Selasa, 18 Februari 2014

Adia Jadi Cranky

Dari Adia lahir, menurut gue dia adalah anak yang sangat menyenangkan. Jarang banget rewel untuk hal-hal yang gak perlu, dan jarang banget marah. Alhamdulillah for that.

Tapi beberapa minggu terakhir, tampak ada perubahan dalam diri dia. Sering banget rewel untuk hal-hal yang gak perlu, misal kemaren ke Magnum Infinity, dia ngamuk sedemikian parah cuma gara-gara topping-nya cuma mau coklat bola-bola, gak pake cookies. Biasanya tinggal dibilangin, atau gue pisahin cookies-nya juga oke. Atau yang biasanya tidur udah bisa sendiri, ini harus ditemenin lagi sampe dia tidur, baru boleh ditinggal. Gak cuma itu, Adia juga jadi gampang banget marah. Misal kalo lagi maen bareng, baca buku atau gambar-gambar, kalo dia mau sesuatu biasanya ngasih tau gue-nya pelan-pelan, ini malah sembari teriak-teriak marah karna gue gak tau apa yang dia mau. Atau ada kesalahan kecil yang beda dari rutinitas, misal kalo biasanya gosok gigi dulu baru mandi, tapi kelewat, dia bakal teriak-teriak lagi.

Emang itu case by case, ada alasan per alasan dari setiap dia cranky, misal dia lagi gak enak badan, entah kecapean, batuk/pilek, masih/udah ngantuk, udah masuk jam makan jadi lapar, atau dia ngerasa gue gak fokus kalo lagi sama dia, entah karna masalah kerjaan (pegang HP). Bahkan dia ngerasa kalo gue-nya lagi basa-basi nemenin dia. Maksudnya, badan ada disitu, tapi pikiran gue entah kemana. Anak kecil gak bisa ditipu kalo urusan begitu sih.

Tapi setelah gue tanya-tanya pengalaman ke temen yang udah punya 2 anak, ternyata mereka udah pernah ngerasain hal yang sama, masa-masa dimana Sang Kakak jadi suka rewel gak jelas.

Gue sempet gak percaya, "Ah masa' Adia yang anak menyenangkan kayak gitu, bisa kena juga syndrom ini?". Karna kalo urusan "cemburu", gue ama Dewa udah mencoba meminimalisir, untuk selalu melibatkan Adia kalo lagi berhubungan sama Carra, calon adeknya. Misal, kalo kami ajak ngobrol perut-nya Dewa, Adia selalu kami ajak untuk ikutan. Kalo mau cek ke dokter, dia juga selalu ikut, malah sangat excited waktu USG, karna bisa dengar detak jantung, dan liat penampakan adiknya. Bahkan sampe beli perlengkapan Carra pun, Adia kami libatkan. Dia yang milih warna-nya, dia yang milih bentuknya, ngasih usulan, dan lain-lain.

Omongan-omongan kayak "Adek Carra keluarnya kapan Ibu? Adia mau cepet-cepet ngeliat deh", "Nanti kalo Adek Carra makan, Adia aja yang nyuapin ya", "Ini guling sama selimut buat adek Carra aja Ibu, biar bobonya enak", dan lain-lain makin menunjukkan, kalo dia udah sangat siap menjadi Kakak.

Tapi Gue Lupa.

Adia Masih Tetap Anak Kecil.

Yang Bahkan Belom 4 Tahun Hidup-nya Didunia.

Jujur, elo bisa tanya sama Dewa, selama Adia begitu, gue kurang bisa nge-handle dengan baik, seperti sedia kala. Mungkin karna udah terlalu lama berada di zona nyaman, zona "Adia Anak Yang Menyenangkan". Situasi yang gue hadapi sekarang kayak sulit untuk dikontrol.

Adia dulu ngajakin begadang sampe gue capek banget? Adia dulu sering gue bersihin eek, pipis di popok/pampers sampe kadang itu kotorannya belepetan di badan? Adia lagi belajar jalan sampe punggung gue kayak mau patah karna pegel megangin dia? Adia lagi memasukkan segala benda ke mulut sampe gue gak boleh meleng dikit bahkan megang HP?

Semua Itu Gue Hadapi Dengan SABAR.

Tapi akhir-akhir ini, entah kemana rasa itu.

Sampe pada puncak-nya, gue kayak disamber petir...

Beberapa hari yang lalu, ada satu momen Adia lagi cranky parah. Dewa yang kayaknya sangat ngerasa sumbu kesabaran suaminya mulai memendek akhir-akhir ini, langsung ngambil Adia, dijauhin dari gue. Terus ngomong satu kalimat, yang gue denger rasanya mau nangis saat itu juga..

"SABAR YA BUN..."

DEG!!

Saat itu juga, gue kayak langsung ditampar, disadarkan oleh Dewa.. Karna jarang banget ada orang yang ngomong gitu ke gue, apalagi Dewa. Dia tau suaminya kayak gimana selow-nya. Sabar ya Bun??!! Hiks.

Gue gak pernah sama sekali maen fisik atau nge-bentak Adia, tapi akhir-akhir ini sering banget gue ngomong: "Apaan sih kamu, gitu aja nangis?", "Kamu mau-nya apa? Kan bisa kalo ngomong pelan-pelan?", "Ngapain sih begini?", "Ngapain sih begitu?".

Tapi Gue Lupa.

Adia Masih Tetep Anak Kecil.

Yang Bahkan Belom 4 Tahun Hidup-nya Didunia.

Mungkin pendapat teman-temen bener, sedikit banyak Adia begitu karna "kehadiran" Carra. Kalo dipikir, gue aja yang udah 29 tahun ada didunia, akan perlu beradaptasi kalo ada perubahan dalam kehidupan. Kayak pindah sekolah, pindah kantor, pindah rumah, ganti pacar, dll. Dan semua gak semudah membalikkan telapak tangan. Fiiuuhh..

Maafin Ayah ya Adia.

Ayah bakal bantuin Adia ngelewatin semua proses ini, dengan penuh KESABARAN.

Maafin Ayah.

Ternyata Ayah juga perlu banyak belajar, bantuin Ayah juga ya.

Bareng-bareng kita jalanin ini semua.

Maaf banget.

5 komentar:

  1. Belom aja lu ditantangin anak lu, sambil doi jalan mundar-mandir ngepelin tangan kayak baboon rebutan pisang. *eh itu mah Fadly yak*

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.. Iya dah Ji, banyak ye ternyata "lucu-lucu"an kayak gini.

      Hapus
  2. kenapa sih kamu kata katanya diulang bahasanya ngikutin aku.

    BalasHapus