Selasa, 21 April 2015

Berhenti Ngerokok



Kalo ngomongin ngerokok, gue jadi keinget sama salah satu percakapan lucu antara gue dan temen yang BARU nyobain rokok sewaktu kuliah... KEMANE AJE LUH???!!!

Gue: *ngeliat temen yg baru beberapa hari mulai ngerokok* "Lucu juga yak gaya lu pegang rokok"
Temen: "Biarin-lah. Mendingan gue ngerokok, daripada elu gak ngerokok"
Gue: -__-

Sewaktu gue punya mantan yg ngelarang, emang rada terbatas waktu buat ngerokok. Gak pernah ngebakar itu batangan di depan umum, di sekolahan atau kampus. Pasti di tempat "tersembunyi". Misal lagi maen sama temen-temen di luar, di kosan. Pokoknya main aman aja dah. Gak enak bener yak hidup gue -__-

Kenapa percakapan diatas selalu lucu, karna temen itu gak tau, kalo sebenernya dari SMP gue udah aktif ngerokok. Pertamakali nyobain rokok sih waktu masih SD, dari si Mama waktu kami pergi ke Padang. Enak banget ngeliat Mama ngerokok Djarum Super, terus gue ngerengek ala anak bungsu buat nyobain. Tiap dilarang, tiap itu pula gue rewel. Sampe akhirnya Mama nyerah: "NIH, NIH, COBAIN SINI, TAPI JANGAN DIBAKAR YA", kata beliau sambil sebel. Waaahh.. Rokok ternyata maniiisss..

"Jangan Dibakar Ya", merupakan kalimat yang selalu terngiang-ngiang dalam pikiran saat itu. "Emang kenapa ya kalo dibakar?"

Rasa penasaran itu terjawab, saat ngumpul dengan teman-teman komplek, ramean. Dan lupa siapa yg pertamakali nyeletuk "Cobain rokok yuk", akhirnya semua nyobain ngerokok barengan. Ada yang batuk, ada yang ketawa geli, ada yang takut ketauan, ada yang pusing, dsb.
Masuk SMP di tempat yang banyak perokok-nya. Ya udah deh, lanjut aja wong ketemu lingkungan-nya begitu. Mulai-lah gue jadi perokok aktif, dengan ciri-ciri saat itu:
- Uang jajan gak dipake buat makan, tapi beli rokok ketengan,
- Kerjaan nongkrong di WC ramean ngerokok,
- Ngeledekin temen yg gak ngerokok dengan sebutan "Cemen, katro, bencong, penakut, pengecut", dan sebutan bullying lain-nya,
- Berasa keren kalo di jalanan ngisep itu rokok, dan ngeluarin asap-nya sok cool.
NJIR KALO INGET INI KOQ GUE JADI GELI SENDIRI :)))

Pas SMA, makin menjadi-jadi gue ngerokok-nya, karna masa itu, lagi bawa mobil ortu kemana-mana. Makin berasa keren aja nyetir, buka kaca samping, pake kacamata item, setel musik britpop rada keras, dan sambil ngerokok. Berasa di liatin sama cewek-cewek kalo lagi nongkrong di parkir timur senayan, atau taman situlembang.
ASLI JIJIK ABIS MASA-MASA ITU.

Kuliah, mulai sedikit berkurang gue ngerokok-nya. Selain karna punya mantan yg gue ceritain tadi, jadi gerak terbatas (dia punya banyak temen disekitaran gue yg bisa "mengawasi dan ngadu"), saat itu juga finansial gak mendukung. Wong buat makan aja pas-pasan, rada sulit beli rokok. Meski ada momen "Mendingan Ngerokok Daripada Makan" yang gue rasain sih, tapi gak begitu signifikan kalo secara rutin. Kebanyakan minta sama temen, atau beli sendiri kalo emang abis menang taruhan bola. Aduh, jadi kangen nih bikin -->> Toto Bola. Elu klik dah tuh link-nya, dimana gue pernah jadi bandar, bego-begoin yang ikutan. HAHAHAHAHAHAHAHAHA. PUAS ABIS.


Lulus kuliah, akhirnya gue putus, dan menjalin hubungan baru dengan Dewa. Dia orangnya sangat-sangat terbuka akan segala hal. Pas lagi jaman ngedeketin, dia tau gue ngerokok. Dan sama sekali gak berusaha ngelarang. Gak seperti kebanyakan cewek-cewek bukan perokok lainnya, biasanya mereka punya aturan: "Yaudah kamu ngerokok aja, tapi JANGAN pas lagi sama aku!!". Tau ya model cewek begitu :))) Dewa gak begitu juga. Dia sih cuek aja gue mau ngerokok dimanapun. Dia mempersilahkan gue bebas menjadi diri gue sendiri, setelah bertahun-tahun terkungkung dari segala macam larangan serta aturan. If you know what I mean..



Setelah gue bekerja, dan punya duit sendiri, makin menjadi-jadi kebiasaan ngerokok ini. Udah bodo amat kan, badan-badan sendiri, duit-duit sendiri, ya seterah aja dong. Meski gak separah yang lain, tapi bisa waktu itu 1 bungkus buat 1 hari. Bahkan sekali beli langsung beberapa bungkus. Harus ada stok di tas, atau-pun di kamar/kosan. Jadi kalo lagi pengen, kapanpun bisa tinggal ambil tanpa perlu jalan lagi ke warung. Kalo #katatemengue, udah sepenting kondom saat itu. PPPFFTT.

Kalo yang dateng ke nikahan 100110, yang sesi malem, gue bahkan ngerokok loh saat itu. Baik di pelaminan maupun waktu lagi turun nyamperin ke bawah. Rock n Roooll..

Sama Dewa juga baik-baik aja, sampe akhirnya......
Baru tau...... Ternyata....

ITU MERUPAKAN STRATEGI DIA BUAT MENARIK HATI GUE!!
Setelah Menikah:
"Aku sih gak papa kamu ngerokok terus. Tapi kamu juga harus gak papa ya, kalo impoten, aku cari cowok laen buat menuhin 'kebutuhan' aku".
NJIR.

Mulai saat itu, berpikir untuk mencoba mengurangi. Ngeri loh kalo emang gak bisa ngaceng. Karna berhenti total itu sangat-sangat sulit. Setelah menikah, gue ganti status yang tadinya Active Smoker, jadi Social Smoker, yang artinya, gue ngerokok kalo lagi bareng temen-temen aja. Kadang beli ketengan, kadang minta. Yang jelas, semenjak menikah udah gak pernah beli 1 bungkus rokok. Lagian, duit darimana? Waktu itu kan pengangguran, semua biaya hidup ditanggung sama Dewa. Ya kali: "Bun, bagi duit dong buat beli rokok sebungkus". Bisa disunat gue.

Jadi Social Smoker gue lakuin hampir selama 4 tahun, sampe akhir-nya momen: "Bun, Adia udah 3 tahun nih, bikin adek-nya yuk" menjadi titik balik. 3 bulan sebelum program tersebut dijalankan, stop ngerokok sama sekali. Semua itu juga dibantu bertepatan dengan mulai-nya gaya hidup yang lebih sehat gue jalanin. Mulai dari rutin (kembali) berlari, sampe kenal dengan metode Food Combining. Somehow, saat itu gue berpikir ingin menjadi Ayah serta suami yang lebih baik buat Dewa, Adia, adik-nya. Salah satu-nya ya dengan mempunyai fisik yang lebih kuat tidak gampang sakit, dan mencontohkan gaya hidup sehat ke mereka. Dan hasil-nya adalah....

Sampe detik ini, BERHENTI TOTAL ngerokok.

Disini, sebenernya gue mau ngasih perbandingan, dari pengalaman pribadi sih, indah-nya hidup saat ngerokok, dan pas udah berhenti.

Saat Ngerokok:
- Ngerokok enak banget setelah makan, sama saat berak, surga dunia ada disitu beneran,
- Saat ngerokok, kepercayaan diri meningkat tajam. Misal, ngerokok di tempat nongkrong, pede kalo ngedeketin cewek. Ngerokok di tempat gak dikenal kayak terminal, stasiun, pede biar gak dipalak.
- Ngerokok bisa mengurangi stres. Gue bisa tuh ngerokok sebungkus, nyambung terus, sembari bengong aja. Somehow pengaruh nikotin bikin kalem.
- Pergaulan jadi gak terbatas. Gak anti sama asap rokok, jadi bebas aja berteman sama yg begajulan.
- Kalo lagi ngumpul sama temen, ada rokok, obrolan bisa lebih panjang dan gak cepet mati gaya, karna sebenernya saat itu kami juga sedang menikmati ngerokok, gak cuma ngobrol-nya.
- Ya enak aja semua proses-nya, dari mulai ngambil sebatang, ngebakar ujung-nya, narik itu nikotin dalam-dalam, terus dihembuskan, rasakan efek santai didalam tubuh, sampe akhirnya mematikan puntung rokok yg udah pendek.

Pas Berhenti Ngerokok:
- Segala penyakit yg sering menghampiri, kayak batuk, pilek, sudah jauh berkurang. Asma gue pun ngilang setelah berhenti ngerokok secara total, gak pernah kambuh lagi.
- Pas ML juga kerasa lebih greeenng (gak perlu minum jakban atau pake tissue magic kayak elu).
Dua alasan diatas sih sebenernya juga didukung karna disaat yang bersamaan, gue juga lagi merubah gaya hidup yg lebih sehat, jadi belum tentu karna berenti ngerokok juga.
- Udah gak ada ketergantungan sama sebuah benda. Abis makan, biasa aja. Pas berak juga biasa aja, baca BOLA. Enak jadi-nya hidup tanpa punya adiksi.
- Yang paling penting, gue bisa lebih ngirit dalam hal pengeluaran.

NGAPA JADI LEBIH BANYAK ENAK-NYA PAS NGEROKOK YA???!!

Yes, di tulisan ini gue gak bermaksud ngajak elu yg ngerokok untuk berhenti koq, selow aja. Gue hidup udah 30 tahun, dan hampir setengah-nya gue habiskan sebagai seorang perokok aktif. Ngerti-lah kalo...

GAK ADA SEORANG PUN YANG BISA BIKIN BERHENTI NGEROKOK, KECUALI NIAT DARI DALAM DIRI SENDIRI!!

Ngerokok gak sehat?
Mama gue ngerokok hampir sepanjang hidup-nya, alhamdulillah belum kena penyakit keras selama ini.
Ngerokok bikin miskin?
Banyak orang-orang kaya di dunia, merupakan perokok aktif.

Mau alasan apapun, pasti ada bantahan-nya bagi para perokok, jadi percuma aja.

Yang masih mau ngerokok, silahkan. Udah pada gede, tau risiko-nya.

Kalo Gue, Lebih Milih Berhenti Ngerokok.

Kalo ternyata bisa mengurangi risiko tidak impoten, hingga mampu ML dan "memberi nafkah jasmani sekaligus rohani" ke istri sampe tua nanti...

Kalo ternyata bisa mengurangi risiko kena penyakit keras, hingga mampu terus hidup lebih lama ngeliat anak-anak tumbuh besar sampe punya cucu-cicit.

Karna pada akhirnya, mereka semua lebih penting daripada ego pribadi gue.

3 komentar: