Senin, 15 Agustus 2016

My 6th Marathon: Standard Chartered Kuala Lumpur Marathon 2016

Setelah gue liat-liat, beberapa postingan terakhir tentang hobi doang yak. Kalo gak bola, lari. Kalo gak lari, bola...

Maap yak, emang lagi ada idenya ini. Jangan pada ngabur yg demennya kalo gue posting tentang hal yg laen, misal betapa kerennya gue jadi Ayah, atau betapa tampannya gue sebagai suami..

Muntah lu pada.

Oke, yang sekarang balik lagi tentang ngomongin salah satu hobi yg lagi seneng gue lakuin dalam 3 tahun terakhir: Join The Overseas Marathon Race!!

Setelah terakhir alhamdulillah dapet lotere di Tokyo Marathon Februari 2016, gue punya target ikutan 2x tiap tahunnya, maunya sih yg domestik, biar ongkosnya juga gak terlalu gede kan, boncos bener. Tapi udah pernah ikutan Jakarta dan Bali. Borobudur sama Lombok telat taunya (Insya Allah salah satunya tahun depan). Akhirnya memutuskan ke negara tetangga aja deh, Malaysia.

Ada temen yg udah ikutan, Aditya Wardana, beliau rekomen banget karna emang rapi penyelenggaraan race-nya. Kalo gue tanya rutenya gimana, dia cuma bilang: "Udah pernah naklukin Jakarta sama Bali, gampanglah di Kuala Lumpur". GAK NGASIH TAU RUTENYA GIMANA LUH WOOOOYY. BUNGCUUUUDDHH :D

Seperti biasa, kalo mau ikutan Overseas Marathon, gue bakal nanya dulu sama si Bos, Dewa Ayu. Karna waktu rencana ke Manila sama Tokyo, beliau responnya: "AKU MAU IKUT!! AWAS LU GAK NGAJAK!!".

Gue (G): "Bun, aku rencana Overseas Marathon lagi nih".
Dewa (D): "Asiiiikk.. Kemana lagi nanti kita?" *antusias
G: "Deket aja sih, ke KL doang".
D: "KL? Kuala Lumpur??!!".
G: "Iya, biar irit ongkos".
D: "Kamu aja ah, KL kan gak ada apa-apa, ngapain??!!".

SOMBONG BANGET LUH ISTRI GUAAAHH!!! -___-

Seperti biasa, biar pede meningkat, gue cukur rambut yg aneh-aneh. Mana sendirian pula kan disana nanti. Pilihan jatuh ke gaya rambut jaman dulu, Corn Row. Bikin 5 garis membelah kepala dari depan sampe belakang. Ini sengaja poto miring gini yak. Abisnya di file lurus, pas pindahin ke blogspot ngapa miring. Bodo ah males ngeditnya. Hahahahaha.

Jumat, 5 Agustus 2016.

Setelah norak selfie di stasiun kereta (dari UI ke Pasar Minggu), dan jembatan penyebrangan (mau ke Damri), karna jarang banget kemana-mana naek kendaraan umum, sampai-lah gue di Terminal 3. Kalo sendirian mah yg murah-murah aja dah pesawatnya. Pas Web Check-In, dapet random seat, gue posisi di tengah (kursi bejejer 3). Males kan ya namanya sendiri, enak samping jendela gitu. Ternyata bisa "Pick Seat", bebas milih duduk, tapi nambah Rp20.000 plus pajak dan biaya kartu kredit. Bodo amat dah duduk tengah daripada nambah duit. #Padang

Boarding jam 18.00an, dan menempuh perjalanan sekitar 2 jam, nyampe Kuala Lumpur International Airport (KLIA) udah jam 22.00 waktu sana (waktu Indonesia 1 jam lebih lambat). Karna cuma 3 hari, gue cobain fasilitas XL Pass, bayar Rp100.000 buat ngebuka jaringan disana, pake Celcom. Jadi kuota dari Indonesia bisa dipake roaming. Gak perlu ribet ganti kartu di handphone. Karna udah nanya-nanya sama Faizah, temen SMA yg lama tinggal di Kuala Lumpur, beliau bilang kereta cuma sampe jam 11 malem, kalo emang kemaleman, langsung naek taksi aja. Cuma taksi resmi bandara, jangan taksi gelap (katanya suka diisengin tarifnya), jadi bayar di bandara, kasih tiketnya ke driver deh. Emang lebih mahal, tapi karna udah malem, dan gue males nanya-nanya, langsung aja sikat dah, daripada tersesat di negeri orang tengah malem gitu. Kalo diculik gimana, gak ada yg mau tebus pasti :((

Gue kalo ngerencanain Marathon udah dari jauh hari booking tiket pesawat ataupun penginapan. Kalo dari Agoda, penginapan yg gue pilih cuma walking distance ke Start/Finish Gate. Jadi berangkat race nyantai, pas pulang kaki lagi sengklek juga gak lama-lama menderitanya. Ketemu satu-satunya hotel yg menyediakan ini, setelah kebanyakan budget hotel di sekitaran situ kagak punya:

BATHTUB!! Iya ini penting banget, serius. Karna setelah ikutan Marathon, kalo proses recovery-nya gak tepat, efek ke badan bisa sampe berhari-hari. Pegel, capek, lemes, dsb. Setelah nemu ini, gue udah nyiapin plastik buat bikin es batu, jadi kelar nanti lari, bisa rendeman. Recovery pake es itu sangat-sangat direkomendasikan buat pemulihan otot. Gue pernah waktu di Manila, karna start tengah malem, dingin banget, pas finish, nyampe penginapan gue rendeman aer hangat. Kaki sakit sampe seminggu lebih dong. Edyaaaann.. Saking sakitnya, tungs aja males. Bayangin coba kan, kurang menderita apa hidup begitu.

Tapi di Neo Hotel ini, gue gak 2 malem di kamar yg ada bathtub-nya. Karna naluri perhitungan yg gue miliki, asumsi malem baru sampe KL, pagi mau survey lokasi, jadinya ambil kamar termurah plus gak pake breakfast. Jauh lebih hemat daripada gue 2 malem di kamar yg bagus. Mayan buat beli oleh-oleh. Kebetulan lokasi penginapan pas di depan Pasar Seni dan Central Market. Gak ribet dah kalo mau bawa sesuatu pulang. Asal jangan bawa istri baru aja kan.

Sabtu, 6 Agustus 2016.

Pagi berangkat-lah gue survey venue sembari nyari sarapan seadanya, sekalian carbo loading, dapet lontong sayur. Tapi kalo di Indonesia lontong sayur kan cuma sayur nangka doang yak topping-nya. Ini bener-bener sayur. Ada kol, sawi, wortel. Jadi lontong capcay sih harusnya.

Iya, karna sendiri, gue jadi banyak poto selfie. Antara kamera gue pegang pake tangan sendiri, ya atau kayak poto di atas. Kamera gue senderin di tembok, bisa juga geletakin di jalan. Pppfftt.. Kayak jomblo ngenes banget dah asli. Gini yak rasanya jomblo. I feel you brother..

Horeeeee... Ternyata kalo gue nyalain GPS, cuma 600m ke Start Gate tepat dari depan hotel. Pas banget buat jogging pemanasan, setelah pastinya scretching dulu di penginapan kan. Setelah udah tau, biar besok gak ribet nyari-nyari ke venue, balik dulu buat pindahin barang ke kamar yg ada bathtub. Tapi masih belom waktu check-out (jam 12), kan sayang yak. Kalo #KataTemenGue bisa sekali lagi itu. Pppfft. Beli oleh-oleh aja dah sekarang. Baru nyampe, udah nyari oleh-oleh, turis macam apa ini.

Abis pindahan kamar, cabut lagi keluar cari lunch carbo loading sembari ambil racepack. Setelah mengikuti petunjuk turun di Stasiun Hang Tuah, terus tinggal jalan kaki dari situ, gue kebingungan. Dimane itu gedung KWC. Akhirnya nanya orang yg pake tas SCKLM, eh dia gak tau juga, padahal orang Malaysia. Nambah 1 cewek orang Malaysia juga gak tau. Akhirnya kami bertiga nanya sama orang, ditunjukin jalan ke arah kanan pas keluar stasiun. Ikutin deh, ngobrol. NJIR JAUH DAN ITU ORANG SALAH NGASIH TAU. Harusnya ke kiri. Ya Allah udah pemanasan aja ini jalan kaki :((

Race Pack Collection rapi banget, sama sekali gak ada antrian, gak nyampe 3 menit udah dapet. Expo-nya juga lengkaaaapp.. Semua produk sponsor ada, semua running gear juga lengkap dijual. Maaf ya saya cuma liat-liat, duit pas-pasan soalnya Pak Cik, Mak Cik.

Nanya lagi sama Faizah, beliau bilang ke Twin Tower aja, itu disitu Mall, jadi pasti banyak makanan kalo buat cari pasta. Iya juga, pikir gue. Lagian kayaknya kalo gak poto di bawah itu gedung, belom sah jadi turis ke Malaysia. ((((Turis ke Malaysia))))

Abis lunch pasta dan ngeliat twin tower, yang ternyata emang bener kata Dewa, cuma gitu doang, balik lagi deh ke hotel nyiapin perlengkapan buat besok, biar gak keburu-buru. Ini salah satu persiapan penting dalam menghadapi race: Siapin semua running gear hari sebelumnya. Jadi kalo tiba-tiba ada yg kurang masih bisa dicari solusi, jangan dadakan besoknya, lah kalo ternyata sempak pada dicuci, jadinya terpaksa pake sempak istri pas hari-h kan berabe. Apalagi kalo yg melihara anakonda kayak gue, sempak-nya beli di Kongo. Jadi bangun tidur udah tinggal dipake itu semua dah. Aman.

Running Gear gue buat SCKL Marathon 2016: Sepatu lari, kaos kaki, celana compression panjang, celana pendek, sempak, sport watch, handband, baju race, BIB number. Sebenernya kalo disuruh milih, dengan udara Malaysia yg sama kayak Indonesia, enakan pake celana pendek aja, Tapi berhubung motong Subuhan di tengah race, mau gak mau deh. Start jam 04.00. Subuh jam 05.52. Musholla cuma disediain panitia di KM 11 sama KM 15. Dengan kecepatan lari yg gue punya, KM 15 itu belom masuk Subuh. Sedangkan kalo pas finish, udah terbit matahari, gak akan sempat. Targetin Subuhan setelah Water Station KM 21, yg mana gue udah lari sekitar 2 jam sejak start. Bayangin kalo gue bawa sarung sejauh itu, males juga kan. Waktu di Bali sih bawa sarung sampe KM5 doang. Pas Jakarta sama Singapore masih belom rajin Solat, jadi gak peduli Subuhan gimana :)))

Abis kelar beberes nyiapin perlengkapan buat besoknya, keluar lagi deh buat cari Dinner Carbo Loading, pasta lagi. Eneg, eneg dah guah sama pasta. Oh ya, selama 3 hari ini kalo makan di restoran, gue bisa pesen menu yg gue mau sendiri, horeeeee.. Biasanya ngabisin makanan Adia-Carra demi kesehatan dompet.

Minggu, 7 Agustus 2016.

Seperti biasa, malam sebelum race pasti ada euforia, jadi sedikit susah tidur. Kalo susah tidur gue kan biasanya ngajakin tungs, lah ini lagi sendirian, gimana caranya :(( Tapi bangun sesuai jadwal, jam 02.45. Berak dulu nyantai setengah jam. Iya, gue kalo berak lama banget, karna mau menikmati kesakralannya. Kesakralan pas perut mules, terus kontraksi, tai mau keluar dikit, sampe brooooottt.. Plung.. Masuk ke jamban. Beeeuuhh. Apalagi kalo semprotannya enak, diarahin ke lobang pantat pas cebok. Nikmaaaaatt :O

Tepat jam 03.30 berangkat dari kamar. Keluar hotel juga udah mulai banyak gabung sama orang-orang yg pake baju lari. Pagi buta gitu, di Jakarta baru jam setengah 2 dini hari. Kayak orang pe'a gue malah mau Marathon. Karna target finish di bawah 4 jam, masuk ke Row 2. Di depan cuma ada Row 1 sama Row Athletes, dan pintu masuk ke Row juga beda, jadi enak aja gak ribet ngantri dari Row 3-4 yg orangnya bejibun banyaknya. Gabung sama ribuan orang pe'a yg lagu-lagu-an lari 42KM dini hari gitu. Pe'a berjamaah.

START!!

0-5KM: Ini masih enaaakk banget, flaaatt. Mirip-mirip Marathon di Major gitu. Lari di tengah gedung-gedung tinggi, dan pace juga masih sesuai target. Masih bisa mata jelalatan liat pantat sama paha mulus.
5-10KM: Mulai masuk ke jalan tol. Emang sih Adit bilang sebagian masuk ke tol. Yoweslah ikutin, palingan cuma dikit.
10-15KM: Koq ini masih di tol aja woooyy. Miriiiiipp banget sama yg di Manila. Naik turun, meski gak sekejam itu sih, dimana catatan waktu gue 4 jam 42 menit -__-
15-20KM: Mulai bosen sama trauma lari di jalan tol, karna gak abis-abis Ya Allah.
20-25KM: Waktu langsung jeblok, karna kepotong Subuhan. Sampe disamperin sama panitia, abis gue ambil 2 gelas air putih, terus langsung ke pinggir. Kirain cedera. Eh, gue malah ambil wudhu terus gelar slampe di pinggir jalan. Edan ye riya banget gue cerita begini.
25-30KM: Disini jeblok juga catatan waktu, karna track di tol udah tanjakan mulu, pusing kepala. Disini juga udah mulai basah kuyup, tiap ada sponge pasti ambil. Minimal 1 gelas air mineral di Water Station buat guyur kepala.
30-35KM: Ngejar waktu yg keteteran, karna disini banyak banget turunan. Mayan bisa rada ngebut ngejar ketertinggalan waktu.
35-Finish: Nah disini waktu ancur-ancuran lagi. Selain track-nya yg makin nanjak parah (kayak di Bali), disini udah gabung sama Half Marathon yg udah pada lewat 2 jam, kebanyakan pada jalan kaki. Mana jalanan gak luas. Kalo dijejer, palingan cuma perlu 10-15 orang buat nutupin jalan. Pernah di satu momen, sama sekali gak bisa jalan, berhenti stuck. Eh, ternyata lagi pada antri di Water Station. Buset ganggu bener dah. Panitia mana panitaaaaa.. *udahkayakseniorrese*

FINISH!!

Liat Gun Time sekitar 4 jam 7 menit. Anggaplah kalo tanpa Subuhan bisa lebih cepet 2-3 menit. Masih jauh dari target 3 jam 59 menit. Tapi kalo ngeliat track yg mirip gabungan Manila sama Bali, waktu segitu udah diatas ekspektasi. Karna sama sekali gak mengantisipasi kalo rute bakal banyak tanjakan-turunan. Gue suka turunan, enak bisa ngebut. Masalahnya, kalo dapet turunan, biasanya ada tanjakan juga. Kalo boleh milih, gak papa dah gak usah ada turunan, tapi track-nya flat gitu. Kalo flat aja dalam perjalanan hidup emang gak seru. Tapi kalo flat aja pas lagi Marathon, itu malah seruuuuu...

Langsung balik ke hotel, buat recovery. Udah nyiapin plastik es dari rumah, ternyata freezer kamar mati-hidup, jadi gak bisa bikin. Solusinya, dari malem bathtub udah gue isi aer, terus pintu kamar mandi di buka dah. Kan dingin tuh ada AC. Pas menuju venue, AC di gedein volume-nya. Maap ya boros listrik, abis gimana lagi kan, salah sendiri freezer-nya gak bisa!! *lahjadisewot*. Dan ini juga salah satu yg bikin gue semangat buat finish cepet-cepet, mau cobain bathtub pake udara!!

Liat gak tuh ada gelembung? Buseeett.. The best banget itu kena punggung. Terus ada di samping juga buat paha sama betis. Edyaaaannn.. RECOVERY LIKE A KING!!

Meski kangen banget sama Dewa, Adia, Carra, tapi gue sangat menikmati Me Time selama 3 hari ini loh. Rada awkward aja sih biasa tidur hampir semaleman meluk Dewa, ini guling aja gak ada. Biasa sehari-hari nganterin Adia kesana-kemari, ini kemana-mana sendirian. Biasa Carra selalu nyari perhatian kalo gue lagi fokus sama Kakaknya, ini koq gak ada yg gangguin. Berasa sepi, tapi ya menurut gue dibikin enjoy aja deh, jarang-jarang juga kan. Makanya selalu bilang salut banget sama temen-temen yg bisa Long Distance Marriage, hat off banget-lah. Gue gak akan bisa begitu dalam waktu yg lama.

Puncaknya pas lagi berendem ini. Emang udah rencana, mau ngerubah kamar hotel, jadi seperti kamar kosan dulu. Waktu ngekos, punya radio/tape yg selalu gue pasang, buat dengerin lagu-lagu favorit. Ke KL bela-belain bawa speaker wireless, dan langsung konak konek ke apple music yg akses lagunya tanpa batas. Beeeuuhh.. Nikmaaatt.. Ada kali 1,5 jam gue cuma berendem di kamar mandi, bawa speaker ke dalem, terus nyanyi-nyanyi sendirian, tanpa ada gangguan. Asli. Heaven on earth. Cuma kurang "peran" Dewa dalam proses recovery kali ini, if you know what I mean :*

Rencana mau makan duren, terpaksa dibatalkan karna gue lebih milih lama di bathtub buat recovery dan menikmati musik. Alhamdulillah karna bener, kaki cuma kerasa pegel aja, gak nyampe sengklek. Jadi enjoy pas perjalanan pulang. Oh iya, selain mau rendeman di bathtub, ada 1 hal lagi yg selalu melintas di pikiran setiap udah kerasa capek pas Marathon: "BURUAN FINISH ABIS ITU BEBAS MAKAN APAPUN!!". Asli, H-1 bulan gue cuma minum air putih, kangen water, sama isotonik. Makin mendekati race juga jaga banget pola makan. Gak ada tuh junk-food, gorengan, jeroan, dan makanan gak sehat lainnya, demi biar bisa nikmatin lari dalam keadaan tubuh yg prima. Jadi, nemu jajanan apa di jalan, beli. Gak usah pake tanya itu apaan, selama belom pernah gue liat di Indonesia, langsung #sikaaaaaaattt :)))

Orang Indonesia diatas gue itu dari RUNMDN sempet barengan pas di KM38-39an. Eh, dia tiba-tiba dijemput sama temennya, terus di pacer-in. Gue ngikutin, eh gak ketarik. Jadi dia deh di kategori FM Man Open peringkat 1 dari Indonesia. Mantab Bang!!

THANK YOU KUALA LUMPUR!!

Sertifikat ini yg membawa gue bergabung menjadi anggota Marathon Globetrotters. Klub Marathoners yg udah pada (minimal) finish Full Marathon (atau Ultra Marathon) di 5 negara. Kebetulan kalo kasus gue, di Singapore, Indonesia, Filipina, Jepang, dan Malaysia. Sekali lagi makasih Aditya Wardana yg udah merekomendasikan gue untuk bergabung. Bakal nulis tentang ini di postingan lain.

Done, my marathon journey in 2016.

Not join the race yet for my next marathon, but already have a target.

See you on my 2017 marathon journey, Insya Allah a new race and new city.

AMIIIIEENNN.

At mile 20 (KM32), I thought I was dead. At mile 22 (KM35), I wished I was dead. At mile 24 (KM38), I knew I was dead. At mile 26.2 (KM42), I realized I had become too tough to kill.