Rabu, 09 November 2016

Akhirnya Ngerasain Podium!!

Buat teman-teman yg belom pernah ikutan race, atau gak suka sama olahraga lari, kalo gue ikutan race, pasti pertanyaan yg terlontar adalah: "Gimana Gol kemaren? Menang gak?" -__- Wajar aja sih, karna emang mereka gak tau kalo di sana itu banyak pelari-pelari yg levelnya udah atlet daerah atau atlet nasional yg ikutan, belom lagi ada Kenyan/Ethiopian. Itu masih race domestik, lebih gilak lagi kalo race overseas. Gimana gue mau ngelawan mereka. Mereka jadi atlet udah profesional, emang mendedikasikan hidupnya di atletik. Lah gue, lari aja jadi olahraga ketiga favorit setelah sepakbola dan futsal :(

Sebenernya kalo mau podium emang harus pinter-pinter cari race. Setaun yg lalu pernah tuh gue ikutan 5K di UI, saat di hari yg sama ada race gede di Jakarta. "Wah, kesempatan podium nih, semua pasti pada ikutan di Jakarta, sepi nih di UI, aseeekk". Pas hari-H, bener tuh di UI sepi, pas di garis start gue celingak-celinguk, dan bergumam dalam hati: "YEEESSS.. GAK ADA SIAPA-SIAPA!! PODIUM AH!!". 1 menit menjelang start, tiba-tiba ada 4 pelari cowok dengan ciri sebagai berikut: Badan kurus parah, celana pendek banget, pake singlet... Singlet dengan tulisan "Porda Jabar". Podium cuma ada 1, 2, 3. NYERAH. Finish ke-5, tapi gak ngaruh. Gak jadi podium. Kamfreeett.

Abis itu udah gak pernah lagi coba-coba untuk podium, tau diri aja dah.

Sampe akhirnya, setelah beres ikutan My 6th Marathon: Standard Chartered Kuala Lumpur Marathon 2016, telpon gue berbunyi, dari temen lari, Aditya Wardana. "Bro, elo ada race yg mau diikutin gak? Kalo masih kosong, ikutan tim gue yuk di Capital Market Run 2016. Ada Team Challenge soalnya, 4 orang gitu, masih kurang 1 lagi nih". Njir gue excited banget, karna tau Adit ini pernah podium di Cani Run, kalo gak salah, sama 2 temennya. Jadi gue tanya: "Wah, tim elo betiga waktu podium itu Brok?". "Iya Brok, sama Rizky dan Icun. Kalo elo ikut, pas nih jadi 4. Peluangnya gede nih Brok kalo elo ikutan, rata-rata 45 menit aja, minimal podium 3 mah dapet". SIKAAAAAAATTT!!!

Mulai deh latihan. Sejujurnya, gue gak ngerti gimana latihan untuk 10K, karna terbiasa latihan ya buat Marathon aja. Mulai deh gue Nyetadion, dimana ada temen Derby Runners yg bisa di contoh latihannya, Taki. Dia biasanya Nyetadion juga bareng Oji, "murid"nya. Jadilah minta petunjuk mereka, gimana cara latian di track buat 10K. Rabu latihan interval. Jumat latihan tempo. Engap ngehe.


Selama Nyetadion bareng mereka, sering banget di-pacer-in. Poto atas itu penampakan Taki, poto bawah penampakan Oji. Eh, kasat mata deng dia, jadi gak keliatan. Setan dong..

Dapet ilmu banyak banget dari mereka selama masa persiapan, Coach Taki gak ragu buat bagi ilmu yg dia dapet di klub lari-nya. Oji juga dengan humble-nya selalu nemenin gue latian, meski kebanyakan ngobrol gibah sih sama itu anak. Makasih aja gak cukup buat kontribusi mereka berdua selama gue latihan interval-tempo.

Target gue, ngomong ke Adit, bakal usahain berkontribusi 46 menit. Tapi latihan mentok di 47 doang. Sempet pesimis sama hasil latihan, tapi cobain aja dah. Toh 10K cuma ngelewatin 9 marka Kilometer, abis itu finish. Gue biasa ngelewatin 42 marka, masa' 9 aja gak bisa full power kan..


Di race ini pula, gue sama Dewa comeback untuk ngelakuin race 10K barengan, setelah terakhir di Bali Marathon 2013. Kalo mau flashback bisa klik link 4 WEEKS IN A ROW 10K WITH DEWA yg pernah gue tulis dulu. Seneng banget rasanya. Ini pun jadi race 10K pertama Dewa setelah 3 tahun itu, selama persiapan juga dia sering latihan, gue dampingin. Makin sering dia latihan, makin gue ngeliat dia kayak hestek #TrainLikeAngel yg biasa model-model Victoria Secret lakukan saat mau Fashion Show gitu dah. Welcome back, my lovely-adorable-funny-sexy wife :*

Datanglah hari yg ditunggu. Sempet Subuhan dulu dirumah sebelum berangkat, nanggung banget soalnya, lagian juga ke BSD cepetlah kalo pagi buta gitu kan. Perjalanan lancar, eh pas nyampe The Breeze buset padat mobiiill.. Sedangkan gue harus pemanasan dulu kan. Untungnya punya istri yg serba bisa, langsunglah Dewa yg cari parkir, gue turun :)) Love you banget-lah, biasa apa aku tanpa kamu (biar ditraktir gaji Jafra).. Ngeliat orang udah pada ngantri di garis start, ternyata buat yg Half Marathon, jadi-lah gue melipir dan cari jogging seenggaknya 1K. Pas kelar, eh yg buat 10K udah pada ngantri. Dan di Capital Market Run 2016 ini sebenernya ada Start Point berdasarkan prediksi finish. Start 1 untuk target dibawah 50 menit, dan seterusnya. Di start 1 malah udah rame orang-orang yg mau pada poto-poto doang :(( Padahal Adit udah ngetekin tempat di depan. Iya sih ada peran salah gue karna telat sedikit. Tapi pelari-pelari ini, aduuuhh.. Entah mereka gak baca peraturan, apa emang memanfaatkan kelonggaran yg panitia kasih. Karna pas gue tanya, itu yg menentukan Start 1, 2, 3 dst gimana, salah satu panitia bilang: "Waduh apa ya Mas, kesadaran aja sih kayaknya" -__- Aturan ketat aja di "tabrak" sama orang Indonesia, gimana longgar begini. Yoweslah jadi bisa start berjarak sekitar 8 detik dari Gun Time..

DOR!!

Langsung gue tabrak-tabrakin pelari lambat tapi mau-nya Start di depan, mungkin ada sekitar 3 pelari yg sengaja gue sandungin kakinya dari belakang: "Sorry, sorry", lempeng aja gue lari buat ngejar barengan awal sama Adit. Dapet tuh 2,5K barengan sama dia, di garmin menunjukkan pace 4:45. Adit bilang "Ini kecepetan buat gue, duluan Bro", abis ketemu water station udah gak keliatan lagi doi. Maap ditinggal ya Capt :D Lewat 5K makin naekin pace "Ah tinggal 5K lagi". Apalagi kalo jalur nge-loop, gue ngeliat salah satu rekan setim, Rizky, gak jauh di depan. Jadi makin ada motivasi. Di 1K terakhir gak liat garmin lagi deh tuh kecepatan berapa, kebut aja sekuat tenagaa. Udah mendekati garis finish, eh liat Rizky melambat, "Balap ah", kata gue dalam hati. Berhasil tuh kebalap. Sprint sekuat tenaga, tiba-tiba.. WOOOSSHHH.. Dibalap lagi sama Rizky -___-





FINIIISSSHHH... 46 menit 9 detiiikk..

Woooowww.. Definitely my personal best for 10K. Gak nyangka, waktu latihan mentok 47, eh dapet juga sesuai target. Gak lama, Adit finish juga 49 menit. Icun? Dia mah udah duluan dari kapan tau. Monster asli. Ngobrol-ngobrol ber-4 sembari mempertanyakan, kalo liat dari peserta Team Challenge lainnya yg ikutan, kemungkinan besar dapet podium ini mah... YAKIN.

Sekitar 15 menitan ngobrol, gue minta ijin untuk nungguin sang pujaan hati. Dewa finish jugaaaaa.. Horeee.. Not her personal best, tapi seneng aja kalo keinget ini race 10K pertamanya setelah 3 tahun, proses latihan yg dia jalanin, dan ngeliat dia keringetan. Congrats Girl!! :*



Baru kali ini, abis race bukan-nya langsung balik abis ketemu temen-temen disana, tapi malah nunggu pengumuman podium. Hehe. Karna pemenang banyak banget (tiap kategori ada pemenang berdasarkan umur, nah kali aja tuh berapa orang naek ke panggung untuk dipanggil). Setelah nunggu kira-kira 3 jam di depan panggung utama, tibalah saat pengumuman "Yaaakkk!! Sekarang untuk kategori Team Challenge!!", kata pembawa acara. Mulailah kami ber-4 dan Dewa memperhatikan dengan seksama...

"Peringkat 3 adalah tim (nyebutin abjad), dengan anggota blablabla"
Mulai curiga, koq pake abjad, bukannya ada nama tim di awal daftar.
"Peringkat 2 adalah tim (nyebutin abjad), dengan anggota blablabla"

Mulai mendekat ke panggung karna yakin banget bakal dipanggil.
"Peringkat 1 adalah tim (nyebutin abjad), dengan anggota blablabla"
Dan blablabla itu bukan nama kami ber-4.

:(((

Merasa yakin, protes-lah kami. Mau tau itu yg podium catatan waktunya berapa. Tapi disuruh tunggu sampe proses pemanggilan pemenang selesai. Okelah. Begitu beres, dikasihlah catatan waktu para pemenang Team Challenge. Yg podium 1, pelari tercepat mereka catatan waktunya cuma 50an menit. Lah tim gue, Adit aja yg finish terakhir 49 menit -__-

Setelah ditelusuri saat itu langsung, ternyata Icun data-nya gak masuk. Gue gak mau bahas ini lebih panjang, karna sangat menghormati semua panitia yg bertugas saat itu. Mereka bener-bener memperjuangkan protes yg kami lakukan. Mungkin kalo mereka gak begitu, tulisan ini bukan fokus gue bisa podium, tapi bakal ngomongin panitia :)) Tapi mereka sangat helpful. Respect banget. Beberapa jam kemudian, diputuskan saat itu juga, kalo ternyata benar tim kami yg seharusnya podium 1. Makasih panitia ya...






Ini poto ber-4 di panggung pas lagi mau diberesin. Hahahahahaha. Kasian bener dah ah gak ada yg nontonin, mana gak ada bukti megang tulisan "Podium 1 Mendapatkan Uang Sebesar Rpxxxxxx", terus dikalungin medali emas :)))

Capital Market Run 2016 ini jadi pengalaman seru banget. Karna pertamakalinya melakukan latihan buat jarak 10K, yg notabene masih "jarak pendek" buat gue yg demennya ikutan Marathon. Special Thanks juga gue panjatkan kepada Taki yg udah ngajarin latian di track. Oji yg selalu ngeluangin waktu buat latian bareng. Terutama buat Kapten Aditya Wardana yg udah ngajakin gabung di WAR TEAM ini. Juga Icun-Rizky anak muda yg lari-nya kenceng-kenceng banget. CHEEEERRSS!! ANGKAT GELAS!!

Mumpung data Icun belom masuk. HOREEEE.. Gue peringkat satuuuuu.. Save buat anak cucuuuuu..
Gak nyangka bisa 46 menit. Awal mulai lari 4 taun lalu, bisa lebih dari 1 jam dengan jarak segini..
Hadiah-hadiah yg menyusul. Photo from Mbak Ratih's whatsapp, panitia yg baek banget perjuangin ini semua..



Buat gue pribadi, meskipun berhasil podium 1, ada 2 hal yg sebenernya perasaan senang ini gak nyampe ke ubun-ubun:

1. Ini Podium Team Challenge bukan individu,
Gak bener-bener hasil perjuangan dan latihan sendiri. Masih bisa di nyinyirin "Ah ini mah temen setim elo aja yg cepet, karna mereka, elo bisa podium". Kan rese'.

2. Gak Di Panggil Ke Atas Panggung,
Ini yg paling berasa sih. Kan kayaknya keren aja dipanggil pembawa acara ke panggung gitu. Lagian masih bisa dinyinyirin "Elo podium 1? Masa' ah? Mana buktinya di panggung???!!". Kan rese'.

Tapi bisa ngerasain Podium 1, dapet duit cash, medali emas (beda sama Finisher Medal biasa), hadiah Asuransi Kecelakaan, dan Membership Golds Gym VIP selama setahun...

LEBIH DARI CUKUP BUAT PELARI HORE KAYAK GUE INI MAH. Ppppfftt.





"Mau ngerasain podium 'beneran' Gol?"
Mau-laaahhh..

"Kapan nih?"
Auk kapan... Lebaran Monyet kali bisa dapet kesempatan kayak gini lagi..

AKHIRNYA NGERASAIN PODIUM!!!

2 komentar:

  1. Haloo.. Saran nih kenapa nggak ikutan Pertamina ECO Run? Ada juga loh yg Race 5K dan 10K.

    BalasHapus
  2. Keren mas Bagol, saya mah kalau 10K mentok nya di pace 6, sekali kali pace 5, tapi pace 5 nyaris 6 hahahah. Mungkin karena memang latihannya gak terstruktur.

    Ayo ditunggu cerita podium selanjutnya

    BalasHapus