Minggu, 13 November 2011

Perkenalan Masa Lalu (Sekolah Menengah Pertama)

Tulisan terakhir itu gue sedikit cerita tentang masa SD, sekarang mau coba cerita dikit tentang masa SMP, karna di dua masa itu (IMHO) karakter seorang manusia akan terbentuk, at least tertanam, masalah jadi atau enggaknya ya masa-masa setelahnya yg akan jawab.

Pas SD, udah gak bingung buat nentuin mau nerusin SMP kemana (yak, betul sekali, karna punya Kakak, jadilah ikutan sekolah yg sama--->> Biar irit juga kalo Ayah lagi nganter). Akhirnya ke SMP 20 Bulak Rantai. Banyak temen SD yg masuk sini juga, jadi gampang buat adaptasi ke lingkungan baru, maklum di SMP ini rumahnya udah pada nyebar, mulai dari Cawang, sampe Cijantung kesono lagi.

Nah, di SMP inilah gue mengalami masa "kelam" sebagai seorang anak laki-laki, mengenal segala atribut "bandel" untuk standar saat itu, DAN GUE YAKIN SEBAGIAN BESAR LAKI-LAKI MENGALAMI HAL YANG SAMA. Hal tersebut gak bisa dihindarin, karna disaat kita mencoba menghindar, teman2 bakal memanggil dengan sebutan2 yg sangat menyebalkan, seperti: "Cemen", "Katro", "Anak Mama", "Bencong", "Banci". Ya, bully secara halus, yg menyebabkan gue (dan mungkin banyak orang) untuk terpaksa ngikutin arus mana yg lebih kuat. Akhirnya bablas keikut arus.

1. Tawuran
Kalo di SD belajar berantem satu lawan satu, nah di SMP ketemu sama yg namanya tawuran. Kebetulan saat itu punya beberapa musuh diberbagai arah, jadi tinggal milih kalo mau tawuran lawan siapa, tergantung basis angkot yg kita naekin. Karna kebetulan basis angkot ke arah KP Dukuh, jadilah gue memilih lawan tawuran itu SMP 24 KD sama SMP 263, yg satu akrab dengan sapaan "KADE", yg satu akrab dgn sapaan "DENTIG". Gue pemberani gitu pas SMP?? Anda salah besar. Pas SMP, gue termasuk anak yg punya lari cepat, jadilah akhirnya tim provokasi yg terdiri dari anak2 yg berlari cepat, yg bertugas untuk manas2in musuh (bahkan dulu gue sempet nurunin celana, mamerin pantat, OMG kelakuan) dari jarak yg cukup dekat, biar musuh nyerang. Pas mereka bilang:"Satu.. Dua.. Tigaaaa..", sembari lari ke arah gue, langsung ngibrit secepat mungkin ke arah temen2 yg udah siap "menyambut". Tugas gue selesai. Meski kadang2 suka ikutan lempar batu (norak abis, tawuran lempar2an batu). Seringnya sih tetep ikutan, karna dibarisan belakang, alumni atau senior siap ngelepak2in anak2 yg kabur.
2. Nonton bok*p, liat st*nsil, beli "buku" Anny Arrow di Kramat Jati
Mungkin buat beberapa orang, pas SMP baru nemu ginian adalah telat. Dari yg awalnya geli, pengen muntah ngeliat adegan2 tersebut yg di videon (dulu tuh masih bentuk kaset/laserdisc) maupun dalam bentuk gambar warna atau non warna, sampe akhirnya mulai menikmati indahnya tubuh pria wanita di adegan tersebut. Bahkan mulai berimajinasi dengan membaca cerita2 sang legenda Anny Arrow (setiap lewat Kramat Jati diangkot, selalu aja dipanggil sama preman situ untuk turun, dan mengeluarkan uang Rp5000 untuk membeli buku yg mereka jual). Samalah sama mayoritas laki-laki didunia ini, tetapi ada 1 yg MEMBEDAKAN gue sama mayoritas laki-laki itu: Gue GAK PERNAH c*li pas SMP. Believe it or not, I'm serious..
3. Ngerokok
Sebenernya pertama-kali ngerokok itu pas SD, nyuri rokok Djarum punya Mama, tapi saat itu gak nikmatin dan langsung batuk2. Nikmatinnya ya pas SMP itu, kebetulan banyak temen2 yg ngerokok sejak SD (emang salah masuk SMP kayaknya gue dah, rusuh gini), jadi kalo gak ngerokok, gak "jantan" gitu loohh. Saat itu ngerokok enaknya emang rame2 (beda pas beberapa tahun kemudian, ngerokok justru enaknya kalo lagi sendiri, lagi berak) sembari ngobrol. Ya, dampaknya adalah susah bener berenti ngerokok ampe sekarang.
4. We called it "ngefru"
Ini yang sebenernya paling gue sesalin, kenapa waktu itu pernah nyoba, jadi tau kan enaknya gimana!! Ya, istilah "ngefru" ini sama dengan yg orang2 biasa bilang "vegetarian", cara penggunaan seperti merokok. Bedanya kalo ngerokok itu asapnya HARUS keluar, ini asapnya JANGAN AMPE keluar (kalo dulu ada yg asapnya keluar, asapnya langsung diisep sama temen, sembari bilang: "Sayang nih serebu"). Efek yg ditimbulkan adalah ketawa tanpa sebab, ketawa tanpa harus ada yg lucu. Aneh tapi nyata, emang begitu, gak tau kandungan apa yg ada didalam tumbuhan itu. Awal2, temennya adalah rokok, tapi seiring dgn keingintahuan yg makin tinggi, dan ketersediaan barang, akhirnya mulai coba jenis lainnya. Pertama, nyoba 2 dimensi sama "air", efek ketawa campur efek rese', 2 jenis ini yg saat itu mudah didapat. Lama-kelamaan, mulai bertambah intensitas keingintahuan sama berbagai hal yg membuat dimensi baru, nyobain 3 dimensi, 4 dimensi, bahkan 5 dimensi dalam waktu bersamaan. Yes, dulu sempet nyoba sama SEMUA jenis begituan, kecuali yg memakai alat suntik. Liat jarum suntiknya aja udah males, gimana ngeliat temen repot lengannya diiket pake gesper, sehingga urat2 di tangannya pada keliatan, terus cuuuusss... Disuntik.. HELL NO. Semua itu cuma buat nyoba2 aja, karna harganya mahal (Padang tetep irit juga urusan beginian), jadi semua stop setelah selesai coba. Cuma "ngefru" aja yg tetep gue lanjutin sampe lulus SMP.
5. Ditangkap polisi
Urusan ini jelas berhubungan sama yg no.4 diatas. Jadi singkat cerita, bandar gede dikomplek ketangkep sama polisi, akhirnya dia disuruh nyebutin nama2 anak yg biasa beli sama dia. Hadirlah disitu nama gue dan belasan temen2 komplek. Nama kami sempet masuk buku yg mau ditahan (sampe sekarang gue belom pernah bikin Surat Keterangan Kelakuan Baik, karna takut masih ada recordnya). Karna kebetulan ortu dari anak2 ini cukup berada, maka bikin tebusan ke polisi, ortu kami patungan (gak tau berapa) untuk bayar ke polisi, biar kasus gak diperpanjang. Akhirnya kami bebas. Sampe rumah Ayah nanya2 tentang masalah ini, karna gue takut, gue cuma bilang "Gak tau itu siapa yg masukin nama Aku, lagian ngapain juga pake2 begituan". Karna gue si bungsu penakut, akhirnya beliau percaya, dan cuma bilang "Ayah gak mau ada kejadian kayak begini lagi". Kasus ini pula yg dulu membuat gue sedikit bermasalah sama temen2 komplek, karna salah pengertian. Karna ternyata Ayah meluapkan marahnya bukan ke anaknya, tapi justru ke ortu temen2 gue yg lebih tua, yg menganggap mereka gak bisa membimbing gue yg lebih muda. Dulu sempet bermusuhan sama mereka beberapa bulan, tapi karna udah berteman dari kecil, semuanya menguap begitu saja, dan kembali bertemen normal. Masalah ini pula yg semakin menegaskan jangan macem2 sama drugs.

Gue gak pernah bangga punya pengalaman "kelam" di masa lalu, gue cerita diatas itu cuma mau sharing pengalaman aja, yg nantinya akan berguna. Kenapa berguna?? Karna gue menyadari, kalo anak seusia SMP itu masa2 pengen tau akan sesuatu, masa2 gampang bgt kebawa arus sama temen, masa2 dimana kalo kita punya adik, atau punya anak suatu waktu, bisa membimbing mereka untuk menjadi lebih baik dibanding saat kita SMP dulu. Kalo ditanya, "Sejak SMP aja udah begitu, gimana nanti SMA dan selanjutnya??" ya itu tergantung dari cara kita menyikapi pengalaman yg lalu. Dari pengalaman sendiri, semua hal itu gak gue kerjain koq semasa SMA. Di SMA, gue bukan orang yg terkenal doyan berantem, tawuran, apalagi preman yg sok jago. Pada gak menganggap gue pervert atau cabul. Dan bukan pula di cap sebagai tukang mabok. Yang tersisa cuma kalo ada yg nanya dibelakang gue: "Si Bagol ngerokok gak??", pasti yg jawab akan bilang "IYA".

Semua orang punya masa lalu, menurut gue, masa lalu yg datar akan menyebabkan hal2 yg pengen kita tau itu akan muncul di masa yg akan datang. Dulu sempet berenti ngerokok total waktu kuliah. Terus ada temen yg PERTAMAKALInya ngerokok. Saat itu, tanpa tendensi apa2, gue nyeletuk: "Gaya ngerokok elo unik ya, megangnya begitu". Gue gak ada maksud nyindir atau gimana, tapi reaksi yg gue dapet adalah kata2 nyinyir dia ke gue: "Biarin aja, daripada gak pernah ngerokok kayak elo". Whaaaaattt?? Gue di posisi elo sekarang itu 8 tahun yg lalu!! Tapi saat itu gue gak memperpanjang, cuma senyum2 aja (dan bengong), dan temen2 gue yg laen juga pada senyum2 geli ngeliat dia komen begitu. Jadi gue ngerasa sedikit beruntung tau begituan pas lagi masa2nya MENCOBA banyak hal, bukan saat gue udah "rada" tua, yg udah bukan masa2 mencoba lagi, tapi mungkin malah bisa jadi gaya hidup.

Kalo sekarang ditanya, "Enak gak Gol masa-masa SMP??", gue bakal jawab "Enak bgt dan seru". Kalo ditanya, "Mau balik lagi ke masa-masa itu??", gue akan dengan tegas menjawab "Udah cukup nyobanya, mari kita coba hal-hal lain".

2 komentar:

  1. KEUNTUNGAN BERMAIN ZEUSBOLA?
    BONUS CASHBACK MENCAPAI15% + ROLLINGAN 0.6% SETIAP MINGGU
    SANGAT MENGUNTUNGKAN BUKAN?

    DAN LEBIH WOW NYA LAGI DEPOSIT NYA MINIMAL CUMAN 50K KAMU SUDAH BISA BERMAIN GAME DENGAN 1 USER ID SAJA GENGS….

    UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI:
    WHATSAPP : +62 822-7710-4607

    #ZEUSBOLATERBAIK #AGENJUDIBOLATERPERCAYA #PROMOTERBARU #IDNLIVE #SPORTS
    #DEPOSITPULSA
















    BalasHapus
  2. Untuk kamu yang tertarik bermain game SPORTSBOOK kini bisa kamu mainkan di Agen BOLAVITA dengan Daftrkan ID Login.

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    BOLAVITA merupakan SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA yang menyediakan berbagai macam permainan yang salah satunya adalah SPORTSBOOK!!

    PROSES DP / WD CEPAT & AMAN
    MIN DEPO RP.50.000,-
    MIN WD RP.50.000,-

    CLAIM BONUS NEW MEMBER 10%

    Pelayanan dan Sistem :
    => 100% Member Vs Member
    => Pelayanan DP & WD 24 jam
    => Bisa Dimainkan Di Hp Android Maupun Iphone
    => Dilayani Dengan 6 Bank Terbaik
    => Kartu Bagus, Boleh Banding !! Service Boleh TANDING.. !!

    TERSEDIA DEPOSIT VIA PULSA ( XL & TELKOMSEL )

    TERSEDIA DEPOSIT VIA OVO, LINK AJA, GO-PAY, JENIUS dan DANA.

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc

    BalasHapus