Senin, 28 Januari 2013

Berantem Dalam Rumah Tangga

Bagi yang kenal gue sama Dewa, mungkin ngeliat rumah-tangga kami kayaknya ceria, seneng, ketawa, pokoknya happy married couple deh. Kayaknya lancar aja, tanpa ada masalah didalam rumah tangga. Apa mungkin? YA GAK MUNGKIN-LAH *pake imbuhan "lah" biar rada nyolot*

Dalam suatu rumah-tangga, yang tiap bangun tidur, melek, ada istri. Pas mau merem, ngintip dikit, eh suami. Dan selalu berulang entah sampe kapan. Tidak mungkin konflik bisa dihindarin. Potong kuping gue (anjir, anak Bandung banget nih) kalo ada pasangan di dunia ini, yang terlihat seharmonis Beckham-Victoria, sekeren Brad Pitt-Angelina Jolie, atau se-unyu Pattinson-Kristen, gak pernah berantem selama mereka hidup bareng. Pasti pernah. Lah wong elo aja bisa koq berantem sama sahabat sendiri kan, padahal elo tinggal dimana, dia tinggal dimana. Pasti akan lebih mudah keserempet konflik kalo tinggal seatap. Jangankan sahabat, sama Adik/Kakak aja kalo tinggal serumah masih suka berantem, masalah sepele. Misal, tivi cuma satu. Kita mau nonton apa, Kakak kita mau nonton apa. Berantem pasti. Padahal mungkin pas elo melek bangun tidur, gak ada siapa-siapa. Elo mau merem, gak ada siapa-siapa, karna Kakak elo di kamar yang beda. *ya gak sendiri juga kali ya, kan tiap kamar ada setannya* *hiiiiiiihihihihi* (suara kuntilanak)

Naahh.. Bayangin deh, udah tinggal seatap, mesti tidur sekamar juga. Masih bisa ngindarin konflik?

Gue sama Dewa cenderung pasangan yang selow, jadi emang ada sedikit kebebasan dalam kami menjalankan hidup (meski gak bebas 100% sih) masing-masing diluar keluarga. Jadi kalo ada masalah sepele-pun gak terlalu ambil pusing. Biasanya langsung diberesin di hari yang sama, jadi gak berlarut-larut. Lagian susah juga nyari waktu yang tepat untuk berantem, karna udah punya Adia. Kami sangat menjaga banget untuk gak kelepasan berantem di depan doi (berantem disini maksudnya adu argumen ya, bukan kayak Ez* yang mukulin Ard*na secara fisik *update infotainment*). Karna, jujur aja, gue sama Dewa dibesarkan oleh orangtua yang suka berantem didepan anaknya. Dan itu sangat traumatik, jadi gak mau Adia mengalami hal yang sama.

Kalo misalnya ditanya, sebenernya apa sih yang paling sering bikin kami berantem, padahal diluar keliatannya baik-baik aja dan mesra? Ada loh penyebab utamanya. Kasih tau gak yaaaaa.. *NAJIS*

Dewa itu sangat gampang marah, kalo dia lagi ngerasa gue gak perhatian. Contoh, dia pengen pergi pacaran berdua, tapi gue gak antusias. Atau gue udah jarang ngasih kejutan-kejutan kecil buat dia. Atau misalnya, abis Adia bobo, udah jarang peluk-pelukan, sayang-sayang-an.

Gue itu akan sangat gampang marah, kalo ngerasa Dewa lagi "males-malesan". Contoh, gue udah bikin "skenario" yang seru, tapi dia gak antusias. Atau dia udah jarang ngasih "surprise" kecil buat gue. Atau misalnya, abis Adia bobo dia malah ikutan bobo, padahal gue udah nungguin. (sebenernya reputation risk nih nulis begini.. Bodo ah. HA-HA-HA)

Coba deh, perhatikan penyebab kami itu gampang marah. Kalo yang baca ini cowok, pasti sepakat sama gue "Itu kan bukan hal yg penting, ngapain sih cewek anggep itu penting?". Tapi coba kalo elo cewek, pasti pikirannya sama kayak Dewa "Itu kan bukan hal yg penting, ngapain sih cowok anggep itu penting?". Iya gak? Udah ngaku aja deeehh.. NGAKU!! *koq nyari temen tapi nyolot gini?*

Jadi sebenernya, kalo gue sama Dewa baca artikel, atau tau kisah perselingkuhan para suami/istri diluar sana, ya sebagian besar karna kasus seperti ini. Sang istri merasa suami udah gak memberikan perhatian lebih kepada dirinya. Atau sang suami merasa istrinya "males-malesan" dalam menjalankan "ritual" tersebut.

"Lah, kalo denger dari cerita elo ini, berarti ada kemungkinan dong elo atau Dewa selingkuh??!!"

YA ADA-LAH. Selingkuh itu manuasiawi koq. Manusia itu egois, selalu mau mendapatkan yang terbaik untuk dirinya sendiri. Masuk sama tujuan selingkuh, mendapatkan apa yang tidak bisa diberikan oleh pasangan. Klop.

Permasalahannya, gue ama Dewa tau risiko kalo salah satu dari kami selingkuh, itu adalah "dosa" yang gak akan pernah termaafkan, dan itu emang udah komitmen kami dari awal, bahkan saat sebelum menikah. Kalo ngalamin masalah lain, pasti bisa dicari jalan keluar, tapi kalo udah sampe ketahap selingkuh, ya goodbye dah-dah aja. Kriteria selingkuh untuk tiap pasangan beda-beda loh. *panjang kalo dijabarin* *waktu gue gak banyak, maaf ya* <<-- Minta ditimpuk

Terus gimana caranya dong biar gak terus-terusan berantem untuk berbagai masalah tersebut?

Ya ngobrol. Maksudnya? Istri kasih tau mau-nya apa, begitu pula suami. Misal istri ngerasa kurang dapet perhatian, obrolin yang enak, maunya gimana, sukur-sukur suami bisa menuhin keinginannya. Kalopun gak full 100% sesuai kepengenan, ya kasih batas toleransi. Sama aja buat suami, yang "tenaga" dan "kemauan"nya berlebih, harus ngomong, pengennya seperti apa dalam melakukan "ritual". Kasih batas toleransi juga (misal, istri gak bisa "ngimbangin" sehari 2 kali, ya kasih toleransi misalnya jadi sehari 1 kali, dst. #busyet). Seenggaknya ini cara kami menyelesaikan masalah yg kadang mendera rumah-tangga. NGOBROL.

Gue yakin, diluar sana, BANYAK yg permasalahan rumah tangga-nya seperti ini, karna emang terlalu mainstream sih kasusnya. Dan BANYAK juga yang gak mau ngobrol dan ngebahas, karna udah punya pemikiran dan ego masing-masing. Jadinya BANYAK yg melakukan perselingkuhan. Ya gitu deh ujung-ujungnya. Mau cerai? Ribet. Belom kalo udah punya anak kan. *amit-amit* *ketok tangan ke kayu* *anjir, ada rayapnya!!* <<-- Garing.

Kasih tips dikit nih, kalo pada bingung kapan cari waktu yang enak buat ngobrol. Karna dengan waktu dan mood yang pas, dijamin lancar mengemukakan pendapat. Meski gue ngerasa gak lebih jago dari elo semua, tapi mungkin berguna, karna dipake dalam hubungan kami: Kalo suami mau mengutarakan keinginannya, ngomong tepat setelah istri merasa dimanjakan (ini beda-beda tiap wanita, cari sendiri yak, emang gue dukun. #taelah). Kalo istri? Jelas sesaat setelah melakukan "ritual" suami-istri, apalagi kalo suami dapet "pengalaman" istimewa dalam melakukannya. Dijamin apa yang akan kita utarakan, pasangan bakal meng-iya-kan tanpa perlawanan. DIJAMIN. *belajar dari Dewa istri siaul* *tau aja kapan gue bisa dihipnotis*

Kenapa gue bahas topik ini sekarang? Karna waktunya pas, kemaren abis berantem sama Dewa. Mungkin udah banyak yang tau kalo gue sama Dewa lagi barengan ngerjain New Parent Academy, dimana pressure yang kami dapatkan begitu besar, jadi menaikkan tensi di tubuh ini. Nah, elo bayangin deh dari cerita diatas..

Udah tinggal 1 atap, 1 kasur, ditambah pula ngerjain 1 project bareng!!

Masih mau bilang gak akan ada Berantem Dalam Rumah Tangga kami??

"A problem is a chance for you to do your best". – Duke Ellington

Ketawa Aja Dulu. Hidup Itu Seru Koq. Nikmatin aja :)

3 komentar: