Senin, 09 Maret 2015

Hitting The Wall Saat Berlari

Apaan tuh Hitting The Wall saat berlari? Jadi, pas lagi lari, meleng, terus nabrak tembok? Lu kata srimulat kalih..

Ngambil dari Wikipedia: "Hitting the wall describes a condition caused by the depletion of glycogen stores in the liver and muscles, which manifests itself by sudden fatigue and loss of energy".

Mungkin bisa lebih disederhanakan oleh Dave Martin, PhD, Emeritus Regent's Professor of Health Sciences at Georgia State University: "Hitting The Wall is basically about running out of energy".

Au dah Dave itu siapa, gue juga kagak kenal, tapi itu menjelaskan kondisi yang sering dialami oleh para pelari. Kalo gue pribadi, berdasarkan pengalaman, ada 4 ciri-ciri dari Hitting The Wall:

1. Berjalan
2. Pace Menurun dan Gak Bisa Dinaikin Lagi.
3. Otak-Badan Gak Sinkron (Otak mau tetep lari, badan gak kuat).
4. Dehidrasi.

Pernah ngalamin salah satu diantaranya? Yes, elo pernah ngalamin Hitting The Wall berarti, sama kayak gue. Setelah beberapa kali mengalaminya, dan selalu bereksperimen sama tubuh, somehow mau sharing dikit gimana biar gak terulang lagi:

- Persiapkan Mental.
Misal-nya besok mau ikutan race atau cuma mau latihan, siapin mental sesuai jarak yang mau ditempuh. Karna beda banget mempersiapkan mental untuk hanya sekedar jogging 5K, atau mau nyari Personal Best 21K. Bikin sketsa di otak, nanti bakal gimana per kilometer-nya. Visioner. Wasainer.

- Jaga Kondisi.
Kalo mau berlari, jaga kondisi badan dari kemarin-nya. Misal, tidak perlu beraktivitas berat yang menguras tenaga, bikin selow badan biar fit. Tidur juga dijaga, jangan sampai mau lari subuh, eh, malah begadang nontonin Komedi Tengah Malam.

- Perhatikan Asupan.
Sampai hari ini, gue masih percaya konsep Carbo Loading H-3 sebelum berlari (terutama jarak jauh). Apabila sudah mendekati waktu berlari, stop makanan setidaknya 3 jam sebelum start. Minum juga secukupnya tidak perlu berlebihan, boleh sesaat sebelum start. Kalo perut gak biasa makan pedes, stop dulu. Daripada cepirit pas lagi lari terus ninggalin jejak dijalanan.

- Pemanasan Yang Cukup.
Sebelum memulai aktivitas olahraga, apapun, wajib hukum-nya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Agar badan lebih siap untuk menghadapi tantangan. Pastikan semua bagian badan sudah dilakukan strecthing, agar otot-otot dapat dipergunakan dengan baik saat berlari. Kalo mau begituan aja kan diawali dengan ciuman. Ya sama aja fungsi warming-up berarti.

- Kontrol Kecepatan.
Ini penting banget. Gue pribadi, setiap berlari, akan menggunakan 3 kecepatan setiap sesi. 20% jarak pertama bakal pake Comfortable Pace, dimana bukan kecepatan yang bisa bikin capek. 60% jarak kedua, Medium Pace, dimana ini bisa naik turun tergantung track yang dilewatin. Sedangkan di 20% jarak terakhir, gue bakal geber dengan Fast Pace, kecepatan maksimum yang bisa gue lakuin dengan sisa tenaga. Bagi kebanyakan pelari, suka ngebut di awal terus udah Hitting The Wall padahal baru setengah perjalanan. Karna udah keburu capek. Jangan nafsu gede, tenaga kurang. *becandaan jadul*

- Berpikir Positif.
Selama lari, kalo badan mulai capek, bakal sering berpikir: "Njir, capek banget gue, mana masih 10K lagi, gak akan kuat ini mah", "Udah ah, jalan aja dulu, nanti lanjut lari lagi", dan pikiran negatif lainnya. Itu akan sangat berpengaruh ke badan, dan memberikan efek negatif pula. Ganti dengan pikiran lebih positif, misalnya: "Ayo terusin larinya, gak usah jalan, begitu beres, mau jalan kaki sampe sengklek juga gue jabanin!!"."Ayo ah 10K lagi, abis ini gue mau makan makanan kesukaan, sate!! 50 tusuk!! Beli di Bang Bokir!!".

Mungkin masih banyak cara-cara lain-nya, tapi karna gue cuma pelari hura-hura dan selow runner, ya segitu aja yang bisa di sharing, semoga bisa membantu bagi temen-temen yang masih sering Hitting The Wall.

Gue pribadi paling males Hitting The Wall kalo lagi lari. Terkesan lemah syahwat aja gitu. Ibarat-nya sebelum ML udah mikir: "Ah, gue mau minimal sejam, lagi pengen banget nih". Tapi baru aja 5 menit udah beres.

DISITU KADANG SAYA MERASA SEDIH.

FAK INI NGAPA GUE JADI KAYAK ORANG-ORANG..

GAK LUCU WOY!! ASLI GAK LUCU LU, BENER..

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus