Jumat, 06 Juli 2012

Ulang Tahun

4 Juli 2012. Di hari tersebut, umur gue nambah satu lagi, jadi 28. Yang gue rasakan: 
"Umur semakin nambah, koq udah gak begitu peduli ya sama yang namanya ulang taun??".

Seperti cerita2 di blog sebelumnya, masa kecil gue dilalui dengan kejayaan Ayah secara finansial. Meski gak semua, video game (yg dulu dianggap cukup mewah) macem Nintendo atau Super Nintendo gue punya. Sehingga ekspektasi terhadap ulang taun emang tinggi. "Dapet hadiah apa ya nanti 4 Juli??".

Waktu jaman SD, setiap ulang taun pasti dirayain dihalaman belakang rumah. Ngundang teman2 komplek (pake undangan, yg biasanya tulisan diakhirnya, "Tiada Kesan Tanpe Kehadiranmu"), terus manggil badut. Seru banget, biasanya ada games berhadiah gitu. Entah itu disuruh nyanyi atau "dikerjain" oleh si Badut (baru nyadar setelah udah gede, sialan lu Om Badut!!). Dan setiap ada acara itu, gue seneng banget, karna tiap temen yg dateng pasti bawa 1 kado. Kadang gue gak begitu peduli sama pestanya (selalu teralihkan sama tumpukan kado yg ada di pojokan), malah pengen cepet selesai, biar langsung menelanjangi kado-kado tersebut. Indahnya ulang taun, dalam waktu sehari, nambah banyak maenan dirumah.

Jaman SMP-SMA kalo ditanyain Ayah-Mama "Mau kado apa pas ulang taun?", pasti selalu gue jawab: "Mentahnya aja deeehh". Maklum, namanya ABG, udah gengsi kalo apa2 selalu sama ortu. Udah mulai punya keinginan sendiri, dan lingkungan sendiri. Uang yang dikasih ke gue terus diapain?? Ya gue pake seneng-seneng SENDIRI (hahaha, Padang abis). Somehow, gue gak biasa nraktir temen. Bukan masalah pelit atau apa, tapi karna emang gak pernah pegang uang berlebih. Sekalinya dapet uang berlebih, ya pas ulang taun aja. Kalo hari2 biasa, uang yang gue punya ya pas2an aja. Pas buat jajan sama pas buat ongkos (entah itu angkot atau bensin mobil). Jadi saat punya uang yg berlebih, ya saatnya gue menikmati sendiri. Tapi gak mungkin juga seumur hidup gak pernah nraktir temen, ada beberapa temen yg beruntung sempet ditraktir (dikit sih persentasenya, dibawah 5%-lah). Nraktir pacar pas ulang taun, it a must (tapi tergantung hadiahnya apa sih-->>Pacaran timbal balik. #padang #taelah).

Didalam hati yg paling dalam, sebenernya gue ini orangnya penyendiri. Lebih seneng sendirian kalo ngelakuin sesuatu (berubah setelah menikah, karna ada beberapa hal yang lebih enak dilakuin kalo berdua.. #eeeaaaa). Jadi sebenernya cukup risih kalo ulang taun di tagih "Traktir dooonngg" (meski sebenernya ini cuma basa-basi, pada tau juga gak mungkin gue nraktir, hahaha-->> Ketawa nyebelin). Pertama kalinya males gembar-gembor kalo ulang taun itu pas ke 18. 4 Juli 2002 itu hari terakhir SPMB (lokasi di SMU 68). Semua temen pada ngajakin maen, karna hari itu semua ketegangan selama SMA udah beres. Tapi apa yg gue lakuin?? Pulang kerumah. Mantan gue waktu itu marah banget (terus, gue harus bilang WOW geettoohh??!! #taelah). Tapi emang, gue tipe orang yg abis beres ujian, maunya pulang kerumah terus tidur. Karna sebelum ujian gue udah capek belajar, dan saat ujian capek berpikir ngerjain soal. Lebih enak istirahat bukan?? Daripada maen ketawa-ketiwi kesana-kemari. Yaaa itu sih gue ya. *Nunduk dari timpukan orang-orang*

Gue kuliah di Bandung, tapi pasti setiap tanggal 4 Juli gue balik ke Jakarta, cuma mau tidur2an dirumah, nerima SMS dan reply ucapan selamat ulang taun di friendster/facebook. Segitu aja udah cukup. Karna, dapet perhatian dari teman, cuma sekedar ngucapin "Met Ultah ya Gol", itu udah seneng banget, meski sebagian besar pengucap itu taunya dari Friendster atau Facebook. Cuma beberapa sohib dekat yang emang hapal tanggal ultah gue. Tapi menurut gue gak masalah, itu kan tanda saling menghargai. Daripada saat Online di FS (caelaaahh.. Kamana atuuhh FS!!) atau FB, ada notification temen ultah, tapi dicuekin kan?? InsyaAllah, kalo gue respect ke orang, orang juga bakal ngelakuin hal yg sama ke gue. Kenapa pengen ulang taun itu dirumah?? Karna keluarga gue punya tradisi, bangun jam 12 malem untuk tiup lilin di kue ulang taun (yaaa.. Ini berlaku kalo besoknya hari libur sih, hehe). Seringnya sih tiup lilin itu pas malemnya, pas semua lagi pada kumpul. Abis tiup lilin, potong kue, terus dilanjutkan makan malem (yang biasanya Mama masak makanan kesukaan anaknya yg ultah, atau kalo lagi males ya takeaway dari restoran aja. Gue sih prefer takeaway hokben plus Mama masak, jadi dobelnya mantab). Ya, makan malem aja sama keluarga inti. Itu udah lebih dari cukup, gak perlu hadiah. Karna keluarga gue tanggal ultahnya deketan (Gue 4 Juli, Mama 23 Juli, Kakak 26 Juli, Ayah 4 Agustus, Mbak 25 Agustus), maka Juli-Agustus itu eneg banget makan kue ultah dan seketika berat kami sekeluarga naik secara brutal.

Baru taun ini tradisi itu gak dijalanin, karna emang lagi pada gak ada dirumah BHP. Ayah lagi nengokin Mbak ke Melbourne, Kakak dan keluarganya udah pindah ke Semarang. Jadi cuma ada Mama di BHP. Sedikit sedih sih tradisi itu gak terjadi, tapi mau gimana lagi. Ayah udah jadi Kakek, Mama udah jadi Nenek, Mbak udah jadi Mommy, Kakak udah jadi Ibu, Gue udah jadi Ayah. Pasti ada yg berubah juga ngikutin status kami masing-masing. Tapi tetep membuat tersenyum, karna dapet kado dari Mama, sebenernya itu-itu aja sih Mama kalo ngasih kado. Gak jauh dari barang2 yg males gue beli sendiri, antara saputangan, kancut, kaus kutang, dasi-kemeja kantor (pas lagi masih kerja), dll. Taun ini beliau beli-in kaos oblong putih sama Sendal. Gedeg kali dia liat kaos oblong gue udah pada robek2 sama sendal udah mulai terkelupas kulitnya, dan masih dipake sama anaknya!! Ma, jangan salahin aku.. Aku Padang dari kamu!! :)

Lain lagi sama Dewa, semenjak pacaran, dia emang gak bisa ngimbangin kreativitas gue dalam ngasih kado (sebenernya bukan kreativitas sih, cuma emang gak ada duit aja buat beliin dia sesuatu yg berguna), tapi somehow dia tau barang2 yang seharusnya udah gue punya, dan dibeliin buat jadi kado. Contoh, waktu masih pacaran, sepatu futsal butut banget, terus dia ngasih sepatu futsal Adidas Predator (ini sih sebenernya dia aja yg pengen konsumtif kali ya??). Atau saat dia beli jam tangan buat gue pake, biar tampilan lebih bagus diliat sama orang (gak tau sih harganya berapa, tapi udah bertaun2 gak pernah rusak. Paling 200rebuan). Pernah juga ngasih hadiah pernikahan, Jersey Liverpool Original pertama yg gue punya, nama punggung "Carragher" (dan justru memicu gue untuk konsumtif beli jersey Liverpool setaun sekali, istri siaul). Dewa ini emang bukan tipe orang yg mikir kalo ngasih kado, tapi dia tau apa yang gue pengenin. Kebalikan dari gue, yang gak mikirin hadiah apa, yang penting delivery-nya kreatif (bilang aja gak ada duit woy!!). Taun ini, dia ngasih hadiah yang membuat tambah jatuh cinta.. Tiket The Stone Roses Reunion, plus transport pesawat return CGK-SIN!! Wooohoooo... I LOVE YOOOUUUU MY WIFEEEE..!!!

The Stone Roses. Tua amat yak ini band.. Mencerminkan umur gue.. -_-"
Yang mau disampein sebenernya, buat gue sekarang, udah gak penting hadiah atau kado apa yg kita dapet pas ulang taun. Tapi lebih penting dari itu, justru perhatian orang yang di sekeliling kita. Dari situ aja keliatan sebenernya seberapa "harga" kita di mata mereka. Itu adalah balasan dari berapa elo "menghargai" mereka. Gue pribadi, belom merasa cukup "menghargai" orang sekitar. Ngeliat kemaren banyak orang yang ngucapin, temen dekat maupun teman jauh, membuat gue harus meng-upgrade level gue dalam menghargai orang.

Thanx buat semua yang udah ngucapin. Ucapan "selamat ulang taun" yang tulus, plus doa yang diberikan ke gue, merupakan hadiah yang BESAR. Sekali lagi, terimakasih. Really Appreciate It.

"A friendship can weather most things and thrive in thin soil; but it needs a little much of letters and phone calls and small, silly presents every so often - just to save it from drying out completely" - Pam Brown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar