Selasa, 24 Juli 2012

The Stone Roses Reunion, July 22nd 2012.

Denger berita "The Stone Roses Reunion" dan mereka mau bikin konser di Singapura 22 Juli 2012, sejak beberapa bulan lalu, sempet ngomong sama Dewa "Aaahh.. Gile The Stone Roses mau main di Singapur, keren banget itu pasti!! Aku gak sempet nonton waktu Ian Brown ke Jakarta. Nonton aja kali ya Bun?". Gak disangka, ternyata Dewa membuat tiket konser dan tiket pesawat return menjadi hadiah ulang taun gue!! Senengnya minta ampun. (meski sebenernya stres, hadiah gak termasuk biaya akomodasi disana, yang notabene harganya mahaaaaalll.. *padang*)

Karna akomodasi harus nyari sendiri, akhirnya gue coba cari tau harga penginapan disana. Paling murah itu berkisar SGD120!! Yang artinya sekitar Rp900.000. Siaul mahal banget cuma buat tidur. Akhirnya gue coba-coba cari informasi, dengan nanya sama temen2 dari account @stoneroses_id .Berdasarkan informasi dari mereka, ternyata ada yang namanya "hostel". Hostel ini tempat nginep buat para backpacker atau traveler yang emang berkunjung ke negara orang bukan untuk menikmati fasilitas penginapan, jadi udah jelas harganya jauh lebih murah. Mereka merekomendasikan hostel bernama "5footway.inn Project Chinatown 1" (dimana mereka udah booking di 5footway.inn Project Chinatown 2, yang posisinya tinggal ngesot2an), karna di tempat mereka udah penuh. Mungkin banyak yg udah sering traveling, tau apa hostel ini, emang gue aja yg norak, namanya jarang pergi (anak rumahan banget deh pokoknya gitu loohh). Yang mungkin sama kayak hotel sih palingan dapet wifi gratis dan dapet air hangat buat mandi. Sisanya beda banget. Bagi yang belom tau, gue kasih gambaran sedikit, seperti apa hostel ini.
1. Harga cukup terjangkau, 1 malem itu SGD25 (sekitar Rp187.500).
Cukup terjangkau dibanding hotel, bahkan yg levelnya bintang 2 sekalipun. Lebih murah pula dari sim card yang gue beli SGD38!! (masih kesel mahal banget disana buat komunikasi doang)
2. 1 kamar ada yang isi 4 orang, ada yang isi 6 orang.
Kebetulan kemaren dapet yg isinya 6 orang. Keisi cuma sama 5 orang. Dan lucunya, mereka itu dari negara2 yg berbeda. Dari Vietnam, Amerika, Jepang, dan 1 orang cewek dari korea selatan. Dan ini cewek cuek aja sekamar sama 4 cowok. Yang bahasa Inggrisnya bagus yg dari Amerika doang. Sisanya kalo ngobrol, belepotan!! Norak lu semua!! (padahal gue lebih ancur)
3. Tempat tidur tingkat, loker, 1 lampu kecil, dan 1 colokan.
Jangan harap dapet springbed ya kalo di hostel. Tempat tidurnya tingkat kayak bocah. Kemaren hoki dapet di kasur bawah, kasur atasnya kosong, jadi gak ngeri ketimpa. Juga cuma dapet 1 loker kecil (cuma muat tas, gak muat kalo koper), 1 lampu kecil plus 1 colokan (3 lobang) di samping atas. Kalo bawa pasangan dan niat begituan, gak recomended. Misal, mau lakuin dibawah, kepala bisa kejedot kasur atas. Dikasur atas? Yakin lu gak akan rubuh kalo elo goyang2??
4. Sharing WC dan kamar mandi.
Jadi didalem kamar itu cuma tempat tidur plus loker. WC dan kamar mandi diluar (udah kayak kosan gue dulu aje nih di Sekeloa, untungnya disini masih pake atap). Tersedia 3 WC dan 3 kamar mandi untuk 19 kamar. Jadi kalo mau berak (cebok pake tissue) atau mandi, carilah waktu yg tepat, kalo kagak, ngantri pasti kayak carrefour kalo weekend pertama awal bulan.
5. Breakfast gak ada pelayan.
Jangan bayangin dapet breakfast kayak di hotel yak. Di hostel, elo harus ke restoran (kayak kantin sih, gak gede soalnya) sendiri. Dan makanan seadanya, self service. Kemaren cuma ada roti plus panggangan plus aneka macam selai dan koko-krunch plus susu. Minumnya ada dispenser air putih dan coffee maker. Yang lucunya, abis makan, piring-sendok-garpu-gelas yang kita pake, harus dicuci sendiri. Ada yg minat kerja di Singapore jadi pencuci piring di hostel??

Sudut pandang dari bed gue. Yang ditutupin kaen itu tempatnya si cewek dari Korsel
Di hostel gue kemaren, boleh early check-in jam 10. Tapi baru boleh masuk kamar itu jam 15. Mati gaya. Karna sebenernya males kemana2 (dengan budget yang terbatas). Akhirnya, isenglah gue ke Singapore Indoor Stadium (SIS). Jalan kaki. Pegawai hostel bilang, bisa jalan kaki. Gue tanya sama tukang pulsa, kejauhan. Karna emang masih ada selisih waktu 4 jam, yaudah jalan aja, bermodalkan peta. Di peta emang keliatannya deket. 30 menit belom nyampe, 60 menit gak nyampe juga. Pas 1,5 jam belom nyampe juga, akhirnya nyerah dan naek MRT. Kaki pegel parah. Gue lupa, peta itu ada skalanya!! Jelas aje keliatan deket, orang skalanya gede!! Maklum jelek pelajaran geografi-->> Padahal anak IPS.

Nyampe di SIS sekitar jam 13, gile, megah banget venue-nya. Dan gak rusuh buat penukaran tiket. Antara manajemen tiket yg bagus, atau emang penontonnya yang tertib. Disana sempet kenalan sama orang bule dari Inggris, yang ternyata penggemar berat The Stone Roses. Padahal dia udah nonton Reunion di Manchester, masih juga ke Singapore (bule gilaa.. bule gilaa..). Dan dia kaget, ternyata The Stone Roses ini cukup dikenal di Asia, bahkan sampe Indonesia pun tau. Karna menurut dia pribadi, level dari band ini gak sampe tingkat dunia, gak kayak Coldplay yg udah global. Dia juga sering surfing di Indonesia, terutama Bali. Sama ada 1 spot favorit, namanya Majang, 5 jam dari Jakarta (entah ini dia yg salah nyebut, apa emang gue yg kuper gak tau ada nama tempat "Majang" di Indonesia).

Tiket sudah ditangan!!
Abis misah sama itu bule Inggris (gak pake cipika-cipiki ya tentunya), gue balik lagi ke hostel, buat mengistirahatkan kaki yg udah kayak mau putus pegelnya. Lumayan istirahat 3 jam, doing nothing. Jam 18 udah siap tempur, dengan mengenakan topi pancing bertuliskan DPM (au dah ini singkatan apa, pinjem dari temen), kaos hitam bertuliskan "IndonesiaWantsTheStoneRoses", celana panjang dan sepatu coklat (ini sebenernya rada nyesel juga, udah menuh2in tas, bikin berat. Ternyata di venue banyak yg pake kaos oblong-celana pendek-sendal. Tau gitu gue gak udah bawa sepatu sama celana panjang. Siaul bener). Ke venue naksi bareng 3 orang rombongan @stoneroses_id. Nyampe sana langsung misah lagi, mereka ngantri di antrian yang standing. Sedangkan tiket gue ada seatnya (maap yak, udah tua, lutut udah kopong--"kebanyakan"--, gak kuat berdiri lama2 dan loncat2 seperti sedia kala).

Apa ini jam 19 tapi masih teraaanng??!!
Ini orang Indonesia semua yg masuk duluan, cadok wooyy..
Kayak lagi di Inggris, banyak bule daripada orang Asia.. Pada ngebir sama teriak2 rusuh..
Sekitar 30 menit sebelum show, udah mulai penuh. Udah tengsin poto2 sendiri kayak orang gila..
Lampu stadion udah mulai dimatikan, sekitar semenit kemudian, ada suara bass menggema.. Mani masuk maenin "I Wanna Be Adored"!! Gak lama John Squirre nemenin. Pas Reni mulai masuk ngedrum, lampu stage langsung nyala!! Dan Ian Brown ke arah Mic, ngomong "Helo Singapore" doang, langsung monkey dance.. Anjiiiirrrr..!!! Opening yang gilak banget. Kalo di zoom pake kamera, terus nongol di layar gede kanan-kiri-belakang stage, mereka udah pada kempot. John Squire yg dulu unyu gitu aja, bener2 udah keliatan tua, meski gaya rambutnya masih poni lempar kayak masih muda (dan rambut gue waktu muda juga, hiks). Yang bikin keren, maennya masih pada enerjik, gak ngasih kesempatan yg nonton buat bernafas. Karna mereka emang jarang interaksi di panggung. Pada asyik sendiri2 sama musiknya. Mani-Reni-John udah kayak nge-jam aja, Ian keliling2 stage bawa kecrekan sembari monkey dance sendirian dengan cueknya. Lupa setlistnya apa aja, seinget gue semua lagu andalannya dimaenin, di buka dengan "I Wanna Be Adored", ditutup dengan (kalo gak salah, soalnya otak udah beku liat mereka live di depan mata langsung) "Made of Stone". Seinget gue kemaren, lagu hits-nya yang gak dimaenin cuma "Elephant Stone". Tapi lagu laennya macem 'She Bangs The Drums", "Waterfall", "I am The Resurrection", "This is The One", "Love Spreads", "Ten Storey Love Song", "Sally Cinnamon", "One Love", sampe "Mersey Paradise" dibawain dengan sangat LUAR BIASA!! Dan buat gue pribadi, lagu yg paling gue tunggu-tunggu itu "Fools Gold", dan bener2 berasa multiple orgasm, karna lagu tersebut dibawain sampe 15 menit dengan segala improvisasi merekaaaa..!!! GILA. Dengkul langsung lemes.

Gue sebenernya bukan gig-addict, ini nonton The Stone Roses juga gara2 dikasih hadiah ultah sama Dewa, kalo pake duit sendiri mah mikir ribuan kali (Padang gini mau sok2an gimane juga tetep aje pelit). Jadi dalam hidup gue, nonton konser juga paling yg dateng ke Indonesia aja, dan gak semua band Brit-Pop yg dateng, pasti ada hadir. Yang terbaru, Morissey dateng, gue lebih milih nonton stand-up comedian dari Canada, Russell Peters (anak BritPop durhaka). Meski mungkin gak valid (karna perbandingannya gak terlalu banyak) dan sangat subjektif (The Stone Roses itu band Brit ketiga kesukaan gue dibawah Blur, dan tentunya Oasis sebagai pemimpin rantai makanan), penilaian gue kemaren untuk The Stone Roses Reunion at Singapore Indoor Stadium: 10 dari 10!!
Alias PERFECT!!
Alias KONSER TERKEREN YANG PERNAH GUE TONTON LANGSUNG!!

Thanx Dewa Ayu Putu Novita Angelia udah ngasih hadiah kayak gini.. Meski aku tau kamu punya rencana BESAR dibelakang ini semua..

Nih gue kasih liat penampakan mereka pas konser kemaren, diambil dari google..

Alan "Reni" Wren
John Squire
Gary "Mani" Mounfield
Ian Brown
EPIC!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar