngasih tips hemat di weekend.

9. Lain-lain.
- Support Breastfeeding.
Kalo udah punya istri dan akan mempunyai anak, sebaiknya dukung istri untuk memberikan ASI untuk anak, seenggaknya sampai 2 tahun. Itu hemat-nya gilaaaaakk.. Temen ada yang anaknya pake Susu Formula, sekaleng kecil itu harganya ratusan ribu. Tau buat berapa hari? Seminggu!! Edan. Dalam sebulan bisa abis Rp1.500.000-Rp2.000.000 cuma buat beli susu. ASI kan gratisan tuh. Kemasannya juga oke punya.
- Listrik dan Air.
Gunakan se-hemat mungkin. Nonton Tivi, pasang AC, nyalain lampu, gunain air juga kalo lagi perlu aja. Kalo emang lagi gak dirumah, matikan semua-nya. Lumayan dari sini sebulan bisa hemat Rp200.000-Rp300.000.
- Tunggu Rusak.
Ini termasuk penting. Beli barang baru setelah yang lama udah gak bisa dipake. Misal: Beli baju/kemeja baru kalo baju/kemeja lama udah kekecilan, robek, atau luntur. Beli sepatu/sendal/tas kalo yang lama udah jebol atau rusak. Beli istri baru kalo yang lama udah rusak.

Coba deh berapa tuh biaya yang bisa di-sisih-kan dengan bergaya hidup hemat?? Juta-an. Masih mau bergaya hidup keren-kerenan?? :))

Gue sih selalu cuek mau orang ngomong apa tentang ke-irit-an ini. Yang penting semua kebutuhan terpenuhi.

Mending mana, dibilang gaul, eksis dengan ngeluarin biaya gak sedikit, tapi ternyata utang kartu kreditnya numpuk, tempat tinggal masih numpang? Apa dibilang gak gaul, super irit, tapi hidup nyaman tanpa utang kartu kredit dan udah punya tempat tinggal sendiri? YOU DECIDE IT.

HIDUP PADANG!! CIEEKK.. DUUUOO.. TIGOOOO.. LETS GOO!!


Gambar diambil dari Google Images

6 komentar:

  1. Hahaha. Dewaaaaaaaa, laki lo bener-bener yaaak. :D
    Postingan lo ini bikin gw yang selama ini cuma jd pembaca setia blog lo n dewa, akhirnya ngasih komen juga. hahaha.

    Tapi semua yang lo omongin ini bener semua, Gol. *sokkenal
    Dan yang lo omongin semua ini sama dengan yang suami gw omongin, Gol. Bahkan, pada beberapa hal, suami gw lebih parah. :D

    Tapi bener, soal masa depan (meski gak semuanya bisa kita atur), sudah dia rancang baik-baik. Dia bahkan menetapkan target dan memastikannya tercapai, bahwa di umur sekian dia harus punya uang sekian-sekian dan memastikan anak-istrinya hidup berkecukupan.

    Jadi, meski kadang kebangetttttaaaaaan pelit eh hematnya, gw ngerti kenapa dia begitu, meski kadang tetep gak terima. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah dasar kamu para wanita!! Hehe. Sebenernya ketakutan gue, mungkin sama suami elo juga, suatu saat anak-istri-nya bakal hidup susah. Jadi mending kami yg hemat, daripada anak-istri *sok bijak* Salam kenal ya Yusti!!

      Hapus
  2. bang bagol...ikutan jd peserta ranking 1 yg tayang di transtv pagi ini yak?pake kemeja kotak2 hitam abu sama gendongan silang apa ya tuh? keluar sampe pertanyaaan yg jawabnya "daun katuk"

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...sempat sekelebatan td pagi liat di TV...dalam hati "eh ini bukannya bang bagol suaminya mbak dewa yg blognya sering saya kunjungi *kepo-in* yaks..hehe..bener ternyata pas liat TL twitternya di pojok itu :D salam kenal bang

      Hapus
    2. Emag mirip gitu sama yg di foto? Hehe. Salam kenal juga ya.

      Hapus