Rabu, 30 Oktober 2013

Taman Impian Jaya Ancol, 11 Oktober 2013

10 Oktober 2013.

Di tanggal itu, Kei Radhiyya Akbar, anak kami ber-ulang tahun yang ke-3.

Seperti tahun sebelumnya, selain meng-hadiahi kado, kami juga membuat kegiatan yang di-khusus-kan bagi Adia, jadi ratu sehari. Gue sama Dewa termasuk orangtua yang cenderung ke visual untuk ngasih pembelajaran ke-anak. Kalo tahun lalu seharian jalan-jalan di Taman Safari, dengan harapan Adia bisa langsung ngeliat berbagai macam satwa, gak cuma liat dari buku atau tivi, ya bosen juga kali dia kali tiap hari ketemu sama monyet (baca: Ayah-nya. #taelah). Karna emang saat itu Adia lagi seneng banget ngeliat beraneka ragam binatang di buku, yang kebetulan kami juga memberi-nya 2 ekor kelinci untuk dipelihara (yang sekarang sudah diungsikan ke Pulogebang karna tai-nya membuat eneg si bumil kalo ditaro dirumah). Nah, di ultah yang ketiga ini, pengen ngasih Adia tempat bermain yang luas.. Dan banyak jenis-nya.. Jadi dia gak cuma tau ada odong-odong gowes (yang naek turun kayak bianglala), odong-odong kereta (yang cuma muter-muter doang) atau odong-odong mesin (yang dimasukin koin, cuma goyang-goyang kanan-kiri gak jelas). Karna ini bocah demen banget maen begituan. Namanya juga anak kampung yak.. Maklumin saja.

Jadi-lah kami, meng-agendakan ulang taun Adia (di-delay 1 hari karna 1 dan lain hal) untuk seharian maen ke Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol..

Iya. Cuma ke Dufan.

"Koq gak ke Disneyland Hongkong? Atau minimal Universal Studio Singapore?"

LU KATA UPIL GUE EMAS???!!!

Lanjut...

11 Oktober 2013.

Berangkat-lah kami (gue, Dewa, Adia, Arini) ke Taman Impian Jaya Ancol. Dan membayar di pintu masuk sebesar Rp72.500, dengan perincian Rp17.500/orang dan mobil Rp20.000. Adia gratis. "Adik-nya umur berapa Pak? Sudah 2 tahun?", dengan cekatan Dewa menjawab: "Mau ke 2 taun Mbak". Gratis deh. Merki ye Dewa, dari siapa sih inih nularnya??!! Tanpa tedeng-aling, langsung ke Dunia Fantasi, dan seneng banget. Nyampe sana sekitar jam 10an, masih sepi bangeeeett.. Nikmaaatt serasa Richie Rich.. *tua jaman-nya*

Bayar masuk Dunia Fantasi Rp150.000/orang. Karna Adia tingginya masih dibawah 150cm, jadi masih gratis masuknya (alhamdulillah). Waktu itu ada diskon dari Bank Mandiri 10% dari Bank Mandiri, alhamdulillah lagi. Dan mantab-nya, itu SEKALIAN sama tiket gratis masuk Atlantis, Seaworld, Gelanggang Samudra, dan Fantastique!! Tapi khusus hari itu aja sih, harus jago atur waktunya kalo gak mau rugi. Ah Padang lu!! *ngaca*

Oh iya, meski disini bertiga-an, kami tetep bawa stroller dari mobil, dengan harapan Adia gak kepanasan (ada tutup-nya), dan tentu saja biar kami bertiga Adia juga gak kecapean (luas bener kan Dufan). Baru masuk wajah Adia udah langsung sumringah, karna ada badut-badut yang menyambut kedatangannya (mungkin dia pikir ini badut khusus dateng karna lagi ultah... hahaha, ge-er aje luh!!-->> Ketawa jahat seorang Ayah), dan tentu saja sumringah naik wahana pertamanya hari itu: Carousel!! Karna emang sepi, Adia sampe bingung mau naik kuda yang mana. Padahal cuma muter gitu doang, tapi senengnya udah kayak abis menang lotere 10 milyar. Norak amat dah ah anak gue..

Dari situ, langsung menuju Bianglala, ini sebenernya gue pribadi mau banget ngajak Adia ke Dufan ya naik ini. Beberapa minggu sebelumnya pernah nemenin dia naek odong-odong gowes di pasar malem, model bianglala gitu, tapi kecil. Abang-nya genjot, ada 4 anak per bangku yang naik-turun gitu. Dan Adia seneng banget, jadi sempet ngomong "Adia, nanti kita ke Dufan yuk, naik kayak tadi, tapi lebih tinggi". Ya semacam janji Ayah gitu-lah. Dan bener, pas ngeliat, Adia bilang "Waaaahhh.. Ini koq gede ya Ayah odong-odong-nya". Pppfffttt.. KAMPUNGAN!!






Karna dari atas ini tinggi, Adia bisa ngeliat sekeliling, terus gue tanyain mau naik apa lagi, gak mungkin juga kali yak naek Kora-Kora yang tepat disebelahnya. Bisa dibully nanti, "AYAH MACAM APA INI AJAK ANAK NAEK KORA-KORA??!! EMANG ANAK LU SUPERMAN??!!".

Mata Adia langsung tertuju sama satu wahana.. Hhhhmm.. Kasih tau gak ya alasan-nya apa.. Karna pas dia ngeliat itu, langsung bilang: "Mau odong-odong ulat yang itu!!". Whaaatt Theee??!! Kenapa "odong-odong" mulu sih Nak patokannya, ketauan banget keseringan ngajak ke pasar malem deket rumah -_-

Jadi sebenernya itu bukan odong-odong, tapi itu halilintar mini (au lupa apa namanya), udah dibilang bakal rada kencang, Adia tetap bersikeras naik. Tanya ke Abang odong-odong-nya, eh, Abang yang jaganya, gak masalah asal dipegangin. Naik-lah kami. Tapi udah wanti-wanti, karna sepi, kalo sewaktu-waktu ingin berenti, ya tolong berentiin. Raut muka Adia sangat excited, karna duduk paling depan maunya... Jegjegjeg.. Mulai gerak itu halilintar mini.. Ngiiiuuunnggg... Jeg.. Jeg.. Jegjegjegjeg.. Kurang lebih gitu bunyinya... Adia muka tegang, gak teriak gak nangis, pas gue tanya: "Gak papa Adia?", cuma satu kata keluar dari mulutnya dan pelan: "udah". Yeeeeeee... Gimane siiiihhh... Akhirnya baru 2 puteran sudah diberentiin sama Abangnya. Untung sepi. Kalo kagak, bisa disorakin sama yang laen: "Wooooooo..."

Karna matahari sudah hampir diatas kepala, satu-satu-nya wahana berikut yang adem adalah.. Istana Boneka!! Gue sebenernya kagak ngarti sama konsep Istana Boneka, ini mau kayak lucu-lucuan gitu, apa emang mau bikin kayak Castle of Teror. Karna bonekanya... Miriiipp..

(diambil dari google)



YES!! KAYAK CHUCKY!!

Mau elu dandanin pake baju adat Padang kek, baju khas Thailand kek, bahkan bikini-an khas hawaii-pun. INI SEREM!!

Jadi selama didalem, biar Adia gak takut, gue sugesti-in: "Tuh Adia, boneka-nya lucu ya, joget-joget, terus bergerak, ketawa-ketawa"... Hhhhmm... Bentar... KETAWAAAA???!!!

Ah, pokoknya gitu-lah istana boneka. Mana lama pula jalan-nya, kan ngeri juga tiba-tiba ada satu boneka gitu ngejar dari belakang, kabur-nya gimana, gue gak bisa berenang.. #taelah

Beres dari situ, entah Adia laper ngeliat boneka ayam atau sapi atau kebo atau babi di Istana Boneka, atau emang udah waktu-nya makan siang, akhirnya break dulu maen-nya. Tau kan satu-satu-nya tempat makan yang terpercaya didalem Dufan?? TEPAT!! Kami ke McDonalds. Kenapa terpercaya? Coba deh ke tempat makan-tempat makan yang ada didalem, "Soto ini", "Bakso ini", "Nasi Goreng ini", dll. Harga-nya sama aja kayak makan di McD. Nah kalo tempat-tempat itu untung-untung-an enak apa kagak, udah jelas kalo di McD... Gak sehat sih... Ah tapi tetep aja kan.. *ini apa sih*

Abis makan, kami renungkan.. Permainan apa lagi ya yang bisa dinaekin sama Adia.... UDAH GAK ADA!! Gini doang nih jadinya DUFAN??!! Ada sih kayak wahana yang indoor, tapi gujlak-gajluk Ibu Hamil gak boleh naik. Karna emang udah bingung, dan masih ada gratisan tiket untuk masuk ke tempat selain Dufan, akhirnya kami keluar... Sampe luar masih jam 1an, kata kang parkir-nya: "Udahan Pak?". Pertanyaan begitu kalo diajukan ke orang Padang yg gak mau rugian kayak gue, kayak elo lagi makan All You Can Eat, tapi cuma 1 piring doang, karna sebelumnya diajak makan bareng sama mertua. "Udahan Pak?". Aaaaahh.. Ngerasa kalah!!

Akhirnya kami memutuskan untuk beristirahat sejenak, karna emang udah jam bobo-nya Adia, biar dia segar juga jadi gak cranky untuk ngabisin semua gratisan tiket tadi. Karna bangun kesorean, jadi gak sempet deh ke Seaworld, dengan alasan Adia udah sering ketempat kayak gitu.. Tapi kan gue yang mau sebenernya. Hiks. Terakhir ke Seaworld dulu pas SMA, kali aja sekarang udah tambah keren, ada ikan dari jaman dinosaurus.

Gak jadi pula ke Atlantis, dengan alasan, besok pagi aja sebelum breakfast berenang dulu. Lagian Adia kalo maen ke kolam renang juga cuma pake ban gitu, di kolam cetek. Juga belom bisa naik permainan air di wahana Atlantis, soalnya gak ada yang jagain... AYAH-NYA GAK BISA BERENANG!!

Bangun langsung ke Gelanggang Samudra, dan pas banget jadwal ada pertunjukan singa laut.. Meski masuk ditengah pertunjukan, tapi seru aja ngeliat itu binatang pada pinter-pinter amat. Suruh mencet bel-lah, ngitung tambah-tambah-an. Keren, dan seneng juga Adia sering tepuk tangan sendiri ngeliat kelakuan itu singa laut. Yang kumisnya 11-12 kayak kumis gue kalo belom cukur..





Abis dari pertunjukan singa laut, lanjut ke pertunjukan lumba-lumba. Sebenernya di Gelanggang Samudra ini juga banyak tempat maen macem "odong-odong" gitu, tapi karna udah mepet, dan Adia kepengen liat pertunjukan, jadi-lah dicuekin itu semua mau bentuknya balon kek, permen lolipop kek, atau mobil pemadam kebakaran sekalipun.. Buat yang belom tau, lumba-lumba BUKAN ikan ya.. Jangan norak..

Tapi di pertunjukan lumba-lumba, bukan hanya Adia yang kagum dan suka tepuk tangan sendiri, bahkan gue, Dewa dan Arini pun geleng-geleng ini binatang pinter banget asli. Dari mulai skenario nyelametin orang tenggelam, loncatin buletan diatas, sampe berhitung pun bisa. Edaaaann.. Dan gue yakin Dewa gak begitu fokus sama lumba-lumba, karna perenangnya ganteng dan seksi!! Hih..





Beres dari dicium lumba-lumba, sesuai yang udah dijanjikan, mau maen ke pantai sama Adia. Udah bawa semua perlengkapan kayak serokan, cetakan pasir, dll. Bakal seru banget maen di pasir.. Nyampe pantai-nya.. Cuma 5 menit udahan..

Adia gak mau dong maen di pantai Ancol..

"Koq begini pantai-nya??!!", sombong bener bocah!! -_-"

Setelah gue sama Dewa ngobrol, kami baru inget, ngajak Adia ke pantai itu pernah ke Anyer, sama Karimun Jawa.. Which is.. Image pantai di pikiran dia adalah pasir yang putih bagus, air laut yang berwarna biru, dan bersih. Pantai Ancol? Pasir-nya jelek, air lautnya kecoklatan, dan banyak sampah... Yang awalnya mau bikin istana-istana-an dari pasir, malah ujung-ujungnya makan bakso dan popmie di pinggir pantai.. Elaahh..

Karna waktu yang mepet, akhirnya langsung ke gratisan satu lagi, dan mungkin ini baru di Ancol.. Fantastique!! Konsepnya sih mirip banget kayak Song of The Sea di Singapore kalo ada yang pernah kesana. Jadi kayak pertunjukan sinar laser plus pancuran air gitu, dengan mengangkat cerita rakyat, Buto Ijo dan siapa sih tuh nama cewek-nya. Pokoknya ceritanya rada menyeramkan, ada sepasang suami-istri yang belom dikaruniai anak, dan "minta" ke Buto Ijo. Dan dikabulkan, dengan syarat saat berumur 17, itu anak dibalikin lagi. Ya terus gitu deh, ini anak kabur bersenjatakan terasi, dll. Auah.

Tapi keren, unsur Indonesia-nya kena banget, banyak tarian dan lagu-lagu daerah ditampilkan. Meski Adia sempat takut pas ngeliat Buto Ijo ketawa (ngapa takut yak padahal tiap hari Ayah-nya ketawanya juga begitu), tapi dia tetep aplaus sama show-nya dan sampe minta foto kebawah sama pemeran-pemeran-nya..



Setelah mandi dan bersih-bersih dari segala kelengketan yang melekat pada badan, akhirnya mandi dulu untuk kemudian menutup hari dengan kesempurnaan, makan malam di Bandar Jakarta..

Hari yang menyenangkan, anak senang, dompet-pun senang. Karna sempet kepikiran kalo ajak Adia keluar negeri/kota cuma buat nikmatin taman bermain kayak Dufan, tapi situasinya kayak hari ini, cuma sedikit mainan yang bisa dinaekin, lalu dia akan capek dan malah cranky, boncos juga kan. Udah ongkos mahal, akomodasi mahal, makan mahal... Aaaahhh.. Tidaaaakkk..

Tapi emang sayang sih gak sempet nikmatin Atlantis sama Seaworld gratisan, coba bisa jurus Kagebunsin No-Jutsu-nya Naruto, pasti mantab..

Selamat Ulang Taun Kei Radhiyya Akbar, terus seneng-seneng ya.. Jangan minta ke Dufan setiap hari ya...



NB: Arini padahal ikut, tapi saking pemalunya dia gak ada foto di semua kamera. Jadi akhirnya gue suruh dia pake baju badut, terus kami foto deeeeehh.. *iye emang boong koq*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar