Senin, 16 September 2013

Tips Hamil (Versi Saya)

Sebenernya tips-tips yang bakal gue utarakan nanti sama sekali gak ada landasan ilmu-nya, cuma berdasarkan pengalaman sama opini ngaco aja. Dibaca boleh jadi masukan, mau nge-challenge juga monggo, wong dibilang gak ada dasarnya koq, palingan gue cuma ketawa nyerah doang -_-

Masalah kehamilan ini cukup sensitif sebenernya, gue disini cuma sekedar sharing aja ya. Gak bermaksud untuk offence ke siapa-pun yang mungkin akan berpikir gue menyederhanakan atau ngegampangin. Pure mau kasih sharing. Sekali lagi, kalo berguna ya syukur alhamdulillah. Kalo asbun ya namanya juga opini, cuekin aja :)

Sampai hari ini, Dewa lagi hamil (calon) anak kedua kami. Usia kandungan 2 bulan. Anak pertama kami 10 Oktober 2013 nanti tepat berusia 3 tahun (sekalian promosi kali aja ada yang mau kadoin kan). Dua kehamilan ini, alhamdulillah kami dapatkan langsung tanpa harus menunggu. Waktu hamil Adia, Dewa langsung tekdung tepat setelah menikah. Artinya, gue baru ngeliat ada pembalut wanita di kamar mandi itu setelah Adia berusia sekitar 9-12 bulan (lupa tepatnya). Jadi hampir 2 tahun baru ngeliat itu warna putih ada bercak coklat kemerah-merahan.. Hih.. *malah dibahas detil*

Dengan berbagai pertimbangan, setelah kehamilan yang pertama, kami memutuskan untuk melakukan Kehamilan Terencana untuk anak kedua. Sehingga selama 3 tahun-an ini kami menggunakan alat KB. Dengan Dewa yang trauma waktu dokter kandungan cek pembukaan, sehingga dia gak mau lagi ada tangan yang masuk ke "sana", maka opsi spiral kami tinggalkan. Dengan mindset gue yang gak begitu percaya sama obat dan bahan kimia yang terkandung didalamnya (akan menimbulkan efek samping ke badan), opsi obat luar seperti pil juga ditinggalkan. Akhirnya jatuh pilihan ke kond*m. Iye, lumayan mahal juga buat biaya ini loh. Setelah mencoba hampir ke semua merk dan jenis, di gue sih rasanya sama aja, tapi di Dewa ada beberapa yang ber-efek gatal atau gak nyaman, akhirnya jatuh hati dan langganan Dur*x Feather*ite setiap belanja bulanan. Udah selow gak kayak elu kalo beli kond*m takut-takut ada yang nge-gep-in!! Kelokur-dilokur juga jadi opsi kalo persediaan lagi habis. Cuma kalo gak bisa "ngontrol" kayak elu-elu pada, ya jangan ambil risiko ini ya.. *sok jago* *padahal mah*

Hamil kedua-pun alhamdulillah langsung dikasih tanpa jeda. Pertengahan Juni kemaren emang sempet bikin 2ndHoneymoon-an ngikut BaliMarathon2013. Dulu sih alasan-nya mau sekalian "bikin" Adik buat Adia. Tapi boro-boro, disana masih pake tehnik kelokur-dilokur kombinasi dengan kond*m. Yes, we're not "producing" our next child at Bali. Kenapa? Ada berbagai alasan, bisa dilihat di blog sebelum ini. Sehingga kami memutuskan untuk melakukan-nya saat Dewa masa subur bulan Juli. PERTAMAKALI-NYA SETELAH 3 TAHUN-AN, KELUARIN DIDALAM.. HOREEEEEE.. Dan berhasil.

Dari 2 pengalaman tersebut, banyak yang bilang kami harus bersyukur, karna ibaratnya Dewa baru disenggol aja udah tekdung. Yes, kami sangat bersyukur. Maka dari itu mau coba berbagi tips, meski based on experience, not knowledge.

Menurut gue, ada 3 aspek yang mempengaruhi kehamilan, yaitu Kondisi Psikologis, Kesehatan Tubuh, dan Tehnik Bercinta.. Yuk bahas hiji-hiji..

1. Kondisi Psikologis,
a. Siap.
Gue selalu berpikir bahwa kondisi psikologis itu mempengaruhi semua hal didalam tubuh. Begitu pula mengenai kehamilan. Kalo sinyal diotak udah bilang "Gue siap punya anak, apapun risikonya", itu akan mempengaruhi sugesti ke performa sperma pada lelaki maupun sel telur pada wanita.
b. Rileks.
Pernah merasakan pressure dari lingkungan sosial apabila beberapa bulan (bahkan tahun) belum mengalami kehamilan? Ditanya "Udah hamil belum"? Gak perlu terpengaruh. Karna kalo terpengaruh, itu akan membuat "tekanan" pada saat memproduksi. "Wah, gue harus hamil bulan ini, kalo enggak nanti blablabla". Sugesti-nya udah gak bagus buat badan. Selow aja. Nikmatin aja he-etch-nya.
c. Berpikir Positif.
Pernah liat status temen di socmed yang kerjaan-nya marah-marah mulu? Entah sama seseorang atau kondisi-nya? Kalo bisa jangan keseringan begitu. Karna secara gak langsung akan berefek negatif. Pernah kan ya kalo lagi sebel/kesel sama orang, bawaannya males ngapa-ngapain? Badan jadi ikut "diserang" juga kan jadinya. Selalu berpikir dan bertindak positif yang bakal bagus buat pikiran, tentu juga akan berpengaruh ke sel-sel didalam tubuh. Buka sikiitt.. JOSS!!

2. Kesehatan Tubuh,
a. Istirahat Cukup.
Kadang ini yang suka dilupain sama orang. Kerjaan yang banyak, lembur, bahkan sampe ada PR yang harus dibawa pulang. Nonton bola dini-hari. Dan lain-lain. Banyak alasan untuk membuat waktu istirahat sangat mentok. Disaat weekend-pun yang harusnya istirahat, dipake pula buat refreshing keluar kota, atau hanya bermacet-macetan ria. Eh, udah Senin lagi, ngulang lagi aktivitas tersebut. Sindrom Minggu sore-lah kan nyebelin tuh bawaan-nya.
b. Makan Asupan Bergizi.
Ini juga penting, yang paling bagus buat badan itu jelas sayuran dan buah. Daging, telor dan sumber protein lain-nya juga gak ada masalah. Kurangin makan junk-food atau makanan serba instan lain-nya. Biarkan tubuh "bersih" dari asupan yang "jelek". Pasti pada lebih paham-lah makanan/minuman mana yang pantas masuk kemulut untuk ditelan.
c. Olahraga.
Gak perlu kayak atlet Kenya yang sehari-nya bisa latihan lari 10K x 3 kali. Atau kayak Serena Williams, petenis wanita yang bahkan tangan-nya bisa kekar buat maen tenis. Minimal seminggu sekali lari pagi/sore beberapa kilometer. Kalo gak sempet juga, ya seenggaknya jalan kaki aja tiap hari barengan sama aktivitas (misal biasa naek ojek, bangsa 1-2 hari gak usah pake). Dengan olahraga, menunjang sekaligus melatih tubuh untuk menjalan fungsinya dengan baik. Jangan olahraga kasur doang lu, uler kadut..

3. Tehnik Bercinta,
a. Hitung Masa Subur.
Siklus menstruasi wanita, normalnya adalah 28 hari. Gimana bisa bikin normalnya? Menurut yang gue baca (lupa dimana dan kapan), itu sangat dipengaruhi sama Kondisi Psikologis dan Kesehatan Tubuh seperti yang gue sebutkan diatas. Terus kapan masa suburnya? Masa suburnya (bisa liat sumber lain) adalah 14 hari sebelum mens hari pertama bulan berikutnya. Misal, mens hari pertama tanggal 1 Januari, maka kemungkinan mens berikutnya adalah 1 Februari dikurang 14 hari, sekitar 15-17 Januari. Masa subur hanya berlangsung selama 36-48 jam. Diketahui-nya gimana? Yang paling gampang, coba liat di celana dalam (wanita loh ya bukan lu para laki), kayak ada cairan kental seperti putih telur mentah, itu berarti sedang ber-ovulasi. Beli alat tes fertilitas juga bisa buat ngetes apa sedang masa subur atau enggak. Sperma bisa bertahan selama 2-3 hari didalam vagi*a. Jadi kalo emang mau make-sure, SERING-SERING ngelakuin selama 5 hari, dengan asumsi 2 hari sebelum masa subur, 2 hari saat masa subur, dan 1 hari setelah-nya. Sama kayak arisan aja kan, selama masukin banyak nama, ya makin banyak kesempatan buat "menang". Satu lagi, buat lelaki, "puasa" dulu seenggaknya 4-5 hari, agar sperma yang pertamakali keluar, lagi gagah-gagah-nya.
b. Posisi Bercinta.
Secara logika, gue mencoba ngikutin konsep air, yaitu "air selalu mencari tempat yang lebih rendah". Dengan bentuk sperma yang cairan, harusnya gak berbeda. Woman On Top jelas harus dikesampingkan terlebih dahulu. Karna ini sangat bertentangan dengan hukum air, kecuali kalo lau bisa nyemprot kayak pompa aer shimi*u. Tapi gak masalah kalo emang tujuan-nya bikin wanita orgasme, karna ini posisi termudah bagi mereka untuk mendapatkannya. Kenapa harus orgasme? Ya itu adalah simbol paling ideal dari Kondisi Psikologis dan Kesehatan Tubuh bagi seorang wanita. Kalo banyak pikiran atau badan lagi gak fit, jelas akan sulit untuk orgasme. Nyambung lagi ke 2 faktor diatas yang tadi gue jabarin. "Terus posisi-nya gimana dong? Gue cuma tau WOT doang". MAKANYA NONTON BOKEP!! Posisi yang paling ideal, dan mudah ada 2. Pertama, Man On Top, diposisi ini lelaki bisa secara maksimal "menenggelamkan" pe*is-nya ke liang vag*na wanita (mencoba untuk gak bergaya bahasa En*y A*row), itu udah kayak nganterin sperma untuk menemui sel telur. Kedua, Doggie Style. Ini lebih nampol lagi, dengan asumsi posisi wanita kepalanya bersandar di bantal/kasur, sehingga punggung akan membentuk seperti perosotan. Udah penetrasi maksimal, jalur sperma-nya pun kearah bawah pula. Ibaratnya, kalo MOT nganterin pake tangga, kalo DS, nganterin pake lift.
c. Setelah Bercinta.
Kembali argumen gak berdasar dari gue, dan cuma berdasarkan pengalaman. Saat Doggie Style dan sperma telah keluar, jangan langsung diangkat, tapi tetap pada posisi, diamkan hingga pe*is mengecil sendiri. Saat Man On Top, kenakan pengganjal seperti bantal/guling di pinggul wanita, sehingga akan sedikit terangkat, juga jangan diangkat/dicabut/disiangi (lu kata taneman) terlebih dahulu. Mau rada lucu-lucu-an? Gue lakuin di 2 kehamilan Dewa, angkat kaki wanita keatas, seperti sedang head-stand, dan rada digoyang-goyang kayak angkot lagi isi bensin. Kalo udah dicabut, jangan langsung dicuci vag*na-nya, tunggu sekitar 5 menitan, baru dibersihin. Terus? Belecetan dong ke seprai. Yaelaaaahhh.. Emang gak punya tissueeee.. Terakhir, jangan langsung buang air kecil untuk wanita. Tapi kan lubang pipis beda? Udah dibilang argumen gue cetek!! Pake ditanya segala!! *jadi emosi*

Sekali lagi, tips diatas ini gue lakukan SEMUA waktu kehamilan Dewa dua-duanya. Believe it or not, ada penelitian medis atau enggak, terserah aja dan gue gak tau. Sumbernya? Experience aja, bukan knowledge. Kalo emang abis baca, jadi tertarik bener apa enggak teori diatas terus jadi googling untuk mau cari tau lebih dalam atau sekedar mau annoying nge-challenge, monggo aja. Gak akan gue lawan :)

"Itu Semua Udah Gue Lakukan, Tapi Koq Gak Berhasil??!!"

Kalo ini gue gak tau. Karna emang tubuh tiap orang beda-beda, bisa aja case kami ini gak cocok buat elo. Misal, kalo olahraga atau keringetan dikit malah bikin tubuh jadi gak fit. Atau misal pe*is gak cukup buat doggie style.. Ppppffffttt.. (malah ngeledek). Case by case aja, sangat personal. Atau ada kondisi medis yang cuma bisa dokter yang melihat, mungkin dengan konsultasi dengan dokter kandungan, yang jelas argumen-nya berdasarkan knowledge, bisa lebih cocok tips-nya. Kalopun semua tips udah dijalanin tapi masih belum mengalami kehamilan, bisa jadi Tuhan merencanakan sesuatu buat kita, yang gak pernah kita tau. Kalo emang gitu, nikmatin aja semua proses ini. Punya anak menyenangkan, belom punya juga menyenangkan koq. Gak selamanya profile picture temen-temen berstatus menikah-punyaanak yang dipajang itu menunjukkan kebahagiaan sebenernya koq. Bisa aja cuma biar dilihat hidupnya sempurna udah punya suami/istri dan anak, padahal mah.....

"Gue Gak Lakuin Itu Semua, Tapi Bisa Aja Hamil Koq!!"

Mulai deh bawel -_-

Selama nikmatin hidup, semua kondisi yang kita alami pasti ditanggapi dengan selow. Balik ke diri sendiri aja. Selow. Selow. Selow. HIDUP SELOW!!

Gutlak Buat Semua Teman Yang Sedang Menantikan Kehamilan!!

PS: Ini kan tips buat hamil, bagi elu yang belom nikah, tapi gak mau hamil atau gak mau ngehamilin, tinggal dibalik cara baca tips-nya yak :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar