Selasa, 14 Agustus 2012

Bulan Puasa

Di bulan tersebut, kami umat muslim, harus menahan lapar-haus dari Subuh sampai Magrib. Juga harus menjalankan ibadah beserta amalan Allah lainnya. Emang efeknya sangat terasa dalam kehidupan sosial, bulan puasa ini. Orang menjadi lebih sabar, menjadi lebih rajin beribadah, dan meninggalkan hal-hal yg negatif. Tapi yang selalu gue kritisi adalah.. KENAPA PAS BULAN INI DOANG??!! KAN MASIH ADA 11 BULAN LAIN??!!

Pasti banyak di lingkungan elo, orang yg biasanya emosian, tapi di bulan ini, jadi penyabar, biasanya suka ngomong gini "Untung bulan puasa nih, kalo kagak mah..". Ada lagi yang biasanya makan siang mah ngeloyor aja keluar, tapi tiba2 ambil wudhu dan Solat biasanya sih bilang "Gue Solat dulu ah, biar dapet pahala berlipat, kan lagi bulan puasa". Atau mungkin orang2 yg meninggalkan hal-hal negatif, misal "Huuushh.. Jangan ngomongin orang, lagi bulan puasa nih, dosa..", "Jangan ngeledek orang kalo bulan puasa, nanti pahala berkurang". Gue tanya lagi.. KENAPA PAS BULAN INI DOANG??!! KAN MASIH ADA 11 BULAN LAIN??!!

Yang gue tangkep dari lingkungan, kebanyakan mindset mereka tentang bulan puasa adalah: "Bulan dimana bisa mengumpulkan pahala sebanyak2nya, dengan cara perbanyak ibadah (hal positif) dan mengurangi dosa (hal negatif)". Makanya banyak yg melakukan ini-itu dengan alasan pahala. Perbanyak pahala-lah dengan hal positif, bisa mengurangi pahala-lah dengan hal negatif. Muaranya adalah pahala, sesuatu yg sebenernya gak bisa diukur (cuma Allah doang yg tau). Emang pada tau, rumus itung pahala gimana? Misal, kalo berbuat zina, pahala gak dihitung sekian lama. Atau sebaliknya, kalo melakukan ibadah tertentu, akan ngilangin dosa yg pernah kita lakuin selama waktu tertentu. Gimane cara ngitungnya? Variabelnya terlalu banyak. Biar aja itu udah ada yg urus, gak usah ribet terlalu meninggikan arti "pahala".

Sempet denger beberapa komen temen, kalo bulan puasa itu adalah bulan pengampunan dari 11 bulan lain yg telah kita lalui. Karna dibulan ini Alquran turunlah, inilah, itulah. Kalo emang bulan pengampunan, dan semua pada ngincer "Minta Diampuni", maka efek dari teori tersebut adalah "Kita bebas berbuat dosa dalam 11 bulan, toh akan diampuni pas bulan puasa". Sangat berbahaya sekali pemikiran kayak gini. Semoga cuma sedikit orang yg tendensi-nya ke arah sana.

Makanya bulan puasa ini menjadi sangat menarik buat dibahas, karna efek sosial yg sangat besar di masyarakat. Kalo menurut gue pribadi (dari kacamata awam dan minim pengetahuan agama), bulan puasa itu adalah waktu dimana harus mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan. Maksudnya? Di bulan ini, gue diwajibkan untuk puasa selama kurang-lebih 13 jam, nahan lapar-haus. Di 11 bulan lainnya, bebas mau makan-minum jam berapa juga. Disitu gue harus bersyukur, masih bisa bebas makan-minum, sedangkan mungkin di tempat lain ada orang yg kekurangan dan nahan lapar-haus setiap hari. Di bulan ini pula, diwajibkan untuk memberikan zakat dan segala "sumbangan" lain. Pernah kepikiran gak sih, kita pada dapet THR, tapi diluar sana banyak yg boro2 dapet THR, duit buat hidup sehari2 aja mereka kesulitan. Disitulah fungsi kita mengamalkan sebagian rezeki, lagi-lagi untuk membuat bersyukur, tiap bulan punya penghasilan tetap, ya masa' penghasilan tambahan kayak THR gak mau dibagi ke orang yg lebih membutuhkan? Toh penghasilan bulanan elo masih bisa dipake traveling, makan siang di restoran tiap hari, atau beli gadget terbaru kan?

Selain wajib berpuasa nahan lapar-haus dan menunaikan zakat, buat gue, bulan puasa itu BIASA aja. Ya biasa aja, gak perlu sok2 jadi lebih penyabar, gak perlu sok2 jadi rajin beribadah, gak perlu sok2 menghindari hal2 negatif dengan mengatasnamakan pahala. Bukannya emang seharusnya itu semua harus kita lakuin ya sehari2? Jadi orang emang harus sabar. Jadi orang, agama apapun, emang harus beribadah sesuai ajaran masing2. Dan jadi orang bukannya emang harus ngindarin hal negatif? SETIAP WAKTU, BUKAN HANYA DALAM SEBULAN INI??!!

Mungkin opini gue ini terlalu dangkal, karna emang gak punya pengetahuan cukup tentang agama. Kalo emang elo punya opini yg lebih kuat, ya monggo aja mau bawa dalil atau hadis. Toh gak ada yg nyuruh biar ikutin cara pikir gue kan? Semua orang boleh interprestasikan bulan puasa sesuai pemikiran masing-masing. Kalo pun elo termasuk dari orang2 yg gue "nomention" diatas, ya terserah aja, gaya hidup orang kan beda-beda..

NB: Blog Serius Ini Dalam Rangka Bulan Puasa, Kalo Isi Blog Kotor Terus, Nanti Pahala Gue Berkurang Dooonngg?? #eeeeeeaaaaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar