Senin, 07 September 2015

My 4th Marathon: BII Maybank Bali Marathon 2015

YES!! Tercapai juga untuk tahun ini, ngikutin 2x Marathon. 1x Overseas, 1x Domestic. Seperti taun lalu di Singapore dan Jakarta, tahun ini berhasil di Filipina dan Bali!! Alhamdulillah.

Tapi sedih juga sih, soalnya di Indonesia cuma Jakarta sama Bali doang yg bikin Marathon. Jadi kalo masih ngikutin target 2x tiap tahun-nya, harus Overseas dua-duanya mulai taun depan :(( Bagi duiiiiittt.. Atau ajarin ilmu ngepet yg baik dan benaaaaarrr..

2 tahun yg lalu sebenernya ikutan juga BII Maybank Bali Marathon, tapi kategori 10K, sama Dewa beduaan sekalian 2nd Honeymoon. Taun lalu gak ikutan, selain gak ada duitnya, udah keburu ikutan The Jakarta Marathon. Akhirnya taun ini baru kesampean, dengan rute yang sama persis tanpa perubahan. Persiapan-nya sedikit norak nih, bikin hair tattoooo :* Btw, ini cukur di Kings Cute, jalan alternatif cibubur ke arah kota wisata, sekitar 400 meter sebelah kiri setelah Giant Extra. Recommended!!


Ini namanya Mas Dedi, langganan kang cukur David Naif juga denger-denger.


Banyak yg bilang, rute di Bali ini berat banget, karna bakal sering nemuin tanjakan-turunan. Banyak yg nyaranin, enjoy aja disana, gak usah mikirin mecahin rekor waktu Personal Best gue, 4 jam 1 menit di Jakarta taun lalu. Tapi gak ada salahnya mencoba, jadi tetep latihan sesuai arahan Coach Asics, dengan nambahin pace dan distance. Kayak latian buat Jakarta Marathon yg ternyata sangat berhasil kalo liat dari cacatan waktu. Bisa melahap latian 25-25-30-35-25KM sesuai waktu yg ditentukan, sebulan sebelumnya. Jadi cukup pede, meski emang realistis aja kalo denger cerita track-nya berat.

Tanggal 27 Agustus malam sudah mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, bersama Dewa-Adia-Carra, yang HARUS selalu diikutkan kalo gue ikutan Marathon, gimana gak bokek iniiiii :( Sekalian jalan-jalan, tapi emang Adia juga didaftarin buat ikutan "Children Sprint" sih, yang bakal gue tulis cerita-nya di blog setelah ini. Kalo inget -_-



Jumat malam langsung ambil Racepack buat gue sama Adia. Lagi-lagi ngambil-nya di Westin Hotel, mayan cuma 5 menit dari hotel tempat kami nginep, daerah Nusa Dua. Dan lagi-lagi gak ada hambatan berarti. Lancar banget, panitia juga rapi, mempermudah urusan. Emang datengnya sekitar setengah jam sebelum tutup sih, mungkin kalo siang/sore rame. Expo-nya kurang gede karna sponsor gak begitu banyak, tapi mayan dah buat poto-poto mah. Gaya-gayaan bilang Expo kurang gede, niat belanja juga kagak lu.

Rute-nya masih sama, telen ludah juga ngeliat Elevation Gain-nya, bagi gue yg takut sama tanjakan ini. Gimana mau ikutan Trail kalo begini aje jiper yak.


Hari Jumat pula rencana mau jogging 5KM, apa daya gak bisa pagi, karna numpang nginep dirumah Mega-Melti (makasih ya guuyys) di Jimbaran banyak bener jaing-nya. Yang ada bukan jogging, malah sprint nanti. Yaudah deh, gue pikir sore aja di private beach halaman belakang hotel, mayan kan muter-muter aja nyeker di pasir. Eh, Adia malah ngajakin berenang. Gak jadi lagi dah. Maaf ya Coach, segalanya buat anak sih.Padahal mah emang demen ngeliatin bule bikinian seliweran depan mata.

Sabtu, ketemuan sama temen-temen Ayah ASI runners, nginep di Villa deket Start Line (makasih Bli Kholik yg langsung cari pengganti, begitu Villa yg gue booking di cancel sama pihak Agoda-dot-com). Gak deket juga sih, sekitar 2,5km. Tapi lumayan menghemat waktu tidur, bisa berangkat jam 4 lewat, disaat banyak yg ikutan naek shuttle bus dari jam setengah 3 pagi.

Mas Yandra (HM), Mas Didi (FM), Gue, Bli Kholik (HM), Carlo (FM. Minus BangAdhi (HM)

Minggu, 30 Agustus 2015


Dan hari yang ditunggu-tunggu telah tiba. Malemnya sempet Carbo Loading Homemade bikinan rame-rame. Menu-nya Spaghetti, Makaroni, Roti. Mayan, daripada jajan lagi kan, patungan belanja juga di carrefour sore-nya. Jadi Padang deh lu semua gue ajarin.

Berangkat dari Villa sekitar jam 04.15. Gun Start Full Marathon (FM) jam 05.00, Half Marathon jam 05.30. Tapi rombongan HM, MasYandra sama BliKholik juga ikutan berangkat bareng gue, Carlo, MasDidi. Langsung masuk antrian. Wuuuiihh.. Rame bener Bali Marathon emang dari tahun-tahun, jadi semangat buat nyobain pertamakali rute-nya. Super excited.

KM 0-5.
Karna disana Adzan Subuh jam 05.09, mau gak mau, gak bisa Subuhan dulu baru start. Untungnya panitia nyediain tempat Solat di sebelah kanan jalan, lengkap dengan toilet, ambil wudhu, dan karpet yg bisa nampung 10-15 orang. Jadi dari garis start udah bawa sarung, plus udah ambil wudhu sebelum berangkat. Rada berat di 5KM awal, harus nahan kesabaran karna dibalap-balapin sama orang, plus nahan kencing biar wudhu gak batal. Kebayang kalo sampe batal, harus antri lagi -_- Dan keputusan gue tepat. Toilet di tempat Solat rame, ngambil wudhu antri, dan sarung dipake gantian. Jadi begitu gue nyampe, buka sepatu, pake sarung, langsung Solat. Surat pendek aja, biar cepet :)) Carlo gantian pinjem sarung, gue lanjut duluan lari. Karna udah berat banget dan toilet antri panjang, akhirnya gue ngencing di pinggir jalan, maaf ya Bali, maaf ya panitia :O

KM 5-10
Ini masih luruuuuuusss aja, mulai nambah pace setelah 5 KM awal jogging, takut kalo ngebut, pas Solat kaki pada kram. Itung-itung pemanasan. Disini mulai balapin orang yg mau sok-sok-an cepet dari start, belom 10K udah engap.

KM 10-20
Mulai merasakan aura dari Bali Marathon. Tanjakan, penduduk yg support, anak-anak pada pake baju adat nyemangatin, dan suasana pedesaan yg penuh dengan pemandangan sawah, pohon rindang. Sama BANYAK ANJING MENGGONGGONG. Bikin mikir: "Sprint, kagak, sprint, kagak".

KM 20-21
Kenapa gue inget, karna di titik ini, ada cekungan parah. Turunan tajam (bener tajam, sampe elu harus ngerem biar gak gelinding), dilanjutin sama tanjakan sama pe'a-nya. Gokil dah. Panitia bilang pas lagi turunan: "Jangan ditahan Mas, lepasin aja". Palamu. Nyusruk yg ada nanti.

KM 21-30
Sebenernya di Bali Marathon, ini jarak yg sangat mempengaruhi hasil akhir elu. Kalo udah ngerasa capek, engap, lemes, bisa dipastikan gak akan sesuai target. Tapi kalo masih kuat, belum terlalu lelah, masih on the way ke target pribadi. Apalagi didukung sama tanjakan yg cukup panjang. Kemampuan Marathon elu bakal diuji banget disini. Dari KM5 gue gak pernah di salip sama pelari lain dari belakang, cuma sama 1 orang doang di sekitar KM ini, pake baju item tulisan #RUNMDN katanya sih anak Medan. Gile pas dia nyalip, adrenalin gue langsung terbakar, niat gak mau langsung nyalip lagi, tapi ikutin pace dia aja, dibelakangnya 2-3 meter. Tapi langsung keinget "Run With Your Own Pace". Mungkin bisa gue ngimbangin, tapi bakal habis di KM 30an. Silahkan Bang lewat..

KM 30-31
Kenapa gue inget lagi, di titik ini ada cekungan kedua!! Sedikit mirip sama cekungan pertama dari jarak sampe elevasi-nya. Turunan-tanjakan tajam. Edan. Banyak yg cuma berani jalan disini, karna emang rawan cedera kalo kaki gak begitu kuat nahan beban tubuh. Menyeramkan.

KM 31-40
Waaahh.. Ini udah rute kesukaan gue. Pertama, turunan panjaaaaanngg banget. Tapi turunan yg bisa nambah pace, bukan turunan kayak di 2 cekungan sebelumnya yg harus nahan badan. Dan juga udah gabung sama pelari HM yg mulai pada jalan kaki. Enak aja ngebalap orang, berasa kayak Kenyan :))



KM 40-42,195
Udah gak kerasa lagi ini mah capek-nya, wong tinggal dikit lagi. Yang ada malah super ngebut (keliatan dari catatan waktu, negative split disini), dengan mikir: "Abisin ah tenaga gue, toh kalo udah beres bisa langsung duduk, tiduran, minum bir, makan babi, ML, semua bisa dilakuin. #sikaaaaattt".

FINIIIIIISSSSHH!!!



Yang paling keren dari Bali Marathon ini: TOILET DI RUMAH PENDUDUK. Mereka gak pake toilet portable kayak kebanyakan race. Mantab. Sayang aja gue gak nyobain salah satu-nya. Gimana mau nyobain kalo di tiap rumah ada anjing :(

Official Result:


Peringkat 65 dari 890 All Marathon Finishers.

Peringkat 48 dari 723 Male Marathon Finishers.

Peringkat 37 dari 790 All National Marathon Finishers.

Peringkat 27 dari 647 All National Male Marathon Finishers.


Artinya, dengan catatan waktu 4 jam 13 menit 49 detik, cuma ada 26 pelari pria nasional yg finish lebih cepat dari gue. Result yg aneh, waktu pertamakali keluar, gue peringkat 24 -__-

Tapi gak papa, buat Pelari Senang-Senang kayak gue, yang latian cuma 2x seminggu, itu juga kalo lagi kagak males, Not A Bad Result At All.


See You on My Next Marathon, Hope It'll be Tokyo.

AMIIIIEENNN..

"Before 26 I was concentrating on farming and had never run before",
Dennis Kimetto, 30, Marathon World Record Holder, 2 Hour and 2 Minutes.

#IfYouKnowWhatImean
#MariLari

NB: Untuk panitia, sarung gue ketinggalan di tempat Solaaaaattt.. Tolong kirimin ke Depoookk..

7 komentar:

  1. Wuaaah keren banget catatan waktunya. Saya masih main di HM HM saja belum berani FM karena emang kudu persiapan banyak. Semoga tahun depan bisa ikut FM (Bisa selesai FM di bawah 6 jam saja sudah Alhamdulillah banget) hahahahaha.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Keren pengalamannya, jadi pengen ikut FM.

    Salam kenal.

    BalasHapus
  4. Nama villa yang deket start point apa mas? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEmaren nginep di Swan Villa. Cuma 1-2KM dari start/finish gate.

      Hapus