Minggu, 17 Maret 2013

Kenapa Suami Perlu Belajar Ngurus Anak?

10 Oktober 2010. Tanggal dimana Dewa diprediksi lahiran untuk pertamakalinya oleh Dokter Erwin.

9 bulan sebelumnya, kami sangat menikmati masa-masa kehamilan. Dewa mempunyai banyak privilege, ngantri diutamakan, naik angkutan umum juga dipersilakan duduk. Gue sendiri juga sangat membangga-bangga-kan perut dia yang makin lama membesar kalo lagi bepergian atau sekedar kumpul bersama teman-teman. "GARA-GARA GUE TUH!", teriak dalam hati. Mengabadikan perut besar, di berbagai spot, sampe bela-bela-in foto di studio me-mamer-kan kehamilan. Menyenangkan.

Beberapa minggu mendekati hari-H, baru mulai membeli perlengkapan untuk bayi. Ada beberapa temen yang mau meng-hadiah-i kami, diberikan jatah masing-masing. Ada yang patungan beli stroller, sampe babybox. Sisanya beli sendiri. Dengan perut yang semakin besar, terus bedua-an ke toko perlengkapan bayi, milih-milih barang. Meski menguras cukup banyak biaya, sekali lagi, menyenangkan.

Tiba saatnya Dewa masuk ruangan untuk melahirkan. 101010 adalah tanggal yang cantik bagi sebagian orang, jadi waktu itu sebenernya sudah ada antrian, beberapa Ibu Hamil memilih untuk operasi demi tanggal. Karna Dewa mencoba melahirkan tanpa operasi, jadi lebih diutamakan oleh pihak rumah sakit. Meski mendapat tatapan tajam dari mereka, tidak mengurangi ke-antusias-an gue untuk menemani kedalam ruangan. Yes, mau merasakan sensasi yang kata orang "Elo akan semakin menghormati wanita setelah melihat perjuangan melahirkan".

Tangan digenggam dengan keras, sakit hati saat mencoba menghibur tapi malah dibentak: "Udah deh kamu diem aja, gak lucu!!", rasanya gak ada apa-apa-nya dibanding perjuangan melahirkan. Gue liat langsung bayi keluar dari badan Dewa? TENTU TIDAK. Cukup ada di sampingnya, muka menghadap perut sampai kepala. Perut kebawah saya serahkan kepada ahlinya. Ha-Ha-Ha. Maap ya. Saya takut darah.

Oke lupakan.

Akhirnya terdengar suara tangisan keras, sesosok mahluk bernama Kei Radhiyya Akbar (Adia) terlahir di dunia ini. ANAK GUE ITU!! ANAK GUE!!

Setelah dibersihkan dan melakukan Inisiasi Menyusui Dini, kemana Adia berada, selalu gue ikutin. Di kepala ini terngiang-ngiang judul sinetron "Bayi Yang Tertukar", judul yang cukup membawa efek psikologis berupa ke-parno-an. Bukan hanya gara-gara itu, tapi somehow, gue masih terpukau saat itu udah punya anak, jadi selalu pengen ada dideketnya. Anak baru lahir itu kayak magnet, selalu "menarik" kita untuk mendekat.

Euforia kelahiran. Tamu berdatangan. Dari mulai orangtua, Kakak, Adik, Om, Tante, sepupu, teman, berdatangan silih berganti mengucapkan "Selamat ya Bagol dan Dewa". 2-3 hari dirumah sakit, sensasi yang kami rasakan sangat luar-biasa nikmat-nya.

Gue gak tau, saat masih di Rumah Sakit, ternyata perjuangan BELUM dimulai.

Disana, kalo misalnya Gue-Dewa kecapean, tinggal manggil suster. Kalo ada hal-hal yang gak berani kami lakukan terhadap Adia, tinggal manggil suster. Apapun, tinggal manggil suster.

Perjuangan dimulai saat udah menjejak-kan kaki dirumah. Saat kami cuma dibantu Asisten Rumah Tangga, yang notabene gak punya pengetahuan medis seperti suster-suster tersebut. JENG-JENG.

Sempet kesel sama diri-sendiri, karna tidak memanfaatkan waktu 9 bulan masa kehamilan untuk cari tau "Nanti setelah anak lahir, gimana?". Kesel karna masa itu cuma gue habiskan untuk "me-mamer-kan" kalo istri udah hamil. Kesel karna GUE GAK TAU APA-APA.

ASI Dewa beberapa hari pertama agak seret, sampe Adia dinyatakan kena kuning karna bilirubin tinggi, jadi harus kembali di-inap-kan. Gue gak tau kalo ASI itu emang harus dipelajari, gak keluar begitu aja seperti apa yang selama ini gue pikirkan. Gue gak tau kalo Dewa sedih/stres karna tekanan dari pihak rumah sakit yang sempet bilang: "Ibu gimana sih anak lagi kekurangan cairan, gak dikasih susu aja, padahal ASI masih sedikit??!!", malah bikin ASI tambah seret. Gue gak tau kalo ternyata ASI itu boleh di-donor-kan.

Kalo gue tau, mungkin akan banyak belajar gimana biar ASI lancar, bakal bikin Dewa seneng terus, manjain dia biar ASI keluar deras, atau akan mencoba minta ASIP Kak Amel yang masih banyak banget di freezer kulkas, sehingga ada "pengganti" untuk sementara dan memberikan efek psikologis "Adia gak akan kekurangan cairan" selama Dewa struggling menghasilkan ASI lebih banyak. Itu kalo gue tau. Masalahnya, gue gak tau.

Untuk hal ngurus bayi lainnya, untungnya gue punya Ayah dan Abang Ipar yang "megang" banget sama bayi. Ayah yang urus Raka, ponakan gue kalo Kakak-Abang kerja. Dari mulai mandi-in, ajak maen, nyuapin ASIP/makanan, dll. Abang begitu pula. Pulang kantor dia gak risih untuk berdua doang pergi sama Raka cuma buat nemenin dia yang lagi pengen makan nasi goreng, sekaligus ngasih kesempatan Kakak buat istirahat/mompa. Di weekend, mandi udah pasti Abang yang mandi-in, dia yang nyuapin MPASI. Bagian nyusuin urusan Kakak. I have a great example of being a Dad, from them. Ego lelaki didalam diri ini yang ngomong: GUE GAK MAU KALAH DARI MEREKA.

Tapi gak banyak yang beruntung kayak gue, yang punya contoh konkret didepan mata. Atau punya ego yang cukup besar. Masih banyak, bahkan di teman-teman sendiri, yang menganggap jadi Ayah ya gitu aja. Jadi Ayah ya berarti punya anak. Masalah ini anak siapa yang ngurus nantinya, belakangan aja di pikirin, yang penting udah jadi Ayah. Sampe pada puncaknya, ada kalimat yang menggelitik dari salah satu temen cowok, waktu bekas kantor gue lagi anniversary, dan cuma dateng berdua sama Adia karna Dewa ada urusan. "Elo cuma berdua doang sama Adia? Dewa kemana? Koq elo yang ngurus sih? Kan anak itu tanggung-jawab istri, kita mah fokus aja cari duit". JEGER. Masih ada loh yang mikir begini :)

Kalo nyambungin sama cerita temen-temen cewek Dewa yang sering curhat, kalo suami-nya gak dukung dia ngasih ASI, misalnya dengan udah beli susu formula tanpa persetujuan, gak mau gantian begadang biar ngasih kesempatan Ibu Menyusui untuk beristirahat. Atau suami-nya gak pernah mau mandi-in anak sendiri. Kalo mandi-in aja gak mau, boro-boro mau bersihin pup-nya kan.

Atau gampangnya, liat deh status Facebook atau tweet para istri menikah dan punya anak, yang orangnya cukup emosional. Gak jarang mereka nulis sesuatu yang cukup negatif, dan membuat kita kepo dan berpikir: "Lagi kenapa ini orang di rumah tangga-nya? Marah-marah mulu". Karna, gue pribadi sangat yakin, selama aura di rumah elo positif dan menyenangkan, aura negatif kayak marah-marah gak akan terjadi (kalopun terjadi, gak akan sampe diumbar ke publik lewat media sosial).

Yang berujung apa? Istri merasa menikahi pria yang salah!! BE-RA-BE.

Sebagai seorang suami, sebagai seorang kepala keluarga, itu tanggung jawab BESAR kita loh :))

Mulai dari hal kecil yang kecil aja yuk, biar itu semua gak terjadi. BELAJAR NGURUS ANAK.

Makanya tadi gue bilang cukup kesel sama diri-sendiri, gak belajar apapun tentang gimana situasi waktu anak lahir. Saking gengsinya, gak mau nanya-nanya bahkan ke Kakak atau temen deket sendiri, cara ngurus anak begimana. Semua gue serahkan ke Dewa. Dia yang cari info tentang ASI, dia yang gabung ke milis ini, milis itu tentang parenting world. Gue santai-santai aja, mungkin itu juga yang mayoritas suami lakukan kayaknya. "Ah, nanti juga bisa sendiri koq, selow".

Selama belom punya anak, apa-apa semua dilakukan masing-masing. Karna punya urusan sendiri kan tiap pasangan. Emang ada beberapa yang perlu didiskusikan juga, namanya udah jadi suami-istri. Tapi gak akan sebesar kalo punya tanggung jawab bersama dalam bentuk anak. Udah punya anak, gaya hidup pasangan suami-istri pasti akan berubah. Yang paling kerasa, waktu yang banyak kesita. Udah gak bisa nongkrong dengan bebasnya sama temen-temen, udah gak bisa pacaran nonton bioskop seharian penuh sama istri. Dan lain-lain. Just admit it :)

Sehingga, punya anak akan menjadi 2 sisi mata uang yang berlawanan. Di satu sisi, punya anak dapat mempererat hubungan. Di sisi lain, punya anak justru malah bisa merusak hubungan suami istri. Gue maksud itu bukan punya anak malah jadi bencana ya, tapi punya anak justru malah memperlihatkan sifat asli seorang lelaki. Gampangnya, kalo sifat aslinya bertanggung-jawab, dia bakal bantu ngurus anak. Kalo sifat bertanggung-jawab-nya cuma pencitraan di depan keluarga besar dan teman-teman, ya bakal keliatan pas gak mau bantu ngurus anak. As simple as that.

Elo mau yang mana? Pasti gak mau kan punya anak malah ngerusak hubungan? Gile lu anugerah gitu malah elo puter jadi sumber masalah. JANGAN-lah.

In My Opinion, jadi Ayah itu ada yang bakat, ada yang karna banyak belajar.

Maksudnya bakat, dia terlahir dari keluarga dimana cowok juga harus telaten ngurus anak, sehingga dengan sendirinya, tanpa disuruh atau dipaksa, hal tersebut akan berlangsung alamiah. Karna pemandangan itu yang dilihat langsung dari kecil.

Maksudnya banyak belajar, dia terlahir dari keluarga konservatif dimana Ibu ngurus anak, Ayah cari duit. Tapi dirinya "berontak", dan mencoba mencari tau sekeliling bagaimana seharusnya. Meski gak pernah ada patokan "Jadi Ayah Yang Baik dan Benar".

Coba, kalo ternyata punya kedua-nya.. Istri mana yang gak bangga punya suami kayak gitu? Anak mana yang gak akan jadi-kan elo sebagai idola sepanjang masa-nya?

Istri bisa nyusuin Sob. Bonding ke anak sangat besar. Gimana cara ngimbangin-nya? YA URUS ANAK.

Gue pribadi sih selalu berusaha agar jawaban Adia kalo ditanya "Adia anak siapa? Ayah apa Ibu?". Dia bakal jawab "Anak Ayah". Jiwa kompetitif emang tinggi banget meski itu sama istri sendiri -_-

"Anak Itu Titipan Tuhan". Gue percaya kalimat itu, dan mencoba mengartikan: anak adalah titipan Tuhan, untuk kita agar menjadi manusia yang lebih baik.

MENJADI MANUSIA YANG LEBIH BAIK.


Amien!!

2 komentar:

  1. Syukurnya aku punya suami yg mau terus bljr,gk malu gendong ank muter2 komplek,gk sungkan utk bersihin pup ank,wlw rada canggung krna takut kurang bersih dll..tp smpe skrg suami ku gk berani mandiin anknya.. Hahaha

    BalasHapus