Jumat, 15 Januari 2016

Social Media Buat Apa?

Socmed kata populernya.

Berdasarkan pengertian nomer 6 di Wikipedia: "Social media has been broadly defined to refer to 'the many relatively inexpensive and widely accessible electronic tools that enable anyone to publish and access information, collaborate on a common effort, or build relationships.'"

Yang artinya, kurang lebih: Media Bersosialisasi. HAHAHAHAHAHA.TAHIK AH *Males ngartiin.*

Gue termasuk orang gaptek. Kalo ada yg tau email gue, pasti ngerasa. Email buat mata kuliah Aplikasi Komputer, nama lengkap plus nomor pokok mahasiswa -__- Karna saat kuliah itu pertama kali kenal sama internet, jadi seneng banget kayak Tarzan masuk kota: "Oooohh.. Ini toh namanya browsing.. Ooohhh.. Caranya pencet www terus ada com belakangnya... Enak juga bisa email-email-an gratis, gak perlu sms bayar Rp350... Wah bisa liat cewek-cewek telanjang gini".

Keluar deh waktu itu Social Media pertama yg gue pake: Friendster. Awalnya males bikin, tapi ditunjukin sama temen: "Nih, seru tau Gol, kita bisa ngisi testimonial ke temen. Terus gantian temen bisa isi testi kita". Oh gitu. Makanya dulu gue gak ngerti di kampus pada saling: "Eh, elu udah gue add tuh di friendster, jangan lupa isi testi ya".

Akhirnya nyobain, eh ketagihan. Karna seneng baca testi yg bagus-bagus dari temen, terus ngasih testi ke temen asik juga ternyata. Baru tau gue, ternyata dulu punya diary gitu enak kali ya. Pada inget gak yg seangkatan gue, dulu tuh banyak yg punya diary. Bukan buku tempat curhat, tapi buku yg isi biodata temen. Nama, alamat, olahraga favorit, warna kesukaan, kata mutiara -__-

Di Friendster gue juga bisa ngeliat aktivitas temen-temen, apalagi diluar kampus. "Oh, ternyata dia suka dugem toh", "Gokil, si A ternyata kaya ya, di kampus biasa aja gayanya", "Wah si itu udah putus loh ternyata sama si anu", "WHAAATT??!! Dia udah jadian???!!". Dan info lain-nya. Di Friendster juga kita bisa melakukan pencitraan. Terserah mau gimana, baik atau buruk. Kita tinggal posting, yang nilai ya teman-teman sendiri. Kayak waktu kuliah, gue (kayaknya) punya image cowok setia, romantis, suka olahraga (kalo liat blog Dewa dulu). Di sisi lain, mungkin juga punya image negatif sebagai orang yg suka marah, nyindir, dsb, karna saat itu rada kurang ngarti gimana caranya bersosialisasi di dunia ma.. Eh, dunia bukan nyata gitu.

Waktu berlalu, dan teknologi semakin maju. Kalo dulu, satu-satunya tempat maen Friendster adalah di Warung Internet (Warnet). Makin kesini, ternyata dirumah bisa juga dipasang jaringan internet, pake komputer. Jaman sekarang? Buseeett.. Internet udah dalam genggaman tangan, bisa lewat smartphone. Gak tau ya masa depan, mungkin kepala kita ditaro chip gitu kali ya, terus bisa akses internet tanpa perlu device kayak komputer atau smartphone. Tinggal kedip.

Karna cukup ketagihan, maka dari itu, hari ini gue punya 5 social media yg aktif digunakan sehari-hari. Kenapa bisa sampe ada 5? Banyak amat? Terus buat apa aja? Cerita ah..

1. Facebook


Lagi asik-asiknya maen Friendster, eh keluar social media baru yg lebih seru. Namanya Facebook. Lebih seru dari Friendster, bisa update status terus komen segala. Dan fitur-fitur jauh lebih lengkap. Makanya Friendster jadi gak laku lagi, sampe terakhir mau cek karna mau ambil testi-testi "kenangan" Dewa waktu kali belom pacaran, eh, udah kayak jadi situs game gitu :(

2. Twitter.


Ini social media ketiga yg gue punya. Cuma bisa "update status" 140 karakter. Itu juga berkurang kalo posting pake gambar. Tapi disini, elu bisa "temenan" sama idola. Bisa tau aktivitas dia, tanpa perlu dikonfirmasi. Tinggal follow. Disini juga banyak info yg bisa elo dapetin lebih cepat daripada koran besoknya, atau bahkan tivi beberapa jam setelahnya. Kalo gak mau cepat, minum aja jakban atau pake tissue magic.

3. Blog.


Bikin blog sih karna ikut-ikutan Dewa aja, punya dia bagus bagus, karna emang dari kecil udah biasa nulis diary kali ya. Dan banyak dapet penggemar lewat blog. Karna gue suami yg gak mau kalah, jadi ikut-ikutan bikin juga. Cuma nyampah aja sih, gak ada tema khusus kalo nulis. Tulisan juga gak bagus-bagus amat. Kasian ye. SONO GAK LU JANGAN BACA!!

4. Path.

Sebenernya awalnya males bikin Path, lagian apaan fungsi-nya kan. Toh fitur-fitur-nya bisa diakomodasi sama Facebook sama Twitter. Tapi sejak pake smartphone (pas punya facebook, twitter, blog, emang HP masih jadul, update cuma kalo depan komputer), coba iseng aja install. Karna ada beberapa postingan "rada pribadi" yg gak bisa gue share di 3 social media lain-nya. Misal postingan rada mesum -__-

5. Instagram.

Nah ini social media terbaru yg gue pake sampe saat ini. Mungkin era twitter mulai bergeser ke Instagram. Karna "postingan" dalam kalimat akan menarik kalo itu adalah suatu opini. Tapi kalo "cerita", orang lebih suka sama hal yg visual. Misal gue posting "Sore ini ngangon anak dulu ah" di twitter, mungkin gak akan semenarik kalo gue posting kalimat sama, tapi ada poto lagi nina-bobo-in Adia/Carra. Bahkan postingan foto doang, tanpa caption, udah "bercerita" banyak. Masih newbie di Instagram, baru 3 bulan. Ibaratnya orang baru menikah, kadang ada istri yang belom bisa orgasm nih. HAHAHAHA. Maap ya Bro yg ngerasa. Becanda, elaaahh.

Jadi, sebenernya Social Media Buat Apa sih???!!

- Postingan:
Facebook, karna ini social media yg paling powerful, menurut gue, maka biasanya posting yg "penting" aja. Bisa foto/video dari Path/Twitter, atau kumpulan foto "menarik" dalam sekali postingan. Makanya mungkin bisa aja gak posting apa-apaan di facebook beberapa hari, kalo gue anggap gak begitu "penting". Ya tapi kalo elu ngerasa tiap menit dalam hidup elu itu penting, ya posting aja gak papa, sehari puluhan kali. *lah nyinyir colongan*
Twitter, sekarang udah jadi media pemberi informasi buat gue. Dan biasanya info tersebut bakal gue RT, lalu lanjut komen ngasal kalo emang perlu. Posting cuma celetukan doang, kan dibatesin 140 karakter. Udah jarang bikin serial kayak #AfganSoljumDiKomplek :(
Blog, ini tempat gue nyampah, tempat ngeluarin unek-unek atau posting apapun dalam bentuk cerita. Kebanyakan gak penting sih. Isi-nya paling tentang selangkangan. Atau kayak tulisan ini. Gak penting banget deh ih.
Path, sarana buat ngelawak. Karna ada emoticon :) :D :O :( sama love. Biasanya disini sering posting kejadian sehari-hari gue aja, tapi dari sisi komedi. Garing juga biasanya.
Instagram, ini tempat buat menunjuk-kan "laki"-nya gue. Laki yg punya peran sebagai Ayah, suami, adik, kakak, anak, maupun sebagai laki biasa yg punya hobi. Gue ngambil poto gak ada seninya juga, jadi ngapain lagi kan kalo bukan buat pencitraan.

- Friends/follows:
Facebook. Karna mungkin hampir semua orang (bahkan Ayah-Mama) punya akun, ini social media buat ketemu sama temen lama, jaga silaturahmi, dan lebih mengenal temen baru. Dan banyak info yg bikin komentar dalam hati: "Dulu kata lu Ibu Rumah Tangga adalah cita-cita dan nyinyir ke Ibu Bekerja. Lah dia kerja sekarang", "Njir jadi gak berjilbab lagi dia, sudah kuduga", "Katanya itu cewek merupakan cinta sejati, umbar-umbar kemesraan, eh putus, payah kerak congek", "Dulu kata lu ngapain kerja sama orang, punya usaha dong. Usaha gak maju, jadi karyawan lagi", "Yaelah, masih aja bawa-bawa sentimen Pemilu, move on ah". Hal-hal macam itu-lah :)))
Twitter. Karna udah jadi berita online, biasanya follow akun-akun berita, pelawak, atlet, "tokoh" di komunitas maupun komunitasnya, dll. Follow temen juga sih, tapi biasanya udah jarang pada aktif di twitter. Mungkin karna fiturnya cuma RT sama reply doang kali ya. Jadi kalo ngetweet gak ada yg respon, berasa dicuekin, padahal mah yg masih maen twitter dan follow dia, pasti ngebaca kalo emang lagi online. Jangan baper ah. Faaaakk.. Ngapa gue jadi ikut-ikutan ngomong baper.. *ketok meja*
Blog. Pernah gak sih lu ngerasa, ada temen yg punya social media, tapi kerjaan-nya posting doang, tapi jarang ngerespon? Punya akun dia, tapi ya posting aja. Gak pernah komen, gak pernah ngasih emoticon, gak pernah ngasih respon apapun? Nah, itu mirip gue di blog. Punya cuma buat nyampah doang sebenernya, jadi jaraaaaanng banget baca punya orang lain. Satu-satunya yg rutin gue kunjungin cuma punya Dewa doang, www.novitaangelia.blogspot.co.id. Mungkin karna blog itu sifatnya harus dibaca panjang kali ya. Jadi kalopun ada waktu buat kepo, ya mending buka social media yg lain. Atau tidur. Atau maen sama anak-anak. #saik gak tuh?
Path. Sedikit banyak mirip sama facebook. Tempat buat tau aktivitas temen. Kadang kalo ada yg udah pernah ke tempat yg pengen kita tuju, jadi bisa minta referensi. Jadi tau juga kalo temen ada yg nikah, hamil, punya anak, masuk SD, dan sebagainya. Tapi seperti kalo gue posting disini yg santai-santai aja, biasanya jarang nemuin yg "negatif" di Path, karna gak mau sembarangan temen, yang gue "add" atau "accept". Jadi jarang komen nyinyir dalam hati. Palingan kalo ada yg ngebom foto dalam sekali waktu, itu kayak yang: "Oke gue love yang ini, yang ini juga, tapi 12 poto lainnya gak usah yak. Itu kan sama aja gayanya, selfie. Cuma beda arah monyongnya doang".
Instagram. NAH INI. Dewa sebenernya yg maksa gue untuk bikin akun, katanya seru. Yowes, gue bikin kan. Eh, bener seru. Gue bisa follow Angel-Angel Victoria Secreeeett. Itu aja sebenernya yg bikin seru disini. Soalnya kalo follow temen, dia posting yang sama di Path, di facebook juga. Itu-itu aja. Tapi kalo follow model-model.... Makasih ya istriku :*

Unfriend, unfollow:
Ini sih biasanya spontan aja. Kalo lagi buka timeline, tiba-tiba ada nama yg gak gue kenal (Bunda-nya xxx, Abi-nya xxx), dan liat poto kurang familiar, ya langsung aja unfriend. Begitu pula kalo terus-terusan posting yg gak gue demen (misal marah, ngedumel mulu, provokatif), ngapain temenan kan, ngotor-ngotorin. Kalo lagi ada waktu luang juga suka ngecek temen yg udah gak pernah aktif posting di social media. Atau kayak gue ngeblog, cuma mau satu arah, dia posting dan mau-nya di respon, tapi kalo temen posting, dia gak respon, ya unfriend aja. Toh untung-nya buat gue gak ada, rugi-nya buat dia juga gak ada kalo gak temenan sama gue. Fair Enough *emoticon jempol item*

Dulu, gue pernah ninggalin Social Media, saat lagi anti-sosial. Saat di titik terendah kepercayaan diri dalam hidup. Gak ada hal yg bisa gue sharing karna ngerasa hidup lagi gak menarik, gak mau tau perkembangan temen kayak apa sehingga tali silaturahmi mungkin bisa terputus, cuma mau sendirian aja gak peduli sama lingkungan sekitar. Semoga itu bukan alasan buat teman-teman yg memilih untuk gak aktif di social media ya.

Karna buat gue, Social Media penting buat sharing informasi, dan mendapatkan informasi. 2 alasan itu udah cukup buat gue wara-wiri di dunia penuh tipu muslihat ini. PPPPFFFTTT.

 "Nowadays, social media is the easiest place to go to find something" - David Nail

"Everything you post on social media impacts your personal brand. How do you want to be known?" - Lisa Horn a.k.a The Publicity Gal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar