Senin, 14 Mei 2012

Lebih Milih Hidup Di Indonesia Dibanding Australia

2 minggu yg lalu, untuk pertamakalinya traveling cukup jauh sama Dewa-Adia betigaan ke Australia (mengenai pengalaman di perjalanan, bisa baca topik dibawah ini, tinggal scroll aja kebawah, ngarti kan ya??-->>Pembukaan blog udah ngajak berantem). Eh, tapi jangan pada mikir gue punya duit sebanyak itu loh ya. Ini tiket udah dibeli dari bulan Mei 2011 (tahun lalu), Air Asia pula, pesawat murah (hitungannya, Ayah mau jenguk Mbak Vira naik Qantas, harga tiket return beliau sendiri sama kayak harga return kami bertiga). Konsekuensinya, gak langsung nyampe di Melbourne, tapi transit dulu di Kuala Lumpur. Untung aja connecting flight, jadi masukin bagasi di Jakarta, langsung ambil di Melbourne tanpa harus angkat berat2 di Kuala Lumpur. Waktu beli tiket promo itu juga tujuannya mau liat ponakan (karna Mbak Vira, kakak tertua gue, diestimasikan lahiran bulan Januari 2012), memperkenalkan Dewa ke sodara2 Mama di Sydney (dari 8 bersaudara, cuma ada 1 yg ada di Indonesia, tepatnya di Bandung. Sisanya disono semua) dan mau liat cabang Australia-nya Indo Koala Remittance (kesannya biar kayak perjalanan bisnis gitu, biar pencitraan, keliatannya pembisnis sukses, padahal mah kang sayur). Saat beli tiketnya juga masih pegang duit, karna belom beli rumah. Pas ternyata duit habis buat bayar DP rumah, sempet kepikiran batalin pergi. Tapi sayang juga tiket hangus (disini Padang gue yg berbicara), dan kalo diundur, nanti Adia keburu punya adek, lebih ribet lagi kalo bepergian jauh2 (bawa 1 aja di pesawat penerbangan 8 jam udah ribet bener).

Buat gue, ini perjalanan kedua ke negeri Kangguru, yg pertama waktu Mbak Vira nikah sama Jon Osmand, pertengahan 2009. Tapi perjalanan pertama buat Dewa dan Adia. Meski total paling gue cuma 3 bulan pernah di sana, tapi sedikit banyak, udah tau perbedaan antara hidup di Indonesia dan hidup di Australia. Coba gue jabarin sedikit ya..

Keunggulan Australia:
1. Transportasi Umum.
Di sana, cukup beli satu tiket dan semua terintegrasi. Tiket bisa dipake buat naek Trem, kereta maupun Bis. Cuma kebagi jadi 2 harga (secara garis besar): Buat pemakaian 2 jam dan buat pemakaian seharian. Dan semuanya sangat jelas rutenya, gak usah takut nyasar. Kalopun mau bertanya, petugasnya juga akan sigap ngasih tau (bahkan waktu gue-Dewa-Adia lagi kebingungan saat turun di salah satu stasiun kereta, ada Ibu2 yg ngeliat kami kebingungan, dan langsung nanya apa perlu dibantu). Di setiap pemberhentian, ada waktu yg nunjukin, berapa menit lagi kereta dateng. Didalamnya pun, karna gue-Dewa bawa Adia, semua orang pasti pada mau ngasih tempat duduknya, sepenuh2nya itu angkutan umum. 11-12 sama transportasi umum di Singapore.
Kalo dibandingin sama Indonesia (At least Jakarta)?? Ampun dah. Bus Transjakarta selalu lambat, gak bisa diperkirakan kedatangannya. Kereta juga sama, udah penuhnya kayak gitu ikan sarden desek2an dikaleng, kadang2 suka ada aja gangguan listriklah, sinyallah (makanya pake provider yg bagus ngapa sih, biar penuh mulu sinyalnya). Mau naik Bis atau angkot?? Lebih ngeri lagi dari sisi keamanan. Basecampnya copet, pemalak, dll. Penumpangnya-pun gak punya manner, bodo amat, "Mau elo bawa anak kek, jompo kek, ya perjuangkan tempat duduk dengan darah dan keringat dong kayak gue!!" (Udin, 25 tahun, dengan kemeja dan dasinya, sembari pegang smartphone, sok2 eksekutif muda).
2. Tertib dan Aman.
Tertib disini maksudnya adalah, mengikuti peraturan yg emang udah ditetapkan. Misalnya dalam berlalu lintas, ada aturan "Dahulukan yg dari kanan", kalo menghadapi suatu bunderan, maka yg dateng dari arah kanan yg didahulukan, mau bagaimanapun keadaan lalu-lintasnya. Atau mengenai batas kecepatan, semua kendaraan bener2 nurut kalo ada tanda maksimal 40km/jam, ya mereka ikutin bener2. Tanda P coret juga begitu, gak bisa maen asal parkir seenaknya. Bahkan motorpun disana udah kayak mobil!! Ikut antri kalo macet, gak nyalip2. Jadi meskipun disana juga ada macet, macetnya gak semrawut. Disana larangan buang sampah sembarangan, atau merokok juga cukup ketat. Australia juga bisa dibilang negara yg aman (meski kejahatan gak bisa dihilangin). Pernah ngeliat, pas lagi jalan2 malem, dengan cueknya banyak cewek yg jalan sendirian di trotoar diatas jam 9 malem (bukan pelacur tapinya ya, kalo di Mahakam atau Gongseng mah udah biasa begini). Yg paling mencolok dari masalah tertib dan aman ini, mereka isi bensin sendiri dan langsung bayar. Itu udah mencerminkan dari semua contoh yg ada. Yang bisa jadi jawaban adalah, tegaknya hukum yg berlaku. Setiap pelanggar, langsung dihukum atau sekedar didenda yg cukup besar.
Kalo dibandingin sama Indonesia (At Least Jakarta)?? Ampun dah. Kalopun ada peraturan "Dahulukan yg kanan", boro2. Selama ada celah buat masuk, ya masuk aja, bodo amat elo dari arah kanan-kiri, depan-belakang, atas-bawah. Batas kecepatan dilanggar (wong gak ada kamera yg ngejepret). Meski dilarang parkir, kalo ngasih Rp2000 ke tukang parkir, tetep bisa. Motor?? Gak usah dijabarinlah ya gimana edannya mereka (karna gue pengguna motor juga, hahaha--ketawa nyebelin). Di Indonesia juga dari mobil maen asal buang sampah kejalan udah biasa, merokok ditempat yg seharusnya gak boleh juga udah sangat biasa. Keamanan?? Gak perlu jalan sendiri diatas jam 9 malem, pagi atau siangpun, para penjahat udah pada beraksi. Kebayang kalo di Indonesia bensin isi sendiri dan bayar sendiri, bisa bangkrut Pertamina. Hukumnya gak bisa tegak, penegaknyapun (sebagian besar) yang tegak cuma anu-nya. Itu juga kalo pas pagi doang!!

Keunggulan Indonesia:
1. Biaya Hidup Murah.
Coba dianalisa masalah sandang-pangan-papan aja ya, biar mudah. Untuk sandang, punya duit Rp100.000 juga udah bisa membeli sepasang baju-celana yg layak pakai. Buat pangan, makan KFC di Indonesia membayar paling banyak Rp25.000/orang, udah sangat cukup. Rumah kontrakan di Indonesia bisa cuma Rp30.000.000/tahun untuk rumah yg cukup layak ditempati (meski mungkin rada jauh dari pusat kota). Meski elo misalnya cuma berpenghasilan Rp5.000.000/bulan pun, di Indonesia udah cukup enak hidupnya.
Kalo dibandingin sama Australia?? Ampun dah. Buat beli sepasang baju-celana yg layak, minimal AU$25 (kalo asumsi rate 9300, berapa noh harganya??). Makan KFC?? Untuk satu orang aja minimal $8. Untuk rumah?? Ini jangan ditanya dah. Untuk yg kontrakan aja, bisa $2000/bulan. Bayangiiiinnn.. Emang sebenernya gak apple to apple sih, karna di Australia-pun (kata sodara gue) itu minimal wages $2000/bulan. Bahkan disana pun pengangguran dibayarin pemerintah (kalo waktu gue lama nganggur, harusnya disono aja yak nabung, lumayan tuh-->>Jangan diikutin). Dan juga ada perbedaan rate yg cukup mencolok. Tapi tetep aja, pendapatan elo kalo jadi kelas bawah-menengah di Australia, itu setara sama pendapatan kelas menengah-atas kalo di Indonesia. Alhamdulilah pas gue ke sono, numpang nginep dirumah kerabat, dan apa2 dibayarin (makasih banyak Mbak Vira, Jon, Tante Nia, Asma, Om Uca, Tante Yuli, dan semua sepupu yg udah sangat berbaik hati ke gue, I owe you Guys, ke Indonesia gue yg traktir gantian!!-->>Mumpung murah-->>Bener2 darah Padang)
2. Makanan.
Karna mungkin emang dari lahir udah kebiasaan makan nasi dan sambel (contoh anak kampung yg berdarah Padang), mungkin Indonesia adalah surga bagi orang2 kayak gue (lagi2 yg kampungan dan Padang bgt). Semua restoran, dari mulai fine dining, sampe warteg, pasti menyediakan nasi. Gue tipe orang, yg meski udah dikasih roti banyak, tetep aja ngerasa belom kenyang kalo belom ketampol nasi (ya ampun noraknya). Makan mie goreng atau mie rebus instan pun harus pake nasi. Sampe Abang ipar gue kaget ngeliat menu KFC gue: Nasi, ayam goreng, coca-cola dan satu porsi french fries.. "What are you doing?? Eat double karbo in one meal?? Insane you fu*kin Indonesian!!" (kalimat terakhir gue tambah2in aja). Dan sambel. Makan apapun harus pake ini, sifat makanan yg menyiksa perut. Mau sambel yg berisi biji-biji cabe, maupun hanya berupa saos. Buat Padangnese kayak gue ini, bisa sih makan gak pake sambel kalo kepepet, tapi gak akan menikmati dan kenyangnya gak kayak orgasm (berlebihan).
Kalo dibandingin sama Australia?? Ampun dah. Nasi susahnya minta ampun. Emang ada yg jual beras, tapi hanya di toko2 khusus, kayak di supermarket besar atau di Chinese store gitu. Mau cari restoran yg ada jual nasi?? Udah kayak nyari orang di Indonesia yg gak punya facebook. Ada, tapi sedikit. DI KFC jual nasi?? Ngareeepp.. Adanya cuma kentang, entah itu digoreng ataupun mashed potato. Minta nasi mah diketawain lu sama orang satu kota satu provinsi. Sambel?? Apalagi!! Lebih susah nyarinya daripada nasi. Udah kayak nyari orang di Indonesia yang gak punya HP.. (sedikit lebay sih). Pernah diajakin makan burger sama Abang gue, dan dia bilang "Do you want chili sauce, the spicy one?? Okay, we'll get lunch at one restaurant, your mouth will be burn with that sauce" (maap yak kalo rada ngaco bahasa Inggrisnya). Wah, seneng dong gue, pergilah ke satu restoran burger gitu, ala Portugal. Dengan pedenya, Abang gue ngomong sama pelayannya "Give him the hottest sauce that you have". Dikasihlah gue saus sambal kayak sachetan gitu. Pas gue coba.. "Whaaatt??!! Ini nih sambal paling pedas yang ada di Melbourne??" Masih pedesan saos abang2 mie ayam pinggir jalan tuh, yg sebotol gede harganya cuma Rp3000. Pedes sih, cuma pedes rempah2 gitu, rada pait (emang lidah gue aja kali yg norak yak)
3. Buang Air Besar.
Karna ini salah satu hobi buat gue, buang air besar (bab) di Indonesia itu sangat menyenangkan. Kenapa menyenangkan?? Karna ada semprotan aer buat cebok! Rasanya gimana gitu, pas selesai bab, nyemprot bagian dalam pantat dengan air itu rasanya.. aaahhh.. (lah, ini kayak orientasi seksual berubah ya??). Semprotan selang, maupun semprotan yg sepaket sama jambannya (yg ngocor pas bgt arahnya ke bo'ol-->>Bahasanya anak kampung Dukuh), itu sama enaknya. Pake gayung pun sebenernya juga gak masalah, yg penting ada aer.
Kalo dibandingin sama Australia?? Ampun dah. Mana ada aer di WC, karna disana kering, cuma pake tissue. Pernah sih, waktu gue gawe di ABN AMRO, WCnya juga kayak gitu. Bisa sih gue bab, cuma gak nyaman aja, ada perasaan takut kalo mau menyudahi kenikmatan saat nongkrong di WC. Perasaan takut cebok pake tissue.. (kesannya horor bener yak). Karna kalo cebok gunain tissue, pas pake sempak, udah kayak masih ada yg nyelip di rimbun-nya rambut pantat tuh. Kan kalo punya gue udah kayak hutan, lebat bgt. Kayaknya mustahil deh kalo gak ada yg nyelip. Gak enak aja, pas mau nyuci sempak, ada coklat2 gitu kan segaris (yang pada senyum pas baca ini, pasti sama ya pengalamannya?? Tapi kalo elo pasti pengalaman cepirit--->>Semua orang pasti pernah cepirit, seenggaknya pas SD. Ya kan?? Ya kan??-->>Nyari temen).

Opini diatas itu sih cuma pribadi gue aja ya, kali aja ada diantara elo yg baca, kalo keunggulan menurut gue itu, ternyata malah kelemahan menurut elo. Misal, sukanya transportasi masal yg acak2an karna hidup udah acak2an. Suka yg gak tertib dan aman, karna emang dari lahir kerjaannya bikin rusuh mulu. Atau seneng yg biaya hidup mahal, biar termotivasi lebih tinggi (ini versi motivator mungkin), alergi nasi dan sambel, atau emang gak menikmati adanya semprotan aer ke arah bo'ol. Jadi emang berbeda2, ini cuma mengungkapkan opini  aja koq, no offence. Bolehkan ya ngasih opini.

So, dari tulisan diatas, kalo disuruh milih, gue bakal lebih milih mempunyai kehidupan di Indonesia daripada di Australia. Menurut gue, lebih penting semua kebutuhan primer (punya baju layak pakai, bisa makan dengan harga terjangkau, dan memiliki rumah sendiri) bisa (lebih mudah) terpenuhi, perut gak kesusahan nyari nasi, lidah termanjakan dengan pedasnya sambal, dan yang terpenting, abis BAB, bisa nyemprotin aer ke arah pantat!! Kenikmatannya sungguh luar biasa.. (bener2 deh, gue bakal dicap mengarah ke penyuka sesama jenis kalo nulis begini terus). Semacet2nya, se-gak tertib-tertibnya, se-rawan-nya Indonesia (Jakarta), gue sangat mencintai negeri ini lebih dari apapun. Meski impian untuk mengakhiri masa tua di Inggris, dan meninggal disana, sampe saat itu tiba, gue gak mau kemana2, maunya di Indonesia (Jakarta) aja. Pas lagi disana, meski kamar yg gue tumpangin enak (pake heater, kasurnya empuk), tapi gue kangen kamar sendiri. Meski disana mobil sodara2 lebih bagus, gue kangen ngendarain mobil sendiri. Dan semua itu adanya di Indonesia. Untuk liburan, Australia adalah tempat yg sangat nikmat. Tapi untuk hidup disana, nanti dulu deh, Indonesia still the best country ever.. (aaaahh.. Bilang aja gak ada kesempatannya lu blogger ngehe!! Hahaha)

Jadi, elo nulis panjang-panjang gini, cuma mau ngasih tau, betapa nikmatnya cebok dengan semprotan yang ke arah pantat elo doang??!! Dibandingkan enaknya transportasi serta ketertiban-keamanan di Aussie??!! Haaaahhh??!! Haaaahh??!! Haaaahh??!!---->>Pasti ini sebagian besar reaksi orang yg baca blog ini

14 komentar:

  1. Pas nyari tentang hidup di aussy, ketemu pos ini. Ngakak guling guling

    BalasHapus
  2. Setuju sama komen sebelum ane...
    Bagian WC itu lho... :D

    BalasHapus
  3. ngakak bgt pas baca ttg aer. true story and juga pas pertama kali ke singapore . ga enak klo pake tissue berasa ga bersih gitu ye buk

    BalasHapus
  4. Bagaimanapun juga tinggal dan hidup di Indonesia lebih nyaman karena Indonesia tempat lahir beta.

    BalasHapus
  5. OMG ini gue lg guling2 nyariin how to survive in ostrali malah kesini dan ketawa ngakak gak brenti. Bacanya sambil beol, abis itu kepikiran apa gue latian aja cebok pake tissue at least 6 bulan ini biar gak kagok tar disanaaaaaaa :'''))))). Honestly, gue kalo suruh ngelepasin indahnya cengkeraman cabe di lidah, nyetir sendiri bawa bocah kemana2 (iye macet, tp yaudin lah), trus kalo suruh bayanginnnnnn nyuci setrika sendiri itu rasanya pusiiiing dari sekarang. Tp gimana lg, sumamik mau sekolah disanaaaaa huhuhu. Thanks yaaa, blog nya ngehibur banget, semoga dapet pahala. Salam selang flush! :''))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat menikmati hidup disanaaa.. Enak koq, cuma beol-nya aja gimanaa gitu..

      Hapus
  6. Woahahahahahaha.....
    Baca Blog ini, saya sampe dikirain Gila ma Adk sya. Infonya bagus nih, lumayan buat referensi bagi saya yang lagi kefikiran buat melanjutkan studi atau bekerja di Aussie. Saya kayaknya mesti fikir mateng2 lgi ni buat ke sana, berlama2 lgi tuh rencana.x.. sya kn Indo bgt Pasal pakan sama Poop.x x_x Horor klo diakhiri dengan tissue. Eeeeekk..... Ngeriiiyyy....

    Thanks Info.x Gan

    BalasHapus
  7. Fasilitas Di Aus sama di indo lbh bnyak , klo indo udh sedikit ribet lagi, ksimpulan Klo mau Kaya Kerja di Aus soalnya Gaji minimum lumayan gede beda sama indo Gaji minim buruh cuma 1jutaan, tapi kalo Hoby BAB netep aja di negri tercinta Negri Indonesia yg selalu menyuguhkan Sampah di kiri kanan, kemacetan yang menggumpal dan orang orang yg gk taat aturan 👹 UDAH SALAH MALAH MARAH

    BalasHapus