Senin, 09 Desember 2013

Anak Nonton Tivi

Sebenernya sih udah lama pengen bahas ini. Tapi baru kepikiran kemaren, pas mulai ngurangin Adia nonton tivi sama ada akun twitter yang bilang, anak dibawah 2 tahun jangan dikasih nonton tivi karna bisa menghambat kemampuan berkomunikasi.

Nyok ah.

Adia dari kecil udah nonton tivi. Ini bener. Dia masih dibawah sebulan-pun tinggal di Pulogebang, waktu gue nemenin dia begadang, sembari nonton, meski di silent dan dia gak ikutan nonton. Gimane mau nonton, anak segini masih hahehahe doangan sama berak, ngencing, netek. Gak akan jauh dari tivi, karna dimanapun tinggal, gue selalu pengen ada itu barang di kamar. Waktu di BHP (rumah Ayah) juga begitu, meski belom pake tivi kabel, tetep kalo kami nonton tivi, otomatis Adia ikutan. Meski dia gak gabung nonton, seenggaknya tivi selalu menyala di kamar.

Pindah rumah dan langganan tivi kabel. Disini Adia makin menjadi untuk senang nonton tivi, karna ada channel khusus buat anak-anak. You name it. Baby TV, MNC Kids, Cbeebies, Disney Junior, Cartoon Network, dll. Dari mulai cuma lagu-lagu dan warna-warna di Baby TV, teletubbies, in the night garden, mister maker sampe Hi-5 di Cbeebies, kekonyolan Larva di MNC Kids atau Oggy and Cockroaches plus Tom and Jerry di Cartoon Network. Sampe kartun yang ada alur cerita-nya di Disney Junior model DocMcStuffins, Mickey Mouse Clubhouse, Tayo The Little Bus di Disney Junior. Heaven-lah buat Adia kalo udah didepan tivi dan nyetel itu semua. Apalagi juga ada beberapa channel lokal yang nayangin kartun kan semisal Thomas and Friends, Shaun The Sheep, atau Spongebob Squarepants.

Gue sama Dewa termasuk "longgar" buat ngasih Adia nonton tivi, kenapa:

1. Pengetahuan Bahasa Adia Bertambah,
Sering banget kalo lagi diluar rumah, Adia bilang: "Eh Ayah, lihaatt itu ada Elephaannt. Yang kayak di Baby TV ya" atau "Ibuuu.. Itu ada bentuk triangle, circle, sama square!!". Ada beberapa kata yang Adia tau bahasa Inggris-nya terlebih dahulu dibanding gajah, segitiga, lingkaran, dan kotak.

2. Ingatan Terlatih,
Sering banget kalo lagi diluar rumah, gue suka tanyain, misal lagi ke dokter: "Eh Adia, itu dokternya pake apa tuh dikupingnya? Kayak siapa?", nanti dia mikir: "Mmmm.. Kayak DocMcStuffin!!". Atau lagi antri dilintasan kereta: "Eh Adia, ini siapa yang bakal lewat nih?", setelah kereta lewat dan keliatan warnanya, dia akan jawab salah satu karakter di Thomas and Friends, misal: "Mmmm... Keretanya warna hijauuuu.. Berartiiii.. Percy ya Ayah!!".

3. Aktif Bergerak,
Sering banget kalo lagi nonton tivi, Adia memeragakan tarian "Hotdog"-nya Mickey Mouse, ngikutin apa yang "Fred Says" katakan di Pocoyo, nyanyi semua soundtrack sebelum itu pada mulai "Thomas!! He's the cheeky one, James!! The vain but lots of fun. Percy!! Put the mail on time", "Det Tayo.. Det Tayo, is a friendly little bus!!", kalo udah nyanyi sembari teriak-teriak dah tuh. Atau pun sekedar ngakak parah nonton kekonyolan Larva, Tom and Jerry, sama kecoa-kecoa ngehe di Oggy.

4. Nambah Semangat Beraktivitas,
Ada salah satu buku favorit Adia, Disney Junior Magazine. Wah kalo udah beli itu, bisa seharian langsung dihabisin itu isinya sama doi. Dia seneng ngerjain semua teka-teki, perintah dan tantangan karna udah kenal sama karakter-karakter-nya. Mau sekolah juga begitu, tas mau mirip sama yang dipake Dora, jadinya semangat kalo berangkat. Atau waktu Adia lagi belajar tidur di kasurnya sendiri, kami belikan seprai dengan gambar Thomas, jadinya lebih mudah membuat dia berani.

5. Kesempatan Istirahat,
LOH??!! KOQ??!! Ini maksudnya buat gue!! Hahay. Dengan ngasih Adia nonton tivi, gue bisa sedikit men-selonjorkan kaki, merebahkan badan, bahkan tidur beberapa menit. Itu SANGAT berarti. Dari bangun pagi, udah ngurusin perlengkapan Adia, mandiin dia. Dikantor ngurusin kerjaan dengan segala tetek-bengek-nya (bahkan sering juga nanggepin Adia kalo dia ngajak maen yang perlu respon dari gue). Nyampe rumah langsung pegang Adia lagi, ajak maen, mandiin, sampe Dewa pulang. Ya masa' gak boleh selonjoran, seenggaknya baca BOLA terbaru, liat-liat HP dikit, sementara Adia sedang menikmati "dunia"-nya?

Itu beberapa keuntungan menurut gue kenapa selow aja anak nonton tivi. Tapi kerugiannya?

BANYAK.

Salah satunya, yang membuat gue sama Dewa sepakat untuk ngurangin jam nonton tivi-nya: Adia ngompol. Saking asiknya nonton tivi, dia nahan pipis, sampe akhirnya itu acara kartun habis, dia jadi buru-buru ke kamar mandi dan udah ngeluarin pipis-nya sebelum sampe ke kloset!! Sudah mulai ketergantungan dihibur sama kartun.

Untuk kerugian secara umum:
Anak Balita masih sangat mentah. Informasi yang mereka dengar, mereka lihat, bisa mereka tiru tanpa mengenal risiko. Santai aja karna itu pelm kartun? Enggak juga. Banyak yang memperlihatkan kekerasan model Tom and Jerry. Yang kemungkinan besar akan memberi efek yang kurang bagus buat Adia. Atau seperti tweet yang tadi gue bilang diatas, dapat mengganggu kemampuan komunikasi anak. Setuju akan hal ini? Bisa jadi. Karna cukup logis sih, saat anak nonton tivi, fokus cuma ke layar, mungkin gak akan memperdulikan kanan-kiri-nya. Tapi ada 1 hal yang bisa mengurangi kerugian-kerugian tersebut. Yaitu..

DAMPINGI ANAK SAAT NONTON TIVI.

Simpel, cuma itu aja, menurut gue.

Dengan mendampingi, segala keuntungan akan semakin diperkuat.
Apabila ada bahasa baru yang didengar dan kemungkinan akan sering berjumpa dikehidupan sehari-hari, ulangi: "Tuh Adia ada shadow. Shadow itu apa sih bahasa Indonesianya? Shadow itu bayangan, kalo ada cahaya, nanti ada shadow deh".
Setiap ada adegan baik yang patut diingat, misal adegan menolong: "Tuh Adia, Dusty baik ya, nolongin Bulldog", jadi bisa dikeluarin tuh kalo mau numbuhin rasa menolong "Adia minta tolong dong. Ingat gak, kayak waktu itu tuh pas Dusty nolongin Bulldog".
Ikutan nyanyi atau menari yang dia liat di tivi, jadi meski fokus nonton, dia ngerasa kalo kita sembari main saat itu, dia ngerasa ditemenin. Emang rada konyol dibagian ini, tapi kayak waktu itu pernah denger dari teman, "Saat udah jadi Ayah, artinya elo udah siap untuk menjadi badut buat anak". Cant Agree More!!
Ikuti semua karakter kartun yang anak suka, lalu keluarkan dalam kehidupan sehari-hari. "Thomas berani tuh bobo sendirian waktu di tivi. Sekarang Adia juga harus berani ya, lagian kan ditemenin nih bobonya sama Thomas".

Dengan mendampingi, segala kerugian bisa ditekan semaksimal mungkin:
Sejak dia ngompol, selalu kami tekankan: "Adia, kalo lagi nonton tivi mau pipis dan eek atau haus dan lapar, bilang langsung ya. Jangan ditahan-tahan. Kan kalo tivi besok bisa ditonton lagi, harus tau mana yang lebih penting ya". Anak gak ngerti kalo dibilangin begini? Sepengalaman kami, kalo lagi ngasih tau Adia, meski dia iya-iya aja, tapi emang bener dilakuin. Gak akan dia lakuin lagi kalo tau itu salah, gak perlu diingetin "Mau pipis apa enggak?". Belajar untuk tau prioritas. Alhamdulillah ngerti. Bahkan dia tau kalo udah waktunya matiin tivi: "Ayah, udah jam 5, matiin tivi".
Kalo lagi nonton Tom and Jerry, Adia ketawa-ketawa ngakak parah kalo adegan kejar-kejaran dan... adegan memukul!! Saat itu juga, selalu gue ingetin, "Adia, gak boleh mukul-mukul begitu beneran ya". Tom and Jerry salah satu favorit kartun kesukaan Adia, dari dulu. Gue pun seneng ngeliat dia nonton, karna bisa ketawa sampe batuk-batuk. Tapi selalu berusaha buat membuat karakter konyol ini tidak menjadi kesukaan dia. Gak pernah beliin apapun yang berhubungan sama Tom and Jerry. Cukup untuk nonton dan ketawa. Berhasil? So far sih dia gak pernah kasar sama temen-temen-nya, dan kalopun lagi ngamuk, gak pernah mukul.
Selama nonton, terus interaksi sama dia, mengenai apapun yang terjadi waktu di kartun tersebut. Dari mulai yang gak penting dari warna, benda yang muncul. Ekspresi si karakter waktu nangis, ketawa, senang, sedih. Sampe yang perlu diceritakan panjang lebar tentang kebaikan, menolong, perbuatan jelek/jahat yang gak boleh ditiru sama dia. Ngobrol aja terus tentang apa yang ditonton, jangan biarin dia cengo doang. So far, gue cukup kewalahan kalo Adia ngajak ngobrol, karna gak berenti-berenti nanya.

Gak bisa dampingin? Ya delegasikan hal tersebut ke babysitter atau siapapun yang pegang anak sehari-hari. Karna saat anak lagi nonton tivi, itu masa-masa yang menyenangkan (seenggaknya buat gue), karna dia bisa asik sendiri. Yang kayak gue bilang diatas, itu waktu gue buat istirahat. Itu masih anak sendiri, kalo babysitter? ART? Ya lebih enak lagi. Gak ada kita, anak anteng, dia bebas deh gak ngapa-ngapain. Kerugian ngebebasin nonton tivi bisa makin menjadi.
Gue pun biasanya bilang ke Adia "Ayah baca BOLA (atau tidur) sebentar ya, Adia nonton sendiri dulu", dia gak papa. Karna dia tau, saat gue ngomong "sebentar", ya itu emang gak lama, setengah jam paling lama. Dan saat "sebentar" itu selesai, gue kembali untuk mendampingi dia.





SO, ANAK NONTON TIVI??

BIARIN AJA UDAH, SELOW, YANG PENTING DAMPINGI AJA!!

Cheeeeeerrrsssss...

1 komentar:

  1. Raya juga dirumah nonton tv, secara kagak ada pembantu, ya pertolongan pertama dalam keadaan terdesak saat dirumah adalah dipasangin tv, tapi udah komit sama suami, ketika ada Raya, semua tontongan cuman boleh babytv, cbeebies, disney channel & channel anak2 lainnya.. no no yg laen :D

    BalasHapus