Senin, 09 Februari 2015

My 3rd Marathon: Condura Skyway Marathon

Setelah merasakan nikmat-nya menyelesaikan Marathon untuk pertamakalinya di Singapore bulan Maret 2014 (bisa cek di link My 1st Marathon: 2XU Compression Run), somehow, kalo emang ada rejeki-nya, punya niat untuk melakukan 2x Marathon tiap tahun. 1x domestic, 1x overseas. Amien.

Alhamdulillah tahun lalu kesampean.

Taun ini, alhamdulillah udah setengah jalan.

1 Februari kemarin, gue melakukan ritual tersebut dan mengikuti Condura Skyway Marathon yang berlokasi di Manila, Filipina. Kali ini, membawa rombongan sirkus kesana, maklum ini adalah negara yang baru untuk kami, jadi mau sekalian norak-norak-an disana. Nyusul ya ceritain pergi overseas sekeluarga-nya, panjang itu pasti, sepanjang anakonda gue. Sekarang mau Marathon-nya dulu.

Setelah mencatat Personal Best taun lalu, yaitu 4 jam 1 menit untuk jarak 42,195 kilometer (bisa cek di link ini My 2nd Marathon: The Jakarta Marathon), kayaknya gak ada salah-nya untuk mematok target lebih tinggi di percobaan ketiga ini, tembus 3 jam!!

Karna jarak yang tidak begitu jauh dengan The Jakarta Marathon, jadi hanya dalam hitungan minggu setelah "istirahat", langsung geber latihan untuk ke Filipina. Karna cukup "bosan" dengan latihan dari Coach Asics, maka bikin jadwal latihan sendiri, gaya-gaya-an.

Browsing sana-sini dan meminta masukan teman, akhirnya memutuskan untuk mencoba Interval Training. Latihan tersebut dipercaya dapat meningkatkan kecepatan pelari. Secara garis besar, latihan tersebut biasanya dilakukan di track lari lapangan sepakbola, yang mempunyai standar 400meter untuk tiap putaran-nya. Dan yang gue lakukan adalah sebagai berikut:
- Jogging 2 putaran untuk pemanasan,
- Sprint sekuat tenaga 1 putaran,
- Jogging 1 putaran,
- Sprint sekuat tenaga 1 putaran,
- Jogging lagi,
Dan itu dilakukan berulang-ulang. Apabila melakukan sprint hingga 10x putaran (dan tentu saja minimal ditambah 9x putaran diantaranya untuk jogging), maka itu bisa disebut "Interval Training 10x400meter".

Dengan waktu yang tidak begitu panjang, biasanya ini gue lakukan di hari Selasa sore. Dan karna weekend lebih punya banyak waktu, di kombinasikan dengan Long Run (diatas 20 kilometer).

Jadi latihan untuk Marathon ketiga ini sangat berubah dari 2 Marathon sebelumnya yang ngikutin Coach Asics (lebih banyak latihan endurance dibanding speed). Biar ada variasi aja dan pengen tau hasilnya seperti apa. Biar ada bahan buat ngeblog juga kayak gini -_-

Kombinasi Interval Training-Long Run ini gue lakukan secara bertahap, di awal Interval Training 5x400meter, naikin pelan-pelan 8x400meter, sampe puncak-nya (2 minggu sebelum hari-H) 6x800meter. Begitupula dengan Long Run. Di awal cuma 20-21kilometer, naekin pelan-pelan 25kilometer, hingga 30kilometer. Tapi ya gitu, jadwal yang udah gue susun dengan rapi, kadang terkendala sama cuaca, karna di Indonesia lagi musim hujan. Kalo lagi hujan, jadwal berantakan. Sukur-sukur masih bisa dikerjain besoknya, kalo besoknya udah ada acara, ya terpaksa di lewatin. Apalagi kalo Dewa lagi "ngegodain" gue. Waaaahh.. BABLAS.

Hasilnya setelah kurang lebih 2,5 bulan latihan begitu? Speed meningkat, tapi gak signifikan. Tapi masih yakin, bisa-lah average pace 5:25 seenggaknya buat nembus 3 jam.


Pas ngeliat rute, "Aaaaahh... Lurus doang jalan tol mah", dengan pede-nya.

Tapi mulai rada parno pas ngeliat youtube mengenai rute di Condura Skyway Marathon ini. Penyelenggaraanya juga sempet ngomong gini di video tersebut: "Tenang saja, para pelari tidak akan mengalami kebosanan saat berlari di jalan tol itu, dan bisa menikmati 'Up Hill' - 'Down Hill' hampir sepanjang rute". Lalu diliatin naek-turun itu jalanan, kayak gelombang, dengan jarak rada panjang. *gleeekk* *nelen ludah*

Gimana gak parno, gue sama sekali gak Altitude Training (latihan tanjakan) selama persiapan. Dan Up Hill merupakan salah satu kelemahan gue waktu berlari, makanya sampe sekarang belum berani ikutan Trail Running. Selain gak punya sepatu-nya juga sih, mahaaaaalll :((

Sewaktu tiba di Manila, dijemput oleh Kang Rakhmat (nuhun pisan Kang), salah satu senior di Depok Running Buddy (Derby) yang kebetulan kerja di Manila, dan emang berencana ikutan Marathon juga. Ngelewatin-lah jalur yang bakal dipake nanti. Edaaann.. Tanjakan panjaaaanng banget.. Terus abis itu turunan panjang juga. Nanjak lagi, turun lagi. Gitu aja karakter rute. Disitu udah mulai ngeri.


Racepack-pun minta tolong ambilin Kang Uban, karna kami sekeluarga masih ada di Cebu sewaktu Racepack Collection. Masih gede gini nomernya, kapan ya dapet nomer elite 1-20 gitu. "Latian dulu lu kayak gue, keparat!!", gitu kali kata Kenyan.

Nyampe hotel sekitar jam 4 sore, dan memohon izin kepada rombongan sirkus untuk gak ikutan jalan-jalan nemenin mereka, karna mau istirahat, dikarna Gun Start jam 00.00!! *bawa kentongan sama kopi sachet kayak ngeronda aje nih*

Mereka pergi ke pusat perbelanjaan deket hotel, untuk cari oleh-oleh, dan gue cari makan sendiri (aduh susah lagi nih cari makanan halal di Filipina, gimana ya. Pft), lanjut istirahat. Karna berbarengan dengan Final AFC Cup 2015 antara Australia versus Korea Selatan, jadi cuma sempet tidur sekitar 2 jam, kebangun dari jam 20.00. Udah gak bisa tidur lagi, mungkin saking excited-nya. Jadi gak kesampean deh tidur minimal 4 jam sebelum race.

Persiapan ini-itu, berangkat-lah gue ke Start Line, yang ternyata cuma berjarak gak nyampe 200meter dari hotel tempat kami nginep. Deket banget. Tapi tak dinyana....

Angin bertiup sangat kencang.

Gue udah memperkirakan bakal dingin pas start, ya tengah malem kan. Tapi sama sekali gak memperkirakan angin segitu kencang. Gile itu backdrop, spanduk, pada beterbangan karna ketiup saking kencengnya. Mungkin hanya kalo pake pomed 1 botol diabisin langsung, baru gak acak-acakan itu rambut.






Oh ya, di race ini, ada 4 kategori: Marathon, Half Marathon, 10K, dan 6K, tapi tau yang keren apa? Jumlah peserta Marathon PALING BANYAK. gile. Sampe 5600 pelari. Kalo di Indonesia, mungkin 6K yang jadi terbanyak. Kapan lagi kan lari di jalan tol, dan semua cabe-cabean yang suka nongkrong di Fly Over Kalibata, Cijantung, pada ikutan sembari bawa tongsis!! :((

Sehingga untuk mengantisipasi peserta gak membludak di start line, saat pendaftaran ada pertanyaan: "Estimasi waktu" ada rentangnya, seinget gue: Dibawah 4 jam, 4 jam hingga 4 jam 15 menit (4:00-4:15), 4:15-4:30, dan seterusnya. Dan ternyata itu untuk nentuin "Wave" biar yang cepat start pertama, yang lambat belakangan aja, hingga gak akan terjadi banyak tabrakan. Karna cukup pede dengan catatan waktu, gue milih estimasi finish di 4:00-4:15, dan masuk ke Wave B. Di Wave A isinya pelari elite yang udah keliatan dari postur badan. Kerempeng. Kaki gak ada betis. Tangan kering tanpa lemak. Kepala kecil. Kenyan disitu, tapi cuma keliatan 3 Kenyan (2 Man, 1 Women).

Setelah Wave A berangkat, Wave B maju ke garis start (dan mungkin begitu Wave berikutnya), setelah berselisih 3 menit, Wave B berangkat. DOOOOORRR..

Baru start, jalan udah nanjak. Pernah gak kalo dari arah Sudirman, mau ke Fly Over Antasari? Nah, kan tepat sebelum Pasaraya Grande, ada underpass tuh, abis itu nanjaaakk aja. Disana juga begitu, pelari start dari underpass, keluar terowongan langsung jalanan menanjak menuju Skyway.

Itu baru start.

Awal-nya hembusan angin tidak begitu berpengaruh, karna jarak antar pelari cukup rapat, jadi terhalang, tapi jadi kerasa dengan sangat, memasuki Kilometer belasan. Lari berat, ngelawan angin dari arah sebaliknya.

Rute-nya parah.

Tanjakan bisa sampe 2km, abis itu turunan kira-kira dengan jarak yang sama, udah gak berasa, karna kaki udah capek duluan.

Tanjakan lagi...

Turunan lagi...

Pernah gak lu, pas mau masuk tol dalam kota, kalo kita dari arah Tangerang? Kan abis bayar tol, langsung nanjak tinggiiiii banget tuh.. Nah, disana ada yang begitu juga. Tapi gak naek mobil lewatin-nya. Lari.

Ngeliat 1 Kenyan lari sendirian dikawal motor polisi, padahal itu sebelahan, gue coba ikutin pace dia, gokil itu pace waktu Interval Training, sekitar 3:00/kilometer. Gue cuma kuat 400meter. LAH DIA 42195METER???!!!

Gue udah bener-bener gak kuat sejak masuk kilometer 25an, dimana itu udah titik U-Turn terakhir. Untuk ke Finish Line tinggal luruuuuuuss aja. Tapi sejauh mata gue memandang, itu lampu di jalan tol-nya gak lurus aja, naik-turun. Edan.

Masuk KM30 udah jalan kalo ketemu tanjakan, dan gak pendek, gue jalan cukup panjang. Dilewatin cewek, orang gemuk, udah bodo amat. Rasanya pengen nangis aja: " Ya Allah gini amat rutenya". Pppfftt.

Pas turunan, karna udah keburu jalan, gak bisa ngebut lagi, tapi lumayan lari. Pas ngeliat nanjak, jalan lagi. Ancur banget disitu asli, udah gak punya tenaga untuk hanya sekedar jogging. Ngeliat Water Station udah kayak ngeliat serombongan model Victoria Secret lagi nungguin gue.. Ada pisang, makan, santai aja udah sembari jalan. Sponge air dingin sangat ngaruh banget buat nambahin tenaga, diguyur ke kepala atau tengkuk, kayak waktu di Jakarta. Pas disana? Boro-boro nambah tenaga, yang ada malah kedinginan. Ngehe bener dah ah.


Udah kepikiran "Kampret-lah, udah jalan aja sampe finish, daripada gue naek ambulan", eh ternyata pas KM38, udah gak ada tanjakan lagi (sejauh pandangan mata kalo gak fatamorgana), mulai disitu "Alhamdulillah, sprint ah", di 4KM sisa, masih punya cukup tenaga untuk berlari dengan kecepatan sekitar 5:00/kilometer, ngelewatin banyak pelari lain yang emang udah kecapean juga kali, asik tuh. Kali aja dianggap: "Oh ini pelari telat dateng, kecepatan konstan segini sejak start". #saik

Sempet dilewatin sama 5 pelari Half Marathon (yang start 3,5 jam lebih lama), alhamdulillah masuk Finish juga, tanpa jalan. Kebantu rute tanpa tanjakan. Sama beberapa cewek bercelana gemes didepan gue.


Ancur banget. 4:46:36 menurut Nike+ catatan waktu gue. Bahkan ini lebih jelek dari 2XU Compression Run 2014, pertamakali ikutan Marathon yang cuma 4 jam 27 menit.

Di Nike+ average pace 6:44/kilometer. Padahal waktu dapet Personal Best bisa 5:30/kilometer, dan TARGET gue di Condura Skyway Marathon ini 5:25/kilometer. JAUH BANGET WOY.

Nyampe sana udah gak kepikiran lagi foto di Finish Line pake Finisher Medal. Abis dari duduk, pas mau berdiri aja badan udah limbung mau jatuh, dan juga eneg sampe mau muntah. Selalu gue cek kaki "Masih ada gak nih kaki", saking kerasa pengen copot. Capek. Asli.






Sampe hotel baru keinget poto, yaudah minta tolong Dewa aja deh. Sembari nyiapin bathtub air hangat. Iya salah, harusnya air dingin. Tapi gue lebih milih salah, daripada bener tapi malah masuk angin...





Finisher Medal terbesar yang pernah gue dapetin. Setimpal sih sama perjuangan dapetin-nya.

(juga ongkosnya)

Setelah gue sadari, ada beberapa excuse kenapa waktu gue disana jelek banget:

a. Eksternal
- Start Tengah Malam.
Gue sama sekali gak pernah latihan tengah malam (ya kali yang ada malah dibegal), dimana seharusnya badan emang terbiasa beristirahat, bukan untuk beraktivitas, apalagi berlari.
- Angin Kencang.
Ini beneran angin-nya kenceng banget. Kalo biasa aja udara tengan malem gak enak, ini ditambah lari "diatas" (jalan tol layang), dan di negara yang sering dilanda badai.
- Rute.
Ini sih alasan paling besar. Track-nya naik-turun dengan sangat menyeramkan.

b. Internal
- Gak Cukup Latihan.
Dengan waktu yang gak berbeda jauh jarak dari Marathon sebelumnya, bikin ngerasa ada perasaan bosan serta malas, dan juga sering hujan yang ngeganggu jadwal latihan.
- Gak Cukup Carbo Loading.
Susah cari restoran pasta sekitaran hotel, maupun di Filipina secara keseluruhan.
- Gak Cukup Istirahat
Start Malem, cuma tidur dari jam 18-20, dengan tenaga sudah cukup terkuras selama 3 hari 2 malem di Cebu kemarin-nya.

Yaaaaahh.. Namanya juga alasan ya, gue buat-buat aja itu mah.

HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.





Official Result:

Peringkat 618 dari 5600 pelari.

Dengan catatan waktu 4:42:41.

Enggak, ini sama sekali gak keren. JANGAN BILANG INI KEREN LUH PADA YANG BACA!!

*jadi emosi*

Anyway..

Ini salah satu pengalaman menarik gue selama ikutan Marathon, terutama dari track-nya, yang mungkin akan sulit gue dapatkan di race lain. Bisa lari di Skyway, tanpa ada mobil sama sekali, boro-boro pejalan kaki bisa masuk kalo lagi normal, ini malah bisa berlari dengan ribuan pelari lain. Ngeliat ada Water Station di tengah jalan tol, bahkan ada portable toilet. Lucu aja. Bisa gitu gak ya di Jakarta? Jalan Tol Dalam Kota di tutup gitu kan, start Cililitan, lewatin Pancoran, sampe Grogol, terus muter balik ke arah Ancol, Rawamangun. Beuuuuhh.. Gokil pasti.. Terus tiba-tiba ada mobil maen masuk jalan tol karna mabok, abis basian dugem. Rusuh dah.





SINGAPORE, DONE.

INDONESIA, DONE.

PHILIPINES, DONE.

Sampai berjumpa lagi di Marathon-Marathon gue selanjutnya..

Sampai berjumpa lagi (mungkin) di Bali Marathon 2015.

Amien.

"I Think I Get Addicted To The Feelings Associated With The End Of A Long Run.
I Love Feeling Empty, Worn Out, And Sweat-Purged.
I Love The Good Ache Of Muscles That Have Done Me Proud".

-

Kristin Armsrtong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar