Minggu, 04 Juni 2017

Evaluasi Liverpool 2016/2017

QUALIFIED TO UEFA CHAMPIONS LEAGUE!! YEEEAAYY!!

Belom masuk fase grup sih kayak Chelsea, Hotspur, Man City sama MU, tapi seenggaknya ada peluang buat jadi wakil Inggris ke-5 di musim depan.

Musim 2016/2017 merupakan musim kedua Juergen Klopp di Liverpool. Belom membuat gue terkesan layaknya ke Rafa Benitez sih kalo masalah taktik dan strategi. Masih kepatok sama formasi 4-3-3 mulu, dan pergantian pemain aja di tengah pertandingan, jarang banget pergantian formasi segala.

Tapi untuk urusan passion, semangat, dan koneksi ke pemain, Klopp gak ada duanya, seenggaknya sejak gue mencintai Liverpool waktu masih dipegang sama Roy Evans.

Liat reaksi Klopp saat pemain melakukan tackling atau permainan bertahan yang bagus, langsung berteriak emosional.
Liat reaksi Klopp saat pemain melakukan permainan keren tapi tidak berujung gol, langsung tepuk tangan tetep memberikan semangat.
Liat reaksi Klopp saat pemain melakukan gol. Loncat, teriak meninju udara, berlari ke arah pemain, minta penonton memberikan dukungan, bahkan sampe kacamata rusak terus.

Itu memberikan efek luar biasa. Pemain jadi merasa manager ikut terlibat dalam permainan, bukan hanya berada di balik kemudi. Poin terbesar dari seorang Klopp.

Musim ini, makin kentara kalo formasi yang diandalkan, dengan starting 11:

Goal Keeper (GK):
Mignolet. Doi masih jadi andalan, meski di awal musim Karius yang lebih sering maen. Overall, 2 kiper ini masih cukup buat musim depan. Dengan kiper pelapis kayak Danny Ward.

Right Back (RB):
Clyne. Gak ada lawan di posisinya. Alexander Arnold gak bisa kasih persaingan berarti. Perlu ada tambahan pemain.

Centre Back (CB):
Matip, Lovren. Sayang banget Sakho berulah jadi harus pindah ke Palace dan gak akan balik kayaknya, padahal jadi pelapis bareng Klavan juga udah mantab. Perlu ada tambahan pemain.

Left Back (LB:
Milner. Bukan posisi asli, tapi dipaksa main disitu. Gue sih sampe sekarang kurang sreg Milner maen disitu. Moreno juga gak bisa ngasih persaingan yg bagus, padahal itu posisi naturalnya. Perlu ada tambahan pemain.

Defensive Midfielder (DM):
Henderson. Udah pasti 1 tempat milik sang kapten. Lucas disini siap melapis, dan kadang Can juga turun di posisi tersebut. Cukup kalo Klopp bisa meyakinkan Can mau bersaing sama Henderson.

Central Midfielder (CM):
Wijnaldum, Lallana. Duet yang menjadi andalan Klopp buat menggerakkan mesin lini tengah Liverpool. Can bisa masuk sini, dan di akhir-akhir musim Coutinho bisa juga main posisi ini untuk menambah daya gedor.

Right Winger (RW):
Mane. Gak tergantikan. Waktu ke Piala Afrika Liverpool langsung berantakan.

Left Winger (LW):
Coutinho. Pemain andalan Klopp. Tapi sama kayak Mane, perlu ada tambahan pemain.

Striker (ST):
Firmino. Trio bareng Mane-Coutinho sempet tidak terhentikan di awal musim. Sayang cedera dan tugas membela negara merusak ritme. Origi masih bagus jadi pelapis. Kayaknya udah saatnya melepas Sturridge. Perlu ada tambahan pemain.

Maen di Liga domestik aja keteteran pemain cuma segini yang sering maen, gimana ditambah maen di UEFA Champions League (UCL). Bisa ngap-ngapan.. Kalo starting 11 ini yang turun terus sih mantab. Tapi kalo udah ada gangguan cedera, mampus dah...

Jadi musim depan, idealnya kebutuhan pemain yang urgent dibutuhkan oleh Liverpool, menurut gue adalah:

1. LB, dengan kaki kiri sebagai kaki terkuat
2. CB
3. RB
4. RW/LW, dengan kaki kiri sebagai kaki terkuat
5. ST

Bayangan gue, musim depan Skuad Liverpool bakal begini::

GK: Mignolet, Karius, Ward.
RB: Clyne, New Player, Alexander Arnold
LB: New Player, Moreno, Flanagan
CB: Matip, New Player, Lovren, Klavan, Gomez
DM: Henderson, Lucas, Stewart
CM: Lallana, Grujic, Milner
CM: Wijnaldum, Can
RW: Mane, New Player
LW: Coutinho, Woodburn
ST: Firmino, New Player, Origi, Ings

30 pemain cukup itu buat 1 musim.

Selalu menyenangkan kalo lagi off-season gini, tiap hari buka berita Liverpool ngincer siapa di bursa transfer. Nama-nama kayak Virgil Van Dijk (CB), Benjamin Mendy (LB), Salah (RW/LW), Lacazette (ST) udah mulai kesebut. Nama-nama yang sesuai sama opini gue, dengan apa yang dibutuhkan Liverpool musim depan.

Semoga kesampean sebelum musim depan dimulai, pemain baru udah pada gabung..

Kalo iya, Insya Allah bisa berbuat banyak Liverpool musim depan.. Amien..

Gitu aja terus ngomong tiap akhir musim :))

#YNWA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar