Kamis, 06 November 2014

Tips Lari Bagi Pemula

Beberapa minggu terakhir, ada beberapa temen yang nanya langsung, gimana kalo mau mulai lari, apa aja yang perlu siapin. Dan ada beberapa yang emang udah mulai pada lari. Gue bukan Usain Bolt, orang tercepat di dunia, maupun bukan Dennis Kimetto, pemegang rekor Marathon dengan waktu 2 jam 2 menit, tapi mau coba sharing menurut pendapat pribadi, buat temen-temen yang mau mulai lari.

Lari sendiri buat gue bukan olahraga baru, jaman SMA kalo ada lomba antar sekolah, pasti gue yang disuruh ngewakilin, meski selalu kalah sama anak SMA Ragunan (bukan anak Kingkong loh ya). Kalo maen sepakbola/futsal, padahal gue juga bukan pelari tercepat di lapangan. Tapi gue bisa ngatur stamina dengan baik. Namanya juga Padang, semua diperhitungin. Kalo lagi "olahraga" lawan Dewa juga bisa sesuai request kapan "keluar"-nya loh. Anakonda gitu loooohhhh.

Buat gue, yang mulai kembali lari setelah dikomporin oleh Dewa, lari merupakan olahraga termudah yang bisa dilakuin. Hobi utama gue tetep sepakbola, baru futsal. Tapi sepakbola dan futsal merupakan olahraga beregu. Arti-nya, elo harus punya temen dulu baru bisa berolahraga. Temen udah dapet, harus cari lawan, kalo kagak ya sama aja boong masa' golin ke gawang kosong? Ibarat-nya ML sama s*x doll, pppffttt. Gak seru, gak ada perlawanan. Jadi emang kalo lagi pengen banget, selama gak ada temen dan gak ada lawan, ya harus ditunda olahraga-nya. Belom lagi, temen udah ada, lawan udah dapet, eh, lapangan mesti cari lagi. Cape deeeeehh.. Tapi tetep itu merupakan hobi utama, meski ribet gue tetep cinta.

Beda sama lari. Elo gak perlu temen buat ngelakuin-nya. Emang sih, lebih enak kalo ada running buddy, bisa ngobrol, gak mati gaya, malah secara gak sadar bisa naekin performa elo mulai dari jarak, sampe ningkatin pace (kecepatan). Tapi kalo gak ada, ya masih tetep bisa berolahraga koq, sendirian aja. Gak perlu lawan juga, kalopun mau ada, ya ikutan race aja. Makan tuh lawan Kenyan -__- Lari juga gak perlu tempat khusus, elo bisa lakuin dimanapun. Sekitaran rumah, maupun track lain-nya tanpa perlu sewa lapangan segala. Kalo masih belom sreg juga lari merupakan olahraga termudah: Bahkan elo nyeker sama pake celana pendek telanjang dada doang, bisa tetep lelarian. Mudah banget.

Mulai dah yuk, sharing tips lari bagi pemula.

Sebelum mulai, pertama-kali banget elo harus nentuin, tujuan elo lari buat apaan, baru deh punya alasan buat melakukan langkah pertama, dan langkah berikutnya agar menjadi rutinitas yang baik. Beberapa diantara-nya:

1. Mau Kurus,
Lari merupakan olahraga tergampang kalo mau kurus. Tapi tetep aja harus dibarengin sama ngatur asupan ya. Karna kalo mau kurus, yang paling utama itu atur makanan yang masuk ke perut. Olahraga cuma ngebantu proses-nya lebih cepat. Dan olahraga yang paling gampang emang lari.

2. Mau Sehat,
Mau sehat itu mudah, banyakin asupan yang bagus untuk tubuh (kayak buah dan sayur), kurangin konsumsi yang tidak bagus untuk tubuh (kayak makanan tinggi kolesterol, alkohol, rokok, narkoba), dan olahraga yang teratur. Nah, olahraga yang gampang apa pemirsaaaaa???!! Yak betul sekali!! LARI.

3. Mau Eksis,
Ya gak papa. Gak ada yang ngelarang ini, mau ikutan trend karna lari lagi happening banget, ada race disana-sini. Banyak cewek seksi yang ikutan, buat cuci mata, ya gak papa. Pengen update di socmed "Doing Morning Run at GBK", atau update poto sembari pake finisher medal, ya bebas aja. Toh gak ganggu orang lain kan.

Kebanyakan sih yang gue liat itu 3 alasan utama kenapa olahraga lari lagi merajalela banget di Indonesia ini.

Oke, apapun alasan-nya, yang penting elo punya tujuan yang kuat buat ngelakuin olahraga lari ini. Berikut gue sharing tips buat pemula ya:

1. Siapin Perlengkapan,
Sebelum mulai melangkahkan kaki, siapin dulu running gear yang umum digunakan berikut ini, diantara-nya:
- Sepatu Lari,
Gue udah pernah coba lari pake sepatu futsal, gak enak banget ujungnya lancip gitu kan. Pas nyoba pake sepatu lari, enak banget.
- Celana-Baju Lari,
Celana lari biasanya dibagian dalam-nya ada semacam "sempak tambahan", itu ngaruh banget buat ngurangin gesekan di paha. Kalo ada duit lebih, beli celana yg ngepres gitu. Apa sih namanya gue gak tau, karna gak pake -__- Baju lari juga penting, karna lebih gampang nyerap keringat.
- Aplikasi Pendukung,
Biasanya sih Nike+ atau Endomondo. Atau kalo mau lebih kayak pelari, pake sports watch. Guna-nya buat elo eksis di socmed, bisa posting abis berlari. Ya itu sih cuma bonus, yang penting buat ngukur performa, disitu bisa diukur kecepatan sama jarak tempuh.
- Lain-lain,
Kalo gue, selain 3 diatas, selalu nyiapin lagu buat nemenin selama lari, karna masih belom sejago itu buat ngebunuh kebosanan. Lagian lari juga merupakan "Me Time" buat gue, jadi sembari nyantai dengerin lagu-lagu kesukaan itu saik bener rasanya. Gak lupa Arm Band buat ngelap keringat. Kalo lari rada jauh, pake Head Band buat ngurangin keringat di bagian kepala-jidat-muka. Dan tentu saja Spibelt yang berfungsi buat naro Hand Phone (sumber dari Nike+ dan lagu pengiring).
Gimana sih luh?? Katanya lari olahraga paling mudah?? Koq ribet gini??!!
Ya itu kan kalo mau enak, panjul. Elo mau lari nyeker, cuma pake sempak juga gak papa. Dengerin lagu juga cuma tambahan aja. Buat ngukur performa? Gak perlu pake Nike+, Endomondo, atau sports watch. Ukur aja sendiri, misal start jam berapa, tentuin jarak sampe titik tertentu. Terus lakuin hal yang sama, beda gak waktunya? Kan sama aja buat ngukur performa.

2. Run With Your Own Pace and Distance,
Untuk memulai lari, tentukan kecepatan dan jarak sesuai kemampuan badan, jangan dipaksakan. Temen udah pada mulai lari duluan, dan punya kecepatan yang bagus? Ya biarin aja. Temen elo posting kalo dia abis ngelakuin Half Marathon, yang jaraknya sampe 21KM? Bahkan Marathon yang 42,195KM? Ya biarin aja. Kan dia udah rutin lari, mungkin juga udah pake latian segala, nah elu baru mulai. Kalo baru mulai, yang penting adalah elo nyaman saat berlari. Elo ngerasain enak saat melakukan kegiatan tersebut. Ngerasain hormon endorphin keluar dari tubuh. Sehingga akan menimbulkan keinginan untuk berlari lagi di kemudian hari. Tentuin Pace Comfortable, Pace dimana badan elu enak buat diajak lari. Kalo pernah melakukan olahraga lain-nya, ini kayak lari pemanasan keliling lapangan. Jogging aja, selow. Tentuin Distance. Di saat badan sudah mulai merasa lelah, cukup-kan. Mau cuma 1 kilometer, kalo badan udah lelah, sudahi sampai disitu saja. Bikin lari menjadi kegiatan berolahraga yang senyaman mungkin.

3. Naekin Pelan-Pelan,
Kalo udah ngerasa nyaman berlari, dan mau mulai lebih rutin, coba keluar dari zona nyaman. Naekin kecepatan dan tambahin jarak. Dari Pace Comfortable, naekin jadi Pace Build-Up, di kecepatan ini, badan elo bakal lebih gampang capek. Jarak juga begitu. Kalo 1-2 kilometer udah gak "terasa" buat badan, naekin jadi 3-5 kilometer. Atau bisa juga naekin satu-satu, Pace sama, tapi jarak tambahin. Atau Pace naekin, tapi jarak tetap.

4. Ikutan Race,
Nah, coba sesekali ikutan race deh. Jarak berapapun gak masalah. Nanti elo akan merasakan sensasi yang beda dari olahraga ini. Di race, elo bisa ketemu banyak orang, mungkin banyak juga yang pelari pemula. Di situ bisa cari "lawan", buat pembanding dari hasil rutin-nya elo lari. Apalaagi, saat mengakhiri jarak yang ditentukan, bisa mendapatkan Finisher Medal, layak-nya atlet profesional. Itu sangat memotivasi untuk terus berlari.

Demikian tips dari gue, buat teman-teman yang mau mulai olahraga lari. Semoga berguna.

Nulis Tips Tapi Ujung-Ujung-nya Sombong. Dasar Penulis Riya!!


4 komentar:

  1. Celana ngepres= compression tight, Gol :D

    Ih keren bnget nih FM finisher!

    BalasHapus
  2. Huahahahaha daritadi ngakak baca postingannya mas. Keren keren postingan larinya. Saya share link nya di socmed saya mas, semoga bisa sampe HM pake celana ngepres. Amiiiiin

    BalasHapus
  3. jadi semangat lari abis baca ini...

    BalasHapus