Selasa, 21 Februari 2017

Belajar Berenang

Dari dulu, gue seneng maen aer sama temen-temen. Misal nginep ramean di vila yang ada kolam renangnya, gue suka beraksi disana. Entah lompat "Swanton Bomb" ala Jeff Hardy di Smackdown. Salto pake bola, dll. Selama, saat gue lompat ke dalam air, kaki masih napak di lantai.

Sampe punya anak, seneng ngajak anak-anak maen aer, misal lagi traveling di hotel yang ada kolam renang. Posting di social media: "Swimming Time With My Daughters". Padahal mah itu cuma maen aer doang, karna di kolam cetek. Dimana gue harus berlutut buat nyeimbangin tinggi badan mereka, kaki masih napak di lantai.

Kenapa harus "Kaki masih napak di lantai"?

KARNA GUE GAK BISA BERENANG.

Pernah dulu temen iseng coba nge-bully, mau dorong ke tempat dalem, gue refleks nampol dia. Kalo di bales mungkin bakal berantem, untung dia tau salah. Kenapa gue segitu lebay padahal mungkin maksud dia bercanda? Karna gue takut tenggelam.

Kalo anak-anak pake pelampung, terus ngajakin ke tempat dalem, pasti gue minta tolong Dewa. Lah gimana kan kalo kenapa-napa, nyelametin diri sendiri aja gak bisa, gimana nyelametin mereka. Karna gue takut tenggelam.

Dan belom ada titik dimana gue HARUS belajar berenang. Jadi selama 32 tahun hidup, cap "gak bisa berenang" sangat melekat dalam diri gue. Karna emang gue ngaku gak bisa. Kan kebanyakan orang gak mau ngaku, mungkin malu udah tua gak bisa berenang :)) Payah adonan cucur..

Adia with Coach Yogi
Sampe akhirnya "titik" itu ketemu..

Gue sama Dewa memutuskan untuk (klik link:) #AdiaLiburSetahun sebelum masuk SD. Dan salah satu kegiatannya adalah Belajar Berenang. Setelah survey kesana-kemari, akhirnya kami memutuskan Adia untuk menimba ilmu di klub renang AMARAISH, Hotel Bumi Wiyata, Jalan Margonda, Depok. Sebulan 4x pertemuan dengan membayar iuran Rp250.000/bulan. Dari segi harga juga oke. Dan yang paling gue suka disini pengajarnya terbiasa menangani anak kecil. Jadi sebelum daftar pun, Adia udah kenal sama Coach Yogi (dan juga Coach Nasir). Menurut gue itu nilai plus. Karna kalo kata Dewa, belajar berenang itu susah banget, jadi kita juga harus enak dulu sama yang ngajarin. Klop. Gue pernah belajar berenang waktu kecil, di kolam renang Tirta Yudha, Cijantung. Bareng temen-temen komplek. Tapi karna sebelum mulai udah takut duluan, biasanya gue ngakalin dengan minum air kolam sebanyak mungkin, sampe keliatan perut kembung. Jadi gue udahan deh. Masih kecil aja udah bisa ngakalin orang, payah emang kutu beras.

Momen ini yang membuat gue berpikir: "Gue Juga Harus Bisa Berenang", karna at least harus kasih contoh ke Adia, dan juga Carra nantinya. Masa' Ayahnya nyuruh mereka bisa berenang, tapi diri sendiri gak bisa -__- Gak perlu jago, tapi seenggaknya bisa jadi contoh buat mereka, kalo Ayah-Ibunya juga bisa berenang, gak maen asal nyuruh doang. Itu sih pendapat gue, kalo elo gak berpikir hal yang sama, ya gak papa. Beda-beda cara orangtua ngajarin anak, selow aja dah, bebaskeun.. Untukmu ajaranmu.. Untukku ajaranku.. Jangan saling ganggu, indahnya toleransi antar umat beranak..

1 September 2016
"Coach Yogi, bisa ngelatih orang dewasa gak?"
"Bisa Pak, emang siapa yang mau belajar berenang?"
"Ya saya -__-"
"Oh, Bapak gak bisa berenang? Oke boleh aja Pak"
"Berapa bayarnya kalo mau private?"
"Rp800.000 Pak, buat 5x pertemuan"
"Ini dijamin bisa gak tapi?"
"Bapak punya basic olahraga, biasa lari juga, pasti bisa cepet kalo belajarnya bener mah"
"Oke deal"

Pertemuan Pertama.
Memberanikan diri untuk belajar berenang private dengan Coach Yogi. Isi kolam Bumi Wiyata lumayan ramai, pada berenang sama temen, sama pacar, ada juga yg udah pada jago latihan sendiri manjang (ujung ke ujung kolam dari cetek ke dalem, sejauh 50m). Tau gue ngapain saat itu? Di pinggir kolam doang!! :D Belajar buang napas di dalam air lewat hidung, bubbling. Ya Allah susahnya minta ampun. Karna begitu kepala masuk ke dalam air, otomatis tahan napas. Mau buang napas lewat idung kayak mampet gitu, karna takut kemasukan air. Gue bilang ke Coach Yogi, kalo idung mampet gak bisa buang napas. Dia enteng aja bilang: "Coba sekarang buang napas lewat idung (di udara)... Nah itu bisa". Lah iyak :)) Gue juga biasa buang ingus kalo lagi pilek. Akhirnya coba terus.. Yeeeayy.. Bisa bikin gelembung udara di dalam aiiiirrr.. Udah belajar itu doang hari pertama. Culun bener asli. Ppppfftt.

Pertemuan Kedua.
Karna udah bisa buang napas di dalam air, dan gue request latian gaya dada (katak), di ambil deh sama Coach Yogi, papan buat ngambang. Betul, gue pake papan yg biasa Adia dan anak-anak lainnya pake kalo lagi belajar berenang. Tengsinnya minta ampun asli -__- Bapak-bapak umur 32 tahun pake papan begitu. Udah gitu kan masih dipegangin sama Coach Yogi, sembari berlatih "nendang" yg bener biar bisa meluncur. 2x nendang, ambil napas. 2x nendang, ambil napas. Karna masih kagok buang napas di air, ambil napas di udara, kadang nge-lebar (24m) pun gak kuat. Masih kebanyakan tahan napas, engap di tengah jalan. Jadi Coach Yogi bolak-balik dah tuh ngegeret papan gue jinjit-jinjit di kolam :)) Maap yak..

Pertemuan Ketiga.
Udah gaya gak mau dipegangin papan-nya, selain tengsin dan gak enak sama Coach Yogi, juga karna udah mulai ketemu nendang yg bener biar bisa meluncur. Horeeeee.. Bisa bolak-balik beberapa kali nge-lebar tanpa dipegangin. 30 menit terakhir mulai belajar gak pake papan. Baru ambil napas sekali, panik. Biasanya pegang papan yg bisa ngambang, ini kagak ada. Meluncur dari pinggir (bertolak sambil nendang tembok), nendang 2x, ambil napas, pas masukin kepala, terlalu dalem, jadi pas nendang 2x lagi, kejauhan mau ambil napas, jadi napakin kaki ke lantai. Gitu aja terus. Ngehe, gini amat belajar berenang susahnya dah ah. Kebayang Michael Phelps, juara olimpiade, juga gitu kali yak awalnya belajar berenang. Tapi pas umur 3-4 tahun. Lah gue 32 tahun. Semfaks.

Pertemuan Keempat.
Di awal masuk kolam, Coach Yogi cuma ngomong: "Udah bisa itu Pak maju pake gaya dada, hari ini paksain aja. Kalo pas masukin kepala terlalu dalam, lanjutin aja jangan panik. Gak papa rada jauh angkat kepalanya. Tapi jangan berenti dan napak lantai". Oke gue cobain. Bisa sampe 2x ambil napas, napak lantai. Bisa sampe 3x ambil napas, napak lantai. Nengok.. "Woooww.. Gue bisa jarak setengahnya lebar kolam!!", kira-kira 12-13m. "Tuhkan bisa sampe setengah Pak. Cobain lagi, Bapak kan suka lari, pasti staminanya juga bagus, kalo capek, lanjutin terus jangan napak". Udah bisa 3x ambil napas, liat tembok "finish" udah deket, paksain teruuuss.. Hajaaarr.. Elo gak bakal tau, perasaan betapa senangnya gue, waktu tangan ini menyentuh tembok kolam.. I DID IT!! Gue bisa berenang gaya katak sejauh 24m tanpa bantuan apapun!! GILAAAKK!!


Pertemuan Kelima.
Gak ada Pertemuan Kelima. Karna udah ngerasa bisa, gue bilang sama Coach Yogi, dia utang 1x pertemuan sama gue, kalo suatu saat mau belajar gaya bebas. Dan boleh aja katanya. Makasih Coach :*

Jadi setelah bisa nge-lebar, selama nemenin Adia belajar berenang, gue juga ikut nyebur, tapi latihan sendiri, maksain manjang (50m). Karna belom bisa ngambang dan takut nyusahin lifeguard, jalur gue:
- Paling pinggir. Jadi kalo capek, tinggal pegangan sama tembok samping kolam.
- Start dari kolam dalam (2m). Jadi kalo capek di tengah, pas engap udah bisa napak di kolam 1,5m.

Sampe diledekin sama bapak-bapak: "Mas, koq udah nyampe ujung, bukannya balik lagi, malah naek keatas?" :)) Siaul lu. Namanya lagi belajar. Jadi biasanya begitu kelar 50m, gue naek, jalan kaki, terus nyebur pas di kolam dalam buat start lagi. By the way, gue cuma sedikit mengalami kesulitan naekin jarak dari 24m ke 50m. Jadi cuma butuh sekitar 3x Adia latihan, gue udah bisa manjang, di tengah kolam, dan bisa start dari kolam dalam maupun kolam cetek.. MANA TADI BAPAK YANG NGELEDEKIN GUAH HAAAAHHH???!!!

Sebenernya bisa berenang 24m aja udah cukup. Berenang 50m? Lebih dari cukup. Karna emang cuma mau jadi contoh aja buat anak-anak, gak ngincer bisa jago apa gimana.. Tapi kalo ada challenge lebih, kenapa enggak?

Challenge itu muncul dari Chia, sebagai Race Director dari acara Triathlon Buddies 5th Anniversary yg memperlombakan kategori Newbie. Berenang 500m, Sepeda 22km, Lari 5km. Langsung telpon Dewa, mau gak dia ikutan, karna kalo dia gak mau, gue juga gak usah dulu. Maklum, itu waktunya seminggu sebelum Hong Kong Marathon 2017. Eh, dia mau. Yowes. #sikaaaaaattt


Dewa meskipun bisa berenang, kaget juga jarak 500m ternyata jauh :D Bolak-balik ujung ke ujung sebanyak 5x. Karna sekali muter itu total 100m. Jadi sejak daftar ikutan acara Mini Triathlon itu, gue selalu menyesuaikan sama jadwal Dewa buat latian berenang bareng. Iya, dia lebih cepet dari gue finisih-nya kalo lagi berenang. Kalo lagi gituan juga dia yang finish duluan mulu.

Karna gak punya sepeda, mau nyewa mahal bener, akhirnya gue nge-post di socmed kalo butuh 2 sepeda selama 2 minggu (karna buat latihan juga). Alhamdulillah masih dikelilingin teman-teman yg baik hati, dan rela minjemin sepedanya. Makasih ya guys :* Dari sekian banyak pilihan, akhirnya gue minjem sepeda Gamma-Amel, temen gue di Ayah ASI, juga Coach di Kapten Kecil. Pertimbangannya simpel aja sebenernya, karna mereka berdua suami istri, jadi ngambil dan balikin cuma ke satu tempat. Udah gitu rumahnya di Ciganjur, masih deket dari Kelapa Dua. MAKASIH BANYAK BANGET Gamma-Amel.. Nanti gue traktir indomie goreng 4 bungkus ya. Mayan kan tuh 2 lagi buat Agha sama Aina :*

Photo by @adhiearthur
RACE DAY!!

Panitia bilang, yang ngerasa cepat berenangnya (dan bisa gaya bebas), start duluan. Yang ngerasa lambat (dan gaya dada), belakangan aja. Saat itu, antrian kami di tengah. Tapi karna gue jiper, di belakang aja dah. Dewa meskipun bisa lebih cepat, dia ngikut gue. Saking cintanya kali tuh, sampe segitunya, biasa aja kali ah.. Dan udah janjian, kalo dia finish berenang duluan, gak usah tungguin. Lanjut aja nyiapin sepedaan, nanti gue nyusul. Ya kayak lagi biasa begituan aja, dia duluan gak papa, gue nyusul 30 menit kemudian. Syukur-syukur dia bisa finish 2x kan, overlap, multiple..

Photo by @adhiearthur
Suasana race beda kali ya sama suasana latihan. Kalo latihan, gue biasanya masuk kolam, bubbling dulu di pinggir sekitar 10x, baru mulai berenang. Pas lagi race, baru aja masuk kolam: "Ayo cepat, cepat, langsung jalan, ada antrian ini" -__- Jadilah seperti gambar diatas, karna panik, baru sekitar 20m gue udah kemasukan air lewat hidung, dan batuk-batuk. Dewa ngeliat gue minggir (karna start samping2an), jadi ikutan berenti, ngeri suaminya mati kali :D Setelah menenangkan diri dan dibalap beberapa peserta lain, gue lanjutin. Lanjutin minum air kolam njir..

Photo by @adhiearthur
Photo by @adhiearthur
Photo by @adhiearthur
Abaikan komuk gue yg mirip ikan mas koki.. Tau kan lu, ikan-ikan yg suka ada di kolam restoran, yang kalo kita masukin jari, dia kenyot aja itu jari, dikata lagi mengulum permen lolipop kali..

BUT I CAN FINISH THIS 500M SWIM!! WOOOOHHHHOOO..

Meskipun Dewa udah duluan dari kapan tau, dan pas gue naek kolam, cuma ada 2 orang yg masih berenang. Ya Allah ratusan peserta laennya udah pada kemana wooooyy.. Tungguiiinn...

Photo by @adhiearthur
Photo by @adhiearthur
Photo by @reinhardphotographie
Photo by @reinhardphotographie
Photo by @reinhardphotographie
Photo by @reinhardphotographie
MINI TRIATHLETE!!


Pengalaman baru juga nih buat gue selama ikutan race... LAST FINISHER..

Sekitar 150m menuju garis finish, Marshal yg ada di lokasi ngarak kami berdua kayak abis sunatan: "Ayooo.. Ayooo.. Sedikit lagiiii.. Semangaaaatt..". Keren banget asli mereka, masih mau nungguin kami berdua sampe kelar.. Begitu Dewa masuk finish line, di susul gue, langsung di selametin kayak dapet podium yang hadiahnya 300juta. Ngehe :D Tapi salut sama semua panitia di acara tersebut...

Anyway, although we are the last finisher, but we are (mini) TRIATHLETE!

24m..
50m..
500m..

Buat elo yang sampe detik ini, lagi baca tulisan gue, belom bisa berenang, tapi MAU bisa..

Belom telat untuk Belajar Berenang..

Gue umur 32 tahun, udah biasa hidup diledekin gak bisa berenang (which is, ini juga salah satu penyebab gue makin males buat belajar), dalam 1 bulan bisa berenang (gaya dada) sejauh 24m. Dalam 2 bulan bisa 50m. Dan 4 bulan bisa finish 500m buat Mini Triathlon.. Can you imagine that??!!

Gue aja gak mikir sampe segitu. TAPI BISA!!

Gue mau bisa berenang biar jadi contoh buat anak-anak... Dan pressure dari Dewa juga sih, dia pengen suatu saat kami semua bisa snorkeling dan diving barengan. Lebih berat dari pressure istri sendiri ini mah kayaknya -__-

Apapun motivasi elo untuk bisa berenang..
Itu yang elo pikirin begitu pertamakali nyebur untuk belajar.
Itu yang elo pikirin begitu pertamakali kemasukan air lewat hidung sampe batuk-batuk.
Itu yang elo pikirin begitu pertamakali berenang tapi koq gak bisa meluncur.

Karna kalo gak punya motivasi yg kuat, ya elo gak akan mau untuk belajar. Kalo gak mau untuk belajar, ya gak akan bisa-bisa..

Gue selalu suka Quote dari Will Smith di Film After Earth:

“Fear is not real. The only place that fear can exist is in our thoughts of the future. It is a product of our imagination, causing us to fear things that do not at present and may not ever exist. That is near insanity. Do not misunderstand me danger is very real but fear is a choice"

Ternyata ketakutan gue sama tenggelam cuma ada di dalam pikiran, pas coba Belajar Berenang, bisa aja tuh ternyata.. Dan gak takut lagi.. 

2 komentar:


  1. Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

    Info hub
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus