Selasa, 27 Desember 2011

Slowers

Waktu SMP-SMA mungkin elo semua pernah denger kalo di tiap sekolah itu selalu ada yg namanya GENG. Ada beberapa model, misalnya Geng cewek cantik dan populer (yg biasa ngebully anak baru yg lebih cantik daripada mereka), Geng tukang mabok (yg biasanya nongkrong di WC, sepanjang hari bau rokok) ataupun Geng anak Masjid (yg selalu ngerasa pendapatnya paling bener dan paling sohib sama Allah). Ciri-cirinya adalah mereka sangat bersifat eksklusif, dan pertemanannya kuat (kalo gak mau dibilang "maksa").

Selama gue sekolah, cuma 1 waktu ngerasa bagian dari Geng, yaitu pas SMA. Sempet maen CUMA sama 3 orang temen yg satu hobi (maen bola) dan satu selera musik (britpop), sampe kami punya nama sendiri, FIB yg artinya Four Imaginary Boys (OMG, norak abis). Kemana2 selalu ber4, di sekolah, maupun kalo diluar sekolah, ada acara2 BritPop gitu pasti ngikut. Tapi ini gak bertahan terlalu lama, karna kami sendiri juga mikir, koq jadinya norak gini, akhirnya cuma bertahan sampe setahun-an (pas kelas 1). Karna kalo tetep kemana2 cuma ber4, gak akan berkembang hidup ini. Akhirnya mulai berbaurlah kami ke anak2 yg lain, meninggalkan cap "FIB" didada (meskipun masih tetep ngeband bareng sampe skrg).

Sampe kuliah, gue selalu tergabung sama beberapa kelompok besar kalo reunian, misalnya reunian SMP, reunian kelas 1-5/2-5 (SMA), reunian IPS 2 (SMA) ataupun reunian temen kampus. Gak pernah reunian sama kelompok kecil tertentu. Baru ngerasain pertemanan model begini lagi pas udah lulus kuliah, dimana semua udah pada mencar, udah bingung sebenernya mau maen sama siapa, karna udah pada punya kehidupan baru masing2. Disinilah awalnya secara tidak sengaja dan dibuat2, lahir yg namanya "Slowers", 1 kelompok kecil dari laki2 yg punya nasib dan keadaan yg"memaksa" kami untuk berkumpul bersama. Kami gak eksklusif kayak Geng-Geng di sekolah, makanya gak pernah mau dibilang "Geng Slowers". Silahkan aja kalo mau maen bareng mah.

Asal mula kami selalu maen bareng, berawal dari anti sosialnya gue sewaktu gak diterima di Kemenkeu (padahal udah interview), sekitar tahun 2008 pas lagi jobless (setelah dipecat ABN-AMRO). Saat itu, gue gak mau ketemu siapa2, boro2 ke reunian atau kenikahan temen, bahkan kalo Dewa ngajakin pergi berdua, gue suka males, takut ketemu orang dijalan terus nanya "Gawe dimana skrg Gol??". Totally anti-social.

Suatu hari, di SMS sama temen gue, Noto: "Gol, maen futsal yuk Kamis malem jam 7 di Arena, Kelapa Dua. Maen bareng sama temen2 kampusnya Winstone".
Perkenalan sedikit:
1. Noto, temen SMP-SMA gue, satu kosan bareng selama 4 tahun di Bandung, lulusan FH UNPAD.
2. Winstone, temen sekelas gue di IPS 2 (SMA), terkenal dgn "gak mau bergaul"nya, lulusan Sosiologi UI.
Saat nerima SMS itu, di masa2 kebosanan gue yg dirumah mulu, akhirnya gue berpikir: "Maen ah, lumayan nyari keringet, lagian maen sama mereka gak papa, nasibnya sama kayak gue, lagi nyari2 kerjaan, jadi gak perlu minder". Setelah lulus dari UNPAD, Noto emang sering maen sama Winstone (bahkan sejak SMA), nongkrong di UI. Gue jawab:"Ayo aja To, ajak siapa lagi deh, biar rame". Noto bilang:"Yaudah, gue ajak Daniel, elo ajak siapa??". "Gue ajak Eka aja yak, biar maennya enak", gue menutup SMS.
Perkenalan sedikit:
3. Daniel, salah satu anggota FIB, satu kosan juga sama gue-Noto di Bandung, lulusan FH UNPAD (nerusin notariat UI abis lulus).
4. Eka, salah satu anggota FIB, temen maen gue dari SMP, lulusan FE Trisakti.
2-3 kali hari Kamis, gak selalu berlima dari kami bisa maen semua, ada beberapa kali cuma maen bertiga. Akhirnya Winstone bilang: "Gue ajak Julpi aja yak gabung, biar kita gak kekurangan orang kalo maen".
Perkenalan terakhir:
5. Zulfi, temen sekelas gue di IPS 2, anak Rohis, tukang nyeletuk, lulusan Akuntansi UI.
Kamis malem (jam 7-9) itu jadwal maen futsal anak jurusan Sosiologi UI di Arena Futsal (Kelapa Dua, tinggal ngesot dari rumah gue sekarang), karna Winstone "dituakan" (selain karna senior, tapi emang mukanya tua), jadi dia boleh ajak temen buat gabung. Jadilah kami ber6 (gak selalu semuanya bisa ikut di waktu yg sama) rutin untuk ngumpul dan maen futsal disana, sembari mencoba "lari" dari kenyataan, bahwa temen2 satu angkatan udah pada kerja, dan kami gitu2 aja kayak orang gila. Mungkin kehadiran kami sedikit mengganggu buat anak sosiologi UI, karna kami dibekali sedikit kemampuan dalam bermain futsal (5 dari kami selalu membela nama SMA 14 kalo ada kejuaraan sepakbola antar sekolah), sehingga kami sangat mendominasi kalo lagi maen dan sedikit memberi ruang buat mereka bermain futsal.

Kamis menjadi hari yg selalu gue nanti2kan saat itu, ditambah Noto SMS setelah 1-2 bulan selalu maen futsal bareng: "Gol, maen PS3 yuk di deket UI, dari pagi aja kita udah kesana, jadi malem langsung maen futsal. Kemaren gue nyoba maen FIFA09 sama Winstone, keren bgt". Semenjak SMS itu, mulai tambah lagi kerjaan bagi kami di hari Kamis: Pagi-Magrib maen PS3. Kalo ngomong "ngerental", "maen PS3", kayaknya gak keren, soalnya kita cuma maen FIFA09 doang, gak maen game yg laen. Jadi kami buat bahasa sendiri, bahasa gaulnya kalo maen PS3: NGAFIF. Bahkan saat di condet ada tempat ngafif yg baru (lokasi lebih deket, dan tempatnya lebih luas), secara gak resmi, Garasi (nama tempat ngafif-nya) jadi basecamp buat kami.

Waktu terus berjalan, gak selamanya kami akan begitu terus tiap hari Kamis kan?? Satu-persatu akhirnya pada keterima kerja di akhir tahun 2009 dan awal 2010, saat itu gue keterima di Standard Chartered Bank, dan pelan-pelan kami udah gak ikutan lagi maen futsal bareng anak sosiologi (alhamdulillah kayaknya buat mereka, lepas dari orang2 ini) di hari Kamis. Life goes on.

Saat gue menikah, mereka ber-5 adalah panitianya. Saat itu, gak ada orang lain yg bisa gue andalkan selain mereka. Mungkin dari sekian teman2 terbaik, ada beberapa yg secara track record sangat bisa diandalkan jadi panitia, tapi permasalahannya, gue udah gak tau mereka kemana dan kesibukannya apa. Sedangkan gue masih sering kumpul sama mereka ber-5, untuk ngafif seharian di akhir pekan, ataupun cuma sekedar nonton bareng pertandingan bola. Jadilah mereka ber-5 dengan sukarela ikutin rapat panitia, dan dateng ke venue nikahan dari siang, memakai baju panitia (kalo pada liat cowok pake baju item2 ala panitia, dgn badan tinggi gede, nah itulah mereka), ngurusin segala hal teknis saat acara, bahkan sampai malem2 konvoi buat sekedar "jagain" duit angpao yg gue-Dewa bawa menuju tempat aman, alias tempat kompetisi malam pertama diadakan, Gran Melia Hotel. Really appreciate it, Guys.

Sekarang, semua udah punya kehidupan masing-masing, Noto kerja di Jayapura, Eka-Daniel masih di Jakarta, Winstone kerja kontraktor lagi bikin proyek di Bandung, bahkan Zulfi udah menikah. Tapi kalo ada kesempatan (apalagi kalo Noto lagi di Jakarta), pasti kami kumpul. Waktu libur panjang Lebaran, sempet ngafif 2 hari dirumah Kelapa Dua, bukan punya gue, tapi ngerental juga, yg bisa dibawa pulang. Padahal kalo mau, bisa aja dengan penghasilan masing2, beli PS3 sendiri-sendiri. Tapi tetep PS3nya rental (emang dasarnya merki). Yang terbaru, Senin kemarin 26 Desember 2011, kita ngafif dari pagi (padahal tempat rental PS3nya libur, karna udah kenal, kami minta bukain) sampe sore. Karna pas banget 6-6nya lagi kumpul, jadilah itu Garasi yg sangat luas, jadi dikuasai Slowers sampe buka 2 tivi saat itu buat maen (bener2 kayak bocah, padahal umur udah pada 27-28). Bener2 suasana yg sangat nyaman: Ngafif FIFA12, ngobrol gak penting, asap rokok, agua dingin, teh botol, dan berbagai makan ringan dari Indomaret menemani. Setiap ngafif, paling banyak cuma ngeluarin duit Rp10.000 buat patungan, ini baru yg namanya Heaven (lebay).

Kadang suatu kelompok itu terbentuk dari suatu kesamaan kondisi, untuk kasus Slowers, semua ini dimulai dari SAMAnya kami gara2 gak ada kerjaan dan bingung harus ngapain. SAMAnya kami yg suka maen futsal. SAMAnya kami yg suka maen PS. Padahal dibalik semua itu, banyak perbedaan diantara kami. 3 agama nasrani, 3 muslim. Sampe tim kesukaan pun beda, ada yg MU, Arsenal, gue sendiri Liverpool. Tapi semua perbedaan itu dimentahkan, karna faktor KESAMAANnya yg lebih dominan.

Gue rasa semua dari elo juga pernah kayak gue, punya KESAMAAN di suatu kelompok kecil, dimanapun berada atau bagaimanapun tebentuknya. Pesan gue, bersyukurlah punya mereka. Karna disaat kelompok besar yg elo punya sedang "berbeda", kelompok kecil ini akan ada terus buat elo, karna faktor KESAMAANnya sangat sulit untuk dipatahkan..

Akhir kata, gue lupa kenapa namanya "Slowers", setelah baca keatas lagi. Di akhir paragraf ini bakal ketauan jawabannya. Jadi kenapa kami menyebutnya dgn "Slowers", karna di awal2 kami kumpul, sering bgt pertanyaan2 diobrolan muncul: "Kemaren tes kerja di xxx gimane?? Udah ada jawaban??", "Ayo ah, golin lagi, masa' kita kalah??", "PS3nya penuh, gimane nih?? Mau nunggu aja??" atau pertanyaan2 lainnya, pasti masing2 dari kami akan membalasnya dengan ucapan: "SEEELLLLLOOOOWWWWWW....!!!!".

2 komentar:

  1. suka banget sama ceritanya yg sedikit miris tapi malah mendapatkan geng (wlw terpaksa). Haha
    for all,gaya bahasanya ASIK GILAAAAA.. salam ya kak buat geng slowers nya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, siiipp.. Nanti disalamain kalo lagi ngerental PS yak.. Hehe..

      Hapus