Senin, 16 Desember 2013

Siklus Punya Bisnis Sendiri

Coba deh, dari sekian banyak temen kuliah elo, berapa persen yang setelah lulus, langsung memulai bisnis sendiri? Bukan nerusin bisnis keluarga ya maksudnya, tapi bener-bener bikin dari nol? 50%? 30%? Apa justru dibawah 10%?

Sisanya, apakah sama seperti gue, lulus kuliah langsung bikin Curriculum Vitae, apply kerjaan lewat e-mail, lewat lowongan di kampus/koran, ataupun dateng ke Job Fair?

Coba sekarang, persentase temen yang punya bisnis sendiri, meningkat apa enggak setelah mereka punya "pengalaman" bekerja?

Masukin gue kedalam persentase itu.

Setelah lulus kuliah, sempet kerja di 3 perusahaan cukup besar dan dipecat (ceritanya disini <<-- Klik aje Sob jangan norak). Yang dipecat terakhir cukup nyesek, karna disaat lagi persiapan nikahan yang 3 bulan kemudian akan diadakan. Iya, gue pas nikah itu pengangguran. BARU PADA TAU, HAAAHH??!!

Gimana Gak Dipecat?
Abis nikah-pun masih santai. Apply sana-sini. Padahal mah: "Heelooooww.. Elo udah nikah, dan punya pengalaman 3 kali dipecat, siapa yang maaaauuuu???!!!". *gaul habis pake 'Heelooooww' gini*

Punya bisnis sebenernya satu-satunya pilihan saat itu, tapi karna gue orangnya penakut untuk memulai sesuatu, jadinya selalu denial dan membohongi diri sendiri kalo masih bisa kerja di perusahaan bagus. Sampe akhirnya sebulan setelah nikah, Dewa langsung hamil. Tetoott. Yang tadinya santai, langsung panik. Ya kali dia udah hamil, tapi tetep nafkah dari istri. Mokondo dong ye kalo gitu mah.

Udah gak ada lagi pikiran takut, yang ada cuma gak mau aja jadi suami nyusahin, dan suatu saat Ayah gak bisa diandelin. Nyebur-lah langsung bikin bisnis Remittance (sejarahnya pernah gue tulis disini tapi jangan sebel ya kalo dulu masih menganggap diri ini "Pengusaha", padahal mah bukan, masih level "Kang Sayur"), dengan segala ketakutan sebelumnya, yang ternyata gak menyeramkan setelah nyebur langsung koq.. Ya meski tetep 3 bulan awal masih ngandelin gaji Dewa sih buat hidup. Pada masa ini Mokondo sih emang, tapi Kon-nya jarang dipake, karna dulu belom tau kalo trimester awal sebenernya gak papa. *yah jadi curhat*


Kisah-nya sedikit berbeda dengan kebanyakan temen-temen yang punya bisnis sendiri. Kebanyakan mereka emang dari lulus kuliah langsung nyebur, atau sempet kerja sendiri kumpulin modal baru bikin bisnis sendiri. Kalo gue, emang dari awal pengen kerja di perusahaan besar aja, gak kepikiran buka bisnis, tapi karna situasi yang "memaksa", ya mau gak mau deh menghapuskan stigma mokondo di mata Dewa. *yang gak tau 'mokondo' apaan, langsung googling nih*

Meski berbeda, tapi gue ngeliat ada Siklus yang menarik dari temen-teman ini, termasuk gue didalamnya, sewaktu punya bisnis sendiri. Siklus yang terlihat dari aktivitas di dunia sosial, terutama aktivitas di social media, mengenai bisnis tersebut, yang terbagi ke 4 tahap, yaitu:

1. Tahap Pengenalan,
Pada tahap ini, akan sangat sering nge-blast di akun social media kayak Facebook, Twitter, Path, Instagram, dll. Standby didepan koneksi internet, untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai bisnis tersebut. Tujuan-nya jelas, biar pada tau kalo kita lagi memulai suatu bisnis. Sukur-sukur ternyata mereka juga ikut membantu mempromosikan apa yang sedang kita kerjain, atau membuat kerjasama yang saling menguntungkan. Atau yang lebih mantab, mereka menjadi salah satu konsumen.

2. Tahap Pembuktian,
Pada tahap ini, kayaknya pengen banget ngasih tau ke dunia, kalo bisnis yang lagi dikerjain ternyata sudah menghasilkan. Contoh kalimat, misalnya: "Alhamdulillah, meski gak seberapa tapi berhasil", "Wooohooo.. Pecah telooorr.. Alhamdulillah", "Gak banyak, tapi lumayan awalnya begini", dan lain-lain. Tujuannya jelas, buat ngasih liat, kalo blast kita di Tahap Pengenalan, ternyata ada hasil-nya. Mungkin berharap sedikit pujian disini? "Waaahh.. Mantaaabb.. Sukses Bro usaha-nya!!", itu kalimat yang mau didenger? Ngaku aje udaaahh.

3. Tahap "Show-Off",
Pada tahap ini, kalimat-kalimat di social media akan terdengar sedikit belagu. "Alhamdulillah, meningkat terus dari hari ke hari", "Dapet pasar baru bulan ini, woohoo", "Puji Tuhan, akhirnya nyampe juga target", dan lain-lain. Tujuannya jelas, mau ngasih liat kalo bisnis yang kita bikin udah sangat meningkat dan lumayan mapan. Sekaligus "membungkam" orang-orang yang sempet meragukan apa yang kita jalanin. Tahap ini biasanya sih yang paling ditunggu. Tahap dimana kita akan dengan sangat antusias untuk menceritakan bagaimana bisnis yang dilakukan dapat memberikan penghasilan yang (mungkin) gak berbeda jauh dengan temen-teman karyawan perusahaan besar. Tahap dimana semua acara kumpul-kumpul reuni sekolah, kampus, apapun, selalu pengen dihadiri. Untuk sekedar berharap ditanya: "Gimana bisnis lu Brok?" dan bisa cerita dengan bangga panjang-lebar udah kayak gimana, atau cukup jawab: "Alhamdulillah Bro".

4. Tahap Bosen,
Pada tahap ini, udah jarang banget cerita di social media mengenai bisnis yang lagi dikerjain. Ya bosen aja, karna 3 tahap diatas gak cuma terjadi dalam rentang waktu beberapa minggu, atau bulan. Bisa aja beberapa tahun, kan gak semua bisnis langsung bikin penghasilan yang besar dalam sekejap mata. Udah males, selama beberapa tahun sering banget ngasih tau begitu kan. Tahap Pengenalan lama, nanti dipikir bisnis gak jalan-jalan. Tahap Pembuktian lama, nanti dipikir bisnis cuma segitu-segitu doang gak berkembang. Tahap Show-Off lama, nanti dipikir kita belagu ngumbar-ngumbar rejeki di depan banyak orang. Tapi tetep loh ada 2 kemungkinan dari tahap ini:
- Bisnis Mapan,
Kalo kasusnya begini, ya mending sih udah diem aja, gak perlu ngasih tau lagi ke publik mengenai pencapaian bisnis yang dikerjain. Buat apaan? Karna menurut gue, kalo udah hidup nyaman, otak santai, udah sebodo amat dianggap begimana sama orang lain. Seterah mereka aja, toh udah selow jalanin hidup..
- Bisnis Bangkrut,
Kalo kasusnya begini, biasanya sih melalui tahap ke-2 dan ke-3-nya palsu. Palsu gimana? Ya sok-sokan aja pas Tahap ke-2, biar orang menganggap bisnis kita jalan, padahal mah lagi stres sendiri koq susah banget jalaninnya. Tahap ke-3 juga sok-sokan aja gak mau kalah, karna situasi-nya udah gak bisa di-handle, dan desakan keirian dari dalam tubuh ngeliat teman yang punya bisnis lain, atau karyawan yang punya fasilitas bagus, hidupnya enak. Makan disini, makan disana, traveling kesini, traveling kesana, beli ini, beli itu. Biar keliatan nasibnya sama deh kayak mereka.

Mungkin bacaan ini gak akan cocok kalo elo masih fokus menjadi karyawan dan mengejar jenjang karir yang tinggi kedepannya. Meski sebenernya sih bisa aja dimasukin, misal "Tahap Pengenalan" adalah saat elo pengen ngasih liat kalo baru diterima di perusahaan X, "Tahap Pembuktian" adalah saat elo udah nerima gaji, betah dengan suasana kerja, dll. "Tahap Show-Off" adalah saat elo udah mapan kerja di perusahaan itu, dan "pamer" gaji saat ini, bonus, komisi, fasilitas, segala yang didapetin. Dan "Tahap Bosen" adalah saat elo menganggap itu semua udah biasa aja, kalo karir makin mapan, atau elo mau orang berpikir seperti masih mapan, padahal sih abis dipecat dan lagi cari kerjaan baru. Dan siklus berputar dari awal lagi.

Kalo elo punya bisnis sampingan yang dimasa depan bakal diandalkan (resign jadi karyawan), atau emang saat ini udah murni punya bisnis sendiri, sedikit-banyak akan mengalami Siklus yang sama. Pertanyaan-nya:

"Sekarang Lagi Di Tahap Yang Mana?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar