Senin, 11 Januari 2016

Dewa's Birthday Short Trip, Pulau Macan

Terakhir posting 17 November 2015 -__-

Apa kabaaarr???!!! Ah njir, susah banget nyari mood buat bikin tulisan, tapi karna tema-nya merupakan bagian dari hari spesial Dewa, mau gak mau deh paksain nulis lagi. Bukti cinta seorang suami kepada istrinya. #saik

Tanggal 26 November merupakan hari ulang tahun Dewa yg ke-31. Nih gue bikin jalur kutu.

Selama gue hidup di Jakarta, gak pernah sekalipun ke Kepulauan Seribu, begitupula Dewa. Tapi pulau laen malah udah pernah dikunjungin. Yang tinggal nyebrang doang kayaknya koq gak tertarik. Seperti biasa, Dewa cuti di hari ultah buat melakukan short birthday trip. Karna lagi males yg jauh, akhirnya mutusin yg deket. "Kepulauan Seribu yuk".

Dari beberapa tahun lalu, ada 1 pulau disana yg Dewa pengen banget cobain. Dia udah ajak temen-temen kantor, rencanain, gak jadi. Ajak ini-itu, ujung-ujungnya gak jadi mulu. Jadi, kesana pas ulang tahun kayaknya bisa jadi "hadiah" buat gue ke dia, disaat umur makin bertambah dan ide-ide di kepala sudah makin menipis. PULAU MACAN.

Berangkat pagi dari Dermaga 17 Marina Ancol, jam 08.00. Tepat waktu loh, gak ngaret. Dan kalo ada yg belom sarapan, disana ada restoran yg udah buka dari pagi, dengan menu kayak ayam goreng, nasi goreng, mie goreng. Harga juga gak digetok mahal koq meski mungkin dia cuma satu-satunya tempat makan di daerah situ.

Nyebrang ke Pulau Macan pake kapal cepat. Kapasitas didalam bisa nampung sekitar 60 orang didalam, 10 orang diluar. Nyaman banget, gue yg suka mabok (gak enak amat ya bacanya, badboy banget gitu) ini enak aja perjalanan 2 jam di laut. Penumpang campuran, tujuan ke berbagai pulau disana. Pulau Macan itu sekitar pemberhentian ke 8 atau 9. Didalem juga ada AC, jadi gak gerah. Yang keren-nya, karna Carra sepanjang perjalanan ngacak-ngacak tas Dewa, gak sengaja jatuhin kamera dan kami gak sadar. Di sore hari, tiba-tiba ada orang kapalnya ke pulau, dan balikin itu kamera. Gokiiill.. Padahal kalo mau dia ambil kan bisa aja ya. Mudah-mudahan rezekinya dibalas dengan setimpal ya Mas..

Nyampe sana jam 10an. Ya Allaaahh.. Langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Pulaunya bagus banget. Banyak yg bilang ini kayak private island gitu, dan kayaknya bener. Sepi banget. Mungkin perbandingan antara tamu, sama staff pulau, lebih banyak staff pulau -__-

Udah gitu pada baek. Karna belom bisa masuk ke-kamar (check-in jam 2), akhirnya kami mau menggunakan fasilitas yg ada. Kepala pompa jatuh di mobil, sedangkan Dewa udah nyewa bebek-bebek-an. Mampus dah gue. Eh, ternyata disana mereka punya kepala pompa. Horeeeee.. Ada yg gak jadi ngomel, fiiiuuhh. Dan dengan sigap mereka aja yg handle itu bebek sampe melendung, dan nyuruh gue nyantai aja di lobi.

Ini penampakan lobi-nya. Abaikan gaya gue yg sok-sok-an anak pantai, itu dalam rangka mau posting sesuatu di Path. Pppfftt.

Oh ya, ini lobi juga enak banget. Ada kursi-kursi begitu, view langsung laut. Minuman dan cemilan gak pernah habis. Disini biasanya jadi tempat kumpul. Bisa buat breakfast-lunch2x-dinner (yang semuanya udah include harga yg kita bayar). Bisa buat tunggu check-in (karna ada jarak dari kedatangan). Bisa buat tunggu kapal karna check-out jam 12, kapal jemputan berangkat jam 14. Dan jadi satu-satu-nya tempat yg listriknya gak mati selama 24 jam. Yes, Pulau Macan mengusung konsep Green. Jadi listrik akan dimatikan pukul 06.00, dan kembali nyala 17.00. Sukurin lu yg udah addicted gadget terus batere bocor :)))

Sayang banget Adia kurang sehat hari itu. Lagi batuk-pilek-demam. Bahkan sarapan juga dimuntahin sama dia sebelum naik kapal. Jadi Dewa-Carra duluan deh yg maen, gue nemenin Adia. Tuh, bebek-bebekan yg gue maksud diatas. Ngapain dah bini gue bawa begituan -__- Airnya jernih banget, dan gak dalem begitu mendekati pulau. Liat tuh, Dewa bisa berdiri sembari gendong Carra. Di kejauhan, ada bule lagi pada snorkeling. Ini kayak "kolam renang" gede. Karna dari lobi ada tangga, yg langsung ke laut. Disitu udah banyak ikan.

Itu penampakan kalo malem, ada lampu dan bisa liat ikan pada berenang. Keren. Kalo siang/sore ketinggian bisa macem-macem tergantung laut lagi pasang atau enggak. Paling rendah cuma selulut gue, kalo lagi pasang bisa sedada.

Pas udah waktu-nya check-in, kami pindahin Adia buat istirahat di kamar aja, karna kasian ngeliat dia batuk-batuk mulu, dan badan rada demam. Kamar di Pulau Macan ada beberapa jenis, ini yang paling "normal" kayak kamar biasa. Karna dengan pertimbangan bawa 2 anak. Kamar yg laen lebih keren, ada yg langsung laut di terasnya jadi bisa liat sunset. Dan mayoritas mulai dari tembok, lantai, atap, semua pake kayu. Karna mengusup konsep Green, bagi yg mau menemukan kenyamanan pake AC, disana gak ada ya. Apalagi TV. Kalo gak ada TV sih anak-anak gue gak begitu permasalahin, nah AC ini dah. Malem pada kegerahan pake kipas, jadi terpaksa kami mandiin mereka biar gak lengket, jam 22. Dan semaleman pada kurang nyenyak tidur, Ayah-Ibunya jadi gak bisa ngapa-ngapain :((

Akhirnya malam telah berlalu, dan alhamdulillah setelah istirahat dari kemaren, Adia punya tenaga buat menikmati fasilitas pulau. Yeeeaaayy..

Setelah sempet hujan sekitar setengah jam, akhirnya kami naik perahu dan nyebrang ke Pulau Macan Kecil yg berjarak kurang lebih 500m dari Pulau Macan Besar, tempat kami menginap. Di saat laut gak pasang, bisa jalan kaki loh nyebrangin laut kesana. Yang pengen berenang juga bisa sebenernya. Tapi karna gue lebih mementingkan keselamatan anak-anak, ya disebrangin aja naek perahu sama Mas-nya. #AlasanNgehe

Pulau Macan Kecil gak begitu gede, dan gak ada kehidupan sebenernya. Meski katanya sih mau dibangun penginapan juga. Tapi lucu aja di tengah laut ada pulau gak berpenghuni gitu, kayak nonton Survivor jaman dulu. Tapi ada pasir putih, jadi anak-anak bisa maen. Itu perlengkapan pasir juga gak kami bawa loh dari Jakarta, udah disediain sama Pulau Macannya, jadi tinggal angkut aja. Disana, semua fasilitas tinggal pake aja. Ada peralatan buat diving, snorkeling, kacamata renang, sepatu didalam air, kaki katak, perahu, kano, semua udah gak perlu bayar. Pulau digambar atas, yg lagi ada kapal bersandar, itu Pulau Macan Besar. Gak jauh kan. Mayan buat gue latian Trialthon. Wasaithon. Berenang aja kagak bisa.

Beres maen, balik lagi ke kamar deh siap-siap balik ke Jakarta. Karna saat itu weekday, dan semua staff pada tau Adia lagi sakit, jadi kami diperbolehkan deh check-out sesuai dengan jadwal keberangkatan kapal. Dan untungnya lagi, kami penumpang pertama yg naik kapaaall. Jadi bisa selonjoran dulu, sebelum penumpang dari pulau lain pada masuk. Oh ya, ini kapalnya lebih gede dari yg berangkat, jadi memuat lebih banyak orang. Tapi enak koq bawa anak juga, gak risih karna penuh kayak di kopaja gitu ada yg sampe berdiri, terus pake kenek narik recehan -__-

Review sedikit ah mengenai Pulau Macan ini:

1. Kelebihan:
- Staff
Menurut gue ini yg paling oke dari mereka. Sejak mulai keberangkatan, gue kontak-kontakan sama Mbak Agnes, beliau sangat helpful. Dari mulai nyaranin kamar yg mana karna bawa anak-anak, sampe nyediain kue ulang tahun buat Dewa. Nyampe sana juga pada ramah semua, selalu ngebantuin. Malah pas ke Pulau Macan Kecil, ada momen gue ama Dewa berenang ke tengah laut, Adia-Carra dijagain sama Mas yg nyebrangin. Mayan gak perlu aja babysitter kan.
- Private
Yang butuh privasi dan gak begitu suka sama keramaian, pulau ini merupakan pilihan terbaik. Gak tau di weekend, tapi pas kemaren tamu cuma keluarga kami, dan 1 pasang bule. Jadi gak crowded dan pas buat bawa anak-anak. Apalagi yg mau honeymoon. Mau ah oh ah oh juga bodo amat dimari.
- Fasilitas
Semua fasilitas buat maen di laut tinggal pake, dan lengkap. Mau snorkeling? Diving? Disediain alatnya. Kano ada, perahu ada. Kalo males dayung sendiri, Mas-nya siap nemenin, tanpa kasih tip langsung pula. Nanti di resepsionis tip dikumpulin di satu kotak gitu, sebelum kita check-out. Bisa maen pasir pula di sebrang. Jadi pas deh buat pecinta laut. Dan atlet renang kayak gue.

2. Kekurangan:
- AC-TV Dikamar
Seperti yg gue bilang diatas, karna mengusung tema Green, listrik gak 24 jam, di kamar juga gak ada TV sama AC. Jadi kalo kesana, kamar ya tempat buat istirahat aja, sama buat begituan. Ya kali begituan di pinggir laut, nanti diintipin ikan julung-julung. Habiskan waktu manfaatin fasilitas pulau.
- Makanan
Disana dapet makan besar 4x. Tapi cemilan sama minuman sih tak terbatas. Gue sangat setuju sama Dewa, dari 4x makan, gak ada rasa yg mengecewakan buat lidah. Semua menu enak, anak-anak pun makan banyak. Tapi kenapa masuk di kekurangan, menurut gue kalo udah di pulau, makan ya seafood. Padahal berharap malamnya bakal ada bakar ikan, cumi, udang, dll. Jadi kerasa gak lengkap aja, maen ke laut tanpa makan seafood. Ibaratnya lagi ML... *halah ini mulu ibaratnya, bosen ah*
- Biaya Mahal
Ini sih buat kasus gue kemaren ya, karna bawa 2 anak. Udah gitu yg 1 lagi sakit. Jadi, meskipun disana cuma ngeluarin duit buat ngasih tip doang, karna semua udah include, cuma tetep ngerasa kurang aja dari yg gue keluarin. Emang Padang :)) Tapi kalo suatu saat gue balik, cuma bedua doang sama Dewa misalnya, mungkin akan sangat worth-it. Kemaren gak sempet maen kano, gak sempet snorkeling/diving, Adia juga banyak istirahat karna sakit. Ya begitu kalo traveling bawa anak, ada risiko ngerasa "rugi", tapi di sisi lain, kalo mereka gak ikut, koq kayak kurang seru :*

So, Happy Birthday My Lovely Wife...

And see you soon, Pulau Macan..