Kamis, 09 Agustus 2012

Acara Pertama Dirumah (Bukber 2-5)

Dari judulnya, emang Minggu kemaren itu baru pertamakalinya gue sama Dewa dipercayakan teman2 untuk bikin acara (buka bareng) dirumah. Sebenernya udah sering temen2 gue dateng buat semaleman maen PS3 atau sekedar nonton bola bareng sampe nginep. Tapi, biasanya mereka yang bawa makanan masing2, gue cuma nyediain tempat doang, jadi gak perlu persiapan apa2. Kemaren, kami dipercayakan untuk ngurus semuanya, jadi mereka cuma pada patungan aja. Gue terkenal sebagai orang yang gak mau ribet, hampir semua yg kenal tau sifat itu. Tapi kemaren, somehow, excited untuk ribet sendiri ngurus semua. *meski tetep Padang minta patungan*.

Kira2 minggu pertama puasa, anak kelas 2-5 SMU 14 (di SMU gue ini, kelas 1 dan 2 kelasnya sama, jadi sekelas sama mereka selama 2 taun membuat tali silaturahmi masih cukup kuat) merencanakan untuk ngadain acara rutin tahunan, Buka Bersama. Semasa masih sekolah, buka bersama ini di rolling acaranya dirumah salah satu anak. Dan sekitar 4-5 tahun terakhir, diadain di restoran. Anak 2-5 ini ada beberapa yg udah pernah kerumah gue buat nonton bareng Liga Inggris atau Euro kemaren, tiba2 terlecut ide untuk mengembalikan format Buka Bersama 2-5, yaitu di rumah. Dengan alasan, lebih privat (gak ada pengunjung lain) dan bisa lebih santai (gak perlu buru2 karna bangku-meja mau dipake orang lain, atau nunggu diusir). Dilepaslah wacana "Dirumah Bagol aja yuk". Gue nanya ke Dewa, gimana kalo anak 2-5 Bukber dirumah, Dewa setuju. Langsung mulai pinjem perlengkapan ke Mama (piring, mangkok, dll. Maklum, rumah isinya ber4 doang, gak kepikiran beli perabot2 begituan), sama tikar juga (busyet, tikar aja gak punya lu Padang??!!). Yang pada kenyataannya, segala peralatan yg dipinjem, masih kurang, dan pinjam ke tetangga depan rumah. *malu-maluin*

Dengan per orang masing-masing patungan Rp50.000, terkumpullah modal yang cukup banyak, karna yang konfirmasi mau dateng sekitar 20an orang. Namanya gak pernah bikin acara bareng, gue-Dewa sempet ribut mengenai "Mau beli makan apa?". Gue lebih mentingin kuantitas (porsi banyak dengan rasa yang cukup), sedangkan Dewa lebih mentingin kualitas (rasa enak dengan porsi yang cukup). Berargumen sana-sini, ternyata argumen Dewa lebih kuat (kayaknya gue kalah mulu sih sama dia masalah argumen, sejak jaman pacaran). Jadilah beli makanan seperti menu ini (gue ngiler sendiri bayanginnya lagi puasa gini):
1. Es cocktail Cijantung
2. Bolu Meranti (dibawa Andika)
3. Kurma
4. Asinan Mangga (bikinan Vina)
5. Sate Tegal Ayam dan Kambing
6. Mie Aceh (dibawa Delon)
7. Crunchys Chicken (dibawa Oci)
8. Sop Buntut Hayam Wuruk
9. Batagor
10. Buah-buahan
11. Aneka kerupuk
Dari menu diatas, yang paling mahal itu Sop Buntut Hayam Wuruk. Waktu mau beli, ke Padang-an gue berontak: "Bun, mahal banget 1 porsi aja segitu, gak mau buat beli yang laen aja??". Kata Dewa, "Mau kamu beli ditempat laen, tapi nanti gak enak, ada gaji nempel di langit2 segala??!!". Oke, gue nurut. Ternyata, dari sekian menu, Sop Buntut yang HABIS tak tersisa. Ternyata emang insting cewek lebih bagus kalo masalah beginian, harus diakui. Karna, setelah acara selesai-pun, ternyata makanan masih sisa banyak, yang akhirnya kami bungkusin satu-satu buat mereka bawa pulang. *pada ketularan Padang juga kayaknya*

Meski banyak kekurangan, tapi gue cukup puas bisa menjamu temen dirumah, dengan segala kekurangannya. Dan ternyata menjamu orang dirumah itu bisa jadi candu!! Dulu gue sempet mikir, Ayah-Mama sering banget undang orang buat bikin acara dirumah, "Ngapain sih bikin2 acara kayak gini? Cuma ngerepotin aja, cuma dapet capeknya". Ternyata, perasaan yang mereka dapat mungkin sama kayak sesaat setelah anak 2-5 angkat kaki dari rumah. Perasaan senang ngeliat muka tamu-tamu yg pergi dari rumah dengan penuh senyuman, menyiratkan kalo "Seru juga bikin acara disini". Pede banget gue yak. Ya seenggaknya kalo mereka masang muka basa-basi, aktingnya sangat bagus. *tapi ngehe juga sih kalo tau ternyata muka senyum basa-basi* *hahahaha*

Ada temen yang bilang, kalo menjamu tamu dirumah, bisa bikin rejeki tambah lancar dan perpanjang umur. Buat gue, 2 hal itu jadi bonus aja, yang terpenting, bisa jadi elemen dari yang namanya silaturahmi. Silaturahmi butuh meeting point buat ketemu. Kalo rumah gue bisa dijadiin meeting point, itu udah lebih dari cukup koq. So, dengan senang hati gue sama Dewa bakal jadi tuan rumah yang baik kalo mau adain acara kumpul2, Insya Allah. *pasang tarif sewa tempat* *kalo ada acara dirumah*

One of My Family, anak 2-5

4 komentar:

  1. hai bagol, aku berkunjung lagi :)

    keep writing ya, dan senang bisa ikut bersilaturahmi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bini gw gol, dia suka sama rumahlo, dijual gak?? hahaha ... (wira)

      Hapus